everpro

Pelajari Cara TikTok Ads Manager Membuat & Mengelola Iklan

Ingin jualan laris di TikTok Shop? Kuasai cara TikTok Ads membuat & mengelola Iklan yang seller wajib tahu!

TikTok adalah platform media sosial e-commerce dengan basis pengguna yang besar di Indonesia.

Apakah Kamu salah satu seller yang menjual produknya di TikTok Shop?. Jika iya maka untuk bisa menjangkau lebih banyak pengguna sebaiknya Kamu menggunakan fitur TikTok Ads.

Sebelum memulai iklan, Kamu perlu tahu bagaimana mekanisme pembuatan iklan tersebut.

Artikel ini akan memberikan informasi terkait bagaimanca cara mendaftar akun TikTok Ads Manager beserta tips membuat iklan yang efektif.

Baca JugaBelajar TikTok Ads di Everpro Academy Untuk Pemula

Bagaimana Cara TikTok Ads Manager Bekerja?

cara tiktok ads
Sumber. TikTok.co.id

Cara TikTok Ads Manager bekerja adalah untuk dikelola secara mandiri atau disebut juga platform self-service untuk membuat, mengelola, dan melacak performa iklan.

Dalam platform ini terdapat berbagai fitur dan alat yang membantu Kamu menjangkau target audiens yang tepat, meningkatkan konversi, dan mengoptimalkan anggaran dari iklan tersebut.

Lalu untuk melacak performa iklan Kamu akan menerima data lewat dashboard yang tersedia untuk memantau jumlah tayangan (impression), klik, konversi, dan metrik lainnya untuk mengukur efektivitas campaign.

Batas Iklan di TikTok Ads

Kalian mungkin sudah atau jika kalian bisa membuat banyak iklan dalam satu grup iklan atau campaign.

Namun Kamu juga harus tahu jika TikTok juga telah membuat peraturan untuk batasan tayangan iklan.

Karena hal ini ternyata dapat memberikan dampak negatif yaitu menurunkan kinerja iklan seiring waktu karena grup iklan yang tidak beragam bisa bersaing satu sama lain.

Jadi batas campaign sebanyak 999 per akun iklan, grup iklan per kampanye sebanyak 999 dan 20 iklan per grup iklan sedang tayang,  yang dapat dibuat atau dikelola dalam akun TikTok Ads Manager.

Panduan Menggunakan TikTok Ads Manager 

tiktok ads manager
Sumber. Freepik.com

Membuat akun TikTok Ads Manager adalah langkah awal untuk memulai langkah Kamu dalam membuat iklan di platform ini. Berikut ini panduan mudahnya :

1. Daftar Akun TikTok Ads Manager

Pertama Kamu bisa mengunjungi link berikut Sign Up TikTok. Jika Kamu sudah punya akun TikTok bisa langsung pilih “ Sign Up with TikTok”. 

Jika Kamu belum memiliki akun TikTok, klik “Daftar dengan Email/Nomor Telepon” lalu buat kata sandi yang nantinya digunakan untuk login di TikTok Ads Manager. 

Setelah menyetujui syarat & ketentuan TikTok, pilih “Daftar”.

Kemudian Kamu akan diminta untuk memverifikasi kode yang dikirimkan ke email atau nomor ponsel yang Kamu masukan tadi.

2. Lengkapi Akun Profil

Setelah Kamu itu Kamu perlu melengkapi informasi akun TikTok Ads Manager.

Pertama atur metode pembayaran yang harus sesuai dengan persyaratan negara masing-masing, seperti informasi kartu wajib pajak. 

Sedangkan untuk metode pembayaran akan diberi opsi untuk memilih tipe pembayaran otomatis atau manual yang disebut juga prabayar.

3. Cara Iklan TikTok Ads

Biasanya tampilan awal akan ada pilihan mode sederhana atau mode khusus (custom).

Mode Sederhana cocok untuk pemula, dengan pengaturan yang lebih mudah dan panduan langkah demi langkah.

Sedangkan Mode Custom memberikan kontrol lebih besar atas pengaturan campaign yang ideal untuk pengguna berpengalaman.

Cara iklan TikTok dengan mode custom, langkah pertama buat campaign, pilih tujuan campaign ( penjualan, traffic, atau brand awareness).

Kemudian pilih jenis iklan ( In-Feed Ads, TopView Ads, Branded Hashtag Challenge) dan atur target audiens dan anggaran iklan dalam satu hari. 

Terakhir di bagian iklan upload materi creative seperti video dan caption untuk kemudian klik publish.

4. Selesaikan Metode Pembayaran

Setelah Kamu mengupload kebutuhan untuk membuat iklan, maka sistem Ads Manager akan memeriksa informasi penagihan dan pembayaran kembali untuk mengkonfirmasi lagi.

5. Pantau Performa Iklan

Setelah meluncurkan Campaign iklan penting untuk memantau performanya secara berkala melalui Dashboard TikTok Ads Manager.

Caranya dengan klik “Campaign” di menu sebelah kiri.  Kemudian pilih campaign yang ingin Kamu pantau performanya berdasarkan metric yang dilihat seperti jumlah tayangan, klik, konversi, biaya iklan pay per klik dan lain-lain.

Baca Juga : Ini Dia Pelatihan TikTok Ads yang Wajib Diikuti Pengusaha Masa Kini

Tips Memulai Iklan di TikTok

cara tiktok ads
Sumber. Freepik.com

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan ketikan pertama kali akan memulai iklan:

1. Pahami Target Audiens 

Sebelum memulai iklan, penting untuk memahami siapa target audiens iklan tersebut dan apa minat serta behavior atau hobi mereka.

Karena dengan memahami target audiens, Kamu dapat membuat iklan yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

2. Pilih Tujuan Kampanye yang Tepat

Tentukan tujuan iklan tersebut seperti untuk brand awareness, meningkatkan traffic ke website, atau meningkatkan penjualan.

Karena dengan memilih tujuan  campaign dan jenis iklan agar hasilnya efektif.

3. Buat Iklan yang Menarik dan Kreatif

Iklan TikTok yang sukses harus menarik perhatian dan membuat audience ingin menontonnya.

Gunakan video yang berkualitas tinggi, backsound musik yang sedang trend, ide konten dengan storytelling dan juga gunakan SEO pada caption dan juga text di dalam video.

4. Gunakan Fitur Penargetan yang Tepat

Gunakan fitur penargetan yang memungkinkan Kamu untuk menjangkau audience yang tepat berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku.

5. Atur Bidding yang Tepat

Tentukan berapa banyak uang yang ingin Kamu keluarkan untuk campaign. Pilih strategi bidding yang tepat untuk memastikan bahwa Kamu akan mendapatkan hasil terbaik. 

Demikianlah penjelasan tentang cara tiktok ads manager bekerja untuk membuat dan mengelola iklan,  jangan lupa untuk mengaplikasikan tips di atas agar iklanmu sukses.

Agar lebih optimal lagi Kamu bisa coba program Everpro Academy yang akan bantu Kamu mempelajari cara membuat iklan tiktok  untuk bisnis dari para ahli yang sudah bekerja 10 tahun lebih di bidang digital marketing dan dapatkan keuntungan lainnya. 

Benefit Everpro Academy

  • Belajar dengan Ahli Profesional 
  • Lifetime Akses Ke 50+ Video Materi Pembelajaran
  • 70% Praktis Iklan Langsung
  • Akses Eksklusif Produk Bermargin Tebal
  • Gabung Komunitas Belajar Suportif

Bergabunglah dengan Everpro Academy dan jadilah master TikTok Ads Sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya