everpro

Cashback Adalah: Arti, Keuntungan, dan Perbedaan dari Diskon

cashback

Ingin menarik konsumen baru? Cashback adalah salah satu caranya! Simak penjelasan tentang cashback untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

Di era serba digital ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Begitupun dengan cara menjalankan bisnis. Kini perusahaan telah merambah ke dunia digital untuk semakin berkembang.

Dalam proses menjalankan bisnis secara online, terutama jual-beli tentu membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk menarik minat pembeli. Banyak jenis promosi yang bisa anda lakukan agar peluang penjualan meningkat.

Beberapa cara promosi tersebut seperti memberi diskon, giveaway, hingga cashback. Bagi pengguna layanan transaksi online tentu tidak asing lagi dengan istilah promosi ini.

Promo cashback sendiri telah banyak tersedia di platform jual-beli online seperti marketplace dan e-commerce. Banyak manfaat yang perusahaan anda bisa dapatkan dengan memberikan promo ini kepada pembeli.

Ingin tahu apa saja? Baca lebih lanjut penjelasan mengenai cashback berikut ini.

Baca juga: Pivot Artinya: Strategi Efektif Kembangkan Bisnis Anda!

Cashback Adalah?

cashback adalah
Sumber: google.com

Pengertian cashback adalah suatu penawaran untuk para pembeli dengan memberi pengembalian uang baik itu secara tunai maupun poin atau virtual atas transaksi pembelian yang memenuhi syarat dan ketentuan promo dari pihak penjual.

Sebagian besar metode cashback dari penjual tidak langsung memberikannya ke pembeli. Penjual akan menawarkan promo pengembalian dana sebagai deposit, tentu hal ini memiliki alasan tersendiri.

Everpro

Dengan menggunakan metode ini, membuat pembeli ingin membeli lagi di toko yang sama dengan memakai deposit yang telah didapatkan sebelumnya.

Hingga saat ini, terdapat berbagai cara memberikan promo ini kepada para pembeli. Bahkan masih ada beberapa perusahaan yang memutuskan untuk memberi pengembalian uang dalam bentuk barang.

Sejarahnya, cashback berawal dari perusahaan penerbit kartu kredit. Seiring perkembangan zaman, perusahaan menggunakan promo ini sebagai strategi marketing saat menjual unit rumah atau apartemen, serta dealer kendaraan bermotor.

Namun, kini promo pengembalian dana telah banyak yang menghubungkan dengan pembayaran dompet digital dan transaksi jual beli online.

Apa Keuntungan Menawarkan Cashback bagi Perusahaan?

keuntungan cashback
Sumber: google.com

Sekarang telah banyak perusahaan yang menawarkan promo cashback untuk penjualan produknya. Bukan tanpa alasan, hal ini karena banyak keuntungan yang bisa perusahaan dapatkan.

Berikut adalah penjelasan berbagai keuntungan cashback yang perusahaan dapatkan:

  • Strategi Mempertahankan Pelanggan dan Menarik Konsumen Baru

Saat menjalankan bisnis tentu terdapat kompetitor, dan tak jarang mereka memiliki penawaran atau produk yang lebih menarik. Salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan yang bisa anda lakukan adalah dengan menawarkan promo cashback.

Promo ini memiliki hasil yang lebih menjanjikan daripada promo diskon atau buy 1 get 1. Karena penawaran uang kembali dapat mempertahankan pelanggan lama serta mendatangkan pembeli baru dari deposito yang bisa mereka dapatkan. 

Apabila hal ini terus bertahan lama, maka perusahaan akan semakin berkembang dan meraih penjualan sesuai target, bahkan lebih.

  • Meningkatkan Peluang Pembelian Berulang

Promo cashback yang anda tawarkan juga dapat membangun kesadaran calon konsumen agar melakukan transaksi pembelian dari produk yang anda jual. 

Jika produk yang anda jual sesuai dengan kebutuhan pembeli dan berkualitas, ditambah dengan adanya promo ini dapat memberi peluang mereka membeli kembali di toko anda.

Begitupun saat anda menawarkan produk baru dengan promo ini. Calon pembeli tidak akan berpikir panjang untuk membeli dari toko anda karena mendapatkan promo. 

Hal ini juga karena mereka telah percaya bahwa produk dari perusahaan anda mampu memberikan manfaat yang nyata.

  • Meningkatkan Peluang Transaksi

Keuntungan selanjutnya adalah perusahaan dapat meningkatkan peluang terjadinya transaksi. Seperti penjelasan sebelumnya, promo cashback adalah strategi yang dapat menarik minat calon pembeli.

Dengan produk yang menarik dan memiliki manfaat untuk penggunanya, serta tambahan promo dapat meningkatkan peluang pembelian.

Terlebih lagi, jika pembeli telah benar-benar merasakan manfaat dari produk anda. Peluang pembelian ulang produk di toko anda menjadi semakin besar.  

  • Tidak Merubah Harga Produk

Dengan memberikan cashback anda tidak perlu repot lagi mengubah harga produk. Karena pembeli akan mendapatkan uang kembali atas transaksi dari harga produk yang sebenarnya.

Cara ini juga dapat menimbulkan kesan yang lebih baik daripada menggunakan promo diskon. Dengan begitu, harga produk yang tak berubah juga bisa menjaga persepsi pembeli.  

  • Meningkatkan Kesadaran Pembeli

Semakin sering perusahaan anda menawarkan cashback, akan meningkatkan kesadaran calon pembeli untuk melakukan transaksi pembelian. Terlebih, jika jumlah promo uang kembali yang anda berikan cukup besar.

Dengan begitu, semakin besar minat pembeli untuk membeli produk tersebut. Apalagi pembeli akan memperhatikan produk tersebut saat penawaran masih berlaku. 

Artinya, tawaran uang kembali ini menjadi suatu ketertarikan bagi calon pembeli untuk membeli dari perusahaan anda.

Jenis Cashback

jenis pengembalian uang
Sumber: google.com

Hingga saat ini terdapat berbagai jenis promo cashback yang perusahaan tawarkan. Berikut adalah jenis-jenis penawaran promo ini:

  • Cashback dalam Kartu Kredit

Pertama jenis kartu kredit. Cashback kartu kredit adalah suatu program dari bank tertentu untuk memberi manfaat kepada pemilik kartu kredit dari bank tersebut.

Pihak bank akan memberikan penawaran uang kembali kepada pemilik kartu kredit jika melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Tak hanya dalam bentuk pengembalian uang, program ini juga bisa dalam bentuk potongan harga.

Terkait persentase jumlah promo dapat bervariasi tergantung dari nominal transaksi yang pemilik kartu kredit lakukan. Tentunya semakin besar nominal transaksi, maka jumlah promo yang didapatkan juga akan semakin besar.

Kemudian pemilik kartu kredit dapat menggunakan akumulasi jumlah promo untuk membayar tagihan, iuran, serta belanja barang yang lain. 

  • Cashback dalam Toko Online

Jenis yang kedua adalah promo uang kembali dari toko online. Jenis ini mungkin yang paling sering anda temukan karena terdapat di berbagai platform marketplace dan toko online lainnya.

Cashback toko online adalah suatu promo untuk konsumen setelah melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Sebelumnya toko online telah menentukan besaran minimal pembelian untuk dapat menggunakan promo ini.

Sebagai contoh, suatu toko online menawarkan promo cashback 10% maksimal Rp 10 ribu dengan minimal transaksi Rp 200 ribu. 

Maka pembeli yang melakukan pembelian dari Rp 200 ribu ke atas akan mendapatkan pengembalian uang 10% dari total transaksi.

Perlu anda perhatikan juga, biasanya bentuk pengembalian dari promo ini di toko online bukanlah dalam bentuk uang secara langsung. Melainkan dalam bentuk koin atau potongan harga yang dapat konsumen gunakan pada pembelian selanjutnya.

  • Cashback di Properti

Dalam bisnis properti, penawaran ini juga sering menjadi strategi promosi. Cashback properti adalah sebuah program pengembalian dana untuk konsumen yang melakukan pembelian properti dari developer tertentu.

Jenis properti dapat beragam mulai dari rumah, apartemen, ruko, dan lainnya. Biasanya promo pengembalian dana untuk jenis properti yaitu berupa barang perlengkapan untuk properti.

Contoh promo pengembalian dana saat membeli properti adalah seperti AC, TV, Kulkas, kitchen set, dan masih banyak lagi. Adanya promo ini dapat menarik minat calon pembeli.

Karena calon pembeli dapat menganggap promo ini akan menghemat biaya properti yang tentu tidak murah.

  • Cashback di Kendaraan Bermotor

Jenis yang terakhir adalah promo pengembalian dana untuk transaksi jual beli kendaraan bermotor. Sama seperti jenis properti, cashback kendaraan bermotor juga tidak dalam uang.

Biasanya promo untuk transaksi mobil atau motor ini dapat berupa HP, laptop, tablet, dan lainnya sesuai dengan ketentuan dari pihak dealer atau leasing.

Kekurangan Cashback

promo pengembalian uang
Sumber: google.com

Meski terdapat banyak keuntungan dengan menggunakan promo ini sebagai strategi pemasaran, namun masih terdapat kekurangan. Kekurangan dari promo ini lebih ke arah persyaratan dan ketentuan dari pihak penyelenggara. Berikut penjelasannya:

  • Adanya Syarat Pembelian

Biasanya akan terdapat syarat pembelian untuk dapat menggunakan promo ini. Sebagai contoh, konsumen akan mendapat cashback 15% maks. Rp 15 ribu untuk minimal transaksi Rp 200 ribu.

Jadi untuk konsumen yang melakukan transaksi dengan nominal kurang dari minimal pembelian tidak akan mendapatkan promo ini.

  • Kurang Fleksibel 

Kekurangan selanjutnya adalah promo ini biasanya berlaku untuk produk tertentu saja. Pada jenis tertentu bahkan cashback berbentuk barang. Hal ini menjadikan promo cash back kurang fleksibel.

  • Waktu Pembelian Produk

Ketika konsumen telah mendapatkan promo cashback, bukan berarti mereka bisa langsung secara bebas menggunakannya. Biasanya terdapat ketentuan penggunaan terkait waktu.

Sebagai contoh, konsumen akan menerima cashback dalam 2 x 24 jam. Bahkan dalam beberapa kasus bisa mendapatkannya untuk waktu yang lebih lama.

  • Terdapat Iuran

Walaupun jarang, namun masih ada beberapa perusahaan yang memberikan promo ini dan mengharuskan konsumen melakukan pembayaran iuran tertentu. 

Kemudian jika konsumen tidak dapat membayar iuran yang telah ditentukan maka secara otomatis promo juga hangus.

Baca juga: Ice Breaking Adalah: Arti, Manfaat, dan Contoh Permainan Seru

Perbedaan Cashback dengan Diskon

perbedaan cashback dan diskon
Sumber: google.com

Cashback dan diskon merupakan beberapa bentuk promosi untuk meningkatkan peluang penjualan. Tak jarang masih ada yang sulit membedakan kedua jenis promo ini.

Walaupun memiliki tujuan yang sama yaitu menarik minat pembeli, namun terdapat perbedaan dari cara kerja atau cara mendapatkan kedua promo tersebut.

Pada dasarnya cashback adalah suatu promo yang mengacu pada persentase uang kembali dari total nominal transaksi. Serta pengembalian dana tersebut akan konsumen dapatkan setelah menyelesaikan transaksi pembelian.

Berbeda dengan diskon, yang merupakan potongan harga di awal dari suatu produk. Bentuknya pun sudah jelas berupa uang atau potongan harga. Jadi konsumen sudah dapat menggunakan promo pada saat transaksi dengan membayar nominal yang sudah mendapat potongan harga.

Demikian penjelasan mengenai cashback yang merupakan suatu strategi promosi perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda ya. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya dari Everpro, yang pastinya informatif!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait