everpro

WhatsApp Marketing Adalah? Simak dan Pelajari di Sini!

WhatsApp Marketing adalah? Simak dan pelajari selengkapnya di artikel ini sampai habis dan kamu akan menemukan jawabannya!

Mungkin kamu merupakan salah satu dari banyaknya pengguna aktif WhatsApp yang merupakan aplikasi terkenal dengan kemudahannya dalam berkomunikasi.

Akan tetapi apakah kamu pernah menggunakan aplikasi WhatsApp tersebut sebagai alat promosi dalam bisnis kamu? 

WhatsApp Marketing adalah strategi yang bisa kamu lakukan untuk terhubung dengan pelanggan secara personal dalam suatu percakapan atau chat.

Untuk itu, simak dan pelajari selengkapnya di artikel ini untuk mengembangkan bisnis kamu dengan WhatsApp.

Baca Juga: Inilah Tips dan Cara Jualan Online Laris di WhatsApp, Mudah Banget!

WhatsApp Marketing Adalah

whatsapp marketing adalah
Sumber: google.com

Pengertian dari WhatsApp Marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan seperti percakapan pada umumnya dilakukan banyak orang, namun percakapan ini antara bisnis dan pelanggan. 

Pendekatan ini membuat pelanggan merasa menjadi bagian dari bisnis kamu karena kamu memberikan informasi dan penawaran menarik terhadap produk tersebut.

Tapi kamu perlu ingat bahwa pada dasarnya WhatsApp ialah alat komunikasi untuk chat dengan keluarga atau teman, sehingga jangan mengganggu dengan terlalu memberikan banyak pesan yang terkesan spam.

Jadi, WhatsApp Marketing bukan hanya berbicara soal menjual produk tetapi membangun komunikasi ramah dan baik, membantu kendala mereka, dan menghargai ruang privasi mereka.

Baca Juga: 5 Contoh Template Greeting Message WhatsApp Business

Strategi WhatsApp Marketing yang Berhasil

whatsapp marketing adalah
Sumber: google.com

Penggunaan WhatsApp sebagai saluran komunikasi untuk bisnis kamu kepada pelanggan terdapat strategi yang terbukti berhasil untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan, maka dari itu inilah beberapa strategi yang dapat kamu pelajari.

  • Pesan Promosi Melalui Broadcast

Hampir semua pesan yang ada di WhatsApp akan dibaca oleh pengguna aktif.

Tak heran, ini menjadi alasan banyaknya penjual menggunakan WhatsApp sebagai alat bantu promosi secara efektif dibandingkan dengan saluran lainnya.

Pastinya pesan kamu yang terdapat didalamnya berupa informasi diskon, promosi, atau penawaran eksklusif lainnya akan secara otomatis dibaca dan diperhatikan oleh pengguna aktif tersebut.

Sekarang kamu tidak perlu mengirimkan satu per satu karena WhatsApp menyediakan fitur yaitu broadcast dimana kamu dapat mengirimkan pesan di waktu yang sama secara sekaligus ke banyak kontak yang telah memilih untuk menerimanya.

Hasilnya adalah kamu bisa meningkatkan penjualan dan berdatangan pelanggan baru hingga berkali lipat hanya dengan WhatsApp saja.

Baca Juga: 20 Contoh Broadcast WhatsApp Promosi yang Ampuh!

  • Atur Pengingat dan Peringatan Otomatis

Kamu bisa mengirimkan pesan pengingat kepada pelanggan tersebut mengenai informasi berupa diskon, promo, atau penawaran menarik lainnya.

Misalnya kamu memberikan pesan pengingat yang berisi peluncuran produk terbaru atau mengingatkan penawaran khusus yang akan segera berakhir.

Fitur peringatan bisa kamu gunakan untuk mengirimkan pesan yang sudah kamu jadwalkan sebelumnya. Misalnya kamu mengatur peringatan untuk mengirimkan pesan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan.

Dengan dua fitur ini dapat menghemat waktu dan usaha untuk mengirimkan pesan dengan tepat waktu.

Baca Juga: Inilah Cara Mudah untuk Kirim Pesan Otomatis di WhatsApp!

  • Pesan Dipersonalisasi di WhatsApp

WhatsApp tidak hanya untuk sekedar chat melainkan dapat menjangkau pelanggan secara luas sesuai dengan mereka.

Pesan yang dipersonalisasikan akan membuat sentuhan secara personal pada pesanmu dengan cara mengirimkan gambar, video, atau sticker yang membuat mereka merasa nyaman dan menyenangkan ketika melakukan percakapan denganmu.

  • Menjaga Layanan Bisnis Sepanjang Waktu dengan WhatsApp Chatbot

Menggunakan WhatsApp Chatbot bisa membantu kamu dalam melayani pelanggan secara penuh selama 24/7. 

