everpro

Cara Pengembalian Barang di Shopee, Anti Ribet!

Paket dari Shopee ada yang salah/cacat? Atau tidak sesuai dengan gambar? Ajukan pengembalian barang di Shopee aja! Simak cara pengembalian barang di Shopee berikut ini.

Terkadang proses memesan barang secara online memang tidak selalu mulus. Sudah semangat menerima paket, tapi saat dibuka kok paketnya salah? 

Hal tersebut tentu akan menimbulkan kekecewaan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena terdapat kebijakan pengembalian barang saat berbelanja di marketplace.

Salah satunya adalah marketplace Shopee. Kamu bisa mengajukan pengembalian barang jika terdapat paket yang cacat, kurang, salah, atau tidak sesuai dengan apa yang tertera di laman produk.

Artikel ini akan membahas cara pengembalian barang di Shopee. Jadi, baca sampai selesai ya!

Baca juga: Ingin di Hapus? Inilah Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee

shopee
Sumber: google.com

Sebelum mengajukan pengembalian barang di Shopee, tentunya perlu memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. 

Dengan begitu, proses pengajuan dapat di approved dan berjalan lancar. Berikut adalah kebijakan pengembalian barang/dana di Shopee:

  1. Pengajuan pengembalian barang dan dana dapat hanya dapat kamu lakukan jika pesanan belum diterima, keadaan rusak, dan tidak sesuai dengan apa yang tertera di deskripsi/foto produk.
  2. Proses pengajuan pengembalian barang harus mendapat persetujuan dari penjual.
  3. Penjual memiliki hak untuk menolak pengajuan jika alasan tidak kuat, misalnya berubah pikiran.
  4. Informasi yang perlu kamu isi dapat berbeda tergantung dari alasan pengajuan. Misalnya, tidak perlu mengajukan bukti jika alasannya semua pesanan tidak sampai.
  5. Cantumkan bukti kesalahan saat menerima barang (contoh: video unboxing).
  6. Dapat melakukan pengembalian jika masih dalam masa garansi dan belum menekan tombol pesanan diterima.
  7. Apabila pembelian menggunakan voucher, maka akan mendapat pengembalian dana sebesar harga produk yang telah dikurangi nilai voucher.
  8. Pembeli hanya bisa melakukan pengajuan pengembalian barang maksimal 5 kali untuk satu nomor order atau pesanan. Setelah itu, tombol Ajukan Pengembalian akan diblokir, dan mendapat notifikasi pengajuan pengembalian mencapai batas maksimal.
  9. Hanya menuliskan nominal pengajuan tanpa titik/koma (contoh: Rp250000) dan maksimum sesuai harga produk.
  10. Pembeli dapat melakukan konfirmasi dengan penjual secara personal jika terjadi kesalahan dalam pengajuan nominal.
  11. Langkah pengajuan pengembalian barang dan dana sama semua, yang berbeda hanya terkait bukti pendukung.

Solusi Pengembalian Barang/Dana

Alasan Pengembalian Barang/Dana Solusi
Saya Menerima Pesanan Namun Bermasalah Berubah Pikiran (bebas pengembalian) Pengembalian Barang & Dana
Pesanan sampai namun tidak lengkap/kosong
Penjual mengirim produk yang salah (salah ukuran, variasi, dll)
Produk rusak

  • Produk tanpa kerusakan kemasan luar (dapat dikembalikan)
Produk berbeda dengan deskripsi/foto
Produk tidak orisinil
Saya tidak menerima pesanan saya Semua pesanan tidak sampai Pengembalian Dana (sebagian/penuh) tanpa pengembalian barang
Pesanan sampai namun tidak lengkap/kosong
Produk rusak

  • Produk tanpa kerusakan kemasan luar (tidak dapat dikembalikan)
  • Produk dengan kerusakan kemasan luar

Cara Pengembalian Barang di Shopee

cara pengembalian barang di shopee
Sumber: google.com

Setelah memahami syarat dan ketentuan pengajuan pengembalian, kamu dapat mengajukan pengembalian pesanan dengan lebih mudah.

Cara pengembalian barang di Shopee adalah dengan mengikuti langkah berikut ini:

cara pengembalian barang di shopee
Sumber: google.com
  • Masuk ke aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone kamu. Pada tab Saya pilih menu Dikirim
  • Kemudian pilih pesanan yang ingin kamu ajukan pengembalian barang/dana.
  • Selanjutnya klik Ajukan Pengembalian
  • Setelah itu pilih Status Pengajuan
  • Lalu pilih semua produk yang ingin diajukan pengembalian
  • Klik Selanjutnya
cara pengembalian barang di shopee
Sumber: google.com
  • Kemudian pilih Alasan, pastikan memilih alasan yang sesuai
  • Selanjutnya klik Konfirmasi
  • Unggah foto bukti pendukung
  • Tambahkan informasi di kolom Keterangan, jika ada
  • Langkah terakhir yaitu klik Kirim

Cara Pengembalian Barang di Shopee Mall

Untuk cara mengajukan retur di Shopee Mall tidak terlalu berbeda dengan cara mengembalikan barang pada Star Seller Shopee.

Ketika melakukan pengajuan retur, penting untuk diperhatikan bahwa barang pesanan masih dalam masa garansi dan pastikan jika kamu belum menekan tombol pesanan diterima.

Berikut langkah-langkah untuk cara mengembalika produk dari Shopee Mall:

  • Buka Aplikasi Shopee dari Handphone dan masuk ke profile kamu dengan klik menu Saya.
  • Kemudian pilih Pesanan Saya dan klik menu Dikirim.
  • Pilih pesanan yang akan kamu ajukan retur kepada seller.
  • Pilih menu Ajukan Pengembalian di pojok kiri.
  • Selanjutnya, pilih produk untuk diajukan pengembalian barang.
  • Berikan alasan pengajuan pengembalian barang.

Cara Mengirimkan Paket Pengembalian

shopee
Sumber: google.com

Setelah mendapat persetujuan dari pengajuan pengembalian kamu bisa mengembalikan paket mengirimkannya melalui opsi Pengambilan, Pengiriman, atau Atur Sendiri.

Proses mengirimkan paket pengembalian yakni dalam kurun waktu 5 hari setelah permohonan disetujui. Adapun langkah untuk mengirimkan paket pengembalian dengan opsi Atur Sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee, dan masuk ke halaman Rincian Pengembalian
  2. Kemudian klik Lihat Instruksi untuk mengetahui petunjuk pengiriman
  3. Setelah itu, masuk ke meu upload resi, lalu pilih jasa kirim, masukkan nomor resi, serta tambahkan foto resi
  4. Selanjutnya kamu dapat melihat detail pengiriman barang pada halaman rincian pengembalian

Adapun jasa kirim yang bisa kamu pilih sebagai opsi pengiriman adalah dengan ketentuan sebagai berikut:

Jasa Pengiriman Berat Maksimal Batas Ukuran (Panjang x Lebar x Tinggi)
J&T Express 50kg
Alfatrex (Alfamart) 20kg 100cm x 100cm x 100cm
Indo Paket (Indomaret) 21kg 50cm x 50cm x 50cm

Dengan memilih opsi Pengiriman, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengembalikan barang. Pastikan kamu menempelkan label pengembalian barang, yang bisa kamu dapatkan dengan cara berikut ini:

  1. Setelah melakukan pengajuan pengembalian barang, pilih salah satu jasa kirim yang ada di opsi (J&T Express, Alfatrex, atau Indopaket)
  2. Kemudian pilih Download atau Email Saya untuk mendapatkan label pengembalian
  3. Tempelkan label pengembalian pada paket untuk pilihan jasa kirim J&T Express. Sedangkan jasa kirim lainnya bisa langsung kamu tuliskan kode booking di bagian paket
  4. Antarkan paket ke lokasi cabang atau gerai terdekat

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express, Cepat dan Tepat!

Solusi dari Pengembalian Barang atau Dana di Shopee

cara pengembalian barang di shopee
Sumber: google.com

Perlu kamu perhatikan bahwa cara pengembalian barang di Shopee dapat kamu lakukan hanya untuk kondisi tertentu saja. 

Yaitu untuk kondisi barang salah, cacat, tidak berfungsi dengan baik, tidak original, dan/atau tidak sesuai dengan deskripsi atau foto produk.

Kemudian kamu akan mendapat informasi pengajuan melalui notifikasi di aplikasi Shopee serta Email. Adapun ketentuan proses pengembalian dana tergantung jenis penjual apakah Shopee Mall atau Non-Shopee Mall seperti berikut ini:

  • Shopee Mall: proses pengembalian barang/dana dalam 3 – 5 hari kerja setelah pesanan sampai di gudang Shopee
  • Non-Shopee Mall: proses pengembalian dalam kurun waktu 7 hari sejak input resi atau maksimum 2 hari setelah status pengiriman terkirim (apabila menggunakan resi Shopee).

Baca juga: Mudah dan Cepat! Ini Cara Pengembalian Dana di Shopee

Tips Pengembalian Barang di Shopee Agar Diterima

shopee
Sumber: google.com

Tentunya kamu ingin agar pengajuan pengembalian barang dapat diterima baik itu kepada penjual maupun pihak Shopee. Maka dari itu anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan anda memberikan bukti pengembalian barang yang lengkap dan sesuai syarat, misalnya, rekaman video proses pembukaan paket (Unboxing).
  2. Anda juga perlu memberikan alasan yang kuat dan sesuai kondisi barang. Misalnya, barang yang sampai cacat atau tidak sesuai dengan foto atau deskripsi produk.
  3. Dalam proses pengembalian barang, anda akan mengirimkan kembali barang tersebut. Maka dari itu, pastikan anda masih menyimpan nomor resi yang berguna untuk retur Shopee Mall.

Jadi itulah panduan cara pengembalian barang di Shopee. Pastikan anda mengikuti tips nya juga agar pengajuan disetujui.

Buat kamu yang punya bisnis online dan masih nyari shipping yang bisa ngasih banyak keuntungan buat kamu, tenang ada Everpro Shipping yang bisa ngasih kamu banyak keuntungan!

Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35%
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
  • Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
  • Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
  • Mudah klaim bila paket bermasalah
  • Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Ayo daftar Everpro Shipping sekarang untuk dapatkan semua keuntungannya!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya