everpro

Tips Praktis! Cara Packing Paket Aman di Bulan Ramadhan 2024

Bagaimana cara packing paket agar agar aman saat proses pengiriman? Simak cara praktis packing aman untuk kirim paket di artikel ini!

Menjadi penjual online tak hanya belajar digital marketing namun juga perlu belajar tentang cara packing paket yang benar.

Dengan menerapkan packing yang benar maka akan mempengaruhi kondisi barang, apalagi menjelang Ramadhan yang pastinya akan saling mengirimkan paket, baik dalam rangka pembelian online maupun saling kirim sebagai bentuk kasih sayang sesama muslim.

Barang bisa saja rusak selama pengiriman, entah karena kepanasan atau kehujanan, oleh sebab itu sangat perlu di perhatikan cara packing nya.

yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Yuk kenali! Received: Definisi, Sistem dan Cara melacak Paket 

Apa itu Packing Paket?

cara packing kaca agar tidak pecah
Sumber: pexels.com

“Packing paket” adalah proses memasukkan barang-barang atau produk-produk ke dalam kemasan yang sesuai sebelum di kirimkan atau di kirimkan ke pelanggan.

Ini adalah tahap penting dalam proses pengiriman, karena memastikan bahwa produk yang di kirim tetap aman dan tidak rusak selama perjalanan.

Proses pengemasan juga bertujuan untuk membuat pengiriman lebih efisien dan memudahkan proses pengiriman dan penerimaan. Dalam beberapa kasus, packing paket juga dapat berfungsi sebagai tambahan branding dan pengenalan merek bagi perusahaan pengirim

Jenis-Jenis Paket

Berikut adalah beberapa jenis paket yang sering di gunakan:

  • Kotak Karton

Paket ini biasanya terbuat dari karton tebal dan bisa di gunakan untuk mengirim barang-barang dengan berbagai ukuran dan bentuk.

  • Buble Wrap

Cara Packing Paket
Sumber: pexels.com

Bahan plastik bertekstur yang di gunakan untuk melindungi barang-barang rapuh seperti peralatan elektronik atau kaca.

  • Mailer

Mailer terbuat dari bahan tipis seperti polyethylene dan di gunakan untuk mengirim dokumen, bahan cetak, dan produk-produk ringan lainnya.

  • Karton Tertutup

Karton tertutup memiliki lapisan luar yang di lapisi dengan bahan pelapis dan memiliki tutup pengait untuk memastikan barang tetap aman selama pengiriman.

  • Drum

Biasanya terbuat dari bahan besi atau kayu dan di gunakan untuk mengirim bahan cair, bahan kimia, atau bahan-bahan lain yang memerlukan perlindungan ekstra.

  • Pallet

Bahan Pallet terdiri dari beberapa kotak karton atau barang lain yang di tempatkan di atas palet untuk mempermudah pengiriman dan pengangkutan.

  • Paket Darurat

Biasanya di rancang untuk memenuhi kebutuhan pengiriman yang harus di lakukan dengan cepat dan dapat tiba dalam waktu yang sangat singkat.

Semua jenis paket memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan tergantung pada jenis barang yang di kirim, jarak pengiriman, dan waktu yang di perlukan untuk sampai.

Baca juga: Inilah! Arti Packing di Jasa Pengiriman

Manfaat Packing Paket

Berikut adalah beberapa manfaat packing paket:

  • Melindungi Produk

Pengemasan yang baik dapat melindungi produk dari kerusakan selama perjalanan, seperti benturan, goresan, dan kondisi cuaca yang buruk.

  • Membuat Pengiriman Lebih Efisien

Dengan memasukkan produk ke dalam kemasan yang sesuai, pengiriman dapat di lakukan dengan lebih efisien dan mudah.

  • Meningkatkan Branding

Dengan menggunakan kemasan dengan desain yang menarik dan merek perusahaan, packing paket dapat membantu meningkatkan brand awareness dan memperkuat identitas perusahaan.

  • Tingkatkan Keamanan

Packing paket yang baik dapat memastikan bahwa produk yang di kirim tetap aman dan tidak hilang atau di curi selama perjalanan.

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

Mampu memastikan bahwa produk sampai pada pelanggan dalam kondisi baik, membuat pelanggan lebih puas dan mendorong loyalty terhadap merek.

  • Mereduksi biaya

Membantu mengurangi biaya karena kerusakan atau pengembalian produk, sehingga dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan.

  • Mempermudah Proses Penerimaan

Mempermudah proses penerimaan produk oleh pelanggan, karena produk yang sampai dalam kondisi baik dan mudah untuk di buka dan di gunakan.

  • Daya Tarik Visual

Kemudian, packaging juga dapat menjadi sarana sebagai daya tarik pelanggan dengan visual yang ditampilkan. Oleh sebab itu, packaging dengan desain menarik serta permainan warna yang unik menjadi hal yang penting.

Tips! Cara Packing Paket yang Aman

Berikut cara packing barang dengan beberapa langkah untuk memastikan bahwa paket di kemas dengan aman:

  • Pilih Bahan Packing yang Sesuai

Pilih bahan packing yang sesuai dengan jenis barang yang akan di kirim, seperti kotak karton, bubble wrap, atau drum. Misalkan mau mengirimkan barang berupa botol kaca yang berisi obat, maka gunakanlah bubble wrap untuk melindungi kaca agar tidak mudah pecah saat di kirim.

Selain itu gunakan pula dus, atau bahan yang tidak tembus pandang, agar radiasi dari sinar matahari tidak merusak fungsi dari zat obat itu sendiri.

  • Lindungi Produk dengan Bahan Pelapis

Gunakan bahan pelapis seperti buble wrap, styrofoam, atau kertas kraft untuk membantu melindungi produk dari kerusakan dan aman selama pengiriman.

  • Tutup Rapat Paket

Pastikan bahwa tutup paket di tutup dengan rapat dan menggunakan bahan pengikat seperti scotch tape atau perekat khusus untuk memastikan bahwa paket tetap tertutup.

  • Tambahkan Bahan Pelindung Ekstra

Tambahkan bahan pelindung ekstra seperti styrofoam atau kertas kraft di sekitar produk untuk memastikan bahwa produk tetap aman selama pengiriman, contohnya seperti potongan kecil kertas atau styrofoam.

  • Label Paket Harus Jelas

Beri label paket dengan jelas, termasuk alamat pengiriman dan alamat pengembalian, jika di perlukan. Tak hanya itu cantumkan pula nama dan no.telpon pengirim serta penerimanya dengan benar dan jelas.

  • Beri Tanda Pengaman

Beri tanda pengaman pada paket untuk memastikan bahwa paket tidak hilang atau di curi selama pengiriman.

  • Beri Tanda Peringatan

cara packing paket
Sumber: pexels.com

Memberi tanda peringatan pada paket yang akan di kirim, akan sangat membantu jasa pengiriman dalam bertindak, sehingga orang yang akan mengirimkan paket tersebut akan secara hati-hati membawanya sesuai petunjuk dari tanda peringatan tersebut.

Contoh saat paket yang di kirim berupa 1 set gelas dan piring, meskipun di dalam nya sudah di lapisi dengan bubble wrap, dan dus, namun perlu di beri tanda “Hati-Hati! Mudah Pecah, Jangan di Banting!”.

Selain contoh di atas perlu juga untuk mengetahui tanda-tanda peringatan lainnya.

  • Periksa Kembali sebelum Mengirim

periksa kembali paket sebelum mengirim untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik dan siap untuk dikirim.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, pengirim paket dapat memastikan bahwa paket di kemas dengan aman dan produk yang di kirim tetap aman selama pengiriman.

Yang Harus di Perhatikan dalam Packing Paket Besar ataupun Kecil

Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan saat mempacking paket besar atau kecil:

  • Ukuran paket: pastikan bahwa ukuran paket sesuai dengan ukuran produk dan memiliki ruang yang cukup untuk melindungi produk dari kerusakan.
  • Kelembaban: pastikan bahwa paket terlindung dari kelembaban dan kondisi lingkungan yang tidak baik seperti hujan, suhu ekstrem, dan debu.
  • Pemilihan bahan pengemas: pastikan bahwa bahan pengemas yang di gunakan sesuai dengan jenis produk dan memiliki tingkat pelindung yang cukup.
  • Label paket: beri label paket dengan jelas, termasuk alamat pengiriman dan pengembalian, jika di perlukan.
  • Pembungkus produk: paket produk dengan bahan pelapis seperti buble wrap atau styrofoam untuk melindungi produk dari kerusakan.
  • Tutup rapat paket: tutup paket dengan rapat dan gunakan bahan pengikat seperti scotch tape atau perekat khusus untuk memastikan bahwa paket tetap tertutup.
  • Tambahkan bahan pelindung ekstra: tambahkan bahan pelindung ekstra seperti kertas kraft atau styrofoam di sekitar produk untuk memastikan bahwa produk tetap aman selama pengiriman.
  • Beri tanda pengaman: beri tanda pengaman pada paket untuk memastikan bahwa paket tidak hilang atau di curi selama pengiriman.

Berikutnya Anda juga perlu memperhatikan pemilihan jasa ekspedisi untuk barang yang ingin Anda kirimkan. Pemilihan jasa ekspedisi yang profesional membuat paket yang Anda kirim dapat terjamin keamanannya dan terhindari dari resiko kerusakan.

Oleh sebab itu jangan salah pilih jasa ekpedisi untuk kirim barang jika ingin mengirim barang yang mudah pecah dan berharga agar selamat sampai di tangan penerima.

Nah, Everpro bisa kasih keamanan pada barang yang Anda kirim dengan layanan Shipping. Layanan ini memungkinkan Anda untuk kirim barang dengan harga terjangkau dan banyak kemudahannya.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika mendaftar layanan Everpro Shipping:

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman