everpro

Harus Tahu! Inilah Cara Mengatasi WhatsApp Terblokir Tanpa Ribet

Akun WhatsApp kamu tiba-tiba diblokir? Cari tahu cara mengecek dan mengatasi WA yang terblokir dengan mudah di sini!

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa tidak bisa mengirim pesan ke pada teman di WhatsApp? Itu mungkin salah satu tanda akun  kamu terkena blokir, lho.

Eitss, tapi jangan khawatir dulu, karena kamu bisa segera mengeceknya dan mengatasinya tanpa repot. Dengan begitu, kamu bisa dengan cepat menggunakan kembali akun WhatsApp kamu.

Biasanya untuk mengetahui apakah akunmu diblokir atau tidak yaitu akan muncul kalimat yang bertuliskan “Nomor telepon Anda diblokir untuk menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan”.

Pertanyaan yang muncul pada benak kamu pasti adalah “apakah akun WA kamu dapat digunakan kembali?”, “kenapa wa diblokir?”, dan “bagaimana cara mengatasinya?”.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah memberikan informasi lengkap di bawah ini spesial untuk kamu! So, tanpa berlama-lama lagi yuk, simak informasi selengkapnya!

Baca juga: Auto Text WhatsApp: Pengertian, Keuntungan & Cara Membuat

Tanda WA Diblokir dan Cara Mengecek/Mengetahuinya

cara mengatasi wa terblokir
Sumber: google.com

Bagaimanakah cara untuk mengecek apakah WA kita diblokir atau tidak? Mengetahui apakah akun WA kita diblokir sebenarnya memang agak sulit karena WA tidak memberitahu secara detail tentang hal tersebut.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tanda-tanda akun mengalami blokir oleh seseorang. Pada WA sendiri ada dua jenis blokir yang bisa kamu alami, pertama resmi dari WA lalu kedua dari sesama pengguna.

Nah, di bawah ini kami sudah merangkum tanda-tanda sebuah akun terkena blokir, berikut informasinya:

  • Pesan Gagal Terkirim

Hal yang paling mudah untuk mengetahui apakah sebuah akun WA terblokir adalah akun tersebut tidak dapat mengirim pesan. Ciri-cirinya adalah kamu akan melihat tanda centang satu di sebelah pesan.

  • Tidak Bisa Melihat Info Terakhir

Tanda selanjutnya adalah akun yang terindikasi terblokir tidak dapat melihat info terakhir dari kontak yang memblokir. Sebaliknya, jika kamu tidak terblokir maka kamu dapat melihat “info terakhir” kontak tersebut.

  • Tidak Bisa Melihat Foto Profil

Kemudian, jika akun kamu terindikasi terblokir kamu tidak bisa melihat foto profil kontak yang memblokir. Foto profil tersebut mungkin tidak akan muncul atau akan berganti menjadi foto default WA.

  • Tidak Dapat Melakukan Telepon

Jika akun kamu terblokir maka salah satu tanda yang sangat kentara adalah kamu tidak dapat melakukan telepon pada nomor yang memblokir kamu.

  • Tidak Bisa Masuk ke Dalam Grup

Jika kontak yang memblokir kamu adalah admin dari grup WA, maka kamu tidak dapat bergabung atau kembali ke grup tersebut jika akun kamu terblokir.

  • Berubahnya Status Pesan

Kontak yang memblokir kamu mungkin telah mengubah pengaturan privasi mereka, ini berarti hanya teman mereka yang dapat berkirim pesan satu sama lain.

  • Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Tanda terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apakah akun kamu terblokir atau tidak.

Namun, menggunakan aplikasi semacam ini dapat melanggar kebijakan dari WhatsApp itu sendiri. Nah, tanda-tanda di atas tersebut bukan menandakan sepenuhnya akun kamu terblokir ya.

Bisa jadi karena hal-hal teknis yang membuat akun kamu seolah-olah terblokir, padahal belum tentu akun kamu terblokir.

Kenapa Nomor WhatsApp Terblokir

Ada beberapa alasan kenapa WA kamu diblokir oleh pihak WhatsApp. Umumnya karena akun kamu terindikasi melanggar Ketentuan Layanan dari WhatsApp.

Namun, di bawah ini ada beberapa alasan dan penyebab kenapa WA kamu terblokir, berikut adalah beberapa alasannya:

  • Menggunakan Aplikasi WhatsApp Modifikasi
  • Diblokir Oleh Beberapa Pengguna WhatsApp
  • Melakukan Spam Kepada Orang yang Tidak Menyimpan Nomor Kamu
  • Mengirim File, Virus, Atau Malware Berbahaya
  • Meretas WhatsApp
  • Perilaku Tidak Pantas

Itulah beberapa alasan dan penyebab kenapa akun WA kamu dapat terblokir oleh pihak WhatsApp. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu harus memperhatikan alasan-alasan tersebut.

Baca juga: Simak! 14+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Cara Mengatasi WhatsApp Terblokir

cara mengatasi wa terblokir
Sumber: google.com

Dari tanda-tanda WA terblokir yang kami berikan di atas, kamu jadi lebih mengerti apakah akun kamu diblokir atau memang hanya karena kesalahan teknis yang mungkin terjadi.

Nah, jika kamu merasa hal tersebut terjadi, kamu dapat mengembalikan akun WhatsApp menjadi normal dengan 3 cara. Berikut adalah 3 cara tersebut:

1. Cara Mengatasi WA Terblokir Sementara

  • Tunggu selama 24-48 jam untuk membuka blokir sampai akun bisa kamu gunakan kembali.
  • Kemudian, buka aplikasi WhatsApp yang terindikasi terblokir. Lalu, lakukanlah backup semua chat ke Google Drive.
  • Cara backupnya yaitu dengan menekan tombol titik tiga yang ada pada pojok kanan atas kemudian pilih Settings, lalu Chats > Chat Backup > Google Account > Login menggunakan Gmail > Backup.
  • Selanjutnya, kamu bisa menginstall WhatsApp resmi dari Playstore atau AppStore.
  • Login pada aplikasi WhatsApp menggunakan nomor lama kamu.
  • Pada proses login, kamu akan diminta untuk melakukan restore backup melalui Google Drive. Pilih opsi tersebut lalu login dengan akun Gmail yang kamu gunakan sebelumnya untuk melakukan backup chat.
  • Setelah berhasil terhubung, segera restore backup yang ada.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Hapus aplikasi WhatsApp tidak resmi yang kamu gunakan sebelumnya.

2. Cara Mengatasi WA Terblokir Permanen

Jika akun WhatsApp kamu terblokir permanen, hanya ada satu cara yang bisa kamu lakukan. Cara ini adalah dengan mengirimkan pesan atau email ke pihak WhatsApp.

Ada 2 cara untuk mengaktifkan WhatsApp yang terblokir permanen dengan menghubungi WhatsApp. Berikut adalah dua cara tersebut:

  • Mengirim email ke WhatsApp untuk mengaktifkan kembali nomor yang terblokir permanen. Caranya adalah dengan mengirimkan email ke alamat [email protected] dan ajukan penghapusan blokir tersebut. Kamu bisa menjelaskan masalah yang terjadi selengkap-lengkapnya.
  • Mengisi form yang tersedia pada laman https://www.whatsapp.com/contact/?subject=messenger. Setelah itu tunggu balasannya, kemudian ikuti semua petunjuk yang WhatsApp berikan pada email tersebut.

Kamu bisa menunggu selama 4 hingga 24 jam untuk mendapatkan balasan dari WhatsApp, sebelum kamu bisa kembali menggunakan akun WA tersebut.

Tapi jika kamu sudah mengalami pemblokiran 2 sampai 3 kali, besar kemungkinan jika akun kamu WhatsApp blokir secara permanen.

3. Cara Mengatasi WA Terblokir dengan Menggunakan Akun Baru

Cara termudah dan terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuka blokir WhatsApp adalah dengan menggunakan akun baru. Tapi sebelum melakukannya, kamu bisa menghapus akun kamu terlebih dahulu.

Berikut cara untuk menghapus WhatsApp yang terblokir:

  • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih opsi “Pengaturan”
  • Kemudian klik opsi pengaturan “Account”
  • Pilih Menu “Delete My Account” untuk menghapusnya.
  • Setelah itu, akun WhatsApp kamu sudah berhasil terhapus.
  • Buka kembali aplikasi WhatsApp dan lakukanlah registrasi ulang menggunakan nomor ponsel yang sama.

Nah, agar WhatsApp Business kamu tidak mengalami kejadian terblokir seperti di atas karena ga tahu campaign CRM yang tepat, Everpro memiliki solusi yang bisa bantuin bisnis kamu meningkatkan kepuasan pelanggan, lho.

Solusi untuk masalah tersebut yaitu layanan Everpro CRM yang ga hanya bikin WA bisnis tidak terblokir karena meningkatkan kepuasan pelanggan, Everpro CRM juga bisa memaksimalkan penjualan bisnis online kamu. 

Dengan layanan CRM, Everpro bisa bantuin kamu mengoptimalkan konversi dari leads masuk dan juga mengelola hubungan dengan tiap pelanggan dengan sistem berbasis data, fitur labeling hingga automasi pesan.

Selain membantu bisnis online kamu tadi, Everpro CRM juga memiliki keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika bergabung. Berikut beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan:

  • Fitur Data Pelanggan

Simpan dan kelola data pelanggan jadi lebih mudah. Fitur ini memudahkan kamu membuat database pelanggan dari sinkronisasi kontak handphone atau WA Contact hanya dengan satu kali “klik”.

  • Label dan Segmentasi

Tingkatkan profit dengan mengklasifikasikan customer. Fitur ini akan bantu kamu untuk memberi penanda dan mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria tertentu dengan jumlah tak terbatas dan terintegrasi langsung dengan Custom Keyboard.

  • Broadcast Pesan dan Automasi Alur Kerja

Kurangi kerja manual dan resiko kena banned, karena kamu bisa kirim blast WA ke pelanggan yang bisa dikirim kapanpun secara otomatis sesuai jadwal atau kondisi yang sudah kamu tentukan.

  • Update Status Paket

Tekan angka RTS dengan automasi status paket. Fitur ini memungkinkan kamu mengirim pesan berisi update pengiriman paket ke pelanggan secara otomatis untuk setiap pengiriman di Everpro Shipping.

Layanan CRM yang terintegrasi terbukti membantu menurunkan resiko RTS hingga 50% dan juga meningkatkan potensi repeat order hingga 30%. 

Yuk, gabung Everpro CRM sekarang agar Bisnis kamu makin meningkat!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya