everpro

Value Proposition Canvas Adalah: Definisi, Manfaat, dan Contoh

value proposition canvas

Apa itu value proposition canvas? Metode ini adalah alat untuk memahami perilaku konsumen. Simak penjelasan tentang value proposition canvas selengkapnya.

Setiap menjalankan suatu bisnis pasti perlu menggunakan alat atau metode khusus agar dapat memahami produk dari sudut pandang konsumen.

Terdapat satu metode populer yang dapat memberikan kebutuhan tersebut, yaitu dengan menggunakan value proposition canvas. Sudahkah anda tahu mengenai metode ini?

Garis besarnya, value proposition canvas adalah suatu alat untuk memberikan pemahaman terkait perilaku konsumen. 

Dengan menjalankan metode ini tentu perusahaan dapat membuat produk yang menarik minat konsumen. Maka dari itu, sebagai pebisnis perlu mencari tahu lebih lanjut mengenai metode ini.

Baca artikel ini sampai tuntas yang akan memberikan penjelasan lengkap mengenai value proposition canvas.

Definisi Value Proposition Canvas Adalah

value proposition canvas
Sumber: google.com

Sebelum membahas tentang value proposition canvas, perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai Business Model Canvas.

Business Model Canvas adalah suatu model bisnis yang rangkaian atau pembuatannya bertujuan agar dapat menghasilkan satu rencana panjang sekaligus. 

Rancangan dibuat sedemikian rupa agar mampu mengetahui hal-hal yang perlu perusahaan pebisnis lakukan saat ingin membangun bisnis.

Everpro

Jadi, business model canvas merupakan sebuah business plan. Alexander Osterwalder adalah yang pertama kali memperkenalkan BMC sebagai alat visual cukup di satu halaman yang membantu startup melihat segala yang dibutuhkan terkait pengembangan bisnis.

Salah satu area pembahasan dalam BMC adalah value propositions

Value Proposition Canvas adalah suatu alat model bisnis untuk membantu perusahaan mengenal lebih dalam mengenai produk atau jasa yang ingin dibuat atau dikembangkan dengan menghubungkan pada keinginan pasar, sehingga dapat menciptakan value.

Alat ini menampilkan secara rinci mengenai hubungan antara dua bagian BMC dari Osterwalder yang lebih luas, yaitu tentang segmen pelanggan (customer profile) dengan proposisi nilai (value proposition).

Setiap pembuatan produk wajib tervalidasi dan fokus untuk memenuhi permintaan pelanggan. Karena tujuan tersebut, para pebisnis dapat memanfaatkan VPC.

Baca juga: Cashback Adalah: Arti, Keuntungan, dan Perbedaan dari Diskon

Komponen Value Proposition Canvas

komponen value proposition canvas
Sumber: google.com

Pada gambar diatas adalah komponen-komponen dari value proposition canvas. Berikut adalah penjelasan dari setiap komponennya:

Bentuk Lingkaran (Segmen atau Profil Konsumen)

Komponen ini menggambarkan konsumen dengan beberapa karakteristik sebagai berikut:

  • Customer Job

Dalam VPC customer job adalah segala hal mencakup tugas, masalah, atau keinginan yang ingin konsumen selesaikan.

Dengan begitu, anda dapat menyaring segmen konsumen dari sudut pandang emosional (popularitas, preferensi), sosial (rasa kewajiban, reputasi), serta fungsional (kemudahan).

  • Customer Pain

Hasil yang telah anda dapatkan dari customer job, komponen customer pain adalah segala hal berkaitan dengan pengalaman buruk atau risiko yang konsumen alami.

  • Customer Gain

Selanjutnya, customer gain merupakan segala hal yang berkaitan dengan pengalaman positif ataupun kelebihan lainnya yang konsumen tunjukkan karena mendapatkan kepuasan yang lebih.

Bentuk Kotak (Value Proposition Map)

Komponen value proposition map adalah jawaban atau respon berupa tindakan dari setiap karakteristik konsumen yang terbagi menjadi tiga bagian berikut:

  • Pain Relievers

Komponen ini dalam VPC berguna untuk menjawab customer pain. Produk atau jasa yang bisnis tawarkan harus dapat mengatasi atau mengurangi tingkat customer pain.

  • Products & Services

Selanjutnya komponen products & services yang bertujuan untuk mencapai customer gain serta mengurangi customer pain melalui produk atau jasa yang bisnis anda tawarkan.

  • Gain Creators

Dalam komponen gain creators, berisi nilai tambah yang ada pada produk atau layanan untuk dapat disampaikan kepada pelanggan.

Apa Itu Value Proposition Canvas Berdasarkan Manfaatnya?

manfaat vpc
Sumber: google.com

VPC memberikan manfaat penting untuk membantu bisnis mengambil keputusan serta menentukan posisi produk. 

Model ini lebih dari representasi grafis kebutuhan pelanggan, karena dapat membantu bisnis menyesuaikan strategi dengan kebutuhan konsumen. Tak hanya itu, terdapat juga manfaat lain dari value proposition canvas dalam bisnis:

  • Memahami Pelanggan Lebih Baik

Manfaat dari menggunakan value proposition canvas adalah anda bisa mendapat pemahaman tentang pelanggan dengan lebih baik. 

Memulai suatu usaha dengan menganalisis serta memahami pelanggan merupakan langkah awal untuk membangun pondasi bisnis yang kuat.

Dengan begitu, anda dapat mengembangkan produk atau layanan yang berfokus pada kebutuhan pelanggan karena anda mampu melihat dari sudut pandang konsumen.

  • Perencanaan Lebih Terfokus

VPC juga bermanfaat agar anda dapat membuat perencanaan bisnis yang lebih terfokus untuk memenuhi harapan pelanggan. 

Terkadang dalam menjalankan bisnis akan muncul ide-ide yang bisa membuat anda terdistraksi dari tujuan atau nilai awal. V

Value proposition canvas berguna sebagai panduan visual dalam melakukan pendekatan target, ketika hendak mengembangkat produk atau layanan agar tetap fokus pada tujuan dan nilai awal.

  • Memudahkan dalam Memperluas Jangkauan Pemasaran

Selain itu VPC juga bermanfaat untuk membantu memperluas jangkauan pemasaran. Karena saat meluncurkan produk atau layanan baru anda akan melakukan banyak cara pemasaran yang membutuhkan informasi cara pelanggan memenuhi kebutuhannya.

VPC dapat mengidentifikasi kebutuhan pelanggan serta mengembangkan rencana untuk hal tersebut. Dengan begitu, promosi yang anda jalankan dapat menarik perhatian konsumen dan menjangkau pemasaran lebih luas.

  • Keterlibatan Pelanggan yang Kuat

Melalui pendekatan orientasi pelanggan, kepuasan merupakan faktor paling penting dalam mengembangkan produk atau layanan.

VPC bermanfaat untuk memungkinkan anda lebih fokus terhadap hal yang pelanggan butuhkan dan hargai. Oleh karena itu, para pelanggan akan merasa terlibat dan percaya dengan bisnis serta produk atau layanan yang anda tawarkan.

  • Alat Praktis dan Sederhana

Value proposition canvas dapat memberikan gambaran umum dengan sederhana mengenai fungsionalitas bisnis. Manfaatnya adalah anda mampu menganalisis strategi serta kinerja produk lebih komprehensif dalam bentuk yang sederhana.

Cara Pembuatan Value Proposition Canvas

value proposition canvas
Sumber: pexels.com

Berbagai manfaat bisa anda dapatkan dengan menggunakan VPC dalam bisnis. Dengan begitu anda dapat mengembangkan bisnis lebih mudah.

Setelah mengetahui komponen serta manfaatnya, anda dapat membuat value proposition canvas dengan lebih mudah. Terdapat tiga elemen penting sebagai berikut:

  • Menawarkan kelebihan pada pelanggan saat menggunakan produk atau layanan.
  • Manfaat yang pelanggan dapatkan setelah menggunakan produk atau layanan.
  • Alasan pelanggan memilih produk tersebut dan apa yang membedakan produk atau layanan tersebut dari kompetitor.

Untuk bisa menarik minat pelanggan melalui value proposition, anda perlu melibatkan ketiga elemen tersebut. Berikut adalah penjelasannya lebih lanjut:

  • Memahami Pelanggan

Pelanggan adalah aspek utama dalam mengembangkan nilai bisnis. Oleh karena itu, penting untuk memahami target yang akan anda jadikan calon konsumen.

Anda perlu mengidentifikasi setiap target pasar untuk melihat kebutuhannya. Misalnya, apakah konsumen sering bepergian atau sering bekerja di rumah? Karena tentu setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Maka dari itu, anda perlu menganalisis gains serta pains dari setiap konsumen tersebut. 

  • Menciptakan Nilai yang Baik

Selanjutnya anda harus membuat nilai baik dari setiap konsumen. Caranya bisa dengan menawarkan produk atau ide terbaru yang dapat meningkatkan gains dan meminimalisir pains.

Pertimbangkan pilihan yang dapat memenuhi customer job. Kemudian, gabungkan seluruh ide tersebut sehingga menghasilkan suatu ide atau gagasan baru.

  • Memahami Biaya

Langkah penting selanjutnya dalam membuat VPC adalah dengan mengukur dan memahami secara rinci terkait biaya dan keuntungan yang bisa anda dapatkan dari produk atau layanan.

Anda perlu memastikan bahwa harga dari penawaran produk atau layanan sebanding dengan manfaat dan kualitas yang pelanggan dapatkan. 

Dengan begitu, mereka tidak akan segan mengeluarkan uang untuk membeli produk atau menggunakan layanan dari bisnis anda.

  • Memperhatikan Persaingan Pasar

Selain melakukan analisis target pasar dan produk, penting untuk anda memperhatikan persaingan pasar. 

Anda dapat mengikuti pergerakan kompetitor dengan mengidentifikasi kelebihan serta kekurangannya. Dengan demikian, anda dapat membuat strategi yang mampu bersaing di pasaran.

  • Ringkas dan Jelas

Peru anda ketahui dan ingat cara mengisi value proposition canvas adalah dengan bahasa yang singkat dan jelas. 

Hal ini bertujuan agar pesan yang bisnis sampaikan dapat diterima para pelanggan dengan baik. Sebaiknya, isi setiap komponen hanya dengan dua sampai tiga kalimat.

Baca juga: Aktuaria Adalah: Penjelasan Arti, Fungsi, Hingga Tugasnya

Contoh Value Proposition Canvas

contoh value proposition canvas
Sumber: google.com

Umumnya, value proposition canvas terbagi menjadi dua bagian besar. Bagian pertama, yaitu customer profile yang menjelaskan tentang keinginan pelanggan.

Bagian kedua adalah value proposition atau value map yang menjelaskan penawaran produk atau layanan kepada konsumen serta fasilitas yang dapat menguntungkan konsumen.

Agar lebih mudah dalam memahaminya, gambar diatas adalah contoh value proposition canvas pada aplikasi ojek online.

Demikian penjelasan mengenai value proposition canvas beserta contohnya agar anda lebih mudah memahaminya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya dari Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait