everpro

Mudah dan Cepat! Ini Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Masih bingung cara mencarikan komisi Shopee Affiliate? Coba simak artikel ini untuk mengetahui informasi lengkap cara mencairkan komisi Shopee Affiliate!

Shopee Affiliate adalah program yang memberikan kesempatan kepada para content creator untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk yang dijual di Shopee melalui media sosial.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan melalui link yang kamu bagikan.

Namun, bagaimana cara mencairkan komisi Shopee Affiliate yang sudah kamu kumpulkan? Apa saja syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan?

Berikut ini kami akan menjelaskan langkah-langkah dan tips untuk mencairkan komisi Shopee Affiliate dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Shopee Affiliate Program, Untungnya Banyak Banget!

Alasan untuk Bergabung dengan Shopee Affiliate

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bergabung dengan program affiliate dari Shopee. Berikut beberapa keuntunga yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti program Shopee Affiliate:

1. Menjadi Tempat Penghasilan Tambahan

Mengikuti Shopee affiliate program kamu tidak memerlukan skill khusus dan tidak dibatasi oleh batasan umur. Semua kalangan dapat mengikuti program affiliate ini dengan mudah untuk mendapatkan uang tambahan.

2. Dapat Meningkatkan Potensi Jualan

Program ini dapat memberikan komisi yang cukup besar apabila kamu cukup rajin untuk mempromosikan produk. Kamu dapat menentukan sendiri komisi yang kamu bagikan jika kamu adalah seorang penjual.

Dengan begitu, toko yang kamu punya berpotensi akan meningkat secara penjualan produk.

3. Saling Menguntungkan Pihak yang Terlibat

Program ini dapat memberikan keuntungan bagi pihak yang terlibat yaitu penjual dan affiliator. Affiliator akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi pembelian dari promosi yang ia lakukan. Sedangkan untuk penjual akan mendapatkan keuntungan dari transaksi yang terjadi tersebut.

Langkah Pertama: Daftarkan Rekening Bank ke Shopee Affiliate

rekening
Sumber: unsplash.com

Sebelum kamu bisa mencairkan komisi Shopee Affiliate, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan rekening bank yang akan kamu gunakan untuk menerima pembayaran. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke halaman Saya.
  • Klik menu Shopee Affiliate Program yang ada di bagian bawah layar.
  • Login ke dashboard Shopee Affiliate dengan menggunakan akun Shopee yang sama dengan akun yang kamu gunakan untuk berpartisipasi dalam program ini.
  • Pilih menu Akun dan klik Pengaturan Pembayaran.
  • Isi data pembayaran sesuai dengan rekening bank yang kamu miliki, seperti nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, dan email. Pastikan data yang kamu masukkan benar dan sesuai dengan buku tabungan kamu.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Rekening Bank yang Kamu Daftarkan

  • Rekening bank harus dengan nama pribadi, bukan nama perusahaan atau organisasi.
  • Rekening bank harus berada di Indonesia dan menggunakan mata uang Rupiah.
  • Rekening bank harus sesuai dengan data diri yang terdaftar di akun Shopee-mu, termasuk nomor telepon dan alamat email.
  • Rekening bank harus aktif dan bisa menerima transfer dari bank lain.

Baca juga: Lengkap! Ini Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Affiliate

Langkah Kedua: Daftarkan ShopeePay

cara mencairkan komisi shopee affiliate
Sumber: google.com

Selain rekening bank, kamu juga harus mendaftarkan akun ShopeePay sebagai salah satu cara untuk mencairkan komisi Shopee Affiliate. ShopeePay adalah layanan dompet digital dari Shopee yang memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran online dengan mudah dan aman.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke halaman Saya.
  • Klik menu ShopeePay yang ada di bagian atas layar.
  • Ikuti instruksi untuk mengaktifkan akun ShopeePay-mu. Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, kode verifikasi, PIN, dan data diri lainnya.
  • Pastikan akun ShopeePay-mu sudah terverifikasi dengan mengunggah foto KTP atau SIM.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang ShopeePay

  • Akun ShopeePay harus dengan nama pribadi, bukan nama perusahaan atau organisasi.
  • Akun ShopeePay harus sesuai dengan data diri yang terdaftar di akun Shopee-mu, termasuk nomor telepon dan alamat email.
  • Akun ShopeePay harus aktif dan memiliki saldo minimal Rp 10.000.

Langkah Ketiga: Cek Komisi Affiliate

cara mencairkan komisi shopee affiliate
Sumber: google.com

Setelah kamu sudah mendaftarkan rekening bank dan akun ShopeePay, langkah selanjutnya adalah mengecek komisi affiliate yang sudah kamu kumpulkan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke halaman Saya.
  • Klik menu Shopee Affiliate Program yang ada di bagian bawah layar.
  • Login ke dashboard Shopee Affiliate dengan menggunakan akun Shopee yang sama dengan akun yang kamu gunakan untuk berpartisipasi dalam program ini.
  • Pilih menu Laporan dan klik Komisi. Di sini kamu bisa melihat jumlah komisi yang sudah masuk ke saldo akun-mu, beserta detail transaksi yang berhasil dilakukan melalui link yang kamu bagikan.

Hal Perlu Kamu Ketahui Tentang Komisi Shopee Affiliate

  • Komisi affiliate hanya bisa didapatkan dari transaksi produk yang berasal dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.
  • Komisi affiliate akan dikenakan pajak PPh 21 sebesar 2% dari jumlah komisi sebelum pajak.
  • Komisi affiliate akan masuk ke saldo akun setiap satu minggu sekali, biasanya pada hari Rabu atau Kamis. Kamu akan mendapatkan notifikasi dari Shopee jika komisi sudah masuk.

Langkah Keempat: Cairkan Komisi Affiliate

cara mencairkan komisi shopee affiliate
Sumber: google.com

Setelah kamu sudah mengecek komisi affiliate yang sudah masuk ke saldo akun-mu, langkah terakhir adalah mencairkan komisi tersebut ke rekening bank atau akun ShopeePay-mu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke halaman Saya.
  • Klik menu Shopee Affiliate Program yang ada di bagian bawah layar.
  • Login ke dashboard Shopee Affiliate dengan menggunakan akun Shopee yang sama dengan akun yang kamu gunakan untuk berpartisipasi dalam program ini.
  • Pilih menu Akun dan klik Penarikan Dana. Di sini kamu bisa melihat jumlah saldo tersedia untuk ditarik, beserta metode pembayaran yang bisa dipilih.
  • Pilih metode pembayaran sesuai dengan pilihan-mu, yaitu transfer bank atau ShopeePay. Jika kamu memilih transfer bank, pastikan rekening bank-mu sudah terdaftar di pengaturan pembayaran. Jika kamu memilih ShopeePay, pastikan akun ShopeePay-mu sudah terverifikasi dan memiliki saldo minimal Rp 10.000.
  • Masukkan jumlah nominal yang ingin ditarik. Pastikan nominal tersebut tidak melebihi saldo tersedia atau batas maksimum penarikan per periode. Batas maksimum penarikan per periode adalah Rp 10.000.000 untuk transfer bank dan Rp 1.000.000 untuk ShopeePay.
  • Klik Konfirmasi Penarikan Dana dan masukkan PIN atau password akun-mu untuk verifikasi.

Hal yang perlu kamu ketahui tentang pencarian komisi Shopee Affiliate:

  • Pencairan komisi affiliate hanya bisa dilakukan dua kali dalam sebulan, yaitu pada tanggal 1-5 dan tanggal 16-20 setiap bulannya.
  • Pencairan komisi affiliate akan diproses dalam waktu maksimal 7 hari kerja setelah permintaan penarikan dana dikonfirmasi oleh pihak Shopee.
  • Pencairan komisi affiliate akan dikirim ke rekening bank atau akun ShopeePay sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Kamu akan mendapatkan notifikasi dari Shopee jika pencairan sudah berhasil dilakukan.

Baca juga: 8 Langkah Cara Membuat Link Shopee Affiliate Biar Dapet Cuan!

Kapan Komisi Shopee Affiliate Cair?

cara mencairkan komisi shopee affiliate
Sumber: google.com

Setelah melakukan pencairan komisi affiliate, tentunya kamu ingin tahu kapan komisi tersebut akan cair ke rekening bank atau akun Shopeepay-mu. Jawabannya adalah tergantung dari proses verifikasi dan validasi dari pihak Shopee.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pencairan komisi affiliate akan diproses dalam waktu maksimal 7 hari kerja setelah permintaan penarikan dana dikonfirmasi oleh pihak Shopee. Namun, biasanya proses tersebut tidak memakan waktu selama itu.

Berdasarkan pengalaman beberapa content creator yang sudah bergabung dalam program ini, pencairan komisi affiliate biasanya cair dalam waktu 2-3 hari kerja setelah permintaan penarikan dana dikonfirmasi oleh pihak Shopee.

Namun, ada juga kemungkinan pencairan komisi affiliate mengalami keterlambatan karena beberapa faktor, seperti kesalahan data pembayaran, gangguan sistem, libur nasional, atau faktor lainnya. 

Perhatikan Hal Ini Saat Komisi Shopee Affiliate Kamu Belum Masuk

Meskipun kamu sudah mempromosikan produk Shopee melalui media sosial dengan giat, ada kemungkinan komisi affiliate belum masuk ke saldo akun-mu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Transaksi yang dilakukan melalui link yang kamu bagikan belum selesai atau dibatalkan oleh pembeli atau penjual.
  • Transaksi yang dilakukan melalui link yang kamu bagikan tidak memenuhi syarat dan ketentuan program Shopee Affiliate, seperti produk yang tidak termasuk dalam kategori yang ditentukan, pembeli yang menggunakan voucher atau promo lainnya, atau pembeli yang sudah pernah melakukan transaksi di Shopee sebelumnya.
  • Transaksi yang dilakukan melalui link yang kamu bagikan belum tercatat oleh sistem Shopee karena adanya gangguan atau delay.
  •  Transaksi yang dilakukan melalui link yang kamu bagikan tidak terdeteksi oleh sistem Shopee karena adanya penggunaan VPN, cookie blocker, ad blocker, atau aplikasi sejenis lainnya.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliate: Inilah Panduan Lengkap!

Lakukan Hal ini Untuk Memastikan Komisi Shopee Affiliate Kamu yang Belum Masuk

Berikut cara memeriksa komisi yang belum masuk:

  • Memeriksa status transaksi yang telah kamu lakukan melalui link yang kamu bagikan di menu Laporan > Komisi. Di sini kamu bisa melihat apakah transaksi tersebut sudah selesai, batal, atau belum tercatat oleh sistem Shopee.
  • Memeriksa syarat dan ketentuan program Shopee Affiliate di menu Bantuan > FAQ. Di sini kamu bisa mengetahui apakah transaksi tersebut memenuhi kriteria untuk mendapatkan komisi atau tidak.
  • Memeriksa pengaturan browser atau aplikasi yang kamu gunakan untuk berpromosi. Pastikan kamu tidak menggunakan VPN, cookie blocker, ad blocker, atau aplikasi sejenis lainnya yang bisa mengganggu proses tracking dari sistem Shopee.
  • Menghubungi customer service Shopee jika kamu yakin transaksi tersebut seharusnya mendapatkan komisi tetapi belum masuk ke saldo akun-mu. Kamu bisa mengirimkan bukti transaksi dan link yang kamu bagikan untuk meminta klarifikasi dari pihak Shopee

Nah, buat kamu yang ingin menambah pendapatan lain dengan cara yang mudah, ada Everpro Affiliate Program yang bakal ngasih pendapatan tambahan buat kamu!

Benefit Everpro Affliate Program

  • Komisi yang Menguntungkan
  • Dashboard Monitoring yang Detail
  • Layanan Pro yang Menyeluruh
  • Dukungan Penuh dari Tim Everpro

Ayo gabung Everpro Affiliate Program sekarang!

Gabung Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya