everpro

4 Cara Lacak Paket JNT 2024, Pantau dari Rumah dengan Mudah!

Masih menunggu pesanan dan ingin lacak paket JNT Express? Simak artikel cara lacak paket JNT ini untuk pantau status pengiriman dengan mudah.

Perkembangan dunia digital saat ini semakin memudahkan dalam menjalankan aktivitas. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan belanja secara online.

Kini anda bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan rumah dengan belanja online melalui marketplace atau e-commerce. Selanjutnya, barang yang anda beli akan dikirim menggunakan jasa pengiriman.

JNT Express merupakan salah satu jasa ekspedisi yang selalu hadir sebagai pilihan metode pengiriman. Sekarang anda bisa melacak pengiriman dengan mudah dari rumah, lho!

Ingin tahu bagaimana caranya? Baca ulasan tentang cara lacak paket JNT ini sampai selesai ya.

Tentang Cara Lacak Paket JNT

cara lacak paket jnt
Sumber: google.com

JNT Express adalah salah satu ekspedisi yang melayani pengiriman paket ke berbagai wilayah di Indonesia. Hampir semua toko online menggunakan jasa pengiriman ini karena cakupan wilayah yang luas. 

Hal tersebut tentu memberi peluang kepada toko online untuk mendapat konsumen dari manapun. Selain itu, jasa pengiriman ini memiliki fasilitas real-time tracking, yaitu hasil lacak paket JNT yang sesuai dengan proses pengiriman yang sedang berlangsung.

Hal tersebut memudahkan pengirim juga penerima untuk mendapat informasi mengenai kondisi pengiriman paket dengan lebih rinci. 

Cara lacak paket JNT adalah dengan menggunakan nomor resi. Pengirim atau penjual perlu memberikan nomor resi kepada penerima sebagai bukti paket telah dikirimkan.

Nomor resi merupakan kombinasi angka dan huruf sebagai identitas pengiriman. Dengan menggunakan nomor resi anda bisa mengetahui keberadaan paket dengan mudah.

Jadi, apabila anda sedang menanti paket dari kegiatan belanja online, harus meminta resi pengiriman kepada penjual untuk bisa melacaknya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Cari Kantor JNT Terdekat, Bisa Lewat HP!

Estimasi Proses Pengiriman Layanan JNT

estimasi pengiriman jnt
Sumber: google.com

Setiap jenis layanan JNT memiliki estimasi pengiriman yang berbeda. Perbedaan tersebut berdasarkan fasilitas dan tarif ongkirnya. 

Berikut estimasi pengiriman dari berbagai layanan yang terdapat di jasa pengiriman ini:

  • Estimasi JNT Reguler

Pertama adalah layanan standar dari jasa pengiriman ini yang memiliki cakupan ke seluruh wilayah di Indonesia. Perkiraan waktu paket sampai ke penerima adalah 2 hingga 3 hari kerja.

  • Estimasi ECO

Kedua adalah layanan ekonomis yang mengandalkan biaya pengiriman murah. Karena harganya yang murah, proses pengiriman juga relatif lebih lama dengan estimasi berkisar 5 hingga 14 hari kerja.

Estimasi tersebut tentunya tergantung jarak tempuh dari lokasi pengirim ke tujuan. Anda bisa lacak paket JNT ekonomi dengan mudah untuk mengetahui keberadaan paket.

  • Estimasi Super

Ketiga adalah layanan pengiriman cepat yaitu JNT Super. Perkiraan waktu sampai ke alamat penerima yaitu hanya 1 hingga 2 hari saja. Pengiriman ini tersedia untuk wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Batam.

Letak Nomor Resi untuk Lacak Paket JNT

cek nomor resi
Sumber: ilustrasi

Sebelum melacak paket tentu anda harus mengetahui nomor resi terlebih dahulu. Setiap barang yang dikirim pasti memiliki resi sebagai identitas pengiriman.

Dalam sebuah resi biasanya terdapat informasi mengenai nama pengirim, serta nama dan alamat penerima. Selain itu terdapat juga nomor resi yang berdekatan dengan barcode.

Pada gambar diatas, nomor resi terletak diatas barcode. Mengetahui letak nomor resi sangat penting, dengan begitu anda bisa menggunakan nomor resi tersebut untuk melacak status pengiriman.

Bagaimana Lacak Paket JNT Express?

lacak paket jnt express
Sumber: google.com

Apabila anda ingin mengetahui status pengiriman, anda bisa lacak paket JNT Express dengan berbagai cara. Semua cara tersebut bisa anda lakukan melalui fitur cek resi.

Anda bisa lacak paket JNT Reguler, ECO, dan layanan lainnya dengan mudah. Pastikan anda sudah memiliki nomor resi untuk melakukan cek resi.

Caranya hanya dengan memasukkan nomor resi di kolom pelacakan, kemudian klik tombol lacak. Maka anda akan mendapatkan hasil pelacakan berupa status pengiriman paket.

Lacak Paket JNT Cargo

lacak paket jnt cargo
Sumber: google.com

Lacak paket JNT Cargo bisa anda lakukan dengan mudah. Anda hanya memerlukan nomor resi dari paket yang ingin anda lacak.

Selanjutnya anda bisa mengunjungi website resmi atau alternatif yang memiliki fitur cek resi. Masukkan nomor resi tersebut dan klik lacak. Kemudian anda akan mendapatkan hasil pelacakan paket.

Agar lebih jelas anda bisa melihat langkah-langkah secara rinci dari beberapa cara berikut ini:

Melacak Paket JNT di Website Resmi

cara lacak paket jnt
Sumber: jet.co.id

Cara mengetahui keberadaan paket yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur trace & track dari JNT. cara lacak paket JNT melalui website resmi adalah sebagai berikut:

  1. Buka website resmi JNT yaitu jet.co.id
  2. Lalu gulir ke bawah menuju kolom Trace & Track
  3. Kemudian masukkan nomor resi dari paket yang ingin anda lacak. Anda bisa lacak paket JNT hingga 10 nomor resi
  4. Selanjutnya klik Lacak
  5. Kemudian akan tampil kode captcha yang harus anda masukkan, lalu klik Verifikasi.
  6. Setelah hasil pencarian selesai, maka layar akan menampilkan informasi status pengiriman terkini dari pengantaran paket yang anda lacak.

Cara Cek Paket Via Aplikasi

cek paket jnt di aplikasi
Sumber: google.com

Anda juga bisa melacak paket JNT Cargo, EZ, ECO, dan jenis layanan lain menggunakan aplikasi resmi. Apabila anda belum memilikinya, unduh dan instal terlebih dahulu di Play Store maupun App Store.

Setelah berhasil instal ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi JNT di smartphone anda
  2. Lalu pilih menu Tracking
  3. Kemudian isi kolom resi dengan nomor resi dari paket yang akan anda lacak.
  4. Setelah itu klik Search
  5. Selanjutnya hasil pelacakan melalui aplikasi akan menampilkan status pengiriman terkini

Baca juga: Ketahui Tarif JNT, dengan 3 Cara Cek Ongkir JNT Berikut Ini!

Cek Status Pengiriman JNT di Marketplace

cek resi jnt di marketplace
Sumber: pexels.com

Terdapat banyak jenis platfrom marketplace maupun e-commerce yang menggunakan jasa pengiriman JNT, beberapa diantaranya adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, dan masih banyak lagi.

Apabila anda ingin melacak paket JNT dari kegiatan berbelanja online, anda bisa langsung melihat dari platform yang anda gunakan. 

Berikut cara mengecek status pengiriman paket melalui platform belanja online:

  1. Masuk ke aplikasi dari platform yang anda gunakan
  2. Pilih menu Pesanan Saya
  3. Pada kolom dikirim, anda bisa memilih salah satu pesanan yang ingin anda lacak dengan cara klik pesanan tersebut
  4. Pada beberapa platform, akan langsung tampil proses pengiriman. Jika tidak ada, klik bagian Lacak yang berada di kolom pesanan anda
  5. Kemudian akan tampil status pengiriman paket berupa informasi lokasi paket saat ini dan waktu proses pengiriman

Cara lacak Paket JNT Express Via Everpro

cara lacak paket jnt
Sumber: everpro.id

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk lacak paket JNT Express adalah dengan menggunakan fitur cek resi dari Everpro. Melalui fitur dari Everpro ini, anda bisa mengetahui status pengiriman berbagai ekspedisi hanya dari satu halaman saja.

Berikut langkah-langkah untuk melacak kondisi pengiriman di Everpro:

  1. Masuk ke laman resmi Everpro
  2. Lalu pada beranda, pilih menu Cek Pengiriman dan klik Cek Resi
  3. Kemudian salin atau ketik nomor resi JNT yang ingin anda lacak di kolom Nomor Resi
  4. Setelah itu pilih kurir pengiriman yaitu JNT di kolom Kurir
  5. Selanjutnya klik Lacak Paket
  6. Hasil cek resi di Everpro akan menampilkan status pengiriman paket terkini dengan informasi meliputi lokasi keberadaan paket dan waktu proses pengiriman tersebut

Contoh Hasil Lacak Paket JNT Reguler

contoh cek resi jnt
Sumber: everpro.id

Agar anda lebih memahami bagaimana status pengiriman yang tampil dari hasil lacak paket JNT Reguler, berikut adalah contoh dari hasil cek resi di Everpro.

Setelah anda mengisi nomor resi, jenis kurir, dan klik tombol lacak paket maka akan tampil status pengiriman dengan rinci seperti contoh diatas.

Status pengiriman tersebut memberikan informasi keberadaan paket yaitu lokasi terkini, beserta waktu proses pengiriman tersebut dilaksanakan. Selain itu terdapat juga informasi nama dan nomor telepon yang mengantarkan paket ke alamat penerima.

Demikian penjelasan mengenai cara lacak paket JNT dengan mudah dari rumah beserta contoh hasil pelacakannya. Kini ada rekomendasi terbaru yaitu Shipping Everpro, bagi pengguna jasa pengiriman agar lebih mudah dan cepat.

Dengan layanan ini, teman-teman bisa mengatur orderan dengan mudah dan cepat dalam sistem yang terintegrasi langsung ke pengiriman dengan fitur pengiriman di Everpro. 

Mari gunakan layanan Shipping Everpro dengan benefit:

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Gratis biaya retur paket 
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi 
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa di unduh dalam bentuk laporan.

Oleh karena itu, tunggu apalagi? Yuk segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga !

 

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya