everpro

Cara Packing Kaca Agar Tidak Pecah Saat Pengiriman

Mau kirim barang pecah belah seperti kaca atau cermin tapi bingung cara packingnya biar ga pecah? Jangan khawatir, simak artikel ini untuk mengetahui cara packing kaca agar tidak mudah pecah!

Masih banyak yang belum mengetahui cara packing barang yang aman agar barang tidak rusak. Padahal informasi terkait packing ini sangat penting, terutama bagi mereka yang seringkali mengirim barang seperti pelaku bisnis atau penjual online.

Namun, bagi mereka yang jarang mengirim barang juga tidak ada salahnya untuk mengetahui infromasi cara packing yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terlebih barang yang hendak dikirim adalah barang pecah belah seperti contoh kaca atau cermin. Barang pecah belah seperti kaca dan cermin membutuhkan penanganan khusus yang harus kamu lakukan saat melakukan packing.

Sebagai pengirim apalagi seller bisnis online, kamu pasti tidak akan mau barang atau produk yang kamu kirim pecah selama proses perjalan menuju lokasi penerima kan?

Nah, daripada kamu bingung bagaimana cara yang benar untuk packing kaca agar tidak mudah pecah, pada artikel kali ini kami akan memberikan pembahasan lengkap terkait cara packing barang pecah belah.

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini karena kamu harus mengetahui informasi penting ini!

Baca juga: Penting Diketahui! Ini 4 Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap

Bagaimana Cara Packing Kaca Agar Tidak Pecah?

cara packing kaca agar tidak pecah
Sumber: pexels.com

Karena kaca merupakan barang yang mudah pecah belah, dibutuhkan penanganan khusus dalam proses packingnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya risiko kerusakan yang terjadi selama proses pengiriman oleh ekspedisi pengiriman:

1. Menyiapkan Perlengkapan dan Peralatan Packing

Persiapan merupakan kunci agar hasil yang kita dapatkan menjadi maksimal. Ini juga berlaku dalam konteks mengirim barang.

Sebelum memulai packing, kamu harus mengumpulkan dan menyiapkan perlengkapan dan peralatan packing yang kamu butuhkan. Berikut kami sarankan perlengkapan dan peralatan yang bisa kamu gunakan:

  • Kotak atau kardus pengiriman yang sesuai dengan barang yang ingin kamu kirim.
  • Bubble wrap atau kertas koran
  • Isi untuk celah kosong seperti styrofoam, bubur kertas, tempat telur, dll
  • Gunting
  • Lakban atau selotip
  • Kain perca, handuk, atau mikrofiber
  • Penanda barang mudah pecah seperti stiker fragile
  • Packing kayu

2. Melapisi Produk Menggunakan Kain atau Kertas

Setelah semua peralatan dan perlengkapan sudah kamu siapkan, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melapisi produk dengan kain, kertas koran, bubble wrap atau bahan semacamnya.

3. Melapisi Produk Menggunakan Bubble Wrap

Setelah kamu melapisi produk menggunakan kain atau kertas, selanjuntya kamu bisa melapisi sisi luar kaca dengan bubble wrap sebanyak 2 sampai 3 lapisan.

Bubble wrap merupakan merupakan bahan kemasan yang paling aman untuk mengemas kerajinan kaca sehingga terhindar dari benturan atau goresan yang bisa membuat kaca rusak atau pecah.

4. Bungkus Produk Kaca Secara Terpisah

Setelah melapisi lapisan luar barang pecah belah, kemudian jika kamu mengirim beberapa barang pecah belah pastikan untuk membungkusnya secara terpisah.

Jika sudah kamu bungkus dengan kertas dan juga bubble wrap agar aman ketika terjadi benturan, barulah kamu dapat memasukannya ke dalam kardus atau box untuk tahap packing selanjutnya.

5. Menggunakan Kemasan Bawaan Produk dalam Pengemasan

Jika barang yang ingin kamu kirim memiliki kemasan bawaan, sebaiknya kamu gunakan kemasan bawaan tersebut untuk proses packing. Kemasan bawaan tersebut memberikan perlindungan ekstra untuk barang pecah belah yang kamu kirim.

6. Masukkan ke dalam Box/Kardus Berbahan Kuat

Setelah tahapan sebelumnya telah kamu lakukan, berikutnya kamu dapat memasukannya ke dalam box/kardus dengan bahan yang kuat terhadap benturan dan goresan yang bisa merusak barang.

Baca juga: Pasti Aman! Cara Packing Barang Pecah Belah selama Ramadhan 2024

7. Mengisi Ruang Kosong pada Box/Kardus

Jika ada celah kosong yang ada pada box/kardus tempat barang atau produk kamu tersimpan, pastikan untuk mengisinya dengan bahan seperti styrofoam, kertas, bubble wrap atau benda lain.

8. Menguji Getaran dan Goyangan Serta Kompresi

Sebelu menyerahkan paket yang ingi kamu kirim ke jasa ekspedisi, pastikan untuk melakukan uji coba getaran dan goyang serta kompresi. Tes ini berguna untuk mengetahui bahwa isi paket tidak mengalami guncangan saat proses pengiriman.

9. Menyegel Paket dengan Kuat

Jika kamu merasa uji coba getaran sebelumnya sudah baik, maka kamu bisa menyegel barang tersebut dengan lakbal atau selotip dengan erat dan kuat. Pastikan menutup setiap celah yang bisa membuat pecahnya kaca.

10. Menggunakan Packing Kayu

Langkah terakhir untuk memastikan terjaminnya keamanan kaca yang ingin kamu kirim, terakhir kamu dapat menggunakan packing kayu agar barang yang kamu kirim menjadi lebih aman.

Itulah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengirim kaca atau barang pecah belah lainnya. Meskipun rumit karena membutuhkan penangan khusus dalam packingnya, barang-barang seperti ini harus terjamin keamanannya sampai ke tangan penerima.

Agar semuanya berjalan baik, kamu bisa memilih ekspedisi yang terbaik dan juga profesional agar produk yang sudah kami packing dengan baik tidak mengalami kekurangan sedikitpun saat diterima.

Memilih ekspedisi yang profesional memang bukanlah perkara mudah, tapi dengan Everpro kamu bisa menemukan ekspedisi profesional yang terjamin proses pengiriman aman sampai tujuan.

Layanan Shipping dari Everpro adalah solusi no. 1 sukses kirim paket COD & Non-COD. Dengan Everpro Shipping nikmatilah kemudahan kirim paket rendah RTS dengan dashboard data akurat dan ter-update yang bisa kamu andalkan untuk bisnis online kamu!

Beberapa fitur Everpro Shipping yang bisa kamu dapatkan yaitu rendah RTS, data terpercaya, dashboard lengkap, manajemen tiket & klaim dan cek ongkir dan cashback.

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja)
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Yuk, mudahkan aktivitas pengiriman produk dan perluas jangkauan bisnis Anda dengan mendaftar ke layanan Everpro Shipping sekarang!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan