everpro

7 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Toko Offline, Tanpa Ribet

 Ada tidak sih cara jitu yang bisa meningkatkan penjualan dari Toko Offline, tanpa harus ribet? 

Tentunya tidak semudah itu, dalam berbisnis tentu saja selalu ada hal yang harus dilakukan jika bisnisnya ingin terus berjalan. 

Tapi tak perlu risau karena artikel ini akan memberikan beberapa cara yang dapat digunakan oleh para pemiliki toko offline.

7 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Offline

Berikut adalah 7 cara yang bisa dilakukan pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan untuk Toko Offline

1. Maksimalkan Visibilitas Toko

Cara pertama untuk meningkatkan penjualan toko offline yaitu dengan memaksimalkan visibilitas toko. Caranya yaitu dengan membuat tempat yang menarik dan unik, sehingga memunculkan interes orang yang berlalu lalang untung datang.

Selain itu bisa juga dengan memasang banner maupun papan petunjuk yang menginformasikan toko apa.

Pajangan display produk dengan rapih dan cantik sehingga ketika terlihat dari luar orang-orang tertarik untuk melihat dan mencoba. Usahakan kondisi penerangan di Toko cukup.

2. Jaga Kualitas Produk 

Jaga kualitas produk mulai dari bahan baku, cara pembuatan, dan juga pengemasan higienis mungkin untuk kasus toko offline yang berada di bisnis makanan. 

Jika toko menjual barang, maka jual barang dengan kualitas yang bagus, perhatikan pengemasan. 

Sedangkan jika toko offline bergerak di bidang jasa, gunakan peralatan yang masih bagus kondisinya sehingga orang-orang akan percaya.

3. Meningkatkan Customer Experience

Berikutnya adalah dengan cara meningkatkan customer experience. Cara ini berkaitan dengan memberikan pelayanan sebaik dan seramah mungkin. 

Buat customer nyaman dan ketika berbelanja di toko ataupun aktivitas lainnya tergantung bisnisnya dan selalu jaga kebersihan di toko.

Berikan Pelayanan yang baik dan ramah
Sumber: Freepik.com

4. Buat Akun Sosial Media Bisnis

Membuat akun sosial media bukanlah hal yang rumit bukan?. Anda bisa menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan target customer yang lebih luas. 

Dengan rajin mempublish content serta sesekali memberikan informasi terkait promo dan diskon. Untuk lebih jelasnya terkait media promosi yang efektif untuk mengembangkan bisnis bisa simak artikel berikut.

Baca : Media Promosi dan Contoh yang Efektif untuk Kembangkan Bisnis

5. Masukan Alamat Toko di Google Maps

Selanjutnya juga tidak ribet untuk dilakukan, yaitu mendaftarkan atau memasukan lokasi toko di Google Maps. 

Berikan informasi terkait nama toko, alamat, dan juga jenis bisnisnya. Apakah kuliner, akomodasi dan lainnya sesuai dengan yang tersedia.

Karena ada banyak orang yang setiap harinya menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi. 

Jadi saat toko sudah terdaftar, saat orang mencari kata kunci tertentu yang masih berkaitan dengan bisnis maka akan muncul rekomendasinya. 

Anda bisa meminta customer yang datang berbelanja ke toko untuk memberikan review berupa komentar, foto dan juga video yang bisa dipublish.

Lewat cara ini berpotensi untuk mendatangkan customer dan juga meningkatkan visibilitas toko ketika orang-orang mencari letak lokasinya.

Contohnya pada gambar dibawah ini adalah hasil dari pencarian kata kunci “tempat laundry terdekat” dan munculah urutan paling atas data dari google.maps.

Contoh Toko di Hasil Pencarian Google
Sumber: Google.com/bersosial

6. Program Royalti 

Program Royalti adalah cara untuk mempertahan customer yang sebelumnya sudah berbelanja di Toko. Programini bisa berupa point, voucher diskon yang bisa ditukarkan dengan berbagai jenis promo.

7. Daftar di Marketplace

Jika keenam cara sebelumnya belum secara optimal meningkatkan penjualan, maka gunakan cara terakhir ini. Caranya dengan mendaftarkan toko di situs marketplace.

Sebagai pemilik bisnis tentunya harus bisa beradaptasi jika memang mengharapkan nilai penjualan yang naik. Tidak perlu ribet adan team Everpro yang akan membantu Anda mengelola toko anda di marketplace.

Benefit Everpro MP Enabler

  • Konsultasi Dengan Ahli
  • Strategi Jualan Ampuh
  • Optimasi Tampilan Toko & Produk
  • Aktivasi Strategi Iklan Efektif
  • Agent Customer Service (*Berlaku untuk paket half & full)
  • Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan

 

DAFTAR SEKARANG

 

 

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya