Bagi para penjual online dan internet marketers (IMERS), cara live di Shopee bagi pemula mungkin terdengar cukup menantang. Apalagi live Shopee perlu persiapan dan strategi yang tak mudah.
Padahal, selain banner Shopee, siaran langsung ini bisa jadi trik jitu untuk menarik minat pembeli, lho! Bahkan, live Shopee juga bisa meningkatkan penjualan di toko online kamu.
Apalagi jika dilihat dari data menurut Semrush, Shopee termasuk salah satu aplikasi marketplace terbaik di Indonesia dengan 157,4 juta pengunjung di sepanjang Januari 2025.
Sehingga, sayang banget kalau sebagai seller Shopee kamu tidak memanfaatkan fitur live ini. Masih bingung cara memulainya? Jangan khawatir, simak panduan lengkapnya berikut ini!
Kenapa Seller Perlu Live Streaming di Shopee?
Kalau kamu pengguna Shopee dan sering belanja online di toko oren ini, mungkin kamu pernah secara sengaja nonton live penjual dari produk yang udah masuk ke keranjang kamu.
Bukan cuma kamu, ternyata banyak lho pengguna yang nonton live Shopee dikarenakan:
- Bisa ngobrol langsung dengan penjual.
- Bisa dapat penawaran ekslusif seperti diskon produk atau voucher gratis ongkir.
- Bisa lihat berbagai produk yang sedang ditampilkan penjual.
- Bisa memastikan detail produk yang diminati sebelum check out.
Bukan hanya untuk pembeli, live Shopee juga bermanfaat bagi penjual, diantaranya:
- Bisa paham dengan kebutuhan pembeli.
- Tahu produk mana yang paling banyak dicari pembeli.
- Meningkatkan kepercayaan pembeli.
- Meningkatkan kepuasan pembeli dalam berbelanja.
- Meningkatkan penjualan.
Persiapan untuk Live Streaming di Shopee
Sebelum tahu cara jualan di live Shopee, agar live kamu lebih menarik dan mendatangkan banyak penonton, pihak Shopee juga kasih beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu:
1. Siapkan Peralatan Livestream
Semakin totalitas persiapan livestream seller di Shopee, maka semakin betah dan nyaman juga penonton untuk lama-lama di live kamu. Siapkan beberapa peralatan ini sebelum livestream Shopee:
Kamera Smartphone
Agar tampilan live lebih jernih, kamu bisa pakai smartphone dengan kualitas kamera yang mantul. Tipsnya, pilih kamera depan dengan resolusi minimal 32MP dan kamera belakang beresolusi 64MP.
Koneksi Internet
Koneksi internet yang stabil itu penting banget saat livestream. Kalau jaringan internet kamu buruk, penonton nggak akan betah untuk masuk ke live streaming kamu.
Shopee juga kasih rekomendasi kecepatan internet, yaitu:
- > 10 mbps untuk upload
- > 20 mpbs untuk download
Produk yang Ditampilkan
Sesi live jadi ajang untuk seller promosi produknya. Jadi, pastikan sebelum live kamu sudah siapkan produk-produk yang mau ditampilkan dan dijual saat livestream.
Produk ini harus sama dengan produk yang masukkan ke Keranjang Oren, ya! Sarannya, masukkan minimal 40 produk yang paling diminati pembeli.
Peralatan Penunjang Lainnya
Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa tambahkan beberapa peralatan penunjang live lainnya, seperti tripod, microphone, pencahayaan/lighting, dan ornamen atau dekorasi agar live lebih meriah.
Tentunya menyiapkan peralatan untuk live streaming ini kamu perlu mengeluarkan modal, kecuali kalau mau lebih praktis dan sat-set lagi kamu bisa pakai fitur Everpro Marketplace Enabler yang sudah dilengkapi peralatan profesional hingga talent live streaming yang siap bantu naikin omset bisnismu.
2. Buat Konsep Livestream
Jika pemula dalam live Shopee, kamu harus punya konsep sesi live berjalan lancar dari awal sampai akhir. Berikut ini tips alur livestream dari Shopee:
Pembukan
- Awali dengan perkenalan diri dan brand atau toko.
- Ajak penonton untuk share tautan live Shopee kamu.
- Ajak pneonton untuk follow toko Shopee kamu.
- Tonjolkan promo atau diskon yang tesedia selama live.
- Ajak penonton voting produk yang kamu jelaskan di sesi live.
Konsep Utama
- Beritahu penonton cara pemakaian produk berdasarkan jenis atau kategorinya.
- Kasih informasi detail dan kelebihan produk.
- Informasikan juga promo yang lagi berlangsung.
- Ajak penonton berinteraksi dengan tanya produk apa yang mereka butuhkan.
Penutup
- Seller bisa kasih reward berupa diskon atau giveaway agar penonton setia sampai akhir live.
- Rangkum informasi penting selama live.
- Beritahu penonton jadwa live streaming berikutnya.
- Ajak lagi penonton untuk follow akun toko Shopee kamu.
3. Judul dan Cover Live Shopee
Ketika penonton masuk ke live Shopee kamu, judul dan cover adalah hal yang pertama kali mereka lihat.
Agar lebih menarik perhatian penonton, ini dia tips cover live yang menarik:
Gambar dan Desain
- Pastikan gambar punya kualitas yang bagus.
- Pakai latar belakang yang polos, rapi, dan tidak terpotong.
- Atur dimensi gambar lebih dari 720 x 128 pixel.
Informasi dan Relevansi
- Beri info diskon atau promo di cover live.
- Pakai gambar milik sendiri agar tidak melanggar hak cipta.
- Gambar harus sesuai dengan konten live Shopee.
- Jangan tampilkan gambar dengan unsur negatif atau clickbait.
Dari seluruh persiapan di atas, pastikan tidak ada yang melanggar peraturan Shopee agar akun kamu tidak dibatasi atau diblokir. Nah, selanjutnya yuk mulai live Shopee lewat tutorial di bawah ini!
Cara Live Shopee Bagi Pemula
Untuk memulai siaran langsung di Shopee, pastikan kamu sudah masuk ke akun Shopee seller. Lalu, ikuti cara memulai jualan di live Shopee berikut ini:
- Setelah masuk ke toko Shopee, klik Promosi Toko.
- Klik Shopee Live & Video untuk menuju ke pengaturan livestream.
- Klik Buat Live Stream seperti gambar nomor 3 di atas.
- Selanjutnya, buat live streaming kamu, mulai dari cover, judul live, deskripsi.
- Klik Tambah Produk Terkait untuk memasukkan produk yang ingin dipromosikan di live, lalu klik Lanjut.
- Kamu akan masuk ke preview live Shopee. Jika sudah siap seluruhnya, tinggal klik Mulai Live Streaming seperti di gambar nomor 6 dan sesi live akan segera dimulai.
Cara Belanja di Shopee Live
Berikut beberapa cara belanja di Shopee Live dengan mudah:
- Masuk ke aplikasi Shopee
- Pilih sesi live yang menarik sesuai dengan keinginan dan yang ingin kamu cari
- Pilih produk yang mau dibeli bisa liat melalui tas oranye, atau dari poduk rekomendasi yang muncul
- Interaksi dengan penjual live dengan bertanya terkait produk, tap love atau follow
- Checkout dengan cara klik ikon keranjang, centang produk ingin dibeli lalu checkout
Tips Agar Live Shopee Ramai Penonton
Mau mulai live di Shopee tapi kamu terlalu takut jika penontonnya tidak ramai? Jangan takut, kamu bisa ikuti tips-tips berikut ini supaya sesi live kamu lancar dan meraih penjualan tinggi:
1. Persiapkan Kebutuhan Live dengan Matang
Pertama-tama, pastinya kebutuhan live seperti kamera, koneksi internet, dan lainnya seperti penjelasan di atas udah lengkap, ya! Kalau semua perlengkapan lengkap, tampilan live kamu juga lebih mantap.
2. Promosi Sebelum Live di Shopee
Supaya banyak yang tahu kalau toko Shopee kamu sedang live, promosikan kepada target audiens tentang jadwal live Shopee kamu lewat media sosial ataupun WhatsApp Business.
Saat promosi sebelum live, kamu juga bisa spoiler ke target penonton tentang promo atau diskon yang hanya ada saat live. Jadi, membuka peluang mereka bakal nunggu-nunggu live kamu mulai.
3. Buat Konsep yang Anti-Mainstream
Live streaming di Shopee itu harus totalitas. Kamu pasti udah pernah melihat live Shopee seller lain yang sukses ditonton ratusan hingga jutaan orang. Tak dipungkiri penjualannya pasti juga dahsyat.
Nah, agar ramai penonton kamu harus pikirkan konsep yang anti-mainstream dan kreatif. Kalau live kamu menarik perhatian banyak orang hingga viral, tentu juga berdampak ke penjualan.
4. Pakai Fitur Tap Love di Shopee Live
Bagi seller pemula dalam live Shopee, kamu mungkin masih asing dengan fitur tap love. Fungsi fitur tap love di Shopee yaitu agar penonton live bisa memberikan dukungan dan berinteraksi dengan seller.
Adapun bagi seller, keuntungan tap love di Shopee live yaitu interaksi jadi lebih meningkat sehingga lebih semangat dan termotivasi untuk mempromosikan produk.
5. Atur Pembahasan Saat Live Shopee
Bukan sekedar heboh-hebohan semata, live streaming Shopee juga harus informatif.
Ada beberapa bahasan yang harus kamu sampaikan saat live, membahas produk yang ada di etalase mulai dari kualitas, kemasan, bahan, hingga cara pakai, menjawab setiap pertanyaan penonton mengenai produk di etalase, dan selalu ajak penonton berinteraksi.
Kalau pertanyaannya sudah terjawab, pastikan apakah si penonton sudah puas atau belum.
6. Gunakan Layanan MPEnabler Everpro
Memaksimalkan fitur Shopee seperti live streaming untuk meningkatkan penjualan memang tidak mudah terutama bagi beberapa seller pemula.
FAQ Live di Shopee
Berikut ada beberapa pertanyaan umum tentang Live di Shopee yang bisa kamu simak:
1. Live Shopee paling ramai jam berapa?
Jam-jam dengan traffic tertinggi atau paling ramai penonton biasanya:
– Malam hari (19.00-22.00) setelah jam kerja/pulang sekolah
– Weekend (jumat malam-Minggu) banyak user aktif scrolling
– Saat ada promo besar seperti tanggal kembar, harbolnas dan lain-lain
2. Potongan Live Shopee ditanggung siapa?
Potongan biaya atau diskon dari voucher atau promo Shopee Live bisa ditanggung oleh:
– penjual sendiri (jika menggunakan voucher toko)
– Shopee dan penjual bersama-sama (jika mengikuti program promo Shopee Live Campaign)
Keterangan siapa yang menanggung biasanya tercantum di dashboard saat membuat voucher atau daftar live event.
3. Berapa komisi Live Shopee?
Jika kamu penjual biasa yang nge-live sendiri kamu tidak akan dikenakan komisi khusus untuk live. Tapi kalau kamu menggunakan host atau talent kamu akan dikenakan komisi sebesar 10-20 persen dari harga produk dan komisi dibayarkan oleh penjual.
4. Apa saja pelanggaran Live Shopee?
Ada beberapa aturan dan larangan yang diatur oleh Shopee yang tidak boleh dilanggar oleh penjual yang melakukan live:
- menjual produk terlarang (obat ilegal, senjata, barang palsu, dll)
- menampilkan konten vulgar/tidak senonoh
- menghina/menyebar ujaran kebencian atau SARA
- melanggar hak cipta (memutar lagu tanpa izin, dll)
- mengarahkan pembeli untuk transaksi di luar Shopee
Melanggar akan menyebabkan akun dihapus atau dibatasi tapi sebelum itu kamu akan diberi peringatan atau suspend untuk pelanggaran berulang.
5. Apakah Live Shopee tersimpan?
Live Shopee bisa tersimpan secara otomatis selama 7 hari di tab “Live” profil tokomu. Penjual juga bisa mengaktifkan/menonaktifkan fitur penyimpanan live. Setelah 7 hari siaran akan hilang kecuali kamu download atau simpan manual dari dashboard Live Studio.
Kesimpulan
Kelola toko di Shopee emang banyak banget tantangannya, apalagi kalau kamu tidak punya sumber daya manusia yang memadai, bisa-bisa pusing sendiri!
Tapi gak perlu khawatir karena ada layanan Marketplace Enabler dari Everpro yang bisa bantuin kamu untuk mengelola toko di marketplace dengan kualitas layanan yang jempolan.
Marketplace Enabler dari Everpro sudah dipercaya oleh banyak brand besar di Indonesia karena keuntungan dan fitur yang melimpah. Apa aja itu? berikut keuntungan dan fitur yang melimpah dari layanan MPE dari Everpro:
- Optimasi tampilan Toko
- Jasa CS yang Gercep & Tuntas
- Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
- Performa Iklan Terbaik
- Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
- Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat
- Bikin campaign jadi gacor
- Ngobrol dan konsultasi bareng ahlinya
- Strategi iklan yang hasilin cuan
- Bebas pilih paket apa aja sesuai kebutuhan
Tunggu apa lagi yuk daftar sekarang di layanan Marketplace Enabler Evepro! Dijamin deh #PakaiEverproPastiCuan!