everpro

WhatsApp Commerce: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Keuntungan

Tahukah kamu apa itu WhatsApp Commerce? Simak artikel ini sampai habis dan pelajari selengkapnya informasi tersebut di sini!

Sekarang WhatsApp bukan hanya menjadi platform komunikasi yang banyak digunakan untuk mengirim pesan saja, melainkan juga untuk melakukan transaksi bisnis online.

Pengguna aktif WhatsApp dapat berbelanja, memesan produk, hingga melakukan transaksi komersial secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Inovasi fitur tersebut memberikan peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan serta menjangkau lebih luas pelanggan.

Baca Juga: Efektif & Efisien, Inilah Cara Kirim Pesan Terjadwal di WhatsApp!

Pengertian WhatsApp Commerce

pengertian whatsapp commerce
Sumber: google.com

WhatsApp Commerce adalah strategi untuk menghubungkan pengguna dengan cara memberikan brand lalu menjual produk tersebut dan menawarkan secara langsung.

Bisnis akan terlibat dan membuat komunikasi dua arah dengan pelanggan, sehingga membentuk percakapan tindakan pembelian produk tersebut.

Pelanggan akan dengan mudah melihat katalog produk bisnismu dan langsung melakukan tindakan pembelian di WhatsApp. 

Proses tindakan transaksi di bisnis onlinemu yang disederhanakan ini akan memberikan kesan puas dengan pengalaman terbaik pelanggan.

Fungsi WhatsApp Commerce

fungsi whatsapp commerce
Sumber: google.com

Terdapat fungsi yang perlu kamu ketahui, sehingga ketika kamu sudah menggunakannya kamu sudah mempelajarinya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa fungsi dari WhatsApp Commerce.

  • WhatsApp Commerce – Pemasaran dan Promosi

Ketika kamu menggunakannya, kamu dapat melakukan promosi dan memasarkan produk dari bisnis onlinemu kepada pelanggan.

Hal ini memudahkan kamu dalam memberikan informasi seputar produk tersebut seperti katalog produk, penawaran khusus, diskon, promo, dan lain-lain.

Baca Juga: 6 Periode Waktu yang Tepat Untuk Promosi di WhatsApp

  • WhatsApp Commerce – Layanan Pelanggan

Aplikasi WhatsApp dapat memudahkan kamu dalam merespons dengan cepat dan responsif terhadap pertanyaan yang membuat pelanggan ragu.

Dengan respons yang cepat pelanggan akan yakin untuk melakukan tindakan pembelian karena sudah terjawab semua pertanyaan yang ada di pikiran mereka.

  • WhatsApp Commerce – Komunikasi Pelanggan

Bisnis online akan terbantu dengan adanya WhatsApp Commerce karena dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung.

Komunikasi tersebut bisa berupa memberikan informasi produk, memberikan dukungan pelanggan, menjawab pertanyaan dan keluhan, serta memberikan update pengiriman pesanan.

  • WhatsApp Commerce – Penjualan Langsung

Pelanggan dapat bertransaksi secara langsung dengan bisnis onlinemu melalui chat di aplikasi WhatsApp saja.

Mereka dengan mudah melihat katalog produk tersebut lalu memilih produk yang ingin dibeli dan melakukan transaksi pembayaran pada saat itu juga.

  • WhatsApp Commerce – Automatisasi Pesan

Aplikasi ini mendukung fitur pesan otomatis dimana kamu bisa menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam menjawab pertanyaan dan memberikan informasi.

Cara kirim pesan otomatis di WhatsApp tersebut dapat membantu kamu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Cara Kerja WhatsApp Commerce

Tujuan dari WhatsApp Commerce adalah membuat transaksi yang dapat berinteraksi dengan pelanggan seperti layaknya kehidupan nyata ketika berbelanja di toko fisik.

Bisnis dapat memberikan interaksi secara personal dimana hal ini bisa meningkatkan kepuasan serta keterlibatan pelanggan dengan bisnis kamu.

WhatsApp yang sudah terintegrasi dengan chatbot atau WhatsApp Business API dapat meningkatkan kualitas dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Cara kerja WhatsApp Commerce sama halnya ketika kamu berjualan secara offline dimana kamu mengarahkan pelanggan dengan katalog produk lalu mereka memilih sampai akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

Keuntungan WhatsApp Commerce

keuntungan whatsapp commerce
Sumber: google.com

Selanjutnya, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari strategi WhatsApp marketing yang satu ini. Oleh karena itu, simak beberapa keuntungannya sebagai berikut.

  • Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Keterlibatan pelanggan akan meningkat karena dengan kamu menggunakan WhatsApp dapat mengirimkan pesan secara langsung.

Hubungan antara bisnis kamu dengan pelanggan akan semakin kuat dan juga kamu bisa memanfaatkan dari segi penjualan secara cross maupun up karena adanya katalog produk di dalamnya.

  • Dukungan Pelanggan yang Cepat

Pemberian dukungan dapat secara real time karena melalui WhatsApp Commerce seperti pemberian feedback, mengajukan pertanyaan atau keluhan, dan lain-lain.

Apabila kamu sudah terintegrasi dengan chatbot akan lebih memudahkan kamu untuk selalu ada setiap saat ketika pelanggan membutuhkanmu di luar jam operasional.

  • Menghemat Biaya dan Efisien

Dari segi biaya, tentunya akan menghemat biaya pengeluaran sebab banyak sekali pengguna aktif di WhatsApp.

Selain menghemat biaya juga efisien karena aplikasi ini menghasilkan konversi penjualan yang tinggi, sehingga kamu dengan mudah dapat meningkatkan penjualan dan mendapat pelanggan baru.

  • Personalisasi Komunikasi

Tujuan utama dari WhatsApp Commerce adalah memberikan pengalaman pelanggan secara personal agar tercipta kenyamanan dalam berkomunikasi.

Dengan tujuan tersebut, kamu mendapat keuntungan yaitu dapat memahami secara cepat mengenai preferensi pelanggan kamu hanya melalui WhatsApp.

  • Penjualan Produk yang Mudah

Kemudahan dalam bertransaksi online dengan WhatsApp Commerce menjadi lebih nyaman dan mudah hanya dengan melihat katalog produk lalu memilih dan melakukan transaksi pembayaran secara online.

Baca Juga: Gampang Banget! Begini 8 Cara Banjir Orderan di WhatsApp

  • Meningkatkan Brand Image

Pendekatan secara personal dengan pelanggan melalui percakapan di WhatsApp akan menciptakan kesan positif yang dapat membangun brand image bisnis kamu.

Brand image dapat memberikan pelanggan baru karena mereka tertarik dengan produk bisnis kamu yang sudah memiliki kesan positif.

  • Memiliki Kedekatan dengan Pelanggan

Dengan menggunakannya kamu akan terus update dengan tren yang ada dan juga perilaku pelanggan baru kamu.

WhatsApp juga menyediakan fitur untuk data yang bisa kamu analisis, sehingga kamu akan lebih memahami preferensi dari pelanggan kamu.

Dengan begitu, hubungan kamu dengan pelanggan akan semakin kuat dan dengan mudah mereka akan mengambil keputusan pembelian kedepannya dengan sendirinya.

Itu dia pembahasan mengenai WhatsApp Commerce dan semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin berjualan online dengan mudah di aplikasi tersebut.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang informatif dan menarik hanya di Everpro!

WhatsApp Commerce bisnis online kamu akan lebih mudah dengan menggunakan layanan yang terpercaya dan resmi seperti Everpro Funnel.

Solusi untuk permasalahan bisnismu yang bisa meningkatkan konversi penjualan online dengan sistem terintegrasi. Terdapat fitur terintegrasi di layanan Everpro Funnel yaitu:

  • LP Builder
  • WA Rotator
  • LPWA Real Chat Tracking
  • Custom Keyboard

Penggunaan fitur di layanan Everpro Funnel ini bisa membuat bisnis kamu menjadi maksimal dan mencapai tujuan target yang ingin dicapai.

Percayakan bisnis online kamu dengan Everpro Funnel dan daftar sekarang juga untuk menikmati banyak keuntungan mulai dari harga Rp 149.000 saja!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya