Paket dari Shopee ada yang salah/cacat? Ajukan pengembalian barang di Shopee saja! Simak cara pengembalian barang di Shopee berikut ini.
Terkadang proses memesan barang secara online memang tidak selalu mulus. Sudah semangat menerima paket, tapi saat dibuka kok paketnya salah?
Hal tersebut tentu akan menimbulkan kekecewaan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena terdapat kebijakan pengembalian barang saat berbelanja di marketplace.
Salah satunya adalah marketplace Shopee. Kamu bisa mengajukan pengembalian barang jika terdapat paket yang cacat, kurang, salah, atau tidak sesuai dengan apa yang tertera di laman produk.
Artikel ini akan membahas cara pengembalian barang di Shopee. Jadi, baca sampai selesai ya!
Baca juga: 10+ Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan 2023, Peluang Besar!
Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee

Sebelum mengajukan pengembalian barang di Shopee, tentunya perlu memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.
Dengan begitu, proses pengajuan dapat di approved dan berjalan lancar. Berikut adalah kebijakan pengembalian barang/dana di Shopee:
- Pengajuan pengembalian barang dan dana dapat hanya dapat kamu lakukan jika pesanan belum diterima, keadaan rusak, dan tidak sesuai dengan apa yang tertera di deskripsi/foto produk.
- Proses pengajuan pengembalian barang harus mendapat persetujuan dari penjual.
- Penjual memiliki hak untuk menolak pengajuan jika alasan tidak kuat, misalnya berubah pikiran.
- Informasi yang perlu kamu isi dapat berbeda tergantung dari alasan pengajuan. Misalnya, tidak perlu mengajukan bukti jika alasannya semua pesanan tidak sampai.
- Cantumkan bukti kesalahan saat menerima barang (contoh: video unboxing).
- Dapat melakukan pengembalian jika masih dalam masa garansi dan belum menekan tombol pesanan diterima.
- Apabila pembelian menggunakan voucher, maka akan mendapat pengembalian dana sebesar harga produk yang telah dikurangi nilai voucher.
- Pembeli hanya bisa melakukan pengajuan pengembalian barang maksimal 5 kali untuk satu nomor order atau pesanan. Setelah itu, tombol Ajukan Pengembalian akan diblokir, dan mendapat notifikasi pengajuan pengembalian mencapai batas maksimal.
- Hanya menuliskan nominal pengajuan tanpa titik/koma (contoh: Rp250000) dan maksimum sesuai harga produk.
- Pembeli dapat melakukan konfirmasi dengan penjual secara personal jika terjadi kesalahan dalam pengajuan nominal.
- Langkah pengajuan pengembalian barang dan dana sama semua, yang berbeda hanya terkait bukti pendukung.
Cara Pengembalian Barang di Shopee

Setelah memahami syarat dan ketentuan pengajuan pengembalian, kamu dapat mengajukan pengembalian pesanan dengan lebih mudah.
Cara pengembalian barang di Shopee adalah dengan mengikuti langkah berikut ini:

- Masuk ke aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone kamu. Pada tab Saya pilih menu Dikirim
- Kemudian pilih pesanan yang ingin kamu ajukan pengembalian barang/dana.
- Selanjutnya klik Ajukan Pengembalian
- Setelah itu pilih Status Pengajuan
- Lalu pilih semua produk yang ingin diajukan pengembalian
- Klik Selanjutnya

- Kemudian pilih Alasan, pastikan memilih alasan yang sesuai
- Selanjutnya klik Konfirmasi
- Unggah foto bukti pendukung
- Tambahkan informasi di kolom Keterangan, jika ada
- Langkah terakhir yaitu klik Kirim
Cara Pengembalian Barang di Shopee Mall
Untuk cara mengajukan retur di Shopee Mall tidak terlalu berbeda dengan cara mengembalikan barang pada Star Seller Shopee.
Ketika melakukan pengajuan retur, penting untuk diperhatikan bahwa barang pesanan masih dalam masa garansi dan pastikan jika kamu belum menekan tombol pesanan diterima.
Berikut langkah-langkah untuk cara mengembalika produk dari Shopee Mall:
- Buka Aplikasi Shopee dari Handphone dan masuk ke profile kamu dengan klik menu Saya.
- Kemudian pilih Pesanan Saya dan klik menu Dikirim.
- Pilih pesanan yang akan kamu ajukan retur kepada seller.
- Pilih menu Ajukan Pengembalian di pojok kiri.
- Selanjutnya, pilih produk untuk diajukan pengembalian barang.
- Berikan alasan pengajuan pengembalian barang.
Cara Mengirimkan Paket Pengembalian

Setelah mendapat persetujuan dari pengajuan pengembalian kamu bisa mengembalikan paket mengirimkannya melalui opsi Pengambilan, Pengiriman, atau Atur Sendiri.
Proses mengirimkan paket pengembalian yakni dalam kurun waktu 5 hari setelah permohonan disetujui. Adapun langkah untuk mengirimkan paket pengembalian dengan opsi Atur Sendiri adalah sebagai berikut:
- Buka aplikasi Shopee, dan masuk ke halaman Rincian Pengembalian
- Kemudian klik Lihat Instruksi untuk mengetahui petunjuk pengiriman
- Setelah itu, masuk ke meu upload resi, lalu pilih jasa kirim, masukkan nomor resi, serta tambahkan foto resi
- Selanjutnya kamu dapat melihat detail pengiriman barang pada halaman rincian pengembalian
Adapun jasa kirim yang bisa kamu pilih sebagai opsi pengiriman adalah dengan ketentuan sebagai berikut:
Jasa Pengiriman | Berat Maksimal | Batas Ukuran (Panjang x Lebar x Tinggi) |
J&T Express | 50kg | – |
Alfatrex (Alfamart) | 20kg | 100cm x 100cm x 100cm |
Indo Paket (Indomaret) | 21kg | 50cm x 50cm x 50cm |
Dengan memilih opsi Pengiriman, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengembalikan barang. Pastikan kamu menempelkan label pengembalian barang, yang bisa kamu dapatkan dengan cara berikut ini:
- Setelah melakukan pengajuan pengembalian barang, pilih salah satu jasa kirim yang ada di opsi (J&T Express, Alfatrex, atau Indopaket)
- Kemudian pilih Download atau Email Saya untuk mendapatkan label pengembalian
- Tempelkan label pengembalian pada paket untuk pilihan jasa kirim J&T Express. Sedangkan jasa kirim lainnya bisa langsung kamu tuliskan kode booking di bagian paket
- Antarkan paket ke lokasi cabang atau gerai terdekat
Solusi dari Pengembalian Barang atau Dana di Shopee

Perlu kamu perhatikan bahwa cara pengembalian barang di Shopee dapat kamu lakukan hanya untuk kondisi tertentu saja.
Yaitu untuk kondisi barang salah, cacat, tidak berfungsi dengan baik, tidak original, dan/atau tidak sesuai dengan deskripsi atau foto produk.
Kemudian kamu akan mendapat informasi pengajuan melalui notifikasi di aplikasi Shopee serta Email. Adapun ketentuan proses pengembalian dana tergantung jenis penjual apakah Shopee Mall atau Non-Shopee Mall seperti berikut ini:
- Shopee Mall: proses pengembalian barang/dana dalam 3 – 5 hari kerja setelah pesanan sampai di gudang Shopee
- Non-Shopee Mall: proses pengembalian dalam kurun waktu 7 hari sejak input resi atau maksimum 2 hari setelah status pengiriman terkirim (apabila menggunakan resi Shopee).
Baca juga: 2 Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop, Ternyata Mudah!
Tips Pengembalian Barang di Shopee Agar Diterima

Tentunya kamu ingin agar pengajuan pengembalian barang dapat diterima baik itu kepada penjual maupun pihak Shopee. Maka dari itu anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
- Pastikan anda memberikan bukti pengembalian barang yang lengkap dan sesuai syarat, misalnya, rekaman video proses pembukaan paket (Unboxing).
- Anda juga perlu memberikan alasan yang kuat dan sesuai kondisi barang. Misalnya, barang yang sampai cacat atau tidak sesuai dengan foto atau deskripsi produk.
- Dalam proses pengembalian barang, anda akan mengirimkan kembali barang tersebut. Maka dari itu, pastikan anda masih menyimpan nomor resi yang berguna untuk retur Shopee Mall.
Jadi itulah panduan cara pengembalian barang di Shopee. Pastikan anda mengikuti tips nya juga agar pengajuan disetujui.
Buat kamu yang punya bisnis online dan masih nyari shipping yang bisa ngasih banyak keuntungan buat kamu, tenang ada Everpro Shipping yang bisa ngasih kamu banyak keuntungan!
Apa aja sih keuntungannya dari Everpro Shipping?
- Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
- Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
- Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi.
- Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
- Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
- Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa diunduh dalam bentuk laporan.
Ayo daftar sekarang untuk dapetin semua keuntungannya!