everpro

Waspadai Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri, Ini Tipsnya!

Waspada! Penipuan online dengan modus pengiriman paket luar negeri. Simak ciri-ciri penipuan paket luar negeri dan tips menghindarinya.

Perkembangan internet yang semakin memudahkan berbagai aspek, menjadikan angka pengguna yang kian meningkat.

Namun hal ini sebanding dengan tingginya kejahatan cyber, akibat meningkatnya penetrasi internet yang memberikan celah munculnya kejahatan seperti penipuan online.

Mengutip dari Aptika Kominfo, tercatat kurang lebih 405.000 laporan terkait penipuan transaksi online dari tahun 2017 – 2022. 

Oleh karena itu, pengguna internet harus lebih berhati-hati, dalam bertransaksi online apalagi jika ada yang mengiming-imingi hadiah dari luar negeri.

Pada kesempatan kali ini, akan membahas ciri-ciri penipuan paket luar negeri. Baca ulasan artikel ini sampai selesai ya.

Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri

ciri-ciri penipuan paket luar negeri
Sumber: pexels.com

Sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya penipuan online dengan modus pengiriman paket dari luar negeri, perlu mengenali ciri-cirinya.

Adapun ciri-ciri penipuan paket luar negeri yaitu sebagai berikut:

  • Mengenali Modus Penipuan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri yang pertama dari aksi penipuan paket luar negeri yang umum terjadi adalah menghubungi melalui media sosial. Pelaku akan mengirimkan pesan personal seperti DM kepada korban.

Biasanya pelaku akan berpura-pura menawarkan suatu program khusus, menawarkan dengan harga tidak rasional, hingga mengirimkan hadiah dari luar negeri yang menggiurkan.

Misalnya, pelaku mengirimkan pesan bahwa menawarkan anda menjadi influencer untuk produk Gelang ramah lingkungan dengan cara memberi produk gratis. Padahal anda tidak memiliki banyak pengikut bahkan jenis akunnya pun private.

  • Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri selanjutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dan sering terjadi kesalahan gramatikal. 

Misalnya, pelaku mengatasnamakan customer service suatu bank namun penggunaan bahasanya rancu dan terkesan tidak profesional. Maka sudah pasti anda harus mewaspadainya.

  • Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Ciri lainnya adalah pelaku menggunakan atau memberikan alamat email, situs, serta nomor telepon yang tidak resmi. 

Hal ini patut dicurigai, karena tentunya perusahaan profesional akan menggunakan domain berbayar dan khas seperti “.com”, “.id”, dan sebagainya.

  • Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri lainnya juga biasanya pelaku meminta informasi data pribadi yang sebenarnya tidak perlu. Seperti meminta 4 digit kode di kartu debit, foto KTP, dan sebagainya.

  • Menggunakan Jasa Pengiriman Palsu

Biasanya pelaku terdiri minimal 2 orang, yang satu sebagai orang yang melakukan pendekatan atau modus, dan yang satu lagi sebagai kurir palsu yang akan mengirimkan paket luar negeri tersebut.

Setelah korban mengetahui barang sedang dalam proses pengiriman, maka kurir palsu seolah-olah sedang mengirimkan barang dengan berbagai cara. Misalnya, foto mengambil paket dari tempat pengirim dengan setelah kurir. 

  • Memberikan Resi Palsu

Karena menggunakan kurir palsu, tentu pelaku akan membuat resi palsu sedemikian rupa agar mirip seperti resi yang asli. Hal ini agar meyakinkan korban bahwa paket sudah dalam proses pengiriman.

  • Meminta Sejumlah Biaya Clearance

Kemudian, pelaku akan meminta sejumlah uang sebagai biaya clearance untuk keperluan bayar pajak dan bea cukai. 

Biasanya jumlah biaya yang diminta cukup besar, pelaku juga akan meyakinkan korban untuk segera membayarnya demi kelancaran pengiriman paket. 

Apalagi jika pelaku bermodus memberi hadiah, biasanya hal ini menjadi poin utama yang mereka tekankan agar korban segera mentransfer sejumlah uang.

  • Menghilang dan Tidak Dapat Dihubungi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku akan menghindar atau tidak merespon atas pertanyaan dan kekhawatiran konsumen atau calon korban.

Begitupun ketika telah berhasil menipu atau hampir ketahuan, maka pelaku akan menghilang atau memblokir korban. Bahkan nomor telepon juga tidak dapat dihubungi.

  • Mengaku Mempunyai Perusahaan Importir Pribadi

Selanjutnya, yaitu pelaku akan mengaku jika memiliki perusahaan importir pribadi. Pelaku tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang telah dikenal.

Hal ini bertujuan supaya importir yang namanya digunakan tidak melapor pada pihak berwajib. Adapun tujuan lain adalah untuk mengecoh korban agar percaya dengan pelaku.

Cara menghindarinya cukup sederhana, Anda hanya perlu mengetahui nama perusahaan importir yang diakui oleh pelaku. Cari tahu semua informasi terkait perusahaan tersebut apakah memang benar ada serta legalitasnya.

Jangan mudah percaya apabila ada orang yang mengakui memiliki perusahaan importir pribadi.

  • Pelaku Penipuan Dua Orang

Kemudian yang terakhir adalah penipuan paket biasanya dilakukan oleh dua pelaku. Pelaku pertama bertugas untuk mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai cara.

Lalu pelaku kedua akan bertugas untuk melakukan penyamaran sebagai kurir yang mengirim paket atau bahkan mengklaim memiliki jasa ekspedisi pribadi.

Jadi berhati-hatilah apabila ada orang yang mengaku memiliki jasa ekspedisi pribadi!

Baca juga: 7 Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali, Resmi!

Tips Terhindar dari Penipuan Paket Luar Negeri

ciri-ciri penipuan paket luar negeri
Sumber: pexels.com

Kemudahan internet memang memberikan celah kepada orang-orang tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi kejahatannya. 

Untuk dapat terhindar dari kejahatan atau penipuan online tentunya harus memahami ciri-ciri penipuan paket luar negeri seperti dalam pembahasan sebelumnya.

Adapun tips lainnya agar terhindar dari penipuan paket luar negeri adalah sebagai berikut:

  1. Membeli dari toko atau perusahaan terpercaya yang jelas kredibilitasnya. 
  2. Memeriksa alamat website. Pastikan situs tujuan adalah situs resmi.
  3. Melakukan pemeriksaan nomor telepon serta alamat email. Pastikan nomor telepon dan alamat email tersebut resmi dari perusahaan yang mereka maksud, dengan cara mencari di mesin pencari.
  4. Periksa kebijakan pengembalian serta garansi.
  5. Sebaiknya jangan mengirimkan uang sebelum mereka melakukan pengiriman. Kecuali anda sudah yakin membeli dari perusahaan resmi dan berlisensi.
  6. Pastikan untuk mendapat nomor resi, dan perhatikan lebih seksama terkait resi tersebut. Segera lakukan cek resi pada situs yang menyediakan fitur tersebut secara resmi.
  7. Jangan memberi informasi data pribadi yang tidak perlu, seperti info kartu kredit dan lainnya.
  8. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming hadiah menarik maupun tawaran harga yang sangat murah.
  9. Tanyakan terkait kekhawatiran atau hal-hal yang belum jelas mengenai pengiriman paket luar negeri tersebut.
  10. Jika memang merasa curiga, jangan ragu untuk melaporkannya ke otoritas yang berwenang.

Demikian informasi terkait ciri-ciri penipuan paket luar negeri dan cara agar terhindar darinya. Di zaman yang serba canggih, peluang kejahatan juga semakin besar. Oleh karena itu, perlu memperhatikan dengan lebih seksama.

Sudah siapkah kirim paket? Kini anda bisa mengirim paket dengan mudah dan cepat melalui sistem terintegrasi di Everpro.

Benefit Shipping Everpro 

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 30%
  • 15+ pilihan ekspedisi terbaik ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi.
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya.
  • Laporan aktivitas penjualan

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya