everpro

Waspadai Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri, Ini Tipsnya!

ciri-ciri penipuan paket luar negeri

Waspada! Penipuan online dengan modus pengiriman paket luar negeri. Simak ciri-ciri penipuan paket luar negeri dan tips menghindarinya.

Perkembangan internet yang semakin memudahkan berbagai aspek, menjadikan angka pengguna yang kian meningkat.

Namun hal ini sebanding dengan tingginya kejahatan cyber, akibat meningkatnya penetrasi internet yang memberikan celah munculnya kejahatan seperti penipuan online.

Mengutip dari Aptika Kominfo, tercatat kurang lebih 405.000 laporan terkait penipuan transaksi online dari tahun 2017 – 2022. 

Oleh karena itu, pengguna internet harus lebih berhati-hati, dalam bertransaksi online apalagi jika ada yang mengiming-imingi hadiah dari luar negeri.

Pada kesempatan kali ini, akan membahas ciri-ciri penipuan paket luar negeri. Baca ulasan artikel ini sampai selesai ya.

Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri

ciri-ciri penipuan paket luar negeri
Sumber: pexels.com

Sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya penipuan online dengan modus pengiriman paket dari luar negeri, perlu mengenali ciri-cirinya.

Adapun ciri-ciri penipuan paket luar negeri yaitu sebagai berikut:

  • Mengenali Modus Penipuan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri yang pertama dari aksi penipuan paket luar negeri yang umum terjadi adalah menghubungi melalui media sosial. Pelaku akan mengirimkan pesan personal seperti DM kepada korban.

Everpro

Biasanya pelaku akan berpura-pura menawarkan suatu program khusus, menawarkan dengan harga tidak rasional, hingga mengirimkan hadiah dari luar negeri yang menggiurkan.

Misalnya, pelaku mengirimkan pesan bahwa menawarkan anda menjadi influencer untuk produk Gelang ramah lingkungan dengan cara memberi produk gratis. Padahal anda tidak memiliki banyak pengikut bahkan jenis akunnya pun private.

  • Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri selanjutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dan sering terjadi kesalahan gramatikal. 

Misalnya, pelaku mengatasnamakan customer service suatu bank namun penggunaan bahasanya rancu dan terkesan tidak profesional. Maka sudah pasti anda harus mewaspadainya.

  • Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Ciri lainnya adalah pelaku menggunakan atau memberikan alamat email, situs, serta nomor telepon yang tidak resmi. 

Hal ini patut dicurigai, karena tentunya perusahaan profesional akan menggunakan domain berbayar dan khas seperti “.com”, “.id”, dan sebagainya.

  • Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri lainnya juga biasanya pelaku meminta informasi data pribadi yang sebenarnya tidak perlu. Seperti meminta 4 digit kode di kartu debit, foto KTP, dan sebagainya.

  • Menggunakan Jasa Pengiriman Palsu

Biasanya pelaku terdiri minimal 2 orang, yang satu sebagai orang yang melakukan pendekatan atau modus, dan yang satu lagi sebagai kurir palsu yang akan mengirimkan paket luar negeri tersebut.

Setelah korban mengetahui barang sedang dalam proses pengiriman, maka kurir palsu seolah-olah sedang mengirimkan barang dengan berbagai cara. Misalnya, foto mengambil paket dari tempat pengirim dengan setelah kurir. 

  • Memberikan Resi Palsu

Karena menggunakan kurir palsu, tentu pelaku akan membuat resi palsu sedemikian rupa agar mirip seperti resi yang asli. Hal ini agar meyakinkan korban bahwa paket sudah dalam proses pengiriman.

  • Meminta Sejumlah Biaya Clearance

Kemudian, pelaku akan meminta sejumlah uang sebagai biaya clearance untuk keperluan bayar pajak dan bea cukai. 

Biasanya jumlah biaya yang diminta cukup besar, pelaku juga akan meyakinkan korban untuk segera membayarnya demi kelancaran pengiriman paket. 

Apalagi jika pelaku bermodus memberi hadiah, biasanya hal ini menjadi poin utama yang mereka tekankan agar korban segera mentransfer sejumlah uang.

  • Menghilang dan Tidak Dapat Dihubungi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku akan menghindar atau tidak merespon atas pertanyaan dan kekhawatiran konsumen atau calon korban.

Begitupun ketika telah berhasil menipu atau hampir ketahuan, maka pelaku akan menghilang atau memblokir korban. Bahkan nomor telepon juga tidak dapat dihubungi.

Baca juga: 7 Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali, Resmi!

Tips Terhindar dari Penipuan Paket Luar Negeri

ciri-ciri penipuan paket luar negeri
Sumber: pexels.com

Kemudahan internet memang memberikan celah kepada orang-orang tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi kejahatannya. 

Untuk dapat terhindar dari kejahatan atau penipuan online tentunya harus memahami ciri-ciri penipuan paket luar negeri seperti dalam pembahasan sebelumnya.

Adapun tips lainnya agar terhindar dari penipuan paket luar negeri adalah sebagai berikut:

  1. Membeli dari toko atau perusahaan terpercaya yang jelas kredibilitasnya. 
  2. Memeriksa alamat website. Pastikan situs tujuan adalah situs resmi.
  3. Melakukan pemeriksaan nomor telepon serta alamat email. Pastikan nomor telepon dan alamat email tersebut resmi dari perusahaan yang mereka maksud, dengan cara mencari di mesin pencari.
  4. Periksa kebijakan pengembalian serta garansi.
  5. Sebaiknya jangan mengirimkan uang sebelum mereka melakukan pengiriman. Kecuali anda sudah yakin membeli dari perusahaan resmi dan berlisensi.
  6. Pastikan untuk mendapat nomor resi, dan perhatikan lebih seksama terkait resi tersebut. Segera lakukan cek resi pada situs yang menyediakan fitur tersebut secara resmi.
  7. Jangan memberi informasi data pribadi yang tidak perlu, seperti info kartu kredit dan lainnya.
  8. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming hadiah menarik maupun tawaran harga yang sangat murah.
  9. Tanyakan terkait kekhawatiran atau hal-hal yang belum jelas mengenai pengiriman paket luar negeri tersebut.
  10. Jika memang merasa curiga, jangan ragu untuk melaporkannya ke otoritas yang berwenang.

Demikian informasi terkait ciri-ciri penipuan paket luar negeri dan cara agar terhindar darinya. Di zaman yang serba canggih, peluang kejahatan juga semakin besar. Oleh karena itu, perlu memperhatikan dengan lebih seksama.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait