Cara Mengatasi Nomor Diblokir oleh Pihak WA Business

Cara mengatasi nomor diblokir oleh pihak WA Business adalah salah satu hal penting yang perlu dipahami pebisnis yang memanfaatkan platform ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Seperti yang Sobat Everpro ketahui, ada banyak sekali kegunaan yang ditawarkan WA Business, namun juga ada kebijakan ketat untuk menjaga kualitas layanannya.

Karena itulah, di beberapa kondisi WA Bisnis memblokir nomor pebisnis secara tiba-tiba dengan notifikasi “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp”.

Tentu situasi ini membuat beberapa orang panik. Tapi tidak perlu khawatir hingga harus membuat akun WA Bisnis baru, karena ada cara mengatasinya yang akan dibahas di artikel ini.

Penyebab Nomor WA Bisnis Diblokir

Cara Mengatasi Nomor Diblokir oleh Pihak WA Business
Sumber: google.com/bersosial

Nomor WhatsApp Business tidak selalu bersifat permanen. Ada juga pemblokiran yang sifatnya sementara sehingga bisa diatasi dengan beberapa langkah. Mari kenali apa sebabnya berikut ini.

1. Diblokir Sementara

Mengutip dari situs Pusat Bantuan WhatsApp, pemblokiran sementara nomor WA Bisnis terjadi karena pengguna melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp dan Kebijakan Berkirim Pesan Aplikasi WhatsApp Business.

Pemblokiran ini ditandai dengan pemberitahuan “Diblokir sementara” saat membuka aplikasi WhatsApp. Berikut beberapa aktivitas akun yang dianggap melanggar:

  • Adanya aktivitas spam.
  • Terjadi aktivitas penipuan/scam di akun WA Bisnis.
  • Pihak Meta membaca adanya aktivitas yang membahayakan keamanan pengguna WA.
  • Pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp Business yang tidak resmi.
  • WhatsApp sedang mengumpulkan informasi (scarping).

2. Diblokir Permanen

Hal yang paling ditakuti pebisnis adalah nomor WhatsApp Business yang diblokir permanen.

Ini ditandai dengan pemberitahuan, “Nomor telepon Anda diblokir untuk menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan”

Penyebab nomor WhatsApp diblokir permanen yaitu karena terdeteksi melanggar Kebijakan Berkirim Pesan Aplikasi WhatsApp Business atau Kebijakan Perdagangan Meta.

Beberapa aktivitas terkait pelanggaran tersebut diantaranya:

  • Melibatkan spam.
  • Mencoba menjual benda yang dilarang oleh kebijakan Meta.
  • Mencoba menjual benda yang diduga membahayakan keamanan pengguna WhatsApp.
  • Terdeteksi adanya pesan konten yang melanggar kebijakan WhatsApp.
  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ilegal.
  • Terdeteksi melakukan aktivitas berbayar seperti peretasan, pelecehan, intimidasi, dan tindakan kejahatan lainnya.
  • Menyalahgunakan fitur broadcast yang merugikan pengguna.
  • Mendapat laporan dari banyak orang dalam waktu singkat.

Cara Mengatasi Nomor Diblokir oleh Pihak WA Business

Cara Mengatasi Nomor Diblokir oleh Pihak WA Business
Sumber: google.com/bersosial

Apabila nomor WhatsApp Business kamu diblokir sementara maupun permanen dengan penyebab kesalahan yang tidak disengaja, mari ikuti cara berikut ini untuk mengatasinya:

1. Tinjau Kebijakan Berkirim Pesan Aplikasi WhatsApp Business

Pertama-tama, kamu perlu tahu dulu apa penyebab pasti dari nomor WA Bisnis yang diblokir. Caranya dengan meninjau kembali Kebijakan Berkirim Pesan Aplikasi WhatsApp Business.

Pada laman resmi kebijakan dari WhatsApp, dijabarkan secara rinci mengenai ketentuan penggunaan WhatsApp Business yang semestinya.

2. Tinjau Kembali Kebijakan Perdagangan Meta 

Berikutnya, tinjau juga Kebijakan Pedagangan Meta di laman resmi WhatsApp Business. Di laman tersebut, dijelaskan secara rinci konten-konten apa saja yang dilarang oleh Meta.

Selain itu, juga terdapat beberapa konten yang dibatasi. Sehingga, kamu bisa tahu penyebab pemblokiran dan apa saja yang perlu diantisipasi.

3. Ajukan Banding kepada WhatsApp

Jika sudah tahu penyebabnya, lakukan banding kepada WhatsApp dengan cara masuk ke aplikasi, lalu klik Minta peninjauan”.

Jika ada, berikan informasi detail yang bisa mendukung kasus kamu, lalu klik “Kirim”.

4. Menunggu Peninjauan Pihak WhatsApp 

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu pihak WhatsApp Business meninjau permintaan kamu. Pihak WhatsApp Business akan mengirimkan notifikasi di aplikasi setelah akun selesai ditinjau.

Jadi, persetujuan apakah nomor kamu dapat dipulihkan atau tidak bergantung kepada keputusan WhatsApp Business yang menelusuri pelanggaran yang dilakukan.

Namun, sebelum pemblokiran tersebut terjadi sangat penting bagi pebisnis online yang menggunakan WhatsApp Business untuk mengatisipasi sedini mungkin.

Karena ketika nomor WA Bisnis diblokir baik itu secara sementara maupun permanen, tentu akan mengganggu aktivitas bisnis hingga berpotensi kehilangan pelanggan yang potensial.

Nah, salah satu langkah antisipasi yang tepat adalah menggunakan Everpro Chat, yaitu platform untuk para pebisnis mengelola pengaturan pesan ke pelanggan dengan berbagai fitur andalan.

Apalagi seperti yang dibahas di atas, salah satu penyebab utama nomor WhatsApp Business yang diblokir adalah adanya spam atau mengirim pesan ke banyak penerima secara berulang.

Kendala ini bisa diatasi dengan fitur Everpro Chat, mulai dari broadcast anti-banned ke banyak pelanggan, maksimalkan closing WA, flow kerja tim yang ringkas, dan banyak lagi.

Everpro Chat juga sudah terintagrasi dengan WhatsApp Business API, jadi pebisnis online tidak perlu khawatir karena akun sudah terjamin aman dan berkualitas.

Di era digital yang serba praktis ini, yuk saatnya wujudkan aktivitas bisnis yang efektif dan efisien bersama Everpro. Daftar gratis di Everpro dan nikmati layanan Everpro Chat sekarang juga!

Picture of Sania Majida

Sania Majida

Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya