everpro

5+ Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia, Mudah dan Cepat!

Bingung cara membatalkan pesanan di Tokopedia? Tenang, simak artikel ini sampai habis dan temukan cara mudah dan cepat yang bisa bantu kamu!

Tokopedia memberikan kemudahan untuk orang berbelanja secara online dengan praktis. Akan tetapi, kita bisa saja berubah pikiran untuk membatalkan pesanan yang sudah dibuat.

Selama penjual belum mengirimkan pesananmu, maka pembatalan pesanan bisa dilakukan kapan saja. Tetapi, apabila pesanan sudah terlanjur dikirim pembatalan pesanan tersebut akan diproses oleh penjual.

Oleh sebab itu, Everpro akan membahas mengenai cara membatalkan pesanan di Tokopedia agar kamu bisa mendapatkan solusi dari kebingungan tersebut.

Baca Juga: Cara Jual Produk Digital di Tokopedia untuk Pemula, Kepoin Yuk!

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

cara membatalkan pesanan di tokopedia
Sumber: google.com

Walaupun belanja online di Tokopedia termasuk mudah dan cepat, tak banyak orang yang tahu cara membatalkan pesanan di Tokopedia

Khususnya pemula yang baru menjadi pengguna di Tokopedia. Oleh karena itu, berikut cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang bisa kamu pelajari.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Sudah Dibayar

Langkah ini menjadi solusi untuk kamu yang sudah terlanjur melakukan pembayaran namun penjual belum merespons pesananmu. Nah, jika masalah ini terjadi denganmu, berikut adalah cara membatalkannya.

Melalui Browser Desktop

  • Pertama, kamu bisa klik simbol pesan yang berada di bagian atas homepage Tokopedia
  • Lalu pilih Status Pemesanan
  • Setelah itu klik Ajukan Pembatalan pada pesanan yang kamu mau batalkan
  • Nantinya akan muncul pop up Pengajuan Pembatalan Pesanan dimana kamu diminta untuk mengisi alasan terkait pembatalan pesanan dan klik Ajukan
  • Kamu dapat menunggu maksimal 2×24 jam untuk pengajuan pembatalan pesanan tersebut terhitung dari pesanan terverifikasi

Melalui Aplikasi Mobile

  • Langkah awal yaitu kamu klik menu garis tiga yang ada di bagian kiri atas
  • Kemudian kamu klik Pembelian dan pilih Status Pemesanan
  • Pilih pesanan yang ingin kamu batalkan dan klik Ajukan Pembatalan
  • Pop up Pengajuan Pembatalan Pesanan akan muncul dan kamu dapat mengisi alasan pembatalan pesanan tersebut
  • Tunggu selama 2×24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi untuk pengajuan pembatalan pesanan

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia Tanpa Iklan

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia COD

  • Akses terlebih dahulu aplikasi Tokopedia lalu ke halaman Daftar Transaksi dan klik Dalam Proses
  • Kemudian kamu pilih pesanan COD yang ingin dibatalkan
  • Klik Batalkan Pesanan yang terdapat di bagian bawah
  • Pilih alasan pembatalan dan isi detail alasan dari pembatalan tersebut
  • Lalu klik Batalkan Pesanan
  • Selesai! Pesananmu sudah berhasil dibatalkan

Baca Juga: 10+ Cara Upload Produk di Tokopedia Secara Massal Tanpa Ribet

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Belum Dibayar

  • Kamu bisa ke notifikasi dan ke menu Transaksi lalu pilih Menunggu Pembayaran
  • Lalu pilih transaksi yang ingin kamu batalkan dan klik ikon Titik Tiga yang berada di sebelah kanan dari transaksi tersebut
  • Setelah itu kamu bisa klik Batalkan Transaksi
  • Akhirnya pesanan kamu dapat dibatalkan dan dana tersebut secara otomatis kembali sesuai dengan yang kamu gunakan

Baca Juga: 4+ Cara Pasang Iklan di Tokopedia untuk Meningkatkan Penjualan Online Kamu!

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Sudah Dikirim Penjual

Pesanan yang sudah diproses oleh penjual, realitanya tidak dapat dibatalkan. Akan tetapi, beda kasus kalau barang yang kamu peroleh merupakan barang cacat maupun rusak.

Hal itu bisa kamu membatalkan pesanannya. Kalau kamu mempunyai permasalahan seperti ini bisa mengajukan komplain dalam waktu kurang dari 2×24 jam setelah menerima barang tersebut.

Solusinya adalah dana yang sudah kamu keluarkan akan dikembalikan oleh penjual dengan kesepakatan karena barang yang sudah diterima tidak akan dikirimkan kembali ke penjual.

Maka dari itu, berikut adalah caranya yang bisa kamu terapkan.

  • Pertama, pilih menu Ajukan Komplain
  • Selanjutnya klik kategori Barang Rusak karena Penjual atau Kurir
  • Setelah itu kamu diminta untuk mengisi keterangan jenis barang yang rusak, alasan kerusakan, beserta jumlahnya
  • Lalu kamu lampirkan bukti foto atau video dari barang tersebut
  • Kamu bisa pilih solusi yang kamu mau seperti Kembalikan Dana
  • Nantinya akan terdapat informasi mengenai estimasi waktu penanganan komplain
  • Klik Ajukan Komplain dan akhiri dengan Ajukan Sekarang

Baca Juga: Cara Riset Produk Terlaris di Tokopedia, Biar Bisnis Makin Cuan!

Tips Menghindari Kesalahan Saat Belanja di Tokopedia

cara membatalkan pesanan di tokopedia
Sumber: google.com

Berbelanja online membuat orang semakin mudah dan praktis dalam bertransaksi, namun ada hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi kesalahan saat belanja di Tokopedia.

Maka dari itu, berikut adalah tips supaya kamu terhindar dari kesalahan saat belanja di Tokopedia yang bisa kamu pelajari.

1. Membeli Produk Sesuai dengan Kebutuhan

Kebutuhan yang banyak akan terbantu sekali dengan kegiatan belanja online.

Akan tetapi, kamu perlu juga untuk membaca ulasan dan deskripsi produk untuk mendapatkan informasi tambahan tentang produk tersebut apakah sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak. 

2. Pilih Metode Pembayaran yang Aman

Banyak sekali metode pembayaran di dalam bertransaksi online dan kamu perlu memastikan keamanan metode tersebut dan terpercaya untuk melindungi transaksi kamu.

3. Cek Alamat Pengiriman Kamu Sudah Benar

Untuk memudahkan penjual untuk menghubungi kamu jika ada kendala adalah dengan memastikan bahwa alamat yang kamu tulis sudah benar. Apabila salah dalam pengiriman akan membuatmu juga susah.

Demikian pembahasan mengenai cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang bisa kamu pelajari dengan harapan kamu dapat lebih bijak lagi dalam melakukan transaksi online.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu pemula yang baru menggunakan aplikasi Tokopedia yang belum tahu cara membatalkan pesanan.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis informatif dan menarik lainnya hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Kamu pemula yang ingin meningkatkan penjualan toko online di marketplace dengan mudah dan cepat? Yuk, kepoin Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Yuk, daftar sekarang dan tingkatkan penjualan toko onlinemu dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya