Paket yang kamu pesan di Shopee catat atau ada kesalahan pesanan? Yuk ajukan retur barang sekarang juga. Yuk simak cara pengembalian barang di Shopee berikut ini!
Terlepas dari mudahnya belanja online lewat marketplace seperti Shopee, tapi akan selalu ada kekurangannya dibanding belanja langsung di toko offline.
Mulai dari produk yang diterima tidak sesuai deskripsi atau gambar, produk yang cacat atau rusak, ataupun kesalahan pesanan. Biasanya penyebabnya karena kesalahan seller ataupun kurir.
Apakah kamu sedang menghadapi salah satu permasalahan ini? Pengalaman belanja seperti ini tentu nggak mengenakkan. Berikut ini solusi yang bisa kamu lakukan!
Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee
Daftar Isi:
ToggleSyarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee
Sebelum mengajukan pengembalian barang di Shopee, tentunya perlu memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.
Dengan begitu, proses pengajuan dapat di approved dan berjalan lancar. Berikut adalah kebijakan pengembalian barang/dana di Shopee:
- Pengajuan pengembalian barang dan dana hanya bisa dilakukan jika pesanan belum diterima, keadaan rusak, atau tidak sesuai deskripsi/foto produk.
- Proses pengajuan pengembalian barang harus mendapat persetujuan dari penjual.
- Penjual memiliki hak untuk menolak pengajuan jika alasan tidak kuat, misalnya berubah pikiran.
- Informasi yang perlu kamu isi dapat berbeda tergantung dari alasan pengajuan. Misalnya, tidak perlu mengajukan bukti jika alasannya semua pesanan tidak sampai.
- Cantumkan bukti kesalahan saat menerima barang (contoh: video unboxing).
- Dapat melakukan pengembalian jika masih dalam masa garansi dan belum menekan tombol pesanan diterima.
- Apabila pembelian menggunakan voucher, maka akan mendapat pengembalian dana sebesar harga produk yang telah dikurangi nilai voucher.
- Pembeli hanya bisa melakukan pengajuan pengembalian barang maksimal 5 kali untuk satu nomor order atau pesanan. Setelah itu, tombol Ajukan Pengembalian akan diblokir, dan mendapat notifikasi pengajuan pengembalian mencapai batas maksimal.
- Hanya menuliskan nominal pengajuan tanpa titik/koma (contoh: Rp250000) dan maksimum sesuai harga produk.
- Pembeli dapat melakukan konfirmasi dengan penjual secara personal jika terjadi kesalahan dalam pengajuan nominal.
- Langkah pengajuan pengembalian barang dan dana sama semua, yang berbeda hanya terkait bukti pendukung.
Solusi untuk Pesanan yang Tidak Sesuai di Shopee
Cara mengajukan pengembalian barang di Shopee terbilang mudah dan hanya memanfaatkan satu aplikasi saja yaitu aplikasi Shopee.
Tapi, sebelum itu kamu perlu pastikan lagi kira-kira apakah perlu mengajukan pengembalian barang atau cukup pengembalian dana. Berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu pertimbangkan:
Alasan Pengembalian Barang/Dana | Solusi | |
Saya Menerima Pesanan Namun Bermasalah | Berubah Pikiran (bebas pengembalian) | Pengembalian Barang & Dana |
Pesanan sampai namun tidak lengkap/kosong | ||
Penjual mengirim produk yang salah (salah ukuran, variasi, dll) | ||
Jika produk rusak
|
||
Produk berbeda dengan deskripsi/foto | ||
Produk tidak orisinil | ||
Saya tidak menerima pesanan saya | Semua pesanan tidak sampai | Pengembalian Dana (sebagian/penuh) tanpa pengembalian barang |
Pesanan sampai namun tidak lengkap/kosong | ||
Produk rusak:
|
Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee Star
Cara pengembalian barang di Shopee adalah dengan mengikuti langkah berikut ini:
- Masuk ke aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone kamu. Pada tab Saya pilih menu Dikirim
- Kemudian pilih Pesanan yang ingin kamu ajukan pengembalian barang/dana.
- Selanjutnya klik Ajukan Pengembalian
- Setelah itu pilih Status Pengajuan
- Lalu pilih semua produk yang ingin diajukan pengembalian
- Klik Selanjutnya
- Kemudian pilih Alasan, pastikan memilih alasan yang sesuai dan sejujur jujurnya
- Selanjutnya klik Konfirmasi
- Masukkan jumlah dana
- Unggah foto bukti pendukung
- Tambahkan informasi di kolom Keterangan (jika ada)
- Langkah terakhir yaitu klik Kirim
Jika kamu sudah mengajukan pengembalian barang tersebut, Shopee akan akan mengerimkan pemberitahuan dari hasil ajuan tersebut melalui notifikasi Shopee dan email.
Baca Juga: Cara Pengembalian Dana di Shopee
Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee Mall
Untuk cara mengajukan retur di Shopee Mall tidak terlalu berbeda dengan cara mengembalikan barang pada Star Seller Shopee.
Ketika melakukan pengajuan retur, penting untuk diperhatikan bahwa barang pesanan masih dalam masa garansi dan pastikan jika kamu belum menekan tombol pesanan diterima.
Berikut langkah-langkah untuk cara mengembalika produk dari Shopee Mall:
- Buka Aplikasi Shopee dari Handphone dan masuk ke profile kamu dengan klik menu Saya.
- Kemudian pilih Pesanan Saya dan klik menu Dikirim.
- Pilih pesanan yang akan kamu ajukan retur kepada seller.
- Pilih menu Ajukan Pengembalian di pojok kiri.
- Selanjutnya, pilih produk untuk diajukan pengembalian barang.
- Berikan alasan pengajuan pengembalian barang.
Cara Kirim Barang Retur Shopee
Setelah mendapat persetujuan dari pengajuan pengembalian kamu bisa mengembalikan paket mengirimkannya melalui opsi Pengambilan, Pengiriman, atau Atur Sendiri.
Proses mengirimkan paket pengembalian yakni dalam kurun waktu 5 hari setelah permohonan disetujui. Begini langkah untuk kirim paket dengan pilihan Atur Sendiri:
- Buka aplikasi Shopee, dan masuk ke halaman Rincian Pengembalian
- Kemudian klik Lihat Instruksi untuk mengetahui petunjuk pengiriman
- Setelah itu, masuk ke meu upload resi, lalu pilih jasa kirim, masukkan nomor resi, serta tambahkan foto resi
- Selanjutnya kamu dapat melihat detail pengiriman barang pada halaman rincian pengembalian
Pengembalian Barang di Shopee Dikirim Lewat Apa?
Adapun jasa kirim yang bisa kamu pilih sebagai opsi pengiriman adalah dengan ketentuan sebagai berikut:
Jasa Pengiriman | Berat Maksimal | Batas Ukuran (Panjang x Lebar x Tinggi) |
J&T Express | 50kg | – |
Alfatrex (Alfamart) | 20kg | 100cm x 100cm x 100cm |
Indo Paket (Indomaret) | 21kg | 50cm x 50cm x 50cm |
Dengan memilih opsi Pengiriman, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengembalikan barang. Berikut ini cara mudahnya:
- Setelah melakukan pengajuan pengembalian barang, pilih salah satu jasa kirim yang ada di opsi (J&T Express, Alfatrex, atau Indopaket)
- Kemudian pilih Download atau Email Saya untuk mendapatkan label pengembalian
- Tempelkan label pengembalian pada paket untuk pilihan jasa kirim J&T Express. Sedangkan jasa kirim lainnya bisa langsung kamu tuliskan kode booking di bagian paket
Jadi itulah panduan cara pengembalian barang di Shopee. Pastikan kamu mengikuti tips nya juga agar pengajuan disetujui.
Buat kamu yang punya bisnis online dan masih nyari shipping yang bisa ngasih banyak keuntungan buat kamu, tenang ada Everpro Shipping yang bisa ngasih kamu banyak keuntungan!
Everpro Shipping
- Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35%
- Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
- Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
- Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
- Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
- Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
- Mudah klaim bila paket bermasalah
- Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
- Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker
Ayo daftar Everpro Shipping sekarang untuk dapatkan semua keuntungannya!