everpro

Cara Retur Barang di Tokopedia, Gratis Ongkir? Bisa Banget!

Pernahkah kamu mengalami kekecewaan saat menerima barang yang tidak sesuai di Tokopedia? Simak alur cara retur barang di Tokopedia, bahkan bisa klaim gratis ongkir loh!

Belanja online di marketplace seperti Tokopedia kini menjadi aktivitas yang sangat umum.

Beragam produk hingga peralatan kebutuhan sehari-hari tersedia secara online, dan tak jarang pembeli perlu melakukan retur barang.

Setiap marketplace memiliki aturan dan cara yang berbeda untuk proses pengembalian barang dari pembeli ke penjual.

Artikel ini akan membahas cara mudah retur barang di Tokopedia beserta tips klaim gratis ongkirnya.

Baca Juga : 5+ Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia, Mudah dan Cepat!

Kenapa Pembeli Melakukan Retur Barang?

cara retur barang di tokopedia
Sumber. Freepik.com

Para pembeli melakukan retur barang karena berbagai alasan, beberapa di antaranya, barang tidak sesuai dengan pesanan yang tertampil di deskripsi atau foto di marketplace.

Alasan kedua pembeli salah memesan barang, barang yang diterima dalam kondisi rusak, kesalahan pengiriman barang yang tidak sesuai alamat.

Pada umumnya, pembeli ingin mendapatkan pengalaman berbelanja yang positif dan memuaskan.

Retur barang merupakan solusi yang diharapkan pembeli ketika mereka menerima barang yang tidak sesuai dengan harapan mereka.

Baca Juga : Cara Cek Resi Tokopedia Praktis dan Akurat 2024, Mudah Banget!

Alur Cara Retur Barang di Tokopedia 

cara retur barang di tokopedia
Sumber. Tokopedia.com

Pembeli kini dapat mengajukan retur barang di Tokopedia dengan mudah melalui aplikasi di HP.

Sebelumnya, siapkan bukti foto atau video yang jelas sebagai bukti alasan retur.

Berikut adalah alur dari  cara retur di Tokopedia yang perlu diketahui oleh pembeli dan penjual :

Cara Retur Barang di Tokopedia oleh Pembeli

Jika Kamu sudah mempersiapkan foto dan video, berikut adalah cara retur barang di Tokopedia melalui Pusat Resolusi Tokopedia :

  • Buka aplikasi Tokopedia dan pilih “Pesanan Saya“.
  • Pilih “Komplain” pada pesanan yang ingin diretur.
  • Pilih “Ajukan Pengembalian Dana/Barang“.
  • Pilih “Barang Tidak Sesuai” atau “Barang Rusak” sebagai alasan retur.
  • Masukkan jumlah barang yang ingin diretur dan alasan retur.
  • Unggah bukti foto atau video yang mendukung alasan retur.
  • Pilih “Ajukan“.
  • Tunggu konfirmasi dari penjual.
  • Jika penjual menyetujui retur, kirimkan barang kembali ke alamat yang tertera.
  • Masukkan nomor resi pengiriman di Pusat Resolusi.
  • Setelah mempacking barang Kamu dapat datang langsung ke agen pengiriman yang bekerjasama dengan Tokopedia
  • Tunggu proses pengembalian dana atau penukaran barang.

Apabila pesanan Kamu sebelumnya menggunakan Asuransi Pengiriman Tokopedia maka kamu dapat ajukan klaim ongkos kirim retur dengan nominal penggantian maksimal senilai ongkos kirim awal.

Lalu Jika menggunakan asuransi pengiriman, kamu bisa memilih pengiriman Dijemput Tokopedia sehingga bisa langsung request pick up di Pusat Resolusi

Baca Juga : 6+ Cara Top Up Tokopedia untuk Pemula, Dijamin Mudah & Lancar!

Cara Memproses Retur Barang Dijemput Tokopedia

Sebagai seller di Tokopedia, penting untuk memahami cara memproses retur barang dengan fitur Dijemput Tokopedia.

Seller juga bisa mengecek apakah lokasimu masuk dalam cakupan atau tidak, hanya pada saat menerima komplain.

Berikut ini adalah cara memproses menggunakan fitur dijemput Tokopedia yang dengan menggunakan aplikasi Tokopedia Seller :

  • Buka Aplikasi Tokopedia Seller
  • Pilih menu “Pesan Dikomplain”
  • Pilih “Butuh Direspon” dan tekan transaksi yang dikomplain oleh Pembeli
  • Tekan Pilih “Solusi”, lalu pilih “Tukar Barang
  • Pilih alamat pengembalian yang Kamu inginkan Klik “Alamat Pembeli”.
  • Klik Kirim Barang Sekarang, dan tunggu pengembalian barang dari Pembeli 2×24 jam hari kerja.
  • Pilih “Dijemput Tokopedia
  • Pilihlah jadwal pengembalian kemudian tekan “Minta Pick-up”. Mohon tunggu jemput barang hingga batas waktu pick-up sampai pukul 20.00 WIB.
  • Klik “Barang Sudah Diterima

Setelah itu Kamu bisa melacak terkait perkembangan pengiriman paket barang pengganti kurir.

Setelah barang datang jangan lupa Klik Barang Sudah Diterima. Fitur Dijemput Tokopedia ini bekerja sama dengan dengan kurir Anteraja dengan layanan Reguler.

Baca Juga : 10+ Cara Upload Produk di Tokopedia Secara Massal Tanpa Ribet

Tips Mendapatkan Gratis Ongkir Retur Barang di Tokopedia

cara retur barang di tokopedia
Sumber. Freepik.com

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Kamu terapkan untuk memperbesar peluang mendapatkan gratis ongkir untuk retur barang di Tokopedia:

  • Pastikan kamu membaca Syarat dan Ketentuan retur di toko online sebelum melakukan pembelian.
  • Siapkan bukti foto atau video yang jelas sebagai bukti alasan retur.
  • Jika Kamu membeli produk pecah belah atau yang mudah rusak bisa gunakan Asuransi program “Gratis Ongkir Retur” ketika memesan barang.
  • Kamu juga bisa menggunakan Asuransi Fitur Dijemput Tokopedia ketika proses pembelian atau check-out agar tidak mengeluarkan biaya.  
  • Komunikasikan dengan baik kepada penjual mengenai alasan retur.
  • Pantau proses retur melalui Pusat Resolusi Tokopedia.

Baca Juga : 4+ Cara Pasang Iklan di Tokopedia untuk Meningkatkan Penjualan Online Kamu!

Demikianlah alur proses cara retur barang di Tokopedia yang bisa klaim gratis ongkir.

Untuk seller tokopedia bisa banget coba layanan Everpro MP Enabler yang nantinya akan bantu Kamu untuk menentukan strategi penjualan yang untung untuk toko online di marketplace selain itu ada banyak benefit lainnya yang bisa kamu rasakan.

Benefit Everpro MP Enabler

Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:

  • Sesi Konsultasi dengan Tim Profesional
  • Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
  • Memaksimalkan penjualan dengan jenis campaign yang efektif 
  • Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
  • Bisa pilih Paket Satuan atau Lengkap

Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya