everpro

Inilah 4 Cara Mudah Mengatasi Paket Gagal Dikirim, Efektif!

Paket kamu gagal terkirim? Bingung harus apa? Coba simak artikel ini untuk mengetahui cara dan langkah-langkah mengatasi paket gagal dikirim!

Jika sering berkaitan dengan kegiatan pengiriman barang, kamu pasti tidak asing dengan istilah paket gagal dikirim. Terutama mereka yang profesinya adalah penjual online ataupun pembeli.

Paket gagal dikirim dapat disebabkan oleh beberapa hal. Alasan dibaliknya antara lain seperti alamat yang tidak ditemukan, pengiriman yang overload, sampai si penerima paket tidak ada dirumah.

Jika kamu mengalami hal ini tidak perlu khawati ya! Karena banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut agar paket terkirim dengan baik. Berikut adalah cara dan langkah-langkahnya!

Baca juga: Paket JNE Tidak Bergerak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Apa Arti Pengiriman Paket Paket Gagal Dikirim

cara mengatasi paket gagal dikirim
Sumber: pexels

Istilah sudah sering terjadi dalam dunia pengiriman barang atau paket dari jasa ekspedisi. Terdapat banyak alasan mengapa paket gagal dikirim atau sampai di alamat tujuan dengan baik. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Perubahan waktu dari konsumen
  • Paket hilang
  • Kesalahan kode pengiriman
  • Jadwal pengiriman paket yang berubah
  • Kurir membawa terlalu banyak paket barang
  • Kesalahan pengiriman paket
  • Paket telah diambil langsung ke kantor
  • Packing bermasalah
  • Nomor telepon penerima paket tidak dapat dihubungi
  • Pengiriman dari suatu ekspedisi sedang mengalami overload
  • Penerima menolak kirim paket karena alasan tertentu, seperti barang yang dikirim merupakan barang berbahaya, pengirim mencurigakan dan sebagainya
  • Alamat penerima tidak dapat ditemukan
  • Penerima paket sedang tidak berada di tempat atau alamat yang tercantum di paket
  • Melewati jam operasional pengiriman

Cara Mengatasi Pengiriman Paket Gagal Dikirim

Jika kamu mengalamai hal seperti ini kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini sehingga paket dapat terkirim ke alamat tujuan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara mengatasi pengiriman paket gagal dikirim:

1. Cek Resi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap resi yang kamu terima. Umumnya jasa ekspedisi akan memberikan pemberitahuan atau keterangan apabila ada masalah yang terjadi dalam proses pengiriman. Pastikan juga untuk mencari tahu lokasi terupdate dari paket yang dikirim.

2. Mengajukan Komplain ke Jasa Ekspedisi

Jika tidak ada keterangan lengkap terkait paket gagal terkirim tadi pada saat cek resi, kamu dapat mengajukan komplain ke jasa ekspedisi. Caranya bisa melalui telepon langsung ke call center jasa ekspedisi terkait.

Selain menelepon, kamu juga dapat mendatangi agen jasa ekspedisi atau cabang terdekat untuk menanyakan pengiriman paket kamu.

3. Hubungi Lewat Fitur Live Chat

Beberapa jasa ekspedisi besar saat ini telah menyediakan fitur live chat yang berguna untuk berkomunikasi dengan para pelanggannya. Nah, kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk menanyakan masalah dalam pengiriman seperti masalah paket gagal terkirim ini.

4. Ajukan Permohonan Pengiriman Ulang

Jika pengiriman paket terkendala, kamu dapat mengajukan permohonan pengiriman ulang ke pihak jasa ekspedisi. Biasanya paket yang tidak terkirim ke alamat tujuan akan dikembalikan kembali ke gudang jasa ekspedisi yang berkaitan.

Untuk mengajukan permohonan pengiriman ulang, hubungi jasa ekspedisi yang berkaitan agar paketnya dikirim ulang. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi kurir untuk mengantarkan paket ke rumah.

Baca juga: Kenapa Paket Tidak Bergerak? Berikut Alasan dan Solusinya!

Tips Agar Terhindar dari Masalah Pengiriman Gagal Dikirim

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar masalah pengiriman gagal dikirim dapat kamu hindari.Berikut adalah tips agar terhindar dari masalah pengiriman gagal dikirim:

1. Memeriksa Kembali Informasi Data Diri

Kesalahan pengiriman dapat terjadi karena informasi data diri yang kurang lengkap dan jelas. Ini meliputi alamat pengiriman atau nomor yang dapat dihubungi, hal ini dapat terjadi pada rumah-rumah yang tidak memiliki nomor.

Di Indonesia sendiri masih banyak daerah yang rumahnya tidak memiliki nomor terutama di desa. Oleh sebab itu, kamu harus memeriksa kembali informasi data diri terkait pengiriman.

2. Memilih Ekspedisi Terpercaya

Pada tahun 2024 ini banyak sekali jasa ekspedisi yang tersedia yang bisa kamu pilih untuk pengiriman barang. Karena jumlahnya yang banyak tersebut ada saja beberapa jasa ekspedisi yang nakal. Oleh sebab itu, dalam memilih jasa ekspedisi kamu harus memerhatikan beberapa hal seperti ulasan dan reputasinya.

3. Menggunakan Asuransi Pengiriman

Jika kamu ingin agar pengiriman paket menjadi lebih aman. Jika kamu tidak menggunakan fitur asuransi pengiriman, biasanya pihak jasa pengiriman tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan maupun kerusakan. Oleh karena itu, gunakan asuransi jika ingin pengiriman paket kamu aman.

Nah, dari pada bingung pilih jasa pengiriman terpercaya yang bisa kasih keamanan, cobain pake layanan Everpro Shipping aja! Gak cuma terpercaya dan aman, Everpro Shipping bahkan bisa kasih kamu banyak keuntungan, lho.

Cocok banget nih buat kamu yang punya bisnis online agar proses pengiriman kepada pelanggan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Inilah beberapa benefit Everpro Shipping yang bisa kamu dapatkan:

Benefit Everpro Shipping

Layanan Shipping dari Everpro bisa kasih kamu banyak keuntungan di bawah ini:

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35%
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
  • Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
  • Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
  • Mudah klaim bila paket bermasalah
  • Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Tingkatkan bisnis online-mu tanpa ragu. Bersama Everpro, semua kebutuhan bisnis terkelola secara praktis!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya