everpro

Pengusaha Pemula Wajib Tahu Ini! Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil dan Penjelasannya

Bagi pengusaha mengetahui contoh analisis SWOT usaha kecil adalah hal yang berguna. Pengusaha sendiri bisa menilai dan mempertimbangkan sendiri usaha yang akan dirintis olehnya. Oleh karena itu yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Gunakan Jasa CS Marketplace, dan Dapatkan Segera Keuntungannya!

Apa itu Analisis SWOT?

contoh analisis swot usaha kecil
Sumber: Pexels.com

Analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk bisnis atau bahkan proyek tertentu. Meskipun paling banyak digunakan oleh organisasi dari bisnis kecil dan nirlaba hingga perusahaan besar, analisis SWOT juga dapat digunakan untuk tujuan pribadi dan profesional.

Untuk kata SWOT sendiri merupakan singkatan dari kata Strengths, Weakness, Opportunity, dan Threats. Sebelum memahami contoh yang ada, simak dahulu penjelasan singkat dari setiap elemennya berikut ini:

  1. Strengths (Kekuatan), yaitu semua kelebihan yang dimiliki perusahaan.
  2. Weakness (Kelemahan), yaitu semua kelemahan yang dimiliki perusahaan.
  3. Opportunity (Kesempatan), yaitu peluang yang teridentifikasi dan dapat dimanfaatkan.
  4. Threats (Ancaman), yaitu semua hal yang teridentifikasi dapat menjadi ancaman perusahaan.

Manfaat Analisis SWOT

Berikut beberapa manfaat analosisi SWOt yaitu:

Bisa di Terpakan di Situasi Apapun

Komposisi analisis SWOT sangat sederhana, jadi dapat di terapkan pada perusahaan jenis apa pun. Analisis SWOT bahkan bisa di gunakan oleh organisasi apapun, tidak hanya pada bisnis.

Analisis SWOT juga dapat digunakan pada berbagai situasi. Jika ingin menginisiasi strategi, bisa melakukan analisis ini.

Satu Metode untuk Menghadirkan Empat Aspek

Ada banyak alat atau metode evaluasi lain di luar sana. Namun, kebanyakan hanya dapat menilai satu aspek saja dalam satu waktu.

Berbeda dari yang lain, analisis SWOT dapat langsung mendalami empat aspek bisnis sekaligus. Dengan demikian, kamu akan mendapat gambaran kondisi keseluruhan bisnismu pada satu waktu.

Integrasi Data secara Komprehensif

Ada banyak hal yang perlu di kerjakan ketika membuat analisis SWOT. Namun, untuk menyediakan datanya bisa melalui metode kuantitatif dan kualitatif.

Kombinasi data ini dapat meningkatkan perencanaan dan meningkatkan komunikasi. Selain itu, dapat mengarahkan pada pengambilan keputusan yang lebih baik pula.

Biaya Rendah

Manfaat analisis SWOT lainnya yaitu saking sederhananya cara ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya.

Tidak perlu menggunakan perangkat lunak di komputer, bahkan tak perlu membayar konsultan untuk memberikan nasihat.

Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menyiapkan Excel dan waktu untuk mengisi analisis SWOT.

Sederhana

Sedari awal kita membahas analisis SWOT, kata kunci ini selalu muncul. Memang itulah manfaat analisis SWOT yang utama.

Tidak perlu ada pelatihan atau keterampilan teknis untuk menyelesaikan analisis SWOT, karena siapa pun dapat melakukannya. Selain itu, analisis SWOT mudah di pahami karena kesederhanaannya itu.

Membantu Bisnis Menentukan Strategi

Ketika sudah mengetahui kondisi perusahaan dari empat aspek dalam analisis SWOT, kamu sudah bisa merancang strategi dari situ.

Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil

contoh analisis swot usaha kecil
Sumber: Pexels.com

Contoh bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Toko Oleh-Oleh Khas Daerah)

Contoh analisis SWOT

Dengan menerapkan analisis SWOT seperti yang di contohkan di atas, bisnis akan memiliki perencanaan yang lebih lengkap. Dalam tahapan yang lebih kompleks, Anda dapat menambahkan kolom solusi sekaligus untuk mempermudah perusahaan menemukan solusi yang tepat. Kita ambil salah satu contoh di atas:

Contoh analisis SWOT

Anda dapat memasukkan hal-hal yang lebih detail jika memang di perlukan. Karena semakin banyak kekuatan dan kelemahan yang di miliki, maka semakin siap pula perusahaan dalam menggunakannya. Begitu juga dengan kesempatan dan ancaman yang dapat di identifikasi. Semakin cepat perusahaan mengidentifikasinya, maka semakin cepat pula penanganannya.

Berikut contoh analisis SWOT usaha kecil keripik singkong yang bisa di pelajari.
contoh analisis swot usaha kecil
Sumber: Pexels.com

Strength atau Kekuatan Usaha Keripik Singkong

Karena produksi keripik singkong mudah dan bahan baku yang melimpah, harga produk dari keripik tidak mahal. Sehingga bisa bersaing dengan jenis keripik lainnya.

Weakness atau Kelemahan Usaha Keripik Singkong

Salah satu kelemahan usaha keripik singkong adalah modal yang terbatas. Karena faktor tersebut, pelaku usaha tidak bisa membuat lebih banyak varian rasa. Selain itu, kemasan produk yang sangat sederhana membuat konsumen kurang tertarik untuk membeli produk.

Opportunities atau Peluang Usaha Keripik Singkong

Dengan adanya variasi olahan keripik singkong, masyarakat bisa merasakan berbagai variasi rasa dan pelaku usaha bisa memunculkan rasa yang baru agar konsumen tidak merasa bosan. Di samping itu, usaha keripik pisang tidak di pengaruhi cuaca sehingga bisa di makan di mana saja dan kapan saja.

Threats atau Ancaman Usaha Keripik Singkong

Beberapa ancaman usaha keripik singkong adalah fluktuasi harga baku, perubahan selera konsumen, dan kenaikan harga sarana produksi. Jika faktor tersebut tidak di cermati dan di tangani dengan baik, usaha keripik singkong sulit berkembang.
Demikian contoh analisis SWOT usaha kecil yang bisa di pelajari. Dengan adanya metode tersebut, pelaku usaha bisa mengembangkan usahanya dengan baik dan bisa menentukan strategi yang akan di jalankan. Nah biar semakin laris apapun usahanya, ayo promosikan dengan memasang iklan bersama Everpro melalui Marketplace Enabler.

Cobalah 3 Layanan Unggulan Kami:

  • Optimasi Toko dan Campaign
  • Tingkatkan kenyamanan customer dengan CS dan Admin Toko
  • Dapatkan performa iklan terbaik

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan Anda meningkat!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya