everpro

7+ Cara Menghapus Riwayat Transaksi di Tokopedia, Gampang Banget!

Apakah kamu ingin menghapus riwayat transaksi di Tokopedia? Jika iya, maka artikel cara menghapus transaksi di Tokopedia ini cocok untukmu dan simak sampai habis!

Berbelanja secara online juga memiliki riwayat transaksi didalamnya, salah satunya adalah aplikasi Tokopedia. 

Riwayat transaksi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin melakukan pembelian kembali atau yang dikenal dengan repurchase atau komplain terhadap barang yang telah dibeli.

Namun, sebagian orang terganggu dengan adanya riwayat transaksi ini karena bisa menjadi hal yang mengganggu ketika ingin menjaga privasi.

Permasalahan yang sering dihadapi ini membuat Everpro ingin membahas cara menghapus transaksi di Tokopedia untuk kamu.

Baca Juga: Cara Retur Barang di Tokopedia, Gratis Ongkir? Bisa Banget!

Tujuan Menghapus Transaksi di Tokopedia

Beberapa pengguna Tokopedia mungkin merasa terganggu dengan riwayat transaksi dan salah satu tujuan dari menghapus transaksi adalah menjaga privasi pengguna.

Pada saat melakukan pembelian pastinya kita memasukkan data pribadi yang mana data tersebut perlu kita lindungi untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan data.

Selain itu, menghapus transaksi di Tokopedia dapat mengantisipasi pihak ketiga mengetahui misalnya seperti Google. 

Dengan begitu, kamu bisa memiliki kendali besar terhadap data pribadimu. Langkah ini tepat karena kamu memiliki privasi sekaligus transaksi yang lebih teratur.

Baca Juga: 8+ Cara Mengisi Alamat di Tokopedia Cocok untuk Pemula!

Syarat Menghapus Transaksi di Tokopedia

cara menghapus transaksi di tokopedia
Sumber: google.com

Sebenarnya tidak terdapat syarat khusus untuk menghapus transaksi di Tokopedia. Cukup dengan menyiapkan nomor telepon aktif yang disambungkan ke akun Tokopedia untuk mendapatkan notifikasi.

Agar proses penghapusan transaksi tersebut tidak terganggu adalah dengan tidak melakukan pinjaman di aplikasi Tokopedia.

Jika ada akan sulit untuk menghapus transaksi di Tokopedia karena akan terjadi masalah yang diakibatkan karena timbul kecurigaan untuk tidak bisa membayar pinjaman tersebut.

Baca Juga: Cara Redeem Voucher Tokopedia, Makin Untung Belanja!

Cara Melihat Transaksi di Tokopedia

cara menghapus transaksi di tokopedia
Sumber: google.com

Sebelum memulai untuk menghapus transaksi di Tokopedia, lihat lalu pilih transaksi mana saja yang ingin kamu hapus. 

Langkah ini membuat kamu menentukan keputusan dengan bijak, oleh karena itu berikut adalah cara melihat transaksi di Tokopedia yang bisa kamu ikuti langkahnya.

  • Akses terlebih dahulu aplikasi Tokopedia yang ada di perangkatmu
  • Setelah itu pilih ikon Menu Akun
  • Lalu kamu ke halaman Akun Saya dan pilih bagian Daftar Transaksi
  • Kemudian terdapat pilihan seperti Semua Status Transaksi, Semua Transaksi Berlangsung, Berhasil dan Tidak Berhasil. 
  • Selanjutnya kamu klik kategori Semua Status Transaksi dan nantinya akan muncul semua riwayat pembelian kamu selama di Tokopedia

Baca Juga: 5+ Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia, Mudah dan Cepat!

Cara Menghapus Transaksi di Tokopedia

cara menghapus transaksi di tokopedia
Sumber: google.com

Ternyata kabar buruknya adalah menghapus transaksi di Tokopedia tidak dapat dilakukan secara manual, melainkan dengan menghapus akun Tokopedia kamu.

Menghapus akun Tokopedia bersifat permanen dan semua data yang ada di sana akan terhapus juga. Namun, jika kamu sudah yakin dengan keputusan tersebut, maka berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan.

  • Pertama, akses aplikasi Tokopedia dan login akun yang ingin dihapus
  • Lalu masuk ke menu Akun dan pilih Tokopedia Care
  • Kemudian kamu scroll ke bawah sampai menemukan opsi Saya Ingin Tutup Akun dan klik opsi tersebut
  • Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi alasan atau kendala terkait penghapusan akun
  • Setelah itu untuk memperkuat alasan tersebut kamu bisa mengunggah foto atau video sebagai alat pendukung
  • Kalau sudah kamu unggah semua, kamu bisa klik Submit
  • Selesai. Kamu hanya perlu menunggu Tokopedia memverifikasi dan menyetujui permohonan terkait penutupan akun tersebut

Perlu diingat kembali bahwa sebelum menghapus akun pastikan kalau kamu tidak memiliki tagihan cicilan tertunda di Tokopedia PayLater atau pembayaran lainnya.

Selain itu, nomor handphone dan email yang kamu gunakan untuk akun tersebut yang sudah dihapus tidak dapat digunakan kembali untuk didaftarkan ke akun Tokopedia lainnya. 

Dan jika kamu memiliki saldo Tokopedia atau saldo lainnya yang ada di Tokopedia sebisa mungkin menariknya terlebih dahulu sebelum akun tersebut dihapus secara permanen.

Baca Juga: Cara Cek Resi Tokopedia Praktis dan Akurat 2024, Mudah Banget!

Tips Belanja Online di Tokopedia dengan Bijak

Supaya riwayat belanja online kamu bersih dan tidak bermasalah, maka kamu perlu dengan bijak dalam berbelanja sebelum akhirnya memutuskan untuk menghapus akun.

Maka dari itu, berikut ini adalah sederet tips untuk kamu agar lebih bijak dalam berbelanja secara online di Tokopedia.

  • Kalau kamu ingin tahu kualitas produk maupun pelayanan toko yang diberikan, kamu bisa melihat rating dari toko maupun produk tersebut. 
  • Untuk mendapatkan harga yang paling sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu sebaiknya bandingkan harga dari beberapa toko online. Hal ini memberikan kamu bijak dalam menentukan harga sebelum bertransaksi.
  • Baca deskripsi produk untuk mengetahui detail dari produk tersebut. Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai produk tersebut, jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual tersebut.
  • Baca dengan lengkap mengenai kebijakan pengembalian barang supaya hak kamu sebagai pembeli dilindungi apabila terjadi masalah.
  • Pilih metode pembayaran yang aman dan sesuai dengan kenyamanan kamu supaya kamu terhindar dari kerugian secara finansial. Selain itu, kamu perlu tahu cara top up Tokopedia supaya bertransaksi dengan lancar.
  • Periksa biaya pengiriman yang akan dikenakan oleh pembelian produk yang kamu butuhkan. Kamu perlu mengetahui cara dapat gratis ongkir Tokopedia karena hanya beberapa toko yang menawarkan hal tersebut.
  • Gunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak untuk melindungi akun kamu dari penyalahgunaan dalam berbelanja online.
  • Selalu perbarui versi terbaru dari aplikasi Tokopedia untuk menjaga keamanan perangkat yang kamu gunakan.

Selesai sudah pembahasan artikel mengenai cara menghapus transaksi di Tokopedia yang bisa kamu pelajari. Jika kamu pemula, lakukan belanja online dengan bijak supaya terhindar dari transaksi yang tidak bersih, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari solusi ingin menghapus transaksi di Tokopedia.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis yang menarik dan informatif hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Kamu pemula atau pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan toko online di marketplace? Yuk, mulai gunakan layanan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Yuk, daftar sekarang dan tingkatkan penjualan toko onlinemu dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya