everpro

Inilah Cara Mudah untuk Kirim Pesan Otomatis di WhatsApp!

Ingin bisnis kamu semakin efektif dan efisien untuk membalas pertanyaan pelanggan yang repetitif? Coba pakai pesan WhatsApp otomatis aja! Simak artikel ini untuk mengetahui cara kirim pesan otomatis di WhatsApp!

WhatsApp Business merupakan salah satu platform bertukar pesan yang bisa kamu manfaatkan jika kamu memiliki bisnis. Dengan memanfaatkannya dengan baik maka kamu bisa memberikan dampak positif pada bisnis.

WhatsApp Business memungkinkan bisnis untuk meningkatkan layanan pelanggan menjadi lebih baik. Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, berpotensi besar untuk meningkatkan keuntungan pula.

Nah, salah satu fitur yang merupakan salah satu keunggulan aplikasi WhatsApp Business adalah adanya fitur pesan otomatis. Fitur ini membuat para pengusaha dapat membalas pertanyaan dari pelanggan secara otomatis.

Jika kamu adalah pengusaha yang membutuhkan efektivitas dan efisiensi dalam segi waktu dan pekerjaan, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini pada bisnis kamu.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seputar fitur pesan otomatis ini, kamu harus simak artikel ini sampai habis karena pada artikel ini kami akan membahas secara menyeluruh terkait fitur ini. 

Tanpa berlama-lama lagi yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Broadcast WhatsApp Adalah Solusi Promosi Untuk Bisnis & Pribadi

Apa itu Pesan Otomatis WhatsApp

cara kirim pesan otomatis di whatsapp
Sumber: google.com

Pada platform bertukar pesan WhatsApp Business ada fitur dimana kamu bisa mengirim pesan secara otomatis. Sebenarnya apa itu pesan otomatis pada WhatsApp? 

Pesan Otomatis WhatsApp merupakan salah satu fitur unggulan dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan secara otomatis.

Balasan dapat berupa greeting message, info harga produk, gambar produk dan lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis pengguna. 

Pesan otomatis ini dapat terkirim ke pelanggan saat ada pesan masuk sesuai dengan trigger atau pola yang sudah dibuat sebelumnya.

Ketika melewati jam kerja atau jam operasional, pesan otomatis WhatsApp juga dapat mengirimkan pesan yang berisikan pemberitahuan bahwa waktu operasional sudah selesai melalui fitur Away Message.

Cara Kirim Pesan Otomatis di WhatsApp

Berikut kami berikan langkah-langkah cara membuat dan kirim pesan otomatis di WA biasa dan WA bisnis:

  1. Pilih menu Settings atau Setelan dengan menekan ikon titik tiga pada pojok kanan atas.
  2. Mengaktifkan pilihan jenis pesan otomatis contohnya Send Away Message. Cara mengaktifkannya dengan menekan tombol titik tiga pada pojok kanan atas yang semula gelap agar menjadi terang dengan menggesernya.
  3. Menulis pesan sesuai yang kamu inginkan. Caranya dengan menekan tombol bergambar pensil, kemudian tuliskan pesan otomatis yang ingin kamu kirimkan. Setelah itu klik OK.
  4. Selanjunya adalah mengatur jadwal pengiriman. Terdapat 3 opsi jadwal untuk cara kirim pesan otomatis di WhatsApp terjadwal yaitu Selalu Kirim, Jadwal Khusus, dan Di Luar Jam Kerja. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis. Tapi pastikan sudah mengatur jam kerja.
  5. Cara terakhir adalah mengatur penerima pesan. Kamu dapat memilih penerima pesan dari 4 opsi yang tersedia yaitu Untuk Semua Orang, Semua Orang yang Tidak Ada Pada Buku Alamat, Semua Orang Kecuali dan Hanya Kirim Kepada. Selanjutnya, klik Simpan

Nah, di atas merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis, WA biasa tanpa aplikasi lain. 

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Jualan Online Laris di WhatsApp, Mudah Banget!

Cara Mengirim Pesan Otomatis di Jam Tertentu

cara kirim pesan otomatis di whatsapp
Sumber: google.com

Berikut kami berikan beberapa cara mengirim pesan otomatis di jam tertentu melalui beberapa perangkat berbeda:

  • Melalui Android

Untuk mengirim pesan otomatis WA melalui perangkat Android kamu dapat menggunakan opsi menggunakan aplikasi bernama SKEDit.

Ini merupakan salah satu aplikasi otomasi yang terintegrasi dengan lima channel yaitu WhatsApp, WhatsApp Business, Pengingat Telepon, SMS dan Email.

Pada aplikasi ini kamu bisa memilih opsi “Ask Me Before Sending” untuk mengecek ulang pesan yang ingin kamu kirim. Namun, cara ini ini memiliki kekurangan yaitu kurang efisien karena harus bekerja dua kali.

  • iPhone

Untuk mengirim pesan otomatis WA melalui iPhone kamu bisa menggunakan Siri Shortcuts. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada Siri Shortcut, pilih Automation kemudian Create Personal Automation.
  • Setelah itu, pilih Time of Day dan pilih tanggal dan waktu yang kamu inginkan untuk mengirim pesan terjadwal.
  • Pilih Add Action dan ketik di Text pada kolom pencarian.
  • Masukkan pesan di pop up field text.
  • Pilih + icon di bawah field text dan ketik WhatsApp di kolom pencarian.
  • Pilih Send Message via WhatsApp dan pilih penerima pesan.
  • Kamu akan menerima notifikasi pada waktu pengiriman yang sudah kamu atur tersebut.

Cara kerjanya sama dengan SKEDit di Android, sehingga dapat dikatakan jika cara ini tidak cukup efektif karena harus bekerja dua kali.

  • WhatsApp Web

Jika kamu menggunakan WhatsApp Web, kamu bisa mencoba cara kirim pesan WA terjadwal melalui WhatsApp Web dengan cara berikut:

  • Pertama, kamu bisa menginstall ekstensi Blueticks di Google Chrome.
  • Buka WhatsApp Web di Chrome dan login ke akun WA.
  • Buka Grup atau kontak penerima pesan terjadwal.
  • Pilih ikon + yang berada di sebelah kotak pesan dan tunggu hingga kotak dialog penjadwalan pesan muncul.
  • Pada kotak dialog tersebut, ketiklah pesan kemudian pilih tanggal dan waktu kirim pesan secara otomatis.
  • Selanjutnya Blueticks akan menawarkan opsi penjadwalan pesan secara recursive atau berulang.
  • Jika kamu ingin mengirim pesan otomatis terjadwal secara berulang, kamu dapat mengaktifkan opsi Perulangan Kustom lalu kemudian masukan waktu kirim.
  • Jika telah selesai, klik Jadwalkan Kirim

Nah, demikianlah cara untuk mengirim pesan otomatis di WhatsApp melalui beberapa perangkat. Semoga informasi yang kami berikan pada artikel ini bermanfaat bagi kamu. 

Jangan lupa untuk share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Selain menggunakan cara di atas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ada juga cara lainnya yaitu menggunakan layanan dari Everpro bernama Funnel.

Layanan ini merupakan solusi no. 1 untuk tingkatkan konversi jualan online dengan sistem terintegrasi untuk bisnis kamu. 

Everpro Funnel juga memiliki beberapa fitur seperti berikut:

  • LP Builder
  • WA Rotator
  • LPWA Real Chat Tracking
  • Custom Keyboard

Fitur-fitur di atas bisa kamu gunakan untuk meningkatkan konversi pada bisnis kamu dan memaksimalkan keuntungan pada bisnis!

Yuk, daftar sekarang dengan harga mulai Rp. 149.000 kamu sudah bisa mendapatkan solusi no.1 untuk bisnis kamu!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan