everpro

Terapkan Ini! 7 Cara Menawarkan Produk ke Toko dengan Efektif

Masih bingung gimana cara menawarkan produk kamu ke toko? Simak artikel ini untuk mengetahui cara menawarkan produk ke toko dengan efektif!

Dalam dunia bisnis, penjualan produk merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Namun, seringkali bisnis yang kita jalankan mengalami kesulitan dalam meningkatkan penjualan produk mereka.

Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan strategi penawaran yang efektif. Tapi bagaimana sih cara menawarkan produk yang baik dan efektif?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan produk dengan strategi penawaran yang tepat. Yuk, simak artikel ini sampai habis karena sayang jika kamu lewatkan!

Baca juga: 10 Tips & Cara Menawarkan Produk Biar Penjualan Kamu Naik!

10 Cara Menawarkan Produk ke Toko

cara menawarkan produk ke toko
Sumber: freepik.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menawarkan produk ke toko. Cara ini dapat meningkatkan keuntungan dan menarik konsumen. Simak cara dibawah ini:

1. Persiapan yang Matang

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan persiapa yang matang. Hal ini sangat penting karena dengan persiapan yang matang dapat meminimalisir kesalah dan membuat produk kamu memiliki kesempatan yang besar untuk berhasil.

Ada beberapa cara yang bisa kamu siapkan pada tahap ini. Berikut persiapan yang harus kamu lakukan mulai dari menentukan harga jual, mengemas produk dengan baik dan menarik, mengatur jumlah stok produk, membuat proposal penawaran produk.

2. Pilih Toko yang Sesuai dengan Produk Kamu

Selanjutnya, kamu bisa memilih atau mengidentifikasi toko yang sesuai dengan produk yang kamu pasarkan. Ada beberapa faktor yang bisa kamu perhatikan dalam tahap ini.

Beberapa faktornya yakni menjual produk sejenis atau terkait dengan produk yang kamu jual, memiliki lokasi strategis, reputasi toko yang baik, pemilik atau manager toko yang ramah dan terbuka dengan kerjasama.

3. Menemui Pemilik atau Manager Toko

Nah, setelah kamu telah menemukan dan memastikan toko yang potensial, selanjutnya kamu bisa langsung menemui pemilik atau manager toko secara langsung. Ketika menemui pemilik toko kamu bisa menawarkan produk yang kamu pasarkan.

Namun, ada beberapa etika dan cara menemui pemilik atau manager toko yang telah kamu pilih. Beberapa etika dan caranya antara lain:

  • Menghubungi dan membuat janji dengan pemilik toko dan menanyakan waktu yang tepat untuk bertemu
  • Membawa contoh produk dan proposal penawaran produk
  • Memperkenalkan diri dan produk dengan sopan, ramah dan profesional.
  • Mempresentasikan keunggulan dan manfaat produk dengan jelas dan meyakinkan
  • Memberikan informasi lengkap terkait produk yang kamu pasarkan mulai dari harga, cara pembayaran, cara pengiriman, garansi, dan promo jika ada
  • Menjawab pertanyaan atau keberatan dari pemilik atau manager toko dengan tenang
  • Memberikan kesempatan kepada pemilik atau manager toko untuk mencoba atau melihat produk lebih dekat
  • Memberikan kartu nama atau kontrak lainnya untuk memudahkan komunikasi selanjutnya

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Menawarkan Produk Lewat WA: Efektif dan Menarik!

4. Memberikan Penawaran Menarik

Kemudian, agar kamu bisa meningkatkan peluang diterimanya produk oleh toko, pelaku usaha bisa memberikan penawaran menarik.

Seperti contoh diskon harga untuk pembelian dengan jumlah besar, atau bisa juga dengan menawarkan hadiah gratis untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Dengan memberikan penawaran yang menarik semakin besar, kemungkinan toko untuk menerima produk yang kamu tawarkan. Akan tetapi, kamu harus memastikan jika penawaran menarik yang kamu tawarkan sudah sesuai dengan produk kamu.

5. Menawarkan Produk yang Berkualitas Tinggi

Jika kamu menawarkan produk kamu ke toko, kamu harus memastikan jika produk yang kamu tawarkan tadi memiliki kualitas yang tinggi. Dengan produk yang berkualitas tinggi akan menarik perhatian pembeli dan membantu kamu memperoleh lebih banyak pelanggan potensial.

Dengan begitu, toko yang kamu tawarkan pun akan menyetujui produk yang kamu tawarkan. Setelah itu, kamu telah berhasil menawarkan produk ke toko.

6. Memberikan Pelayanan yang Baik 

Salah faktor penting dalam menawarkan produk secara umum adalah pelayanan yang baik. Entah itu pelayanan pelanggan atau pelayanan lainnya, karena semua yang terkait dengan pelayanan adalah satu faktor penting dalam berbisnis.

Dengan begitu, kamu harus melakukan pelayanan ini dengan baik. Seperti ramah tamah kepada pelanggan atau pemilik toko, bertindak secara cepat, dan memberikan solusi yang memuaskan.

Dengan pelayanan yang telah disebutkan tadi akan berdampak kepada pelanggan yang puas. Pelanggan yang puas berpotensi besar untuk merekomendasikan produk atau bisnis yang kamu jalani.

7. Menjaga Komunikasi dengan Pemilik Toko

Setelah menawarkan produk ke toko, kamu juga harus melakukan komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan pemilik toko. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menindaklanjuti hasil penawaran produk kamu.

Tahap terakhir ini bisa membantu kamu seperti mengingatkan pemilik atau manager toko seperti:

  • Tentang produk yang kamu tawarkan,
  • Menjawab pertanyaan atau keberatan yang muncul setelah penawaran,
  • Memberikan info tambahan atau update tentang produk yang kamu tawarkan
  • Mendorong pemilik toko untuk mengambil keputusan terkait pembelian dan transaksi

Untuk tahap ini kamu harus melakukannya dengan baik, sopan dan profesional. Pastikan kamu tidak melakukan komunikasi terlalu sering dan terkesan menganggu.

Pastikan juga untuk menggunakan pesan yang berbeda untuk setiap komunikasi yang kamu lakukan, sesuai dengan tujuan dan situasi mereka.

Demikianlah beberapa cara menawarkan produk ke toko yang efektif dan menarik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menawarkan produk ke toko.

Jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips dan cara di atas agar kemungkinan besar produk kamu diterima. Kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu dan baca artikel lain yang bermanfaat seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya