everpro

Paket JNE Tidak Bergerak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Mengalami kendala paket JNE tidak bergerak? Yuk, cari tahu alasan kenapa paket JNE tidak bergerak dan cara mengatasinya disini.

JNE merupakan salah satu jasa pengiriman terpercaya di Indonesia. Banyak yang mempercayakan urusan pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman ini.

Baik individu hingga marketplace banyak yang memilih JNE karena tersedia berbagai layanan pengiriman dengan harga yang kompetitif.

Namun, bukan berarti pengiriman JNE 100% tanpa masalah. Masih terdapat kemungkinan terjadinya kendala, seperti paket JNE tidak bergerak.

Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan apa solusinya? Mari simak ulasan ini hingga selesai untuk mendapatkan jawaban terbaiknya.

Kenapa Paket JNE Tidak Bergerak?

paket jne tidak bergerak
Sumber: google.com

Paket JNE tidak bergerak adalah ketika status pengiriman yang tidak berubah dalam jangka waktu lama. 

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman ini. Apalagi status tak berubah hingga melewati waktu estimasi pengiriman. 

Umumnya, paket tidak bergerak berstatus ‘JNE On Process’. Adapun arti dari status pengiriman tersebut adalah barang masih dalam proses pengiriman.

Paket JNE tidak bergerak ini karena barang yang belum sampai ke gudang atau lokasi tujuan. Namun, jika rentang waktunya terlalu lama bahkan melebihi estimasi menjadi kekhawatiran bagi pelanggannya.

Karena terdapat kemungkinan terjadi hambatan atau masalah pengiriman. Lebih lanjut, berikut adalah penyebab paket JNE tidak bergerak:

  • Paket JNE Tidak Bergerak Karena Masih dalam Proses Pengiriman

Penyebab yang pertama adalah paket yang masih dalam proses pengiriman dari kurir ke gudang atau lokasi tujuan. Proses yang belum selesai atau sedang berjalan membuat status pengiriman tidak bergerak.

Terlebih, untuk pengiriman paket antar pulau yang memerlukan proses lebih panjang dan memakan waktu. Hal ini akan menyebabkan status tidak berubah dalam beberapa waktu.

Saat melacak paket dengan status yang tidak berubah bahkan hingga lebih dari 2 hari, hal ini bisa terjadi karena ada hambatan di perjalanan, misalnya kendaraan bermasalah.

  • Paket JNE Tidak Bergerak Karena Terlambat Update Status Pengiriman

Terkadang status yang tidak berubah bukanlah karena terjadi kendala pengiriman. Proses pengiriman masih berjalan namun pihak JNE terlambat memperbarui status.

Hal ini menyebabkan status pengiriman yang tidak berubah saat pelanggan melakukan pelacakan. Padahal paket mungkin saja sudah sampai ke gudang tertentu bahkan kurir sedang dalam perjalanan menuju alamat penerima.

  • Kesalahan dalam Memasukkan Informasi Pengiriman

Penyebab lainnya juga bisa terjadi karena terdapat kesalahan dari pihak JNE saat memasukkan informasi pengiriman. Misalnya, salah memasukkan kode kota atau gudang, sehingga status yang muncul tidak bergerak.

Namun, hal ini sangat jarang terjadi. Apabila saat melacak paket statusnya masih tidak berubah, cek kembali estimasi pengiriman untuk memastikan apakah paket telat atau tidak.

  • Adanya Penundaan Pengiriman

Faktor lainnya yang menyebabkan status paket tak bergerak adalah terjadi penundaan pengiriman.

Penundaan pengiriman bisa terjadi karena beberapa hal seperti kendala logistik, masalah pada kendaraan pengiriman, cuaca buruk, atau terkena bencana alam.

  • Terjadi Masalah Teknis

Penyebab lain kenapa paket JNE tidak bergerak adalah terjadinya kendala teknis. Misalnya, terdapat masalah terkait dokumen pengiriman atau masalah pada sistem JNE. 

Hal ini membuat status pengiriman yang tidak kunjung berubah. Jika terjadi hal ini, tentu pihak JNE akan segera memperbaiki dan tetap menjalankan proses pengiriman agar paket sampai ke penerima sesuai estimasi.

  • Status Belum Diperbaharui

Paket tidak bergerak juga bisa dikarenakan karena informasi yang ditampilkan pada website resmi ketika cek resi belum diperbaharui oleh pihak ekspedisi. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan.

Baca juga: 6 Cara Kirim Dokumen Lewat JNE 2023: Tarif dan Syaratnya

Bagaimana Cara Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak?

paket jne tidak bergerak
Sumber: google.com

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari status paket yang tidak bergerak, selanjutnya pelanggan bisa mengambil langkah untuk mengatasinya.

Perlu diperhatikan untuk melakukan pengecekan status secara rutin. Dengan begitu, pelanggan bisa memastikan apakah terjadi keterlambatan atau tidak.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi status paket JNE tidak bergerak:

  • Cek Kembali Estimasi Pengiriman

Sebelum mengajukan pertanyaan atau komplain kepada pihak JNE, cek terlebih dahulu estimasi pengiriman. Karena, jika status tak berubah namun masih dalam batas estimasi maka bukanlah masalah.

Saat menggunakan JNE sebagai metode pengiriman di marketplace, anda bisa melihat estimasi di status pengiriman.

Sementara jika mengirim secara individu maka lihat informasi pada resi, untuk melihat estimasi waktu sampai. Terlebih, ketahui estimasi pengiriman dari layanan yang anda gunakan.

Berikut adalah estimasi pengiriman dari layanan yang tersedia di JNE:

Jenis Layanan JNE Estimasi Pengiriman
OKE 2 – 7 hari kerja
REG 1 – 7 hari kerja
YES 1 hari
  • Laporkan Melalui Fitur ‘Ask Joni’ di Website JNE

Apabila telah mengetahui estimasi waktu sampai namun status masih tidak bergerak bahkan sudah telat, maka manfaatkan fitur ‘Ask Joni’ di situs resmi JNE.

Dengan cara ini, anda bisa langsung menanyakan kenapa paket JNE tidak bergerak kepada CS nya langsung.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

  • Masuk ke situs jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni
  • Kemudian isi formulir menggunakan nama lengkap
  • Masukkan juga email dan nomor telepon aktif
  • Lalu pilih opsi Customer Service pada menu Subject
  • Setelah itu tuliskan tentang masalah status paket yang tak kunjung berubah di kolom pesan
  • Lalu setelah selesai menuliskan keluhan, klik Send Message 
  • Hubungi Call Center JNE

Jika belum mendapatkan respon dalam waktu lama melalui fitur ‘Ask Joni’, cara lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menghubungi call center JNE.

Hubungi customer service JNE di nomor (021) 29278888. Setelah tersambung. sampaikan keluhan anda terkait status pengiriman yang tidak bergerak. 

Sebelumnya, pastikan ponsel anda memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan percakapan dengan customer service JNE via telepon.

  • Tanyakan Melalui Sosial Media JNE

Terdapat juga cara lainnya yang bebas pulsa, yaitu dengan menghubungi melalui media sosial JNE. 

Melalui akun media sosial resmi JNE, anda bisa mengajukan keluhan, pertanyaan, serta kendala terkait pengiriman. Selanjutnya admin akun tersebut akan membalas dan menjawab pertanyaan anda.

Berikut adalah akun media sosial JNE:

  • Instagram: @jne.id
  • Facebook: JNE
  • Twitter: @jnecare
  • Datangi Kantor JNE Terdekat

Jika keempat cara sebelumnya masih belum memberikan jawaban atau solusi terbaik, cara terakhir untuk mengatasi paket JNE tidak bergerak adalah dengan mengurusnya ke kantor JNE secara langsung.

Datangi JNE terdekat dari lokasi anda. Sampaikan kepada petugas terkait permasalahan atau keluhan pengiriman paket anda.

Untuk mengetahui lokasi terdekatnya, bisa melalui browser, situs resmi JNE, atau Google Maps. pastikan GPS di ponsel telah aktif untuk mengetahui lokasi terdekat dengan akurat.

Baca juga: Inilah Cara Kirim Barang Lewat JNE yang Tepat dan Mudah

Jadi itulah penjelasan penyebab paket JNE tidak bergerak dan cara mengatasinya. Ada cara lain agar memudahkan menggunakan jasa pengiriman, yaitu dengan bantuan Everpro. Berikut kemudahan layanan Ekspedisi dari Everpro:

Benefit Everpro Shipping

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja 
  • Bonus Cashback 35%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan 
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro Shipping sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya