everpro

Ice Breaking Adalah: Arti, Manfaat, dan Contoh Permainan Seru

ice breaking

Ice breaking adalah kegiatan untuk mencairkan suasana. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan dan ide ice breaking seru melalui artikel ini.

Saat menjalankan suatu kegiatan yang membutuhkan fokus dan keseriusan, tak jarang membuat kita menjadi jenuh dan cepat lelah. 

Seperti contohnya pada saat mengikuti seminar. Audiens akan merasa jenuh jika hanya mendengarkan, apalagi saat topik seminar sangat serius.

Maka dari itu pembawa acara atau bahkan penyaji sering melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana. Tak hanya pada saat seminar, hal ini juga sering dilakukan saat tengah menjalankan kegiatan belajar, bekerja, maupun rapat.

Jadi, apa sebenarnya ice breaking itu? Apa saja manfaat dan contohnya? Baca penjelasan lengkapnya sampai tuntas ya!

Ice Breaking Adalah

ice breaking adalah
Sumber: google.com

Ice breaking adalah suatu frasa dalam Bahasa Inggris yang jika diartikan perkata berarti pemecah es. Kata lainnya adalah ice breaker, yang  merupakan suatu cara untuk memulai suatu kegiatan seperti presentasi atau pelatihan.

Menurut Cambridge Dictionary, ice breaking adalah permainan atau aktivitas untuk mencairkan suasana serta memperkenalkan satu sama lain dalam suatu acara agar merasa lebih santai (relax).

Sesuai dengan namanya, permainan bertujuan untuk “memecahkan kebekuan” pada sebuah pertemuan atau acara. Banyak yang telah menggunakan cara ini ketika peserta tidak saling bekerja sama atau bahkan tidak mengenal satu sama lain. 

Ice breaking dapat menjadi suatu kegiatan yang tepat saat para peserta memiliki latar belakang berbeda, perlu bekerja sama dengan cepat, baru membentuk tim, dan lain sebagainya.

Everpro

Kegiatan memecah kebekuan ini membutuhkan penyelenggara atau fasilitator yang tugasnya membuat setiap peserta ikut berpartisipasi dan saling mengenal.

Baca juga: Invoice Adalah: Penjelasan Arti, Manfaat, Serta Contohnya

Manfaat Ice Breaking

pemecah es
Sumber: google.com

Berdasarkan pengertian secara dapat kita simpulkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencairkan suasana. Faktanya, terdapat manfaat yang lebih besar daripada itu.

Manfaat lainnya dari ice breaking adalah sebagai berikut:

  • Menghadirkan Rasa Kebersamaan

Kegiatan pemecah kebekuan ini adalah untuk membuat suasana lebih santai dan menyenangkan melalui permainan ringan. Dari kesenangan permainan tersebut, para peserta biasanya menjadi lebih ramah antara satu sama lain.

Hal tersebut dapat membuat peserta menjadi lebih terbuka dan merespons dengan lebih percaya diri selama diskusi. Jadi manfaat icebreaker ini adalah untuk menciptakan rasa kebersamaan.

  • Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar

Manfaat dari melakukan sesi ini juga dapat meningkatkan kemampuan belajar para peserta. Dengan memberikan ice breaker yang tepat bisa menjadi suatu cara efisien dalam memastikan bahwa peserta benar-benar mengikuti diskusi.

Para peserta cenderung dapat menyerap informasi lebih banyak saat mereka berpartisipasi secara holistik dalam suatu kegiatan. Karena hal tersebut dapat membuat mereka terhubung antara satu sama lain.

  • Memudahkan Fasilitator Mengenal Peserta

Keuntungan dari melakukan ice breaking lainnya adalah dapat membantu fasilitator mengenal peserta. Tak hanya hubungan antara sesama peserta, fasilitator juga perlu melakukan inisiatif untuk mengenal kelompok.

Dengan begitu fasilitator dapat memperoleh informasi tentang minat dan keterampilan mereka melalui sesi ice breaker.

  • Melatih Kerja Sama

Banyak jenis permainan dalam ice breaker yang mampu melatih kerja sama. Hal ini karena jenis permainan tersebut menuntut para peserta untuk menyelesaikan permainan dengan kekompakan satu sama lain.

  • Meningkatkan Fokus

Kegiatan ini dapat anda lakukan ketika peserta telah jenuh dan terlihat bosan dengan jalannya acara. Melalui permainan yang menyenangkan, peserta dapat merefresh otak. Dengan begitu mereka menjadi lebih konsentrasi untuk melanjutkan aktivitasnya. 

  • Meningkatkan Kreativitas

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan kreativitas dari para peserta. Terdapat beberapa jenis permainan dalam ice breaking yang mengharuskan peserta berpikir strategis dan melakukan teknik tertentu untuk menang.

Hal tersebut dapat mendorong peserta berpikir lebih kreatif dan imajinatif dalam tugas yang mereka dapat. Maka dari itu melakukan ice breaker dapat mengembangkan kreativitas para peserta.

Faktor dalam Ice Breaking yang Perlu Diperhatikan

ice breaking
Sumber: pexels.com

Sebelum melakukan kegiatan ini, anda perlu memperhatikan beberapa faktor agar hasilnya efektif, seperti berikut ini:

  • Memiliki Tujuan yang Jelas

Faktor pertama yang perlu anda perhatikan dari kegiatan ini adalah menetapkan tujuan yang jelas. Sebelum menentukan jenis permainan apa yang akan anda berikan, penting untuk memahami jelas apa yang ingin anda capai.

Sebagai contoh, apabila setengah dari anggota adalah peserta baru dan belum bekerja sama, team builder merupakan tujuan yang tepat.

  • Waktu Pelaksanaan

Faktor selanjutnya yang perlu anda pikirkan adalah mengenai waktu pelaksanaan. Biasanya waktu paling efektif dapat anda lakukan pada awal pertemuan agar menarik perhatian peserta.

Namun terdapat pengecualian dalam melakukan kegiatan ini. Contohnya, jika anda hendak menyampaikan topik yang sulit seperti perubahan kebijakan, pengurangan staf, dan lainnya. Maka ice breaking bukanlah hal yang tepat untuk anda lakukan.

  • Jenis Permainan Tetap Sederhana

Faktor ketiga dalam memecahkan kebekuan yang perlu anda perhatikan adalah menjaganya tetap sederhana. Ice breaking seharusnya tidak memakan waktu lama atau  sangat sulit. 

Tujuannya agar peserta tidak  terlalu banyak berpikir atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengevaluasi tugas. Semakin sederhana kegiatannya, akan semakin efektif. 

  • Keamanan Permainan

Kemudian anda juga perlu memperhatikan faktor keamanan, karena hal ini sangat penting. Tentu anda tidak ingin tujuan dari permainan adalah untuk mencairkan suasana, justru malah menegangkan.

Saat melakukan permainan, pastikan bahwa alat atau cara bermain sudah aman dan tidak berbahaya untuk para peserta.

Baca juga: Pivot Artinya: Strategi Efektif Kembangkan Bisnis Anda!

Contoh Ice Breaking Seru

contoh ice breaking
Sumber: google.com

Sudah siap memberi ice breaking yang seru untuk para peserta? Berikut adalah beberapa contoh ice breaking yang bisa anda coba:

  •  Ice Breaking – Sambung Kata

Permainan ini dapat menguji kecepatan berpikir serta melatih kemampuan peserta untuk berkonsentrasi. Cara bermainnya yaitu fasilitator menunjuk salah seorang peserta mengatakan sebuah kata acak.

Kemudian peserta berikutnya dengan cepat harus memberikan kata yang berhubungan dengan kata sebelumnya.

  • Ice Breaking – Tebak Gambar

Ice breaker seru ini dapat dimainkan secara berkelompok untuk melatih kerjasama tim. Fasilitator menunjukkan gambar ke orang pertama dalam tim, kemudian orang pertama bertanggung jawab menggambarnya dalam waktu singkat.

Terus berlanjut ke orang berikutnya sampai ke orang terakhir yang bertanggung jawab untuk menebak arti dari gambar tersebut.

  • Ice Breaking – Berhitung

Permainan ini dapat melatih konsentrasi peserta serta sangat menyenangkan. Cara bermainnya adalah dengan menentukan kelipatan berapa untuk peserta melakukan reaksi.

Contohnya, setiap peserta harus berhitung hingga yang mendapatkan kelipatan 4, harus mengatakan “dorr”. Jadi perhitungannya seperti: satu, dua, tiga, dorr, lima, ena6, tujuh, dorr. Terus berlanjut hingga ada yang salah menyebutkan.

  • Ingat Kata

Permainan ini akan semakin menantang dengan lebih banyak kata yang perlu diingat. Cara bermainnya adalah seorang peserta harus menyebutkan suatu kata.

Kemudian orang selanjutnya menyebutkan ulang kata sebelumnya dengan menambahkan kata baru. 

Contohnya: orang pertama menyebutkan “aku”, orang kedua menyebutkan “aku suka”, dan seterusnya hingga ada yang gagal dalam mengingat kata sebelumnya.

  • Pagi, Siang, dan Malam

Jenis permainan satu ini juga menguji konsentrasi dari para peserta. Instruktur akan memberikan aba-aba seperti “pagi” harus tepuk satu kali, “siang” harus tepuk dua kali, serta “malam” peserta harus tepuk tiga kali.

Kemudian instruktur akan menyebutkan ketiga kata ini dengan acak dan cepat. Oleh karena ini, peserta perlu fokus untuk memenangkan permainan ini.

  • Bernyanyi

Jenis ice breaking ringan dan menyenangkan yang bisa anda coba adalah dengan bernyanyi bersama. Anda bisa mengajak seluruh peserta untuk nyanyi bersama-sama sebuah lagu.

  • Yel-Yel

Yel-yel adalah suatu ungkapan penyemangat. Biasanya, yel-yel dapat diungkapkan dengan berbagai kata dan gaya pada setiap kelompok.

Jadi setiap grup harus menampilkan yel-yel dengan karakteristik dan gaya yang “fun”, nyentrik, dan enerjik.

Menampilkan yel-yel juga tidak berdurasi lama. Hal terpenting adalah kekompakkan kelompok dan melakukannya dengan semangat.

Demikian penjelasan serta berbagai contoh ice breaking seru yang bisa anda coba untuk mencairkan suasana suatu acara.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel Everpro lainnya yang informatif!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait