Pelajari WhatsApp Commerce dan Untungnya Bagi Bisnis

Tahukah kamu apa itu WhatsApp Commerce? Simak artikel ini sampai habis dan pelajari selengkapnya informasi tersebut di sini!

Sekarang WhatsApp bukan hanya menjadi platform komunikasi yang banyak digunakan untuk mengirim pesan saja, melainkan juga untuk melakukan transaksi bisnis online.

Pengguna aktif WhatsApp dapat berbelanja, memesan produk, hingga melakukan transaksi komersial secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Inovasi fitur tersebut memberikan peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan serta menjangkau lebih luas pelanggan.

Pengertian WhatsApp Commerce

pengertian whatsapp commerce
Sumber: google.com

WhatsApp Commerce adalah strategi untuk menghubungkan pengguna dengan cara memberikan brand lalu menjual produk tersebut dan menawarkan secara langsung.

WhatsApp Commerce mendukung bisnis e-commerce karena di dalamnya terdapat fitur seperti katalog produk via chat, komunikasi langsung dengan pelanggan.

Fitur WhatsApp yang satu ini cocok banget jika kamu memiliki bisnis e-commerce karena semua fiturnya bisa kamu manfaatkan biar bisnis kamu makin menarik di mata pelanggan.

Cara Kerja WhatsApp Commerce

WhatsApp Commerce memiliki cara kerja dimana sebagai pemilik sebuah bisnis kamu bisa melakukan berbagai hal seperti menjual produk, memberikan layanan pelanggan, dan berinteraksi langsung dengan konsumen.

Fitur-fitur yang tersedia tadi memungkinkan kamu untuk melakukan semua aktivitas tersebut melalui WhatsApp Commerce yang terpusat. Ini menjadikannya sebagai salah satu platform yang efektif untuk menjembatani bisnis dengan pelanggannya.

Benefit dari WA Commerce untuk Bisnis?

keuntungan whatsapp commerce
Sumber: google.com

Selanjutnya, kamu juga akan mendapatkan keuntungan atau benefit dari strategi WhatsApp marketing yang satu ini. Oleh karena itu, simak beberapa keuntungannya sebagai berikut:

  • Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Salah satu keuntungan WA Commerce yang sangat penting adalah bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan. WA Commerce memungkinkan pemilik bisnis untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Pemilik bisnis juga bisa mendapatkan feedback dari pelanggan untuk meningkatkan produk atau layanan mereka kedepannya.

  • Efisiensi Operasional

Dengan bantuan WA Commerce kamu bisa melakukan efisisensi operasional dengan menggunakan fitur otomatisasi, mengorganisir percakapan dan integrasi dengan sistem lainnya.

Dengan begitu kamu bisa tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk fokus dengan WhatsApp dari pelanggan.

  • Menghemat Biaya dan Efisien

Dari segi biaya, tentunya akan menghemat biaya pengeluaran sebab banyak sekali pengguna aktif di WhatsApp.

Selain menghemat biaya juga efisien karena aplikasi ini menghasilkan konversi penjualan yang tinggi, sehingga kamu dengan mudah dapat meningkatkan penjualan dan mendapat pelanggan baru.

  • Komunikasi Langsung dan Personal

Dengan WA Commerce pemilik bisnis dapat melakukan komunikasi secara langsung dan real-time untuk berbagai kebutuhan seperti informasi produk, bantuan atau menyelasaikan masalah.

Selain itu, kamu juga memberikan pelayanan yang lebih personal dengan memanggil pelanggan dengan nama dan mengingat preferensi dari mereka.

  • Meningkatkan Penjualan

Terdapat beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan pada WA Commerce. Salah satunya adalah katalog produk yang bisa membuat calon pelanggan melihat produk dengan tampilan yang menarik dan mudah diakses.

Selain itu, kamu juga memberikan promosi dan penawaran langsung kepada pelanggan. Kemudian dengan WA Commerce proses pembeliannya juga sangat mudah dan bisa langsung membayar melalui platform pembayaran yang terintegrasi.

  • Meningkatkan Brand Image

Pendekatan secara personal dengan pelanggan melalui percakapan di WhatsApp akan menciptakan kesan positif yang dapat membangun brand image bisnis kamu.

Brand image dapat memberikan pelanggan baru karena mereka tertarik dengan produk bisnis kamu yang sudah memiliki kesan positif.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan WA Commerce kamu juga bisa meningkatkan layanan pelanggan dengan lebih baik. Karena platform ini bisa memberikan beberapa keuntungan seperti respon cepat, komunikasi langsung yang membuat pelanggan merasa dihargai.

Bagaimana Memulai Bisnis dengan WA Commerce

Berikut cara memulai bisnis dengan WA Commerce:

1. Unduh dan Daftarkan WhatsApp Business

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi WhatsApp Business melalui Google Play Store atau AppStore. Setelah itu, kamu bisa verifikasi nomor bisnis dan melengkapi profil bisnis.

2. Membuat Katalog Produk

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan produk atau layanan ke dalam katalog. Pastikan untuk melengkapi semua detail produk seperti gambar, harga, deskripsi. Jangan lupa untuk membuat kategori produk untuk memudahkan pelanggan.

3. Membuat Pesan Sambutan Otomatis

Agar pelanggan tertarik dengan bisnis kamu di WA Business kamu harus menyiapkan sambutan otomatis. Sambutan ini berguna untuk menarik pelanggan dan hasilnya pun cukup efektif.

Buatlah pesan sambutan otomatis untuk menyambut pelanggan baru dan memberikan informasi awal. Selain itu, kamu juga perlu mengatur pesan otomatis yang masuk di luar jam kerja.

4. Menggunakan Label

Gunakan label percakapan untuk mengorganisir percakapan dengan pelanggan dengan mudah. Buat label percakapan berdasarkan topik, status pesanan atau jenis pelanggan.

Dengan penggunaan label ini, kamu akan sangat dimudahkan dalam pencarian percakapan yang kamu butuhkan apabila sewaktu-waktu membutuhkannya.

5. Memanfaatkan Fitur Statistik

Gunakan fitur statistik untuk menganalisis kinerja akun WA Bisnis kamu. Hasil analisis berguna untuk meningkatkan strategi bisnis di masa depan.

6. Integrasi dengan Platform Lain

Tahap terakhir adalah mengintegrasikan WhatsApp Business dengan platform lain. Kamu bsia mengintegrasikannya dengan E-commerce atau WhatsApp Business API dari Everpro yang resmi dari Meta.

Dengan integrasi dengan WhatsApp Business API dari layanan Everpro Chat kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan dalam mengelola WhatsApp bagi bisnis.

Bebebrapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan antara lain kelola dan kirim pesan broadcast WA dengan aman, pantau performa iklan dengan real chat tracking, penggunaan sistem WhatsApp API, buka sesi chat baru untuk closing lebih mudah dan masih banyak lagi!

Pelajari lebih lanjut Everpro Chat untuk buat bisnis kamu biar makin cuan maksimal.

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya