everpro

Cara Mengirim Barang Lewat Grab 2022, Mudah dan Cepat!

cara mengirim barang lewat grab

Bagaimana cara mengirim paket lewat Grab? Berikut penjelasan cara mengirim barang lewat Grab dengan cepat dan mudah. Cek sekarang!

Jasa pengiriman instan memberikan kemudahan dalam mengirimkan barang secara cepat. Dalam hitungan jam bahkan menit, paket sudah bisa sampai ke lokasi penerima.

Biasanya pengiriman instan ini berlaku untuk mengirim barang dalam kota atau antar kota yang masih dekat jaraknya. Saat ini tersedia beberapa jenis jasa pengiriman yang menyediakan layanan ini.

Grab sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan layanan kurir berbasis aplikasi, menyediakan layanan Grab Express sebagai sarana pengiriman barang dengan cepat.

Layanan ini menawarkan kecepatan waktu sampai dan kemudahan cara memesannya. Lantas bagaimana cara mengirim barang lewat Grab?

Baca artikel ini sampai tuntas untuk temukan jawabannya.

Kemudahan Layanan Kirim Barang Lewat Grab

cara mengirim barang lewat grab
Sumber: google.com

Melalui Grab anda dapat mengirimkan barang dengan cepat, saat ini tersedia beberapa jenis layanan Grab Express yang bisa anda pilih.

Dari semua layanan keutamaannya adalah kecepatan pengiriman yaitu sampai pada hari yang sama. Anda bisa mengirimkan barang, makanan, dokumen, pakaian, hingga barang elektronik menggunakan layanan ini.

Berikut beberapa layanan Grab Express yang tersedia:

Everpro
  • Grab Express Same Day

Melalui layanan ini driver atau kurir akan mengirimkan paket ke alamat penerima dengan jaminan sampai di hari yang sama. Lebih tepatnya dalam kisaran 6 hingga 8 jam. 

Pengiriman Same Day menggunakan armada motor, berat barang kiriman adalah 7 kg. Jadi anda bisa mengirimkan berbagai jenis barang dengan tarif lebih murah daripada layanan Instant, tapi tetap sampai di hari yang sama.

  • Grab Express Instant

Jenis layanan pengiriman lainnya adalah Grab Instant, dimana kurir akan langsung menjemput barang dan mengirimkannya ke alamat penerima. Tersedia dua jenis armada untuk layanan ini.

Pertama adalah Instan Bike, yaitu dengan menggunakan motor. Perkiraan waktu sampai ke lokasi penerima yaitu maksimal 3 jam. Adapun berat barang maksimal adalah 15 kg dengan dimensi 50 x 50 x 50 cm.

Kedua yaitu Instan Car, dengan menggunakan mobil untuk mengirimkan barangnya. Waktu pengiriman juga sama cepatnya karena langsung menjemput dan mengirim barang ke alamat tujuan.

Adapun berat maksimal barang yang bisa anda kirim adalah 150 kg dengan ukuran 100 x 100 x 80 cm. Tarif Instan Car lebih mahal dari Instant Bike, karena kapasitasnya yang lebih besar.

Baca juga: Grab Express Instant Solusi Kirim Paket Ke Banyak Alamat

Tarif Ongkir Kirim Lewat Grab

cara mengirim barang lewat grab
Sumber: google.com

Perhitungan biaya tarif ongkir bervariasi berdasarkan jenis layanan yang anda pilih, dan jarak tempuh dari lokasi pengirim ke penerima. Harganya dihitung per kilometer jarak tempuh.

Untuk lebih jelasnya berikut tarif dasar pengiriman barang menggunakan Grab Express:

Tarif Ongkir Grab Express Instant

  1. Untuk jarak tempuh dari 0 hingga 5 km, tarifnya adalah Rp2.900 per km dengan minimal tarif Rp20.000.
  2. Berikutnya jarak dari 5 sampai 10 km, memiliki tarif Rp3.000 dengan minimal tarif Rp20.000.
  3. Selanjutnya untuk pengiriman dengan jarak 10 hingga 30 km sebesar Rp3.200, dengan minimal tarif yaitu Rp20.000.

Tarif Ongkir Grab Express Same Day

  1. Jarak dari 0 – 5 km tarifnya adalah Rp15.000.
  2. Untuk  jarak tempuh 5 hingga 15 km, tarifnya adalah Rp18.000.
  3. Lalu untuk jarak 10 – 15 km, tarif sebesar Rp20.000.
  4. Jarak tempuh 15 hingga 20 km, tarif sebesar Rp21.000.
  5. Selanjutnya jarak 20 – 25 km, tarifnya yaitu Rp25.000
  6. Sedangkan jarak 25 hingga 30 km, tarifnya Rp33.000.
  7. Jarak pengiriman 30 – 35 km, dikenakan tarif Rp39.000.
  8. Terakhir untuk jarak 35 hingga 40 km, yaitu sebesar Rp49.000.

Syarat dan Ketentuan Cara Mengirim Barang dari Grab

syarat dan ketentuan kirim paket
Sumber: google.com

Sebelum mengirim barang lewat Grab Express, pastikan anda sudah mengetahui syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Karena setiap jasa pengiriman pasti memiliki syarat dan ketentuan pengiriman barang.

Berikut syarat dan ketentuan mengirim barang lewat Grab:

  1. Berat maksimal barang kiriman melalui layanan ini adalah 15 kg untuk Instant Bike, 150kg untuk Instant Car, dan 7 kg untuk Same Day.
  2. Ukuran dan dimensi maksimal untuk mengirim barang lewat Instant dan Same Day Bike adalah 50 x 50 x 50 cm. Sedangkan pengiriman melalui Instant Car ukuran maksimalnya yaitu 100 x 100 x 80 cm.
  3. Pengiriman ini tersedia untuk beberapa kota seperti: Ambon, Jayapura, Jakarta, Palu, Jambi, Aceh, Manado, Kendari, Pekanbaru, Pontianak, Padang, Bandung, Bali, Palembang, Batam, Mataram, Banjarmasin, Depok, Makassar, Balikpapan, Semarang, Lampung, Yogyakarta, Tangerang, Medan, Surabaya, Bengkulu, Pangkal Pinang, Bekasi, dan Tanjung Pandan.
  4. Terdapat beberapa jenis barang yang tidak bisa dikirim, meliputi: barang pecah belah yang tidak dikemas, makanan/minuman yang membutuhkan penanganan khusus, obat-obatan terlarang, perhiasan, uang tunai, dan barang lain yang terlarang berdasarkan hukum serta undang-undang Republik Indonesia.
  5. Tidak terdapat minimal pengiriman barang.
  6. Pilihan pembayaran bisa menggunakan OVO, bayar tunai oleh penerima, atau pengirim.
  7. Memberikan alamat lengkap dan nomor telepon aktif pengirim dan penerima.
  8. Penerima bisa memantau status pengiriman melalui fitur Share My Ride.

Baca juga: Begini Syarat dan Cara Daftar Grab Express, Simak Disini!

Cara Mengirim Paket Lewat Grab

cara mengirim barang lewat grab
Sumber: grab.com

Setelah memahami apa saja syarat dan ketentuan pengiriman, anda bisa mempersiapkan paket untuk memulai proses kirim barang lewat Grab. Pastikan barang sudah anda kemas dengan aman ya.

Selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Grab yang sudah terinstal di smartphone anda.
  2. Login akun, atau Daftar apabila belum memiliki akunnya.
  3. Lalu pilih menu Grab Express.
  4. Tekan menu Pengantaran, dan masukkan data pengirim.
  5. Selanjutnya masukkan juga informasi penerima seperti alamat dan nomor telepon aktif. Serta isi juga informasi mengenai barang kiriman.
  6. Setelah itu pilih jenis layanan Grab Express yang akan anda gunakan.
  7. Tambahkan juga Garansi Pengiriman Barang agar mendapat jaminan.
  8. Setelah semua informasi selesai, konfirmasi dengan klik Pesan.
  9. Tunggu sampai mendapat driver yang akan menjemput paket dan langsung mengantarkannya ke alamat tujuan.

Bagaimana Cara Mengirim Makanan Lewat Grab

kirim makanan dengan express
Sumber: google.com

Salah satu keuntungan dengan mengirim barang lewat Grab adalah anda bisa mengirimkan makanan. Saat akan mengirimkan makanan kekhawatiran yang muncul adalah kondisi makanan, apakah akan tumpah atau basi.

Dengan menggunakan Grab Express anda bisa mengirim makanan lebih cepat sampai tujuan. Cara mengirim makanan lewat Grab ke orang lain sebenarnya sama seperti cara menggunakan Grab Express pada umumnya.

Yang perlu anda perhatikan adalah proses pengemasan agar makanan aman dan tidak mudah tumpah. Anda bisa menggunakan tupperware atau wadah yang tidak mudah tumpah.

Saat proses pemesanan, pilih Makanan dalam kategori barang. Driver juga akan lebih berhati-hati dengan jenis kategori barang ini. Jadi anda tidak perlu khawatir kondisi makanan yang dikirim akan tidak aman.

Demikian penjelasan cara mengirim barang lewat Grab dengan mudah dan cepat. Pastikan anda mengemas barang dengan aman sebelum mengirimkannya ya.

Semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk anda.

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?