Inilah Cara Kirim Barang Lewat JNE yang Tepat dan Mudah

cara kirim barang lewat jne

Sedang mencari tahu cara kirim barang lewat JNE? Simak artikel ini untuk mendapatkan cara tepat dan mudah mengirim barang lewat JNE.

Sebagai pioneer jasa pengiriman, JNE telah dipercaya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mengirim barang. Banyak yang sudah menggunakan jasa kirim ini mulai dari marketplace, bisnis online, perusahaan, hingga individu.

Faktor utamanya adalah kualitas layanan dan tarif ongkir yang relatif murah. Oleh karena itu perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1990  ini tetap bertahan sampai sekarang.

Saat ini bahkan JNE telah memiliki cabang hingga 6000 lebih di Indonesia. Karena tersedia di seluruh wilayah, maka banyak masyarakat yang menggunakan jasa pengiriman ini. 

Apakah anda salah satunya? Jika anda hendak mengirim barang lewat JNE, simak sampai tuntas untuk mendapatkan penjelasan tentang cara kirim barang lewat JNE.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kirim Barang Lewat JNE

cara kirim barang lewat jne
Sumber: google.com

Sebelum melakukan kirim barang, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar prosesnya berjalan dengan lancar. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk kirim barang lewat JNE:

  • Tarif Ongkir

Hal yang pertama harus anda perhatikan adalah tarif ongkir yang akan anda pilih. Setiap layanan memiliki tarif yang berbeda juga. Faktor lain yang mempengaruhinya adalah jarak tempuh lokasi tujuan dan kecepatan pengiriman.

Jenis layanan yang pengirimannya lebih cepat dan fasilitasnya lebih banyak tentu memiliki tarif yang lebih tinggi juga. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan pengiriman anda.

Untuk mengetahui besaran tarifnya anda dapat melakukan pengecekkan melalui website resmi JNE atau website lain yang memiliki fitur cek ongkir seperti Evepro.

Everpro
  • Ketentuan Setiap Layanan

Selain tarif anda juga harus memperhatikan ketentuan dari layanan yang anda pilih. Terdapat banyak pilihan yang tersedia dari layanan di JNE. 

Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kirim barang tersebut. Misalnya dalam layanan JNE YES terdapat ketentuan bahwa terdapat batas maksimum pengiriman, dan hanya tersedia di kota-kota tertentu saja.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas anda bisa mengunjungi website resmi JNE.

  • Packing Barang

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting harus anda perhatikan adalah mengemas barang secara aman. Hal ini agar kondisi barang saat sampai masih sama dan tidak terjadi kerusakan terutama untuk barang yang sensitif atau pecah belah.

Baca juga: Cara Cek Ongkir JNE di Everpro, Mudah dan Praktis!

Tata Cara Kirim Barang Lewat JNE

cara kirim barang lewat jne
Sumber: google.com
  • Mempersiapkan Barang yang akan Dikirim

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya anda harus mempersiapkan barang sebelum mengirimnya. Cek tarif untuk menyiapkan biaya yang nantinya harus anda bayar dan tentukan terlebih dahulu akan memilih jenis layanan apa yang sesuai.

Kemaslah barang dengan rapi dan aman, pastikan paket tidak mudah sobek atau rusak jika terkena basah. Anda dapat melapisi bubble wrap dan merekatkan dengan lakban agar lebih aman.

  • Menuliskan Alamat Penerima Barang

Kemudian jangan lupa untuk menuliskan informasi penerima seperti Nama, alamat, dan nomor telepon. Tempelkan di atas paket yang sudah dikemas rekatkan kembali dengan isolasi, pastikan alamat terbaca dengan jelas.

Anda juga dapat menambahkan informasi pengirim seperti nama dan nomor telepon, sehingga bila terjadi sesuatu akan lebih mudah untuk dihubungi dalam meminta konfirmasi anda.

  • Datang ke Agen JNE terdekat

Setelah paket sudah anda kemas dan menyiapkan dana untuk membayar jasa kirim, datanglah ke kantor agen JNE terdekat. Jika anda tidak mengetahui lokasinya, anda bisa melihat google maps atau mencari di website JNE drop point.

Ketika datang katakan anda hendak mengirim barang, dan serahkan paket yang akan anda kirim ke admin untuk di input informasinya. Konfirmasi alamat dan nomor telepon penerima juga anda. 

  • Membayar Ongkos Kirim Barang

Apabila semua sudah terkonfirmasi, serta sepakat dengan jenis layanan dan tarif yang harus anda bayar. Bayarlah ongkos kirim tersebut agar bisa langsung memproses pengiriman barang tersebut.

  • Mendapat Resi atau Struk Pengiriman

Selesai anda menyerahkan barang dan membayar ongkos kirim, admin akan memberikan struk pengiriman dan resi sebagai bukti pembayaran. Selanjutnya anda dapat menginformasikan nomor resi kepada penerima. Maka anda sudah berhasil mengirim barang lewat JNE.

  • Melacak Status Pengiriman

Langkah tambahan yang bisa anda lakukan adalah melacak status pengiriman dari nomor resi paket yang anda kirim. Selain penerima anda juga bisa mengecek kondisi paket.

Anda bisa melacak paket melalui website dan aplikasi resmi JNE atau melalui fitur cek resi di Everpro, dengan ini anda dapat melihat kondisi terkini mengenai pengiriman barang anda. Jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai anda dapat langsung menghubungi pihak JNE.

Baca juga: Begini Cara Cek Resi JNE Untuk Update Kondisi Paket

Tips Mengemas Kirim Barang di JNE dengan Aman

cara kirim barang lewat jne
Sumber: google.com

Salah satu yang harus anda perhatikan dalam kirim barang lewat JNE adalah proses pengemasan. Anda harus memastikan barang telah dikemas dengan baik dan aman, agar kondisi barang saat sampai masih bagus.

Tentu anda tidak ingin barang yang anda kirimkan rusak atau kondisinya tidak baik bukan? Tapi tenang saja, berikut tips mengemas barang agar kondisi tetap aman sampai tujuan.

  • Memilih Kemasan yang Sesuai

Tips pertama, yaitu pastikan anda memilih kemasan yang sesuai dan kokoh. Gunakan kardus atau jika barang yang anda kirim adalah barang pecah belah atau elektronik bisa menggunakan kayu peti kemas.

Apabila barang yang anda kirim kecil, sebaiknya jangan menggunakan kemasan yang besar karena akan menyisakan banyak ruang kosong. Hal ini menyebabkan paket anda memiliki banyak pergerakan atau bertabrakan selama proses pengiriman, tentunya tidak aman untuk keamanan barang.

  • Membungkus Setiap Barang dalam Paket

Jika dalam satu paket terdiri dari beberapa barang, sebaiknya dibungkus satu persatu terlebih dahulu sebelum menyatukannya dalam satu tempat atau kemasan yang lebih besar. Tujuannya agar tidak bertabrakan antara satu barang dengan lainnya.

  • Menghindari Ruang Kosong di dalam Paket

Jika barang dalam kemasan masih terdapat ruang kosong, maka berikan bantalan seperti potongan styrofoam atau irisan kertas untuk menutupi celah yang kosong.

Sama seperti sebelumnya, hal ini bertujuan agar barang tidak banyak bergerak dan tetap dalam kondisi yang sama seperti pertama dikirimkan.

  • Melapisi Paket

Hal ini merupakan tips penting untuk anda lakukan. Pastikan untuk selalu melapisi barang yang anda kiri, terutama pada barang pecah belah atau rawan rusak.

Caranya anda dapat menggunakan bubble wrap atau paper wrap pada setiap barang agar lebih aman saat proses pengiriman dan sampai ke tempat tujuan.

  • Memastikan Barang Tersegel dengan Baik

Semua barang yang anda masukkan dalam satu kemasan dan sudah anda bungkus rapi, harus anda segel dengan baik. Yaitu dengan merekatkan lakban pada setiap sisinya. 

Pastikan tidak ada celah longgar yang memungkinkan barang terjatuh atau keluar dari kemasan tersebut.

Jadi itulah penjelasan tentang cara kirim barang barang lewat JNE. Mudah bukan? Kini anda dapat mengirimkannya dengan aman sampai ke tempat tujuan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?