everpro

Consumer Acquisition Cost: Arti, Cara Mengukur, dan Fungsi CAC di Marketing

Apakah Anda sudah mengetahui cara untuk melihat kinerja strategi digital marketing? Customer Acquisition Cost adalah salah satu cara yang efektif untuk mengetahuinya.

Dalam menjalankan strategi digital marketing, tentu perlu tolak ukur yang tepat untuk melihat kinerja serta hasil strategi tersebut.

Dengan strategi yang tepat harapannya bisnis juga semakin berkembang. Maka dari itu sebagai digital marketer perlu memahami CAC adalah cara menghitung efektivitas tersebut.

Lantas apa sebenarnya consumer acquisition cost? Bagaimana cara mengukurnya?

Mari simak informasinya lebih lanjut dengan membaca ulasan ini hingga selesai.

Definisi Consumer Acquisition Cost Adalah?

consumer acquisition cost
Sumber: pexels.com

Melansir dari Hubspot, pengertian dari consumer acquisition cost atau CAC adalah:

Consumer acquisition cost adalah suatu metrik dalam bisnis untuk menentukan biaya yang bisnis butuhkan untuk menarik konsumen baru.”

Selanjutnya Neil Patel juga menjelaskan bahwa CAC adalah biaya yang perusahaan keluarkan untuk meyakinkan konsumen membeli suatu produk atau jasa dari bisnisnya.

Customer acquisition cost adalah indikator yang penting dalam bisnis, hal ini juga dapat mempengaruhi keputusan investor yang akan menanamkan modal di perusahaan.

Semakin kecil biaya untuk menarik pelanggan baru tentunya semakin baik. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan perhitungan consumer acquisition cost dari strategi pemasaran yang dilakukan.

Baca juga: Kupas Tuntas Landing Page untuk Meningkatkan Penjualan, Simak!

Fungsi CAC Adalah

cac adalah
Sumber: pexels.com

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, nilai consumer acquisition cost merupakan faktor yang penting bagi perusahaan, terlebih untuk pertimbangan investor.

Karena CAC adalah nilai yang dapat menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam mengoptimalkan pengeluaran untuk meraih pelanggan.

Selain itu, nilai consumer acquisition cost juga dapat mengukur performa divisi marketing di perusahaan tersebut.

Dengan semakin minimnya biaya yang perusahaan keluarkan untuk mendapatkan pelanggan, maka hal ini tentu dapat memberikan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan.

Maka dari itu, CAC adalah ukuran yang penting sebagai indikator keberhasilan strategi pemasaran yang berdampak pada perkembangan perusahaan.

Cara Mengukur CAC in Marketing

consumer acquisition cost
Sumber: pexels.com

Melansir dari Intercom, cara menghitung customer acquisition cost adalah dengan membagi total biaya iklan di berbagai platform dengan perolehan konsumen baru.

Jika menyederhanakannya dalam rumus, maka cara mengukur CAC adalah sebagai berikut:

CAC = (Jumlah Pengeluaran untuk Sales & Marketing) / Jumlah Perolehan Konsumen

Berdasarkan rumus tersebut, artinya untuk menghitung consumer acquisition cost perlu menghitung berbagai hal yang terlibat dalam membuat iklan untuk menarik konsumen baru.

Adapun perhitungan utama dari pengeluaran tersebut adalah biaya iklan di setiap platform yang perusahaan gunakan untuk menjalankan aktivitas pemasaran.

Misalnya, biaya iklan di Facebook maupun Instagram, kedua platform ini juga akan berbeda biayanya dengan platform seperti Google atau Youtube.

Jika menjalankan iklan di situs pencari seperti Google, maka perlu juga memperhitungkan cost-per-click atau CPC.

Begitupun dengan biaya untuk menggaji karyawan di divisi marketing atau biaya jasa agensi marketing yang harus diperhitungkan dalam jumlah pengeluaran sebelum membaginya dengan jumlah perolehan konsumen.

Cara Mengoptimalkan Consumer Acquisition Cost?

customer acquisition cost adalah
Sumber: pexels.com

Menjalankan pemasaran pada dasarnya tidak ada rumus yang pasti. Begitupun dengan strateginya, karena strategi yang tim pemasar jalankan saat ini dan sukses, belum tentu akan berhasil di masa yang akan datang.

Maka dari itu, perlu melakukan berbagai percobaan untuk bisa mencapai hasil sesuai keinginan. 

Adapun beberapa percobaan yang dapat tim marketing lakukan adalah dengan memodifikasi copywriting, komposisi iklan, serta volume beriklan di setiap platform.

Meski teknik dapat berubah, namun ada beberapa faktor mendasar yang dapat meningkatkan performa pemasaran dan mengoptimalkan CAC, seperti:

  • Meningkatkan Konversi di Situs Web

Dengan mengoptimasi dan meningkatkan pengalaman pengguna di situs web, maka dapat mendorong terjadinya konversi. 

Adapun beberapa hal mendasar yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konversi di situs web adalah dengan memperbaiki tampilan, mempercepat waktu loading, dan mengoptimasi user experience seperti mobile friendly.

  • Meningkatkan Nilai Pengguna (User Value)

Nilai pengguna atau user value merupakan kunci untuk dapat meningkatkan konversi hingga terjadinya penjualan.

Karena dengan meningkatkan user value secara tidak langsung dapat menarik calon pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis Anda.

Adapun cara untuk meningkatkan nilai pengguna adalah dengan mendalami value proposition canvas, yaitu mengenali lebih dalam terkait produk atau jasa bisnis dan menghubungkannya dengan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Cost Per Action Adalah: Arti, Fungsi, dan Cara Optimalkan CPA

  • Mengoptimalkan Customer Relationship Management (CRM)

Dengan customer relationship management (CRM) yang optimal, maka dapat menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen. 

Ketika konsumen merasa puas dengan produk atau layanan dari bisnis Anda, dan bisnis juga mampu menjaga hubungan jangka panjang yang baik dengan konsumen, maka akan mendapatkan konsumen loyal. 

Dari konsumen loyal inilah perusahaan bisa meraih earned media, yang selanjutnya bisa memperoleh lebih banyak konsumen baru dengan biaya iklan yang lebih kecil.

Penerapan CRM juga membuat konsumen merasa lebih dekat dengan bisnis dan produk atau layanan yang mereka pilih. Oleh  karena itu, perusahaan perlu mengoptimalkan CRM, misalnya dengan menyajikan konten informatif, newsletter, dan sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai consumer acquisition cost yang merupakan faktor penting untuk menilai keberhasilan perusahaan dalam mendatangkan konsumen baru.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk Anda. 

Biaya iklan di platform seperti Google memang bisa membengkak, terlebih jika akun sering mengalami kendala. Hal ini akan berdampak pada CAC yang meningkat.

Untuk mengoptimalkan performa iklan Google dengan mudah, cepat, dan aman gunakan layanan Google Ads Account Support dari Everpro, dengan berbagai manfaat berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi, tunggu apalagi? Yuk optimalkan iklan dan minimalisir CAC bisnis dengan mendaftar layanan Google Ads Account Support Everpro sekarang!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya