everpro

Cara Riset Produk Terlaris di Tokopedia, Biar Bisnis Makin Cuan!

Bagaimana sih caranya riset produk terlaris di Tokopedia? Simak artikel ini untuk mengetahui informasi lengkap tentang cara melakukan riset produk terlaris di Tokopedia!

Para penjual baru pasti pernah memikirkan kira-kira tipe atau jenis barang seperti apa yang diminati oleh calon pembeli. Pertanyaan ini muncul karena mereka ingin berjualan produk yang secara pasti dapat laku terjual.

Dengan pertanyaan ini juga, para penjual baru dapat mempelajari dan menganalisa mengapa jenis atau tipe produk terlaris tersebut bisa laku terjual. Nah, tapi kenyataannya tidak sedikit yang belum mengetahui cara melakukan riset produk ini, lho.

Tapi tenang saja, pada artikel ini kami akan mengupasnya, spesial untuk kamu para penjual baru yang ingin melakukan riset produk di marketplace Tokoepdia untuk memulai bisnis di marketplace.

Semoga dengan cara yang kami berikan di bawah ini dapat memberikan referensi atau inspirasi untuk memulai bisnis. Yuk, kita simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Biaya Admin Tokopedia Seller Info Terbaru 2024, Simak!

Komponen dalam Menentukan Produk Terlaris di Tokopedia

cara riset produk terlaris di tokopedia
Sumber: google.com

Sebelum masuk ke pembahasan cara riset produk di Tokopedia, pertama-tama kita harus mengetahui komponen apa saja yang masuk dalam menentukan produk terlaris di Tokopedia.

Di bawah ini kita memberikan beberapa komponen yang penting dalam menentukan produk terlaris di Tokopedia:

1. Keyword atau Kata Kunci

Komponen yang pertama adalah keyword atau kata kunci. Ini berguna ketika calon pelanggan mencari di sebuah mesin pencarian atau marketplace Tokopedia.

Kamu bisa mengetahui keyword atau kata kunci apa yang digunakan para calon pelanggan dalam melakukan aktivitas belanja di internet. Untuk membantu mengetahui kata kunci apa yang mereka gunakan kamu bisa menggunakan beberapa tools berikut ini:

  • Google Trends

Tools pertama yang bisa kamu gunakan untuk mencari keyword atau kata kunci yang calon pelanggan gunakan adalah Google Trends. Tools dari Google ini memungkinkan kamu untuk menemukan dan juga menentukan kata kunci produk terbaik.

Karena pada tools ini kamu bisa melihat kata kunci dan produk atau barang yang sedang trend sekarang dalam kurun waktu tertentu. Cara melakukannya pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

    • Ketik kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk
    • Pilih negara dan rentang waktu yang sesuai
    • Jika sudah, kamu akan melihat hasil berupa data grafik yang alat ini tampilkan
    • Hasil tersebut berurutan sesuai dengan tingkat kualitasnya, jadi semakin tinggi keyword makin berkualitas
  • Google Keyword Planner

Masih tools yang Google keluarkan nih, kali ini tools bernama Google Keyword Planner. Hampir sama sebenarnya secara fungsi. Namun, GKP mengambil data yang berkaitan dengan layanan Google Ads.

Selain itu, GKP juga memberikan referensi dan inspirasi kata kunci yang bisa kamu gunakan juga, lho. Hal ini sangat membantu bagi kamu dalam menentukan produk atau jenis produk yang ingin kamu jual di Tokopedia.

2. Media Sosial

Selain menggunakan dua tools di atas, kamu juga bisa mengetahui produk apa yang sedang tren atau laris melalui media sosial. Siapa sih yang jaman sekarang tidak menggunakan media sosial? rasanya hampir semua orang memiliki media sosial.

Nah, di media sosial ini biasanya banyak produk-produk yang banyak dibicarakan oleh pengguna media sosial. Kamu bisa mengambil ide dari sana untuk menentukan produk yang akan kamu jual di marketplace.

Beberapa media sosial yang bisa kamu manfaatkan antara lain Instagram, Twitter, TikTok, Pinterest, Facebook dan lain-lain.

3. Website atau Aplikasi Tokopedia

Komponen terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Tokopedia itu sendiri. Karena kamu ingin menjual produk di Tokopedia maka kamu bisa melihat produk atau kategori produk yang terlaris melalui aplikasi atau versi desktop dari Tokopedia.

Tak hanya mengetahui produk apa saja yang memiliki potensi untuk dapat laris terjual, kamu juga bisa mengetahui siapa kompetitor kamu. Dengan melakukan riset produk di Tokopedia kamu bisa mengetahui produk terlaris, siapa pesaingnya, dan juga harga produk.

Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan secara matang plan bisnis kamu, sehingga bisnis yang kamu jalankan bisa lebih maksimal dan meminimalisir terjadinya kerugian.

Baca juga: 6+ Tips dan Cara Upload Produk di Tokopedia, Mudah dan Cepat!

Cara Riset Produk Terlaris di Tokopedia

Setelah mengetahui komponen apa yang bisa kamu gunakan untuk riset produk di Tokopedia, tak lengkap rasanya jika tidak kami berikan cara melakukannya. Berikut adalah cara riset produk terlaris di Tokopedia:

1. Cari Barang yang Kamu Mau

cara riset produk terlaris di tokopedia
Sumber: tokopedia.com

Cara pertama, kamu bisa mengunjungi website atau aplikasi Tokopedia. Setelah itu, pada kolom pencarian kamu bisa mengisi kata kunci dari produk atau barang yang kamu mau atau kamu butuhkan.

2. Pilih Kategori “Urutkan” dan Pilih “Paling Sesuai”

cara riset produk terlaris di tokopedia
Sumber: tokopedia.com

Setelah memasukkan kata kunci yang kamu inginkan dan hasil pencarian sudah muncul, kamu bisa menyorting urutan produk dengan mengaturnya pada tombol Urutkan dan pilih Paling Sesuai.

Dengan menu ini, maka produk yang akan ditampilkan paling atas adalah produk dengan jumlah penjualan terbanyak (terlaris) di Tokopedia.

3. Buka Website Tools Pencarian Kata Kunci (Google Trends atau Google Keyword Planner)

Setelah itu, kamu bisa membuka tools kata kunci dan memasukkan kata kunci produk di Tokopedia. Hal ini berguna agar kamu bisa mendapatkan data riset bahkan referensi atau inspirasi kata kunci yang bisa kamu gunakan agar produk kamu dapat menarik calon pelanggan.

Kamu juga bisa melakukan cara ini pada marketplace lain selain Tokopedia, seperti riset produk Lazada, riset produk Shopee.

Demikianlah akhir dari artikel terkait cara riset produk di Tokopedia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang berminat jualan di Tokopedia.

Share artikel ini di media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Nah, biar kamu bisa mendapatkan pelanggan dengan cepat di Shopee, kamu bisa menggunakan layanan Marketplace Enabler dari Everpro.

Layanan ini adalah layanan yang bisa membantu kamu untuk mengoptimisasi toko online yang kamu punya agar bisa mendatangkan banyak pelanggan, lho.

Layanan ini bisa kasih kamu banyak keuntungan dan keunggulan seperti berikut:

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Tunggu apalagi, daftar sekarang juga agar omzet penjualan kamu naik dengan lebih cepat!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya