Masih bingung gimana cara membuat label WA bisnis untuk kelola pesan? Simak artikel ini untuk mengetahui tutorial lengkapnya!
Sering mengalami kesusahan ketika mengelola chat dari pelanggan? Memang mengelola chat dari pelanggan menjadi tantangan tersendiri buat bisnis. Gak cuma aja kok yang ngalami masih banyak bisnis yang juga mengalami hal yang sama.
Seperti chat pelanggan yang berantakan dan susah dilacak, bingung chat mana yang udah dibales dan belum, susah bedakan pelanggan baru, repeat order dan komplain sampai follow up yang terlewat.
Tapi tahukah kamu jika semua tantangan tersebut bisa diatasi dengan penggunaan labeling pada chat pelanggan di WhatsApp. Nah, pada artikel ini kami akan membahas cara membuat label wa bisnis untuk mempermudah kelola chat pelanggan.
Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!
Apa itu Label WA Bisnis
Label WA bisnis merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan dan mengelola chat atau kontak pelanggan berdasarkan kategori.
Fitur ini sangat berguna bagi pelaku bisnis agar lebih mudah dalam mengelola komunikasi pelanggan, melacak status pesanan hingga mengelompokkan jenis pelanggan.
Manfaat Menggunakan Label WA Bisnis
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan pada bisnis jika menggunakan label WA bisnis. Berikut manfaat yang bisa didapatkan:
1. Mengelola Chat
Dengan menggunakan fitur label WA bisnis pelaku bisnis dapat memisahkan percakapan berdasarkan kategori seperti pelanggan baru, menunggu pembayaran atau pesanan selesai. Dengan begitu chat dari pelanggan dapat ditata jadi lebih rapi dan bikin pusing.
2. Memudahkan Follow Up Pelanggan
Membeli label juga punya manfaat dalam memudahkan follow up pelanggan. Caranya adalah setiap chat pelanggan bisa kamu beri label “follow up” jadi kamu gak lupa tuh sama chat yang harus difollow up.
3. Meningkatkan Efisiensi Pelayanan
Dengan label WA bisnis pelaku bisnis juga dapat meningkatkan efisiensi pelayanan. Kamu bisa langsung tahu status tiap pelanggan hanya dengan melihat label yang diberikan. Gak perlu membaca ulang chat satu per satu.
4. Membantu Analisis Penjualan
Memberi label “Sudah bayar” atau “Dibatalkan” bisa membantu pelaku bisnis untuk melacak tren penjualan dan memahami di mana letak pelanggan berhenti dalam proses pembelian.
5. Membuat Bisnis Terlihat Lebih Profesional
Penggunaan label menunjukkan bahwa bisnismu terorganisir dan serius dalam melayani pelanggan, meningkatkan kepercayaan mereka.
6. Mendukung Pengelolaan Tim
Bila bisnis punya tim customer service atau admin, label sangat memudahkan pembagian tugas dan pelacakan progress tiap pelanggan.
Nah, biar bisnis jadi lebih mantep lagi, kamu bisa menggunakan Everpro Chat. Kenapa Everpro Chat? Karena Everpro Chat menawarkan banyak keunggulan dan fitur yang bermanfaat untuk bisnis.
Cara menggunakan label di Everpro Chat juga sangat mudah, lho. Penasaran? Simak di bawah ini!
Cara Membuat Label WA Bisnis di Everpro Chat
Cara menggunakan fitur label bisnis di WA Everpro Chat itu sangat mudah dan simple. Berikut tutorialnya:
- Buka aplikasi Everpro Chat mobile
- Pilih Chat room yang mau dibuka
- Klik tombol Label Pelanggan
- Pilih label yang mau digunakan untuk memberi tanda. Kamu dapat memberikan lebih dari satu label pada setiap pelanggan
- Selesai, pelanggan sudah diberi label
Mudah banget kan? Itulah cara membuat label WA bisnis di Everpro Chat. Kini kelola chat dari pelanggan jadi lebih mudah menggunakan fitur label di Everpro Chat.
Mungkin kamu bertanya apakah sistem label pelanggan di Everpro itu bagus? Coba kita gambarkan gimana sistem kerja fitur label ini di Everpro Chat.
Jadi label yang dilakukan di Everpro Chat tadi sangat berguna untuk pengelolaan chat pelanggan yang lebih rapi. Selain jadi lebih profesional dan responsif, bisnis juga jadi lebih optimal dan mengurangi risiko mengalami kesulitan dan kewalahan.
Tips Menggunakan Label Agar Lebih Efektif di WA Bisnis
Kami akan memberikan tips menggunakan label agar lebih efektif pada bisnis. Berikut adalah tipsnya:
1. Gunakan Label Berdasarkan Proses
Dengan menggunakan label berdasarkan proses bisnis seperti contoh “pelanggan baru”, “menunggu pembayaran” hingga “butuh follow-up” dan “Transaksi selesai” membantu pelaku bisnis langsung tau status setiap chat.
2. Menggunakan Label Follow Up
Dengan menggunakan label follow up kamu jadi tahu jika chat pelanggan tersebut harus di follow up biar jadi closing dan lanjut transaksi. Gak ada kata pelanggan gak jadi transaksi karena lupa di follow up
3. Buat Label Warna
Kenapa labelnya harus diberi warna? Nah warna ini bisa jadi penanda penanganan yang harus dilakukan secepatnya oleh pelaku bisnis.
4. Review dan Hapus Label yang Sudah Tidak Digunakan
Setiap minggu atau bulan, kamu harus melakukan pengecekkan terhadap label yang udah gak dipake. Kalau ada label yang gak dipake kamu bisa hapus label itu biar gak bikin bingung dan makin numpuk
5. Gunakan Label dengan Fitur Auto Reply
Setelah memberi label, kamu juga bisa menggunakan fitur auto reply yang juga tersedia di Everpro Chat untuk membalas chat dengan cepat dan responsif.
6. Libatkan Tim (Jika ada)
Terakhir, jika bisnis punya tim customer service atau admin kamu bisa memberi tahu cara penggunaan label ini biar gak bentrok satu sama lain dan bikin bingung.
Demikianlah penjelasan mendalam tentang cara membuat label WA bisnis untuk mengelola chat dengan pelanggan jadi lebih mudah dan tertata rapi. Ada banyak manfaat kenapa membuat label untuk chat dari pelanggan itu sangat penting.
Udah buruan daftar sekarang dan bikin urusan komunikasi pelanggan jadi lebih mudah dengan Everpro Chat yang punya banyak keunggulan. Pelanggan jadi senang, bisnis jadi optimal dan cuan makin maksimal!