Ketika kamu tidak sempat memiliki waktu untuk mengatasi pelanggan memanfaatkan WhatsApp Chatbot menjadi solusi karena dapat merespons secara langsung yang dibutuhkan pelanggan layaknya orang sungguhan.

  • Meningkatkan Efektivitas Website dengan Tombol WhatsApp

Orang mengunjungi suatu website terkadang hanya ingin mengetahui suatu informasi tertentu tanpa adanya tindakan.

Jika kamu ingin meningkatkan tindakan tersebut cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan tombol WhatsApp di dalam website bisnis kamu.

Tombol tersebut dapat mengarahkan pelanggan ke dalam percakapan WhatsApp dan dengan cepat kamu bisa menjawab segala keraguan yang membuat terhambatnya tindakan tersebut, sehingga membuat mereka melakukan tindakan.

  • Tautkan WhatsApp di Semua Platform

Membagikan tautan atau link memudahkan kamu dalam mendapatkan pelanggan baru dengan cepat ditambah dengan ditaruh di semua platform.

Kamu dapat menempatkan link tersebut secara fleksibel bisa di profil media sosial, dalam postingan produk, atau dalam email campaign.

  • Menggunakan Tombol CTA 

Alasan mengapa banyak pelaku bisnis menggunakan WhatsApp Business API adalah karena adanya fitur untuk menambahkan tombol yang dapat di klik yang membuat interaksi pelanggan menjadi menarik dan mudah.

Tombol CTA (Call to Action) digunakan untuk suatu tindakan spesifik seperti “Beli Sekarang atau “Daftar Di Sini” yang membuat pelanggan mengarah ke konversi tersebut.

Komunikasi yang lebih interaktif seperti ini membuat pelanggan merasa puas dan tetap terlibat di dalamnya.

Manfaat WhatsApp Marketing untuk Bisnis Kamu

whatsapp marketing adalah
Sumber: google.com

WhatsApp Marketing memiliki banyak sekali keuntungan yang dapat kamu peroleh salah satunya adalah meningkatkan penjualan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari strategi pemasaran tersebut.

  • Keterlibatan Pengguna yang Tinggi

Tentunya orang banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi mereka.

Dengan begitu, kamu dapat memiliki kesempatan untuk dapat mencapai mereka ditempat yang tepat mereka sering menghabiskan waktunya.

Kamu juga akan terhubung dengan pelanggan tersebut yang akan menciptakan hubungan yang erat dengannya, sehingga membuat mereka menjadi pelanggan setia.

  • Jangkauan Global

Tidak hanya di Indonesia saja kamu bisa juga menjangkau pelanggan dari mancanegara hanya dengan melalui WhatsApp.

Platform ini dapat membuatmu mengeksplorasi pasar baru dan pelanggan baru lebih luas lagi, sehingga bisnismu akan berkembang dengan pesat.

  • Lebih Banyak Konversi

WhatsApp memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya seperti email ataupun SMS.

Itulah alasan banyak pelaku bisnis yang beralih ke WhatsApp untuk strategi promosi bisnis mereka dan juga membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang menciptakan hasil yang nyata.

  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Komunikasi secara personal dan langsung melalui chat berpotensi pelanggan akan tahan dan terus kembali melakukan tindakan pembelian.

Inilah keuntungan yang didapatkan jika kamu menggunakan strategi pemasaran dengan WhatsApp yang sangat efektif dan juga memiliki jangka waktu yang panjang.

  • Analitik

Dengan menggunakan WhatsApp kamu akan diberikan sejumlah alat analitik untuk mengambil data sebagai evaluasi dari performa campaign yang telah kamu buat.

Baca Juga: Simak! 14+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Demikianlah pembahasan mengenai WhatsApp marketing, semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk kamu pelajari lebih dalam strategi untuk pelanggan di bisnis kamu.

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis yang informatif dan menarik lainnya hanya di Everpro!

Kamu juga bisa menggunakan strategi selain penjelasan artikel di atas yaitu dengan menggunakan layanan yang terpercaya dan resmi seperti Everpro Funnel.

Solusi untuk permasalahan bisnismu yang bisa meningkatkan konversi penjualan online dengan sistem terintegrasi.

Terdapat fitur terintegrasi di layanan Everpro Funnel yaitu:

  • LP Builder
  • WA Rotator
  • LPWA Real Chat Tracking
  • Custom Keyboard

Penggunaan fitur di layanan Everpro Funnel ini bisa membuat bisnis kamu menjadi maksimal dan mencapai tujuan target yang ingin dicapai.

Percayakan bisnis online kamu dengan Everpro Funnel dan daftar sekarang juga untuk menikmati banyak keuntungan mulai dari harga Rp 149.000 saja!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan