Simak! 15+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Simak! 15+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Kamu pengguna WhatsApp? Sudahkah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan WhatsApp sebagai media promosi? Simak penjelasan di artikel Everpro di bawah ini!

Meskipun kita semua akrab dengan WhatsApp, sebuah aplikasi pesan instan yang telah mencapai popularitas luar biasa dan sekarang menjadi bagian penting dari rutinitas harian kita, belum banyak yang menyadari bahwa WhatsApp bukan hanya alat komunikasi semata.

Sebaliknya, WhatsApp merupakan sarana yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis.

Dalam tulisan ini, Everpro akan membahas kelebihan dan kekurangan  yang mungkin timbul ketika menggunakan WhatsApp sebagai alat promosi.

Informasi ini akan membantu kamu menentukan apakah platform ini cocok untuk strategi pemasaran bisnis kamu.

Fitur yang Ada di WhatsApp

fitur yang ada di whatsapp
Sumber: Pixabay

WhatsApp memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan bisnis. Dengan kamu memanfaatkan fitur WhatsApp akan berguna untuk promosi bisnismu.

Sebelum kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp sebagai media promosi kamu simak terlebih dahulu fitur yang dikeluarkan oleh WhatsApp, antara lain:

  • Profil Bisnis

Kamu bisa mencantumkan semua identitas informasi bisnis yang kamu promosikan, mulai dari nama toko atau bisnis, alamat, jam kerja, deskripsi, kategori bisnis, dan lain-lain.

Namun, fitur ini bisa kamu temui hanya pada WhatsApp Business.

  • Katalog

Dengan adanya fitur ini kamu bisa menambahkan katalog dari produk dan menampilkan di halaman profile WhatsApp Business kamu.

Dengan begitu, calon pelanggan kamu bisa melihat produk apa saja yang tersedia melalui katalog yang kamu berikan.

  • ChatBot

ChatBot dapat membantu pelanggan kamu untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan seperti mengirimkan detail alamat, bukti pembayaran, dan lain-lain.

  • Alokasi Agent

Dengan fitur Alokasi Agent, kamu dapat mengatur pembagian pesan secara merata kepada seluruh agen atau admin.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki 4 agen dan terdapat 200 pesan masuk setiap harinya di nomor WhatsApp Business kamu, masing-masing agen akan menerima sebanyak 50 pesan masuk.

Transparansi ini mempermudah manajemen pesan dan distribusi tugas di antara tim kamu.

  • Broadcast (WA Blast)

Dengan menggunakan fitur broadcast atau WA Blast, kamu dapat mengirim pesan massal secara bersamaan ke sejumlah besar pelanggan menggunakan template pesan yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Kemampuan ini memberikan fleksibilitas dalam berkomunikasi dengan audiens kamu secara efisien dan terstruktur.

  • Laporan (Log Report)

Dengan fitur Pelaporan Statistik, kamu dapat mengakses laporan kegiatan dan statistik secara terperinci, memungkinkan kamu untuk memantau dan memonitor pencapaian tim secara langsung.

Hal ini membantu kamu dalam mengelola kinerja tim dengan lebih efisien dan akurat.

  • Centang Hijau (Verified Account)

Dengan mendapatkan centang hijau atau green tick di sebelah nama profil bisnis kamu, akun WhatsApp kamu menjadi terverifikasi.

Identifikasi ini sangat berdampak, meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu dan juga kredibilitasnya. Dengan demikian, hal ini dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis kamu di mata pelanggan.

  • Pesan Otomatis

Dengan fitur ini, pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual.

Fitur WA Auto Reply, yang memiliki tiga jenis pesan otomatis, memungkinkan kamu mengirimkan balasan secara otomatis kepada konsumen sesuai dengan waktu yang telah kamu atur sebelumnya.

Ketiga fitur pesan otomatis tersebut meliputi:

  1. Away Message: Memungkinkan kamu membalas pesan secara otomatis meskipun sedang sibuk.
  2. Greeting Message: Berfungsi untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  3. Quick Replies: Memungkinkan kamu untuk memberikan balasan otomatis untuk pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan.
  • Multiple User & Multiple Device

Dengan memanfaatkan fitur WA multi user dan WA multi device, kamu dapat mengakses akun WhatsApp Business dari berbagai perangkat, termasuk handphone, tablet, atau komputer.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan lebih dari satu orang untuk mengakses akun tersebut, baik dari lokasi yang berbeda maupun menggunakan perangkat yang berbeda.

Hal ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam manajemen akun WhatsApp Business kamu.

  • Jam Kerja (Office Hours)

Dengan adanya fitur Office Hours, kamu bisa mengatur jadwal jam kerja bisnis, menampilkan status Online selama jam kerja, dan berubah menjadi Offline setelah jam kerja berakhir.

Sementara itu, untuk memastikan keterlibatan dengan pelanggan di luar jam kerja, kamu dapat memberikan respon informasi pesan yang menyatakan bahwa meskipun saat ini di luar jam kerja, kamu tidak mengabaikan mereka dan akan segera merespons begitu masuk jam kerja nanti.

  • Terintegrasi Aplikasi Lain

Memanfaatkan WhatsApp Business API memungkinkan kamu untuk mengintegrasikan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi lain, seperti Facebook Messenger, Instagram, Line, dan Telegram, ke dalam platform WhatsApp Business kamu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk merespons dan menjawab pelanggan dari berbagai saluran secara cepat dan efisien, semuanya terpusat dalam satu dashboard.

Dengan demikian, integrasi ini memberikan keterpaduan dalam manajemen komunikasi kamu melalui berbagai platform.

Baca selengkapnya

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Banyak orang yang tidak tahu apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp sebagai media promosi. Maka dari itu, berikut ini adalah penjelasan yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan WhatsApp untuk Promosi

kelebihan dan kekurangan whatsapp sebagai media promosi
Sumber: Unsplash
  • WhatsApp Memiliki Banyak Pengguna di Indonesia

WhatsApp memiliki kelebihan besar sebagai media promosi karena jumlah penggunanya yang besar di Indonesia.

Dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulan, WhatsApp menjadi salah satu platform terbesar di negara ini.

Potensi besar ini memberikan peluang untuk mencapai audiens yang luas dan beragam. Dengan demikian, WhatsApp menjadi sarana efektif untuk strategi pemasaran bisnis kamu.

  • Memiliki Fitur yang Lengkap

WhatsApp Business dirancang khusus untuk membantu bisnis berinteraksi dengan pelanggan.

Fitur-fitur seperti profil bisnis, pesan greetings, dan balasan otomatis dapat membantu kamu membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Dengan demikian, WhatsApp Business memberikan alat yang efektif untuk memperkuat keterlibatan dan komunikasi dalam dunia bisnis kamu.

  • Mudah dan Gratis untuk Digunakan

Kelebihan ini memberikan keuntungan signifikan, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memulai promosi bisnismu.

Cukup dengan mengunduh aplikasinya, kamu dapat segera memulai langkah-langkah promosi bisnis tanpa kendala.

  • Orang-Orang Sering Menggunakan WhatsApp

Pengguna secara konsisten membuka WhatsApp setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan bisnis.

Faktor ini meningkatkan peluang pesan promosi kamu untuk dilihat oleh audiens, menciptakan keuntungan komunikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform lainnya.

  • Tersedia Tools Pendukung

Banyak alat pendukung yang dimiliki WhatsApp, seperti WhatsApp Web dan WhatsApp Business API, memungkinkan kamu untuk mengelola pesan dan promosi dengan lebih efisien.

Dengan kemampuan ini, kamu dapat merencanakan pesan promosi, mengotomatisasi tanggapan, dan bahkan mengintegrasikan WhatsApp dengan sistem manajemen pelanggan kamu.

Ini memberikan fleksibilitas dan efisiensi yang tinggi dalam strategi pemasaran dan komunikasi bisnis kamu.

  • Desain yang User Friendly

Semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua, mampu mengoperasikan WhatsApp dengan sangat baik.

Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai pilihan yang sangat sesuai untuk digunakan sebagai media promosi, karena dapat menjangkau berbagai target market tanpa kesulitan.

  • Tombol Call to Action yang Sangat Efektif

Tombol call to action biasanya ditempatkan di website atau landing page. Hampir semua bisnis online menambahkan tombol WhatsApp di situs web mereka sebagai tombol order.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Indonesia tidak begitu akrab dengan tombol “add to cart“, berbeda dengan orang di luar negeri. Oleh karena itu, penggunaan tombol WhatsApp dapat meningkatkan konversi penjualan. 

  • Memiliki Shortlink Sendiri

Dalam bisnis online, link memegang peran yang sangat penting dalam upaya promosi, dan Whatsapp mengenali peluang ini.

Kamu dapat memanfaatkan link shortener Whatsapp, yang lebih mantapnya lagi, link tersebut dapat disesuaikan sesuai keinginan.

Kelebihan ini akan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menjalankan promosi dengan menggunakan link yang lebih singkat, lebih terstruktur, dan lebih tepat sasaran dalam berinteraksi dengan pelanggan. 

  • Dapat Integrasi dengan Facebook dan Instagram

Fitur selanjutnya yang sangat berguna dari WhatsApp adalah kamu dapat mengintegrasikannya dengan Facebook dan Instagram. Dengan begitu kamu dapat lebih mudah terhubung dan berkomunikasi dengan calon pelanggan melalui tiga platform tersebut dan menjangkau pelanggan lebih besar lagi.

  • Terdapat Fitur Labels

Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengelompokkan pesan yang kamu terima. Labels akan memudahkan kamu dalam mengelompokkan kategori pelanggan. Mulai dari pesanan menunggu pembayaran, pelanggan baru, telah membayar atau pesanan selesai.

Kekurangan WhatsApp untuk Promosi

kelebihan dan kekurangan whatsapp sebagai media promosi
Sumber: Pixabay
  • Terdapat Risiko Nomor Dapat Terblokir

Namun, kekurangan yang dimiliki oleh WhatsApp, seperti platform lainnya, adalah adanya risiko pemblokiran nomor akun.

Jika terjadi pelanggaran, seperti melakukan spam atau melanggar aturan penggunaan, risiko terblokirnya nomor WhatsApp kamu menjadi nyata.

Untuk menghindari gangguan kenyamanan pelanggan, perlu dilakukan tindakan pencegahan dan kehati-hatian dalam mengirim pesan promosi.

  • Isi Pesan Terbatas

Pesan WhatsApp terbatas pada teks, gambar, video, dan dokumen. Dengan kreativitas dalam memanfaatkan format pesan yang tersedia, kendala ini dapat diatasi.

Sehingga, meskipun ada keterbatasan, masih ada cara untuk menyampaikan pesan dengan lebih kaya konten. 

  • Broadcast Memiliki Batasan

Jumlah pesan yang dapat kamu kirim dalam satu broadcast di WhatsApp terbatas. Ketika kamu memiliki audiens yang sangat besar, batasan ini mungkin menjadi kendala.

Meskipun begitu, strategi tertentu dapat membantu mengelola dan mengoptimalkan komunikasi dengan audiens yang besar. 

  • Tidak Semua Bisnis Cocok Menggunakan WhatsApp

Mungkin tidak semua jenis bisnis sesuai dengan penggunaan WhatsApp.

Jika bisnis kamu lebih memerlukan platform visual seperti Instagram atau membutuhkan targeting iklan yang lebih spesifik, WhatsApp mungkin bukanlah pilihan terbaik.

Oleh karena itu, dalam memilih platform komunikasi, perlu dipertimbangkan karakteristik khusus dari setiap bisnis.

  • Pengguna Baru Tidak Menerima Notifikasi

WhatsApp tidak memperbaiki kekurangan ini karena tidak memberikan opsi untuk menghindari munculnya tombol WhatsApp otomatis.

Berbeda dengan Telegram, di mana notifikasi muncul di beranda kamu setiap kali ada kontak baru menggunakan Telegram. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk segera menghubungi mereka.

Meskipun ada perbedaan dalam cara notifikasi ditangani, namun penting untuk mencari solusi efektif untuk mengelola interaksi kontak baru dalam setiap platform.

  • Membuat Memori Penuh

Mengirim foto di WhatsApp tidak optimal, terutama bagi pengguna smartphone dengan kapasitas memori terbatas. Semua foto yang dikirimkan menyebabkan memori ponsel penuh.

Sebaliknya, Telegram menyediakan opsi untuk menyimpan gambar pada server Telegram, memberikan fleksibilitas lebih dalam pengelolaan memori.

Meskipun ada perbedaan pendekatan antara kedua platform, penting untuk mempertimbangkan opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan perangkat pengguna.

Tips Menggunakan WhatsApp sebagai Media Promosi yang Efektif

kelebihan dan kekurangan whatsappa sebagai media promosi
Sumber: Pixabay

Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan WhatsApp sebagai media promosi ada beberapa tips untuk kamu menggunakan WhatsApp dengan bijak dan efektif sebagai berikut.

  • Menentukan Target Pelanggan

Dalam merancang strategi pemasaran, mengenali audiens atau target pelanggan menjadi kunci utama.

Dengan memahami siapa target pelanggan, kamu dapat mengatur strategi marketing WhatsApp yang sesuai, termasuk pemilihan bahasa, desain, dan konten yang dikirimkan ke setiap kategori audiens. 

  • Menawarkan Promo atau Voucher Khusus

Dengan menawarkan diskon atau promo khusus melalui WhatsApp, bisnis kamu menciptakan pengalaman yang membuat pelanggan merasa istimewa dan mendapatkan keuntungan.

Hal ini tidak hanya meningkatkan kecenderungan pelanggan untuk membeli produk atau layanan, tetapi juga membangun hubungan yang lebih baik dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand bisnis kamu. 

  • Personalisasi Pesan

Kedekatan personal yang terjalin melalui pesan ini akan memperkuat hubungan antara pelanggan dan bisnis, sehingga potensi pelanggan menjadi pelanggan potensial pun semakin meningkat.

Untuk mempermudah pengiriman pesan dipersonalisasi, kamu dapat memanfaatkan fitur WhatsApp Blast.

Fitur ini memungkinkan kamu mengirim pesan secara massal dengan menyebutkan nama pelanggan berdasarkan nama kontak yang kamu simpan.

  • Membuat Konten Berkualitas

Tujuan pemasaran melalui WhatsApp adalah kemampuan untuk membuat dan mengirimkan pesan yang singkat dan menarik.

Misalnya, dengan menciptakan konten promosi yang sesuai dengan karakteristik bisnis kamu, dengan memperhatikan target pelanggan, usia pelanggan, jenis kelamin, dan kebutuhan mereka.

Penggunaan konten berkualitas ini mampu signifikan meningkatkan penjualan bisnis. 

  • Analisis Performa Kampanye WhatsApp

Analisis proses ini memberikan informasi penting terkait efektivitas kampanye yang telah dilakukan, seperti evaluasi terhadap jumlah pesan yang terkirim, tingkat konversi, dan ROI yang berhasil dicapai.

Perusahaan dapat mengevaluasi sejauh mana kampanye berhasil mencapai tujuan yang diinginkan dan menentukan cara untuk meningkatkan efektivitas kampanye selanjutnya dengan menganalisis performa kampanye WhatsApp.

Selain itu, analisis performa juga membantu perusahaan mengidentifikasi kekurangan dalam strategi yang telah diterapkan, sehingga memungkinkan mereka untuk memperbaiki strategi guna mencapai hasil yang lebih optimal.

  • Membuat Daftar Broadcast

Langkah berikutnya adalah membuat daftar kontak pelanggan. Pelanggan dapat membedakan antara pelanggan baru, lama, dan pelanggan loyalitas dengan menyusun daftar ini berdasarkan minat dan kebutuhan mereka.

Dengan memiliki daftar kontak pelanggan yang terorganisir, kamu dapat mengirimkan pesan melalui WhatsApp Broadcast yang sesuai dengan promosi bisnis secara massal.

Sehingga, potensi penjualan dapat meningkat karena pesan dikirimkan sesuai dengan target sasaran.

  • Membuat ChatBot

Menggunakan chatbot dapat meningkatkan efisiensi dan respons dalam menangani pesan masuk dari pelanggan.

Chatbot yang diprogram dengan baik mampu memberikan jawaban cepat terkait pertanyaan umum dari pelanggan, mengurangi beban tim customer service dalam menjawab pertanyaan yang sering muncul.

Dengan adanya chatbot, pengalaman pelanggan dalam mendapatkan respons pesan dapat menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memberikan nilai tambah bagi perusahaan. 

  • Menggunakan CTA (Call To Action)

Dalam promosi WhatsApp, pemanfaatan CTA (Call-to-Action) menjadi strategi yang dapat memandu pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi landing page, melakukan pembelian, atau menghubungi customer service.

Selain itu, penggunaan CTA juga berperan dalam mengukur efektivitas kampanye promosi WhatsApp.

Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan penyesuaian pada strategi yang kurang efektif dan memperkuat strategi yang telah terbukti sukses. 

  • Mendapatkan Umpan Balik Secara Berkala

Mengirimkan pertanyaan kepada kontak pelanggan melalui WhatsApp dapat menjadi strategi efektif. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat memperoleh umpan balik yang relevan dan valid dari pelanggan.

Dengan merespons umpan balik tersebut secara langsung di dalam aplikasi, kamu dapat memperbaiki atau meningkatkan produk atau layanan bisnis sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. 

Baca Juