Everpro

Cara Mengaktifkan Akun Tokopedia yang Dinonaktifkan, Apakah Bisa?

Kamu mungkin pernah menonaktifkan akun Tokopedia baik itu akun sebagai penjual ataupun pembeli. Kira-kira apakah ada cara mengaktifkan akun Tokopedia yang dinonaktifkan?

Akun Tokopedia yang dinonaktifkan ini terkadang tidak hanya dari pengguna saja, namun dibeberapa kondisi pihak Tokopedia juga melakukan penonaktifan akun kepada penggunanya dengan beberapa alasan.

Untuk mengetahui jawaban dan caranya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di artikel ini, ya!

Baca Juga: 10+ Cara Daftar Tokopedia Affiliate, Pemula Wajib Tahu!

Cara Mengaktifkan Akun Tokopedia yang Dinonaktifkan oleh Pengguna

cara mengaktifkan akun tokopedia yang dinonaktifkan
Sumber: google.com/bersosial

Melansir dari situs resmi Tokopedia, menyebutkan bahwa tidak ada cara mengaktifkan kembali akun Tokopedia yang dinonaktifkan, termasuk akun toko milik penjual.

Artinya, pengguna yang menonaktifkan akun Tokopedia mereka dengan keputusan sepihak, maka tidak bisa mengaktifkan kembali akun Tokopedia secara permanen.

Selain itu, data email beserta nomor telepon yang pengguna daftarkan di akun Tokopedia yang sudah dinonaktifkan tersebut juga tidak bisa digunakan lagi termasuk untuk keperluan pendaftaran akun berikutnya.

Baca Juga: 7+ Cara Menghapus Riwayat Transaksi di Tokopedia, Gampang Banget!

Alasan Akun Tokopedia Dinonaktifkan 

Berbeda dengan pengguna yang tidak bisa lagi menonaktifkan akun Tokopedia, apabila pihak Tokopedia yang menonaktifkan akun pengguna, maka kamu bisa mengaktifkan kembali akun tersebut.

Istilah ini disebut sebagai dimoderasi, yaitu ketika pihak Tokopedia melakukan pengawasan kepada akun toko kamu dikarenakan tidak memenuhi beberapa aturan yang berkali di Tokopedia.

Berikut ini beberapa alasan pihak Tokopedia menonaktifkan akun penggunanya terutama pihak penjual:

  • Mengarahkan pembeli untuk bertransaksi diluar aplikasi Tokopedia.
  • Menyalahgunakan data pribadi pembeli.
  • Terdapat indikasi manipulasi dari pihak penjual demi memperoleh keuntungan pribadi.
  • Terdapat indikasi penipuan oleh pihak toko.
  • Penjual memasarkan produk yang dilaran dan konten yang tidak memenuhi standar.
  • Toko memiliki performa yang kurang bagus.
  • Toko terhubung ke akun yang mencurigakan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia Tanpa Iklan

Cara Mengaktifkan Akun Toko di Tokopedia yang Dimoderasi 

Jika kamu mengalami dimoderasi oleh Tokopedia dan ingin mengaktifkan akun Tokopedia kembali, mari simak langkahnya berikut ini:

  • Pastikan toko kamu sudah tidak menjual produk yang melanggar aturan Tokopedia.
  • Klik “Mohon Buka’ di halaman toko aplikasi Tokopedia.
  • Isi kolom keterangan dengan menulis permohonan untuk membuka toko di Tokopedia kembali.
  • Klik Simpan dan tunggu hingga informasi hasil pengecekan di pesan masuk Email Anda maksimal 1×24 jam.

Adapun untuk mengembalikan akun Tokopedia yang dinonaktifkan ini, toko kamu akan berada dalam pengawasan Tokopedia.

Itulah jawaban atas pertanyaan yang seringkali diajukan yaitu tentang cara mengaktifkan akun Tokopedia yang dinonaktifkan.

Selalu pertimbangan secara matang jika kamu ingin menonaktifkan akun Tokopedia kamu karena akun tidak dapat diaktifkan kembali.

Kecuali jika pihak Tokopedia yang dimoderasi akun kamu, maka kamu  bisa mengaktifkan kembali dengan cara-cara di atas.

Namun, sebelum akun kamu dimoderasi, sebaiknya lakukan antisipasi dengan memperhatikan aturan yang ditetapkan oleh Tokopedia.

Semoga artikel ini membantu kamu, dan jangan lupa baca artikel menarik hingga informatif lainnya hanya di blog Evermos!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya