everpro

Contoh Brosur Menarik untuk Promosi Bisnis

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai apa itu brosur, fungsi, contoh serta rekomendasi aplikasi untuk mempermudah pembuatan brosur.

Meskipun era digital semakin mendominasi, keberadaan brosur tetap menjadi senjata ampuh untuk menjalankan promosi.

Brosur cetak sendiri sangat cocok diterapkan oleh para pengusaha atau UMKM yang masih baru merintis bisnis atau usahanya lewat kegiatan event serta menjangkau target customer usia lanjut yang tidak mengerti menggunakan smartphone.  

Apa itu Brosur

Brosur adalah lembaran kertas yang berisi informasi atau promosi tentang suatu produk, jasa, atau kegiatan tertentu.

Umumnya brosur dilipat menjadi beberapa bagian, namun tetap mudah dibuka dan dibaca. Brosur sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi sebagai media promosi dan sosialisasi.

Pada desain brosur pemilihan gambar, warna, dan tata letak (layout), sangat penting karena dapat mempengaruhi kesan pertama seseorang tentang isi brosur tersebut.

Selain itu, bahasa yang digunakan di dalam brosur juga harus jelas, ringkas, dan mudah dimengerti. Tujuannya, yakni agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Fungsi Brosur

Brosur merupakan alat promosi yang efektif dalam menyampaikan informasi kepada target audiens. Berikut adalah beberapa fungsi brosur dalam konteks media promosi secara keseluruhan.

1.Media Pemasaran Produk dan Jasa

Brosur memberikan platform untuk memperkenalkan produk atau layanan lewat komunikasi visual kepada pelanggan potensial. Informasi yang disajikan secara jelas membantu calon konsumen memahami apa yang ditawarkan oleh bisnis.

2. Sarana Informasi dan Sosialisasi

Brosur seringkali digunakan untuk sarana sosialisasi yang dilakukan lewat kegiatan langsung seperti event, festival ataupun pameran.

Informasi yang disampaikan tentang acara komunitas, program kesehatan, himbauan dari pemerintah, bahkan sosialisasi bisnis sekalipun. 

Oleh karena itu, dalam konteks sosialisasi, brosur menjadi jembatan antara penyampai informasi dengan masyarakat, serta memastikan bahwa informasi penting sampai ke tangan yang tepat dan dimengerti dengan jelas.

3. Membangun Brand Awareness

Brosur juga memiliki fungsi vital untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness.

Desain dan isi brosur dapat membantu membangun citra merek. Penggunaan logo, warna, dan gaya yang konsisten membantu menciptakan identitas yang kuat bagi bisnis tersebut. 

4. Membentuk Kredibilitas 

Brosur yang dirancang profesional dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. Karena adanya brosur yang didalamnya biasanya tercantum informasi penting mulai dari produk, kontak dan lokasi perusahan memberikan kesan bahwa bisnis tersebut memang valid.

Jenis Brosur Berdasarkan Bentuk

Ada tiga jenis brosur berdasarkan bentuk yang biasa digunakan untuk media promosi. Setiap jenis dapat berguna tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Berikut tiga jenis contoh media promosi yang satu ini.

1.Brosur Tanpa Lipatan

Sering juga disebut flyer, bentuknya simpel karena hanya berupa selembar kertas yang bisa dicetak di salah satu sisi saja atau di kedua sisinya.

Biasanya ukurannya adalah A5 atau A4 biasanya menggunakan kertas Art Paper supaya kualitasnya bagus.

2. Brosur 2 Lipatan

Brosur ini biasanya digunakan untuk menyajikan gambar dengan ukuran yang lebih besar dengan banyak informasi.

Kertas akan dilipat dua sehingga menghasilkan empat halaman. Untuk ukuran brosur sama saja biasanya kertas ukuran A4 dengan jenis kertas Art Paper. Bentuk brosur yang satu ini lebih mirip seperti bulletin.

3.Brosur 3 Lipatan

Jenis yang terakhir ini sering pula disebut brosur lipat 3 sekaligus yang paling banyak digunakan. Terutama untuk bisnis yang ingin memasarkan banyak produk atau layanan sekaligus.

Ukuran kertas yang digunakan tetap A4 dengan jenis kertas Art Paper, tapi dibagi menjadi 3 lipatan sehingga menghasilkan 6 halaman.

Komponen Brosur 

Sama seperti poster, brosur juga mempunyai beberapa komponen yang harus ada agar sesuai dengan fungsinya sebagai alat pemasaran. Berikut ini adalah beberapa komponen yang harus ada ketika akan membuat brosur secara simple.

Komponen pertama yang harus ada dalam desain brosur yaitu headline, logo, gambar dan deskripsi produk, informasi kontak atau alamat dan CTA berupa ajakan untuk melakukan tujuan bisnis. 

6 Contoh Brosur Promosi Yang Menarik

Berikut ini adalah beberapa contoh brosur dari berbagai kategori bisnis maupun lembaga atau organisasi yang menarik dan bisa jadi inspirasi buatmu.

Setiap brosur memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung kebutuhan.

1. Contoh Brosur Promosi Laundry

Contoh brosur promosi jasa laundry ini menggunakan bentuk brosur tanpa lipatan. Dalam desain tersebut, pemilihan tipografi yang mudah dibaca dan hierarki informasi yang terstruktur menjadi kunci utama dengan mulai dari headline “Solusi Kebersihan Untukmu”, kemudian daftar layanan jasa pun sudah lengkap dengan keunggulannya.

Warna biru dan putih serta komponen gambar animasi sudah sesuai dengan image dengan jasa yang ditawarkan. Kekurangan brosur ini belum mencantumkan informasi kontak atau alamat tempat membuka usaha.

Brosur Jasa Loundry
Sumber: Freepik.com

2. Contoh Brosur Promosi Makanan

Brosur promosi Makanan berikut ini menggunakan bentuk 3 lipatan secara vertikal. Dalam desain brosur makanan, elemen visual berupa gambar makanan haruslah berkualitas tinggi yang menampilkan detail makanan sehingga tampak menggugah selera.

Pemilihan warna yang cerah, contohnya seperti warna merah dan kuning pada brosur ini sudah sesuai jika berdasarkan faktor psikologi efektif untuk membangkitkan perasaan lapar ketika melihatnya.

Selain itu, tipografi harus jelas, informatif, dan memberikan detail seperti harga, komposisi, dan promo khusus jika ada. Penataan layout yang rapi memudahkan customer untuk memahami informasi.

Contoh Brosur Makanan
Sumber: Freepik.com

3. Contoh Brosur Promosi Bangunan

Brosur promosi bangunan perumahan biasanya berfungsi sebagai media informasi yang memberikan gambaran umum tentang perumahan yang ditawarkan.

Umumnya terdapat gambar ilustrasi atau foto asli dari tampilan rumah, baik eksternal maupun interior.

Informasi yang disampaikan pun lebih komplek seperti spesifikasi bangunan, fasilitas, harga, peta area perumahan hingga cara pembayaran kerap dimasukkan untuk memberikan detail kepada calon pembeli, dan terakhir cantumkan peta lokasi dan kontak yang bisa dihubungi.

Secara desain sendiri brosur untuk produk perumahan dapat disesuaikan dengan konsep desain perumahan yang di bandung. Jika mengutamakan konsep bangunan minimalis dan asri bisa menggunakan warna hijau atau earth tone.

Iklan Brosur Perumahan
Sumber: Freepik.com

4. Contoh Brosur Lembaga/Organisasi

Berikutnya adalah contoh brosur yang dibuat untuk sebuah lembaga atau perusahan.

Umumnya brosur bentuknya tanpa lipatan karena informasinya juga tidak terlalu banyak. Fungsi brosur ini untuk memperkenalkan identitas dan layanan sebuah perusahaan kepada publik. 

Contohnya adalah brosur pendaftaran peserta didik Baru untuk . Informasi yang disampaikan mulai dari visi, misi, program sekolah, fasilitas belajar, info kontak, waktu dan syarat pendaftaran serta prestasi yang didapatkan oleh para siswa.

Desainnya dibuat dengan estetika yang profesional dan merepresentasikan citra serta identitas lembaga tersebut.

Pendaftran Siswa Baru
Sumber: Freepik.com

 

5. Contoh Brosur Katalog Produk

Umumnya, brosur adalah alat promosi yang bisa berupa katalog mendetail dan sistematis, berisikan informasi terkait promosi dan daftar produk beserta spesifikasinya.

Biasanya dilengkapi dengan gambar produk yang jelas dan menarik, deskripsi singkat, harga, serta fitur utama produk. 

Tujuan utamanya adalah memberikan informasi komprehensif kepada konsumen agar dapat membandingkan dan memilih produk yang diinginkan dengan mudah.

Desain brosur katalog harus menarik, dengan layout yang rapi, warna yang sesuai dengan identitas brand, dan tipografi yang mudah dibaca.

Brosur Katalog Eletronik
Sumber: Freepik.com

6. Contoh Brosur Pariwisata

Terakhir adalah brosur untuk kegiatan wisata ataupun industri pariwisata yang biasanya menggunakan 3 lipatan karena ada banyak informasi yang disampaikan.

Sertakan foto-foto berkualitas tinggi dari pemandangan, atraksi, dan keunikan destinasi wisata. Gambar yang menarik dapat memberikan kesan pertama yang positif kepada calon wisatawan. 

Sertakan paket wisata dan aktivitas wisata apa yang dilakukan,  peta lokasi yang jelas dan mudah dimengerti, kontak person dan akomodasi dan sarana transportasi jika ada.

Untuk meningkatkan minat, sertakan tawaran khusus atau diskon untuk beberapa atraksi atau akomodasi tertentu. Design pada brosur tentang kegiatan ekowisata ini susah cukup baik, Meskipun design yang ditampilkan sederhana namun sudah bisa meyakinkan pembaca. 

Ekowisata
Sumber: Freepik.com

Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Brosur

Untuk membuat brosur sendiri, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara online maupun offline dan juga yang free maupun berbayar.

Untuk membuat brosur yang baik dan menarik memang membutuhkan keterampilan.

Namun yang perlu diingat dalam membuat sebuah brosur hanya perlu sesuai memasukan headline, logo, gambar dengan kualitas yang baik, dan informasi yang jelas dan singkat supaya bisa muat dalam satu brosur dan jangan lupakan kalimat ajakan. 

Berikut adalah rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercantik desain  brosur dengan mudah dan bisa diakses melalui smartphone dan PC komputer.

1. Canva

Canva adalah sebuah aplikasi untuk membuat berbagai macam kebutuhan design. Terdapat berbagai macam template design yang beragam seperti untuk brosur dengan berbagai jenis yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone ataupun PC, untuk bisa memiliki lebih banyak akses template dan gambar Anda bisa menggunakan paket Canva Pro yang bisa di beli dengan menggunakan Kartu Kredit ataupun Visa. 

2.Flayers, Poster Maker, Design

Aplikasi ini pun hampir mirip seperti canva yang menyediakan berbagai macam template, namun hanya fokus untuk membuat brosur seperti flyers yaitu brosur tanpa lipatan, dan juga poster. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone, serta ada yang berbayar dan gratis.

3. Microsoft Publisher

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari produk Microsoft, biasanya sudah tersedia dalam setiap PC maupun Laptop. Microsoft Publisher memang digunakan untuk membuat brosur maupun leaflet dengan berbagai macam bentuk lipatan.

Secara design memang kurang menarik namun jika untuk pemula aplikasi ini bagus untuk digunakan, selain itu aplikasi ini bisa diakses secara gratis.

4. Microsoft Word

Umumnya aplikasi ini digunakan hanya untuk kebutuhan pengolah kata untuk kebutuhan text, dokumen dan surat-menyurat. Namun saat ini Microsoft Word juga menyediakan template sederhana untuk membuat brosur dengan bentuk 3 lipatan.

JIka Anda menggunakan Microsoft Word minimalnya versi 2013 sudah tersedia temptale ini. Cara mengakses templatenya klik file lalu new document, kemudian telusuri folder template office custom, scroll kemudian cari template brosur yang tersedia.

Aplikasi ini juga memiliki keterbatasan, Anda harus berusaha mungkin untuk membuatnya lebih menarik.

 5. Adobe Photoshoot

Aplikasi ini membantu mengedit foto dengan cepat, mudah dan menyenangkan.

Anda dapat dengan mudah menggabungkan banyak foto menjadi satu gambar, mengurangi blur pada foto, membuat logo, mengedit bentuk gambar, foto dan teks, menyesuaikan font, warna dan ukuran, filter dan efek foto yang beragam, membuat foto menjadi lebih jernih, dan lainnya. 

6. Brosur Maker 

Aplikasi ini juga memiliki banyak desain untuk brosur, juga tersedia desain untuk poster, flyer, leaflet, katalog, dan pamflet. Selain menyediakan banyak template brosur, aplikasi ini menyediakan stiker yang bermacam – macam, banyak font style, hingga efek teks.

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin fokus pada desain template brosur, dan tidak terlalu memperhatikan desain mempercantik gambar atau foto. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan PC atau laptop.

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya