everpro

7 Cara Packing Kue Kering Agar Tidak Hancur, Siap Lebaran 2024!

Mau kirim kue kering khas lebaran tapi takut remuk? Tenang, simak tips tentang cara packing kue kering agar tidak hancur berikut ini.

Lebaran tidak lengkap rasanya tanpa ada kue kering. Mulai dari nastar, kastengel, putri salju, semprit, dan lainnya senantiasa menghiasi meja untuk suguhan khas lebaran.

Bahkan kue kering juga sering menjadi hampers atau bingkisan lebaran untuk kerabat maupun teman dekat. 

Mengirimkan kue kering sebagai hampers lebaran tentunya memerlukan cara pengemasan khusus. Karena jika sembarangan, kondisi pada saat sampai bisa rusak atau hancur.

Tentu anda tidak mau hal tersebut terjadi, bukan?

Oleh karena itu baca ulasan cara packing kue kering agar tidak hancur berikut hingga selesai.

Kirim Kue Kering dengan Packaging Menarik

packaging hampers
Sumber: google.com

Kue kering memang menjadi makanan yang laris untuk menyambut lebaran. Oleh karena itu, peminatnya akan semakin meningkat di bulan Ramadhan.

Selain kualitas rasa, penjual kue kering online juga perlu memperhatikan packaging atau kemasan. Dengan menggunakan kemasan menarik, kue kering khas lebaran semakin terlihat cantik.

Dengan begitu, semakin banyak pelanggan yang tertarik membeli baik itu untuk konsumsi sendiri maupun sebagai hampers lebaran.

Melansir dari situs bisnisukm.com berikut adalah beberapa tips untuk memilih packaging kue kering menarik:

  1. Pilih bentuk toples yang unik, sehingga berbeda dari kompetitor dan lebih menarik untuk yang melihatnya.
  2. Menggunakan kemasan kardus cantik. Sebaiknya desain kemasan kardus dengan menambahkan logo brand dan tulisan yang membuat konsumen terkesan.
  3. Tambahkan aksesoris seperti pita atau lapisan kain agar terlihat lebih cantik.

Baca juga: Jam Kerja Anteraja Kantor dan Kurir, Berlaku Ramadhan 2023!

Cara Packing Kue Kering Agar Tidak Hancur

cara packing kue kering agar tidak hancur
Sumber: google.com

Mengirim kue kering memang membutuhkan cara pengemasan khusus, agar tidak hancur. Bagi penjual online tentu hal ini juga menjadi poin penting.

Karena dengan pengemasan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Begitu juga dengan yang membuat sendiri, tentu ingin kue kering sampai ke penerima dalam kondisi yang baik.

Maka dari itu, perhatikan cara packing kue kering agar tidak hancur sampai ke tujuan:

  • Gunakan Kemasan yang Kokoh

Kemasan menjadi poin penting untuk menjaga isi di dalamnya tetap aman. Maka dari itu gunakanlah kemasan yaitu toples yang memiliki material tebal dan tidak mudah pecah.

Saat ini telah terdapat banyak toples dengan berbagai jenis kualitas. Pilihlah toples berbahan mika yang tebal dan berkualitas. Bisa juga memilih jenis toples stainless maupun kaleng. 

  • Isi Toples yang Penuh dan Padat

Setelah memilih toples yang tepat dan kuat sebagai wadah kue kering, cara packing kue kering agar tidak hancur selanjutnya adalah dengan mengisi toples sampai penuh dan padat.

Usahakan tidak ada ruang atau rongga yang menyebabkan isi kue di dalamnya bergerak. Tata kue dengan rapat dan rapi, usahakan tidak ada celah antara setiap kue dalam toples.

Pastikan juga kue dalam toples terisi penuh dan padat, hal ini juga berguna untuk mencegah kue hancur.

  • Kirimkan Jenis Kue Kering yang Tidak Mudah Hancur

Tips selanjutnya adalah memilih jenis kue kering yang tidak mudah hancur. Jenis kue yang tidak mudah hancur ini memiliki tekstur yang lebih padat.

Contohnya seperti cookies coklat, kacang telur. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengirim kue kering lainnya seperti semprit, nastar, lidah kucing, dan lainnya.

Pastikan anda telah mengikuti poin pertama dan kedua.

  • Cara Packing Kue Kering Agar Tidak Hancur: Segel dengan Selotip

Setelah menata isi kue dalam toples, langkah selanjutnya adalah merekatkan tutup toples dengan selotip.

Agar menjaga tutup kue tidak terbuka saat proses pengiriman, pastikan penutup sudah pas dan segel berlapis menggunakan selotip. 

Gunakan juga penanda seperti menempelkan kertas pada bagian ujung selotip agar memudahkan konsumen untuk membukanya kembali.

  • Cara Packing Kue Kering dengan Mengatur Tata Letak Toples Kue

Jika mengirimkan kue lebih dari satu toples, maka atur tata letak toples dengan tepat. Cara packing kue kering agar tidak mudah hancur ini adalah dengan menempatkan toples kue yang berat di bagian dasar kotak atau bungkus.

Karena menempatkan toples yang lebih berat di bagian atas akan memberi tekanan yang lebih besar di bagian dasar, hal ini akan menyebabkan kue kering mudah hancur saat proses pengiriman.

  • Melapisi Toples dengan Bubble Wrap

Melapisi toples dengan bubble wrap adalah cara packing kue kering agar tidak mudah hancur selanjutnya.

Lapisan bagian luar dengan bubble wrap ini menjaga keamanan toples dari benturan atau guncangan pada saat proses pengiriman. 

  • Bungkus dengan Kardus

Langkah terakhir untuk semakin menjaga kue kering agar tidak mudah hancur saat pengiriman adalah dengan memasukkan kemasan yang telah dilapisi bubble wrap tersebut kedalam kardus.

Bisa juga menambahkan cercahan kertas agar isi paket tidak mudah bergerak. Kemudian rekatkan kembali kardus dengan isolasi. Pastikan tidak ada celah yang masih terbuka.

Baca juga: 6 Cara Packing Frozen Food, Aman Selama Bulan Ramadhan!

Demikian penjelasan cara packing kue kering agar tidak mudah hancur saat proses pengiriman. Kini anda siap kirim kue lebaran konsumen maupun sebagai hadiah hampers.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya