everpro

7 Cara Packing Frozen Food, Aman Selama Bulan Ramadhan!

Masih bingung gimana caranya packing frozen food yang aman untuk dikirim? Simak artikel ini untuk mengetahui cara packing aman untuk frozen food!

Kirim frozen food butuh pengemasan khusus, belum tahu caranya? Yuk, simak cara packing frozen food agar aman sampai tujuan.

Semenjak pandemi bisnis frozen food kini semakin berkembang, hal ini tentu karena tingkat permintaan yang semakin tinggi. 

Bukan tanpa alasan, tingginya peminat karena frozen food menjadi pilihan makanan yang mudah diolah dan tahan lama.

Melansir dari Media Republika, bisnis makanan beku ini akan terus melesat dengan nilai mencapai Rp 200 triliun di tahun 2025.

Apalagi menjelang Ramadhan yang peminatnya akan semakin meningkat. Oleh karena itu, para penjual makanan beku online harus semakin meningkatkan kualitas, salah satunya dengan pengemasan yang aman sampai tujuan.

Untuk itu, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui cara packing frozen food yang aman sampai tujuan.

Baca juga: Inilah 7+ Cara Packing Sayuran untuk Dijual, Menarik dan Segar!

Pilihan Packaging untuk Packing Frozen Food Aman

cara packing frozen food
Sumber: google.com

Bisnis frozen food bisa menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Karena peminatnya yang terus meningkat dan jenis makanan yang tahan lama.

Terutama di bulan Ramadhan, frozen food menjadi andalan ketika tidak memiliki banyak waktu untuk memasak seperti saat sahur.

Namun terdapat tantangan sendiri dalam menjual frozen food secara online, yaitu terkait cara packing yang aman.

Salah satu hal penting dalam mengirimkan frozen food yang aman adalah memperhatikan kemasan makanan. Dengan menggunakan material kemasan yang tepat, dapat menjaga kualitas makanan yang ada di dalamnya.

Melansir dari laman Mitra Bukalapak, berikut adalah 5 packaging (kemasan) untuk cara packing frozen food yang aman:

Cara Packing Frozen Food Menggunakan Vacuum Nylon Bag

Nylon Bag adalah kemasan paling banyak pengusaha frozen food gunakan. Pasalnya, bahan plastik yang terbuat dari nylon ini kuat dan tidak mudah bocor.

Selain itu, tersedia juga berbagai ukuran, sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari ukuran besar hingga kecil.

Untuk menggunakan plastik ini, penjual harus memiliki vacuum khusus untuk menyedot udara dalam kemasan sebelum menguncinya dengan panas. Dengan begitu tidak menyisakan ruang dalam kemasan dan terhindar dari bakteri lainnya.

  • Kemasan Plastik Three Side Seal

Pilihan lain sebagai kemasan frozen food adalah dengan menggunakan three side seal plastic. Sebenarnya, jenis plastik ini serupa dengan nylon bag, hanya saja berbeda dalam proses pembuatannya.

Pada three side seal plastic terdapat tiga sisi segel. Mengemas makanan dengan plastik ini tetap memberi sedikit ruang udara yang bertujuan untuk menjaga makanan agar tidak mudah terbentur.

  • Packing Frozen Food SBS Paperboard

Cara packing frozen food untuk ukuran yang besar bisa menggunakan kemasan SBS Paperboard. Biasanya, jenis packaging ini digunakan sebagai kemasan susu, es krim, dan daging.

Bahan dari SBS Paperboard dapat menahan udara dingin dalam kemasan, sehingga frozen food lebih bertahan lama di suhu ruang. 

Umumnya banyak yang menggunakan material ini sebagai kemasan luar sehingga menjaga keamanan secara berlapis. 

Karena SBS Paperboard memiliki permukaan berlapis yang kuat dan tidak mudah penyok, terdiri dari tanah liat, serat kayu keras, dan kayu lunak.

  • Wax Coated Cardboard

Pilihan lain untuk mengemas makanan beku agar tetap aman adalah menggunakan wax coated cardboard. Kelebihan dari kemasan ini adalah lebih tahan panas.

Bahkan bisa langsung menggunakan kemasan ini untuk memanaskan di microwave. Jadi makanan beku bisa langsung siap santap.

  • Shrink Film atau Shrink Wrap

Packing frozen food yang aman lainnya adalah dengan menggunakan shrink film atau shrink wrap. Material plastik ini terbuat dari bahan polimer yang dapat menyesuaikan dengan bentuk makanan.

Dengan begitu, dapat menjaga makanan beku di suhu ruang dalam waktu yang lama. Selain itu, kemasan ini juga berguna untuk menyimpan sayur serta buah di kulkas, sehingga makanan tidak cepat busuk.

Cara Packing Frozen Food yang Aman

cara packing frozen food

Dalam menjalankan usaha frozen food secara online, memilih kemasan yang tepat memang sangat penting. Namun, cara packing frozen food yang aman juga tidak kalah pentingnya.

Pasalnya makanan akan melalui proses pengiriman yang artinya terdapat perbedaan suhu serta kondisi yang mungkin tertumpuk dengan paket lainnya.

Oleh karena itu, cara packing yang aman menjadi kunci agar makanan beku sampai ke pembeli dengan kondisi yang baik.

Berikut adalah tips cara packing frozen food yang aman sampai tujuan:

1. Siapkan Stok Makanan Beku

Pertama, penjual perlu memiliki stok makanan beku yang siap kirim, terutama untuk jenis frozen food yang membutuhkan waktu produksi lebih lama, seperti nugget, sosis, dan olahan daging lainnya.

Pastikan bahwa anda hanya mengirimkan makanan yang masih beku daripada setengah beku atau bahkan belum beku. Karena hal ini berpengaruh pada ketahanan makanan dalam perjalanan.

Mengirim makanan yang beku akan lebih awet dan tidak mudah rusak di perjalanan.

2. Gunakan Kemasan Makanan Kedap Udara

Seperti pada pembahasan sebelumnya, kemasan adalah hal penting. Maka pastikan anda memilih kemasan yang tepat sebagai wadah makanan beku. 

Misalnya untuk frozen food seperti sayuran dan olahan daging bisa menggunakan vacuum nylon bag atau three side seal plastic.

Kemudian pastikan juga bahwa kemasan telah tertutup rapat saat dibekukan. Selain membuat makanan tidak mudah mencair, hal ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada suhu ruang.

3. Menyiapkan Peralatan Packing Frozen Food yang Dibutuhkan

Frozen butuh penanganan khusus ketika packing, berbeda dengan makanan lain pada umumnya, Anda harus menyiapkan peralatan packing dan juga peralatan khusus untuk packing frozen food.

Kamu dapat menyiapkan beberapa peralatan seperti kardus yang kuat, bubble wrap, kardus yang telah dipotong, alumunium foil dan ice gel yang wajib anda gunakan untuk mengirim frozen food.

4. Tambahkan Ice Gel

Cara packing frozen food selanjutnya adalah dengan menambahkan ice gel pada luar kemasan makanan beku. Sifat ice gel yang mudah beku dan lama mencair dapat menjaga suhu makanan tetap dingin. Terutama untuk pengiriman frozen food yang memerlukan transit.

5. Lapisi Dengan Bubble Wrap dan Alumunium Foil

Sebelum memasukkan makanan beku ke dalam kemasan luar atau kotak, lapisi terlebih dahulu dengan bubble wrap atau alumunium foil, dan rekatkan dengan isolasi.

Cara packing frozen food dengan menambahkan lapisan ini dapat menjaga paket dari guncangan selama perjalanan.

Karena paket sangat mungkin saling berbenturan dengan paket lainnya. Oleh karena itu, bubble wrap dapat membantu menahan dan menjaga keamanan dari guncangan serta benturan, sehingga kualitas makanan dalam kemasan tetap aman.

6. Memasukkan Kemasan Frozen Food ke Kotak yang Kokoh

Setelah melapisi kemasan dengan bubble wrap, cara packing frozen food selanjutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam kotak yang kokoh.

Anda bisa memasukkan paket kedalam kardus atau kotak styrofoam. Kemudian rekatkan kembali dengan isolasi sampai tidak ada celah yang terbuka.

Dengan pengemasan yang kokoh ini dapat menjaga frozen food di dalam kotak agar tetap stabil dari guncangan selama perjalanan.

7. Beri Label Frozen Food

Cara yang terakhir adalah dengan menambahkan label ‘Frozen Food’ pada luar kemasan paket. Hal ini dapat membantu kurir dalam memberikan penanganan khusus untuk jenis paket ini.

Dengan begitu, pada saat transit kurir dapat menyimpan paket di freezer atau tempat yang lebih dingin dan tidak bertumpuk.

Di samping itu, untuk mengirimkan frozen food agar lebih aman sampai ke tujuan dengan kondisi yang baik, gunakan layanan pengiriman instan atau same day.

Nah, agar pengiriman frozen food kamu menjadi lebih aman kamu harus pandai memilih jasa ekspedisi yang terjamin dan profesional. Everpro bisa memberikan rasa aman untuk barang yang kamu kirim dengan proteksi yang baik.

Selain itu, Everpro juga menawarkan banyak kemudahan dan keunggulan yang bisa kamu dapatkan seperti berikut:

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya