everpro

Penting Diketahui! Ini 6 Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap

Ingin kirim barang atau paket tapi ga punya bubble wrap? Jangan khawatir, simak artikel ini untuk mengetahui cara packing aman tanpa bubble wrap untuk barang atau paket kamu!

Kamu adalah seorang pebisnis online atau sekedar ingin kirim barang? jika iya, kamu pasti ingin jika barang atau paket yang kamu kirim aman ketika proses pengiriman menggunakan ekspedisi pengiriman.

Nah, salah satu alasan mengapa paket aman saat pengiriman adalah dengan melakukan packing yang baik pada paket atau barang tersebut. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk packing barang yang aman untuk pengiriman adalah bubble wrap.

Bubble wrap dapat mencegah barang yang dikirim mengalami kerusakan atau pecah selama proses pengiriman. Tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki persediaan bubble wrap?

Ternyata tahukah kamu jika ada cara packing aman tanpa bubble wrap dan alternatif lain pengganti bubble wrap yang juga aman untuk packing barang?

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan pembahasan terkait cara packing mana tanpa bubble wrap dan juga alternatif lain pengganti bubble wrap yang bisa kamu gunakan untuk packing barang.

So, tanpa berlama-lama lagi yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 9 Cara Packing Makanan Basah ke Luar Kota Selama Ramadhan, Aman!

Mengapa Packing Barang Penting?

cara packing aman tanpa bubble wrap
Sumber: pexels.com

Dengan melakukan packing barang saat hendak mengirimnya meminimalisir terjadinya resiko kerusakan pada barang tersebut. Namun, packing barang bukan hanya sekedar melapisi atau membungkus barang tersebut saja.

Packing harus kamu lakukan dengan teliti dan sebaik mungkin, selain itu kamu juga harus memperhatikan faktor keamanan dari barang yang hendak kamu kirim.

Salah satu unsur penting dalam packing adalah pemilihan bahan untuk membungkus atau melapisi barang tersebut. Pastikan untuk memilih bahan packing yang aman dan dapat menahan barang dari benturan.

Nah, karena alasan tersebut, packing barang sangat penting agar barang yang kamu kirim aman dan selamat sampai ke tangan penerima tanpa adanya kekurangan sedikitpun.

Bahan Pengganti Bubble Wrap untuk Packing Barang

cara packing aman tanpa bubble wrap
Sumber: pexels.com

Ada beberapa bahan pengganti bubble wrap yang bisa kamu gunakan untuk packing barang jika tidak memiliki persediaan. Bahan-bahan berikut memiliki tingkat keamanan yang sama baiknya dengan bubble wrap dan juga sering digunakan untuk mengirim barang:

1. Kertas Koran

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk packing barang dengan aman adalah kertas koran. Bahan ini mudah kamu temukan di dalam rumah dan cara menggunakannya cukup mudah.

Kamu dapat membalut pada seluruh bagian barang yang ingin kamu kirim hingga barang tersebut terasa empuk. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kertas koran untuk mengisi celah kosong pada kardus.

2. Kardus atau Karton

Selanjutnya ada kardus atau karton. Kedua bahan ini dapat menjadi alternatif pengganti bubble wrap untuk packing barang dengan aman. Cara menggunakannya adalah dengan memotong kardus atau karton menjadi beberapa potongan kecil.

Kemudian, gunakan lapisan kecil tersebut untuk melapisi barang yang ingin dikirim. Pastikan untuk merekatkan menggunakan selotip atau lem.

3. Wrap Bubur 

Bahan selanjutnya berbeda dengan bahan sebelumnya, kamu harus membuatnya dari potongan kertas kecil. Kemudian, kamu dapat menghaluskan potongan kertas dengan campuran air kemudian blender.

4. Kantong Plastik

Nah, bahan yang berikutnya ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di rumah. Kantong plastik memiliki fungsi yang baik untuk packing barang dengan aman. Kamu bisa membungkus atau melapisi barang agar menjadi lebih tahan terhadap benturan.

5. Tempat Telur

Tempat telur ternyata bisa kamu gunakan untuk packing barang, lho. Dengan bahan yang kokoh sehingga barang dapat terjaga dari ancaman yang dapat merusak barang selama proses pengiriman.

6. Kain Perca

Bahan terakhir yang bisa kamu gunakan untuk packing barang adalah kain perca. Kain ini bisa menahan benturan karena memiliki tekstur lebut serta elastis.

Baca juga: Tips Praktis! Cara Packing Paket Aman di Bulan Ramadhan 2024

Bagaimana Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap?

cara packing aman tanpa bubble wrap
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui bahan-bahan alternatif apa saja yang bisa kamu gunakan untuk packing barang selain bubble wrap, kamu juga harus mengetahui cara untuk packing dengan aman.

Nah, di bawah ini kami berikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk packing barang aman tanpa menggunakan bubble wrap. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Melapisi Berlapis Barang yang Dikirim

Cara pertama adalah dengan melapisi secara berlapis barang yang hendak kamu kirim. Dengan melapisi barang berlapis-lapis membuat barang lebih tahan terhadap benturan dan gesekan ketika proses pengiriman.

2. Isi Ruang Kosong

Cara selanjutnya adalah jangan sisakan ruang kosong dalam packing barang yang kamu buat. Pastikan untuk mengisi semua ruang kosong dan celah yang tersisa. Ini untuk mengurangi dampak dari benturan yang mungkin terjadi. Kamu bisa menggunakan gabus, styrofoam, kertas, dll.

3. Rekatkan dengan Isolasi atau Tape

Setelah barang telah terbungkus rapi, selanjutnya kamu bisa merekatkan setiap sisinya dengan menggunakan isolasi atau tape. Alasannya untuk memberikan perlindungan ekstra agar paket lebih terjaga di dalamnya.

4. Menggunakan Packing Kayu

Jika barang yang kamu kirim memiliki resiko yang besar dapat pecah belah atau rusak, kamu bisa menggunakan packing kayu agar paket aman selama proses pengiriman. Dengan begitu, barang yang kamu kirim dapat terhindar dari resiko tersebut karena packing kayu sangat dianjurkan.

5. Menggunakan Asuransi Pengiriman

Tidak ada salahnya untuk menggunakan asuransi pengiriman, meskipun merasa jika paket yang kita packing sudah aman. Menggunakan asuransi pengiriman merupakan sebuah bentuk perlindungan untuk barang yang kita kirim.

Terlebih jika barang atau paket yang kita kirim merupakan barang berharga atau bernilai besar. Asuransi berguna untuk memberikan perlindungan pada barang jika barang rusak ataupun hilang selama proses pengiriman.

6. Memilih Ekspedisi yang Profesional

Cara terakhir adalah dengan memilih ekspedisi yang profesional. Ekspedisi yang profesional biasanya memiliki sistem pengiriman yang aman sehingga barang yang terkirim dapat terhindar dari kerusakan dan risiko lainnya.

Memilih ekspedisi yang profesional memang bukanlah perkara mudah, tapi dengan Everpro kamu bisa menemukan ekspedisi profesional yang terjamin proses pengiriman aman sampai tujuan.

Layanan Shipping dari Everpro adalah solusi no. 1 sukses kirim paket COD & Non-COD. Dengan Everpro Shipping nikmatilah kemudahan kirim paket rendah RTS dengan dashboard data akurat dan ter-update yang bisa kamu andalkan untuk bisnis online kamu!

Beberapa fitur Everpro Shipping yang bisa kamu dapatkan yaitu rendah RTS, data terpercaya, dashboard lengkap, manajemen tiket & klaim dan cek ongkir dan cashback.

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Yuk, mudahkan aktivitas pengiriman produk dan perluas jangkauan bisnis Anda dengan mendaftar ke layanan Everpro Shipping sekarang!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya