everpro

Inilah 7+ Cara Packing Sayuran untuk Dijual, Menarik dan Segar!

Ingin tahu cara packing sayuran untuk dijual yang tepat agar tetap segar dan terlihat menarik? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan informasi yang lengkap!

Pembeli memiliki kebiasaan ketika membeli atau membuka paket belanja online hal pertama yang dilihat adalah cara packing paket.

Ternyata, cara packing bisa menjadi daya tarik seseorang dalam melakukan keputusan pembelian dan itu juga berlaku dengan sayuran.

Pengemasan pada sayuran yang menarik dan rapi akan merangsang pemikiran psikologis seseorang bahwa sayuran tersebut segar seperti baru dipanen.

Melihat hal tersebut sangatlah penting, maka Everpro akan memberikanmu informasi seputar bagaimana cara packing sayuran untuk dijual yang membuat nampak menarik dan juga segar sepanjang hari.

Baca Juga: Cara Packing Kaca Agar Tidak Pecah Saat Pengiriman

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Packing Sayuran untuk Dijual

cara packing sayuran untuk dijual
Sumber: Freepik

Ketika menjual sayuran, banyak sekali faktor yang harus diperhatikan agar sayuran yang kamu jual selalu segar dan awet. Berikut adalah penjelasan yang bisa kamu pelajari.

  • Jenis Sayuran

Setiap jenis sayuran tentunya memiliki karakteristik yang berbeda, ada yang mudah layu, kuat tahan lama, dan lain sebagainya.

Kenali jenis sayuran sebelum kamu memulai packing untuk menjaga kualitas kesegaran dari sayuran itu sendiri. 

Packing yang lebih rapat dan kedap udara dibutuhkan untuk sayuran yang mudah layu seperti kangkung dan bayam.

Sedangkan, packing yang lebih sederhana diperuntukan untuk sayuran yang kuat dan tahan lama seperti kentang dan wortel.

  • Kualitas Sayuran

Kamu bisa melakukan pengecekan kualitas dari sayuran secara mandiri yaitu dengan melihat warna dari sayuran tersebut.

Sayuran dengan warna yang lebih cerah alami dan tidak layu itu menandakan bahwa kualitas sayuran tersebut baik.

Jika kamu menemukan adanya sayuran yang layu atau bahkan busuk segeralah dipisahkan supaya tidak tercampur yang bisa menyebabkan sayuran yang lain terkontaminasi.

Hal ini diperlukan untuk menghindari pembeli yang kecewa saat membeli atau menerima paket sayuran yang tidak fresh, sehingga merugikan diri mereka.

  • Kemasan yang Digunakan

Faktor utama untuk menjaga kualitas dari sayur adalah kelembaban yang dipengaruhi oleh kemasan yang digunakan.

Kemasan yang berembun bisa menyebabkan kadar kelembaban suatu sayuran menurun yang membuat tidak segar atau bisa menjadi layu dan ini perlu dihindari.

Idealnya, kemasan yang harus digunakan adalah tahan air, kuat, dan memiliki lubang ventilasi sebagai sirkulasi udara dari sayuran itu sendiri.

  • Suhu Temperatur

Menjaga suhu dari sayuran juga sangat penting dan berpengaruh pada kesegaran dari sayuran tersebut.

Suhu ketika kamu antar sayuran tersebut sebaiknya tidak lebih dari 25 derajat Celcius dalam 1-2 hari, jika lebih berpotensi akan layu sayuran tersebut.

Tambahkan ice gel untuk pengiriman dengan jarak jauh untuk menjaga kesegaran dari sayuran supaya tidak layu atau membusuk.

  • Estimasi Waktu

Tanaman adalah bahan makanan segar yang berbeda dengan benda mati ketika dikirim akan jauh lebih awet. 

Dalam hal ini estimasi waktu sangatlah krusial dan perlu diperhitungkan dengan cermat untuk menjaga kualitas dari sayuran.

Edukasi kepada pembeli juga diperlukan supaya ketika menerima paket sayuran langsung segera ditaruh di dalam kulkas supaya sayuran tersebut tidak layu karena sudah lama dalam perjalanan.

  • Inventarisasi Stok

Cara ini akan membantu mengkurasi sayuran yang layak dan tidak untuk dijual dan dikirim yang membuat proses packing sayuran menjadi efisien dan cepat.

Kamu perlu mencatat setiap tanggal panen sampai batas dari kesegaran jenis setiap sayuran tersebut.

Baca Juga: Aman! Cara Packing Bunga untuk Dikirim Selama Ramadhan

Cara Packing Sayuran untuk Dijual dengan Benar

cara packing sayuran untuk dijual
Sumber: Freepik

Kamu perlu mengetahui beberapa cara supaya menjaga sayuran tersebut awet dengan packing yang benar. Berikut ini step by step packing sayuran untuk dijual dengan benar.

  • Pertama, kamu bersihkan atau cuci sayuran tersebut sebelum nantinya kamu packing
  • Siapkan bahan packing yang sesuai dengan sayuran seperti kertas atau karton, styrofoam, atau plastik food grade
  • Setelah itu, kelompokkan sayuran tersebut berdasarkan jenis sayur karena setiap sayuran memiliki karakteristik sendiri dan ketahanan yang berbeda-beda
  • Selanjutnya kemas sayuran menggunakan kotak kayu jika jenis sayuran tersebut keras dan plastik untuk sayuran yang lebih kecil.
  • Kemudian berikan selotip di setiap sisi pada kardus dan untuk plastik gunakan plastik bersegel supaya menjaga kelembaban atau suhu.
  • Untuk sayuran yang mudah rapuh tambahkan soft foam dengan penambahan wrap plastik supaya menjaga temperatur sayuran
  • Tambahkan koran untuk membungkus sayuran yang bisa menambahkan kelembaban dari sayuran tersebut

Baca Juga: Penting Diketahui! Ini 4 Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap 

Sampai juga di akhir pembahasan cara packing sayuran untuk dijual yang kedengarannya sulit, namun sebenarnya mudah jika kamu memperhatikan dengan cermat.

Semoga dengan informasi artikel ini kamu bisa mengemas sayuran dengan lebih baik supaya tidak hanya menarik untuk dijual saja tetapi juga segar dan awet.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang informatif dan menarik hanya di Everpro!

Benefit Everpro Shipping

Salah satu tips agar packing sayuran tidak akan sia-sia jika kamu memilih layanan yang tepat untuk mengirim dan bisa membantu kamu untuk menjaga kualitas sampai ke tangan pembeli.

Everpro punya solusi untuk kebingungan kamu dalam memilih layanan yang terpercaya dan tepat yaitu dengan layanan Everpro Shipping.

Everpro Shipping mempunyai fitur inovasi yang bisa membantumu dalam pengiriman sayuran tersebut seperti rendah RTS, data terpercaya, dashboard yang lengkap, cek ongkir dan cashback, manajemen tiket dan klaim.

Kamu akan sangat terbantu dengan layanan ini karena data order selalu ter-update secara real-time, sehingga data yang kamu dapatkan sesuai dengan data tiap layanan ekspedisi.

Jangan khawatir, Everpro Shipping juga sudah berpartner dengan kurir dari 15+ pilihan ekspedisi, sehingga memudahkan kamu dalam mengirim ke seluruh Indonesia.

Berikut benefit yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan layanan Everpro Shipping:

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Biaya Retur gratis, COD fee 3%
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
  • Pencairan dana COD otomatis dalam 1×24 jam setiap hari (Senin-Minggu)
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja. Tanpa minimal jumlah atau berat.
  • Data penjualan dan pengiriman tersaji dalam satu dashboard lengkap.
  • Mudah klaim bila paket bermasalah dengan fitur Ticketing antara user, tim Everpro, dan tim 3PL

Jadi tunggu apalagi? Yuk, daftar sekarang dan kirim packing sayuran kamu agar tetap awet dan segar dengan Everpro Shipping!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan