everpro

Cara Melihat Pesanan di Tiktok, Ternyata Mudah dan Praktis!

Baru belanja di Tiktok Shop dan bingung bagaimana cara melihat pesanan kita di Tiktok? Simak cara melihat pesanan di Tiktok berikut ini.

Hadirnya Tiktok Shop sebagai fitur baru dari aplikasi yang kian populer ini menjadi pilihan yang memudahkan pelanggan untuk belanja online

Pasalnya, selain dapat mengetahui lebih jauh mengenai informasi produk dan bisnis, sering terdapat promo yang menggiurkan bagi para pembeli.

Maka tak heran, Indonesia menempati posisi kedua sebagai pengguna Tiktok terbesar di Dunia. Seperti dilansir dari situs Data Indonesia, bahwa Indonesia menduduki posisi kedua dengan pengguna Tiktok terbesar di Dunia yaitu sebanyak 99,1 juta orang.

Namun, karena Tiktok Shop merupakan fitur yang baru, wajar jika masih banyak yang awam tentang cara penggunaannya. Termasuk cara mengecek pesanan di Tiktok.

Lantas, bagaimana cara melihat pesanan kita di Tiktok? Baca ulasan artikel ini sampai selesai ya.

Baca juga: 2 Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop, Ternyata Mudah!

Cara Melihat Pesanan di Tiktok Shop

cara melihat pesanan di tiktok
Sumber: pexels.com

Ikuti langkah-langkah berikut sebagai cara melihat pesanan Tiktok Shop:

  1. Buka aplikasi Tiktok yang terpasang di smartphone anda
  2. Kemudian, klik menu Profil dengan ikon orang bertuliskan ‘Me’ pada bagian pojok kanan bawah
  3. Setelah itu, pilih menu Pesanan di akun anda
  4. Selanjutnya layar akan menampilkan rincian dan status barang pesanan. Selain itu, terdapat juga informasi lokasi dan status pesanan. Misalnya, pesanan belum dibayar, dikirim, dan sebagainya

Cara Mengecek Pesanan di Tiktok

cara melihat pesanan di tiktok
Sumber: pexels.com

Selain melihat pesanan dan riwayat transaksi di Tiktok Shop, anda juga bisa melacak pesanan yang sedang dalam pengiriman melalui fitur tracking.

Dengan menggunakan fasilitas tracking ini, konsumen dapat melacak atau memantau jalannya pengiriman pesanan. Mulai dari informasi waktu pengiriman, lokasi keberadaan paket, hingga perkiraan waktu paket sampai ke lokasi penerima.

Cara mengecek pesanan di Tiktok sangat mudah, hanya dengan masuk ke profil tiktok anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Aplikasi Tiktok dan Login Akun

Langkah pertama, serupa dengan cara melihat pesanan di Tiktok, yaitu dengan membuka aplikasi Tiktok pada perangkat anda. Kemudian Login ke akun yang anda gunakan untuk memesan barang dari Tiktok Shop.

  • Masuk ke Menu Profil

Setelah berhasil login akun, masuk ke profil Tiktok. Pada bagian kanan bawah, terdapat ikon orang. Kemudian klik ikon orang tersebut untuk menuju profil.

Setelah itu, klik ikon titik tiga (untuk Android) atau garis tiga (untuk iOS) untuk masuk ke kolom pengaturan dan privasi/ kemudian gulir ke bagian bawah hingga menemukan opsi pengaturan ‘Akun’

  • Klik Menu Pesanan dan pilih opsi ‘Dikirim’

Selanjutnya pada menu akun, klik menu pesanan. Setelah berada di menu pesanan, lalu pilih opsi ‘Dikirim’ untuk melihat barang yang sedang dalam proses pengiriman.

Kemudian pilih pesanan yang ingin anda cek atau lacak. 

  • Buka Rincian Pesanan

Untuk melihat sejauh mana proses pengiriman pesanan, buka rincian pesanan dari barang yang anda beli. Maka, akan tampil informasi tanggal serta keterangan pengiriman di bagian atas. 

Untuk melihat informasi proses pengiriman yang lebih lengkap dan jelas, klik ‘Detail’.

  • Pilihan Lain: Salin Nomor Resi

Jika hasil lacak pesanan di Tiktok Shop tidak muncul atau belum berubah, anda bisa memastikannya dengan cek resi di situs jasa pengiriman maupun situs alternatif lainnya.

Caranya yaitu dengan menyalin nomor resi pengiriman barang di Tiktok Shop. kemudian masukkan nomor resi tersebut di kolom pencarian resi yang ada di Google, salah satunya cek resi Everpro.

Baca juga: 4 Perbedaan E-Commerce dan Social Commerce, Simak Disini!

Jadi, itulah cara melihat pesanan di Tiktok Shop dengan mudah dan praktis. Dengan berbelanja di aplikasi Tiktok, bisa juga membeli lebih dari satu item dan menyimpan belanjaan dengan adanya fitur keranjang. 

Tiktok Shop memang berbeda dari social commerce lainnya, karena bisa langsung belanja dan membeli langsung tanpa beralih ke halaman lainnya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel Everpro yang menarik dan informatif lainnya ya!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya