everpro

9 Cara Packing Makanan Basah ke Luar Kota Selama Ramadhan, Aman!

Sedang mencari tahu cara packing makanan basah untuk dikirim ke luar kota? Simak cara packing makanan basah ke luar kota berikut ini.

Mengirimkan barang kini memang semakin mudah dengan tersedianya berbagai pilihan jasa pengiriman. 

Pelanggan cukup mengemas barang dengan aman dan mengantarkannya ke agen pengiriman terdekat.

Berbagai jenis barang dapat pelanggan kirimkan kemanapun, tak terkecuali makanan basah. Terutama selama Ramadhan, banyak perantau yang ingin berbuka puasa dengan masakan ibu di luar kota.

Kirim makanan basah ke luar kota menggunakan jasa pengiriman menjadi solusi. Namun, perlu perhatian khusus dalam cara pengemasan atau packing.

Lantas bagaimana cara packing makanan basah ke luar kota?

Baca ulasan ini hingga selesai untuk ketahui tips dan cara packing makanan basah untuk dikirim.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kirim Makanan Basah

cara packing makanan basah ke luar kota
Sumber: pexels.com

Tak hanya untuk kebutuhan individual, tips mengirim makanan basah juga dibutuhkan untuk para penjual makanan secara online.

Karena, menjual makanan basah memang bisa menjadi ide usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Dengan menjual secara online, maka bisa mendapat konsumen lebih banyak dari wilayah manapun.

Sebelum mengetahui cara packing makanan basah untuk dikirim, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

  1. Tanggal kadaluarsa makanan, sebaiknya kirim makanan basah yang masih fresh atau baru dibuat hari yang sama dengan waktu pengiriman.
  2. Suhu makanan, kemas makanan dengan suhu ruang. Hindari mengemas makanan yang masih panas karena akan mempercepat masa kadaluarsa.
  3. Memperhatikan cara packing makanan basah ke luar kota dengan baik.
  4. Kirim makanan di pagi hari, sehingga bisa sampai ke tujuan lebih cepat.
  5. Memberi informasi kepada kurir pengiriman tentang isi paket dengan jelas, sehingga bisa mendapatkan perhatian khusus selama proses pengiriman.

Baca juga: 6 Cara Packing Frozen Food, Aman Selama Bulan Ramadhan!

Cara Packing Makanan Basah ke Luar Kota 

cara packing makanan basah ke luar kota
Sumber: pexels.com

Setelah memperhatikan hal dalam pembahasan di atas sebelum kirim makanan ke luar kota, maka selanjutnya pahami juga bagaimana cara mengemas yang baik dan benar.

Dengan begitu paket makanan basah sampai ke penerima dengan kondisi yang bagus. 

Melansir dari berbagai sumber serta pengalaman pribadi, berikut adalah cara packing makanan basah ke luar kota agar aman sampai tujuan:

  • Menggunakan Wadah Kedap Udara

Cara packing makanan basah ke luar kota yang pertama adalah dengan memasukkan makanan ke dalam wadah kedap udara.

Anda bisa menggunakan  thin wall container atau kotak makan plastik, bisa juga dengan menggunakan wadah plastik dengan vacuum sealer.

Sesuaikan dengan jenis makanan basah yang hendak dikirimkan. Adapun penggunaan wadah kedap udara ini bertujuan untuk mencegah udara luar masuk dan menghindari pertumbuhan bakteri.

Dengan begitu makanan basah yang anda kirimkan dapat bertahan lama dan tidak basi. Cara ini juga dapat lebih memastikan konsumen atau penerima bahwa makanan akan sampai dalam kondisi yang baik.

  • Memastikan Wadah Kemasan Higienis

Setelah memastikan penggunaan wadah kedap udara, cara packing makanan basah selanjutnya yaitu memastikan wadah kemasan higienis dan tetap steril.

Caranya adalah memasukkan makanan ke wadah yang benar-benar kering dan bersih. Dengan memperhatikan hal ini, dapat terhindar dari bakteri yang menyebabkan makanan mudah basi.

  • Memastikan Tidak Terdapat Ruang Kosong dalam Kemasan

Cara packing makanan basah ke luar kota berikutnya adalah menata atau memasukkan makanan ke dalam wadah secara penuh hingga tidak tersisa ruang kosong dalam kemasan.

Gunakan wadah yang sesuai ukuran dengan isi makanan. Pastikan ukurannya benar-benar pas. 

Hal ini bertujuan agar makanan tetap berada dalam kondisi yang baik selama proses pengiriman. 

Jika makanan memiliki bentuk khusus atau rawan hancur, maka dengan mengisinya secara penuh dapat menghindari dari benturan yang dapat merusak bentuk dalam paket.

  • Melapisi Kemasan

Setelah memasukkan makanan kedalam wadah, selanjutnya lapisi wadah tersebut dengan selotip.

Anda bisa segel kemasan berlapis-lapis menggunakan selotip. Cara packing makanan basah ini bertujuan untuk memastikan bahwa makanan di dalam kemasan aman dan tidak mudah tumpah.

  • Pastikan Bungkus atau Kemasan Kokoh

Setelah melapisi kemasan pastikan bahwa kemasan sudah benar-benar kokoh dalam artian tidak mudah tumpah atau bocor.

Untuk memastikannya, anda dapat mengangkat kemasan tersebut dan membolak-balik kemasan tersebut. Apabila tidak ada bagian yang terbuka atau cairan yang tumpah, maka kemasan sudah kokoh.

  • Menambahkan Ice Gel 

Pada jenis makanan basah tertentu seperti dimsum atau daging anda bisa menambahkan ice gel dengan menempelkannya di kemasan.

Dengan menambahkan ice gel dapat menjaga suhu makanan dan memastikannya sampai dalam kondisi yang baik. 

  • Masukkan dalam Kotak Paket dan Rekatkan dengan Isolasi

Selanjutnya masukkan makanan ke dalam kotak paket seperti kardus. Cara packing makanan basah untuk dikirim ini juga sangat cocok untuk pengiriman dalam jumlah banyak.

Beri bubble wrap atau cacahan kertas untuk lebih memastikan keamanan isi paket agar tidak mudah terbentur. Kemudian rekatkan lagi menggunakan isolasi hingga aman dan tidak ada celah yang masih terbuka.

  • Mencantumkan Label pada Kemasan Paket

Setelah memastikan bahwa telah mengemas paket dengan kokoh dan aman, selanjutnya beri label khusus di luar kemasan paket.

Anda bisa memberi label “makanan basah” dan tempelkan pada luar kemasan. Informasikan juga kepada pihak kurir agar memberi penanganan khusus dan tidak sembarang menumpuk paket dengan label ini.

Dengan begitu, pihak pengiriman lebih berhati-hati dalam menyimpan paket ini selama proses pengiriman.

  • Menggunakan Jasa Pengiriman Kilat

Hal penting selanjutnya untuk mengirim makanan basah agar tetap aman sampai tujuan adalah dengan menggunakan jasa pengiriman kilat.

Sebaiknya gunakan jenis layanan yang bisa sampai pada hari yang sama. Melihat sifat makanan basah yang rentan basi, maka memilih jasa pengiriman kilat adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: 7 Cara Packing Kue Kering Agar Tidak Hancur, Siap Lebaran 2024!

Demikian penjelasan mengenai cara packing makanan basah ke luar kota agar kondisinya tetap baik dan aman sampai tujuan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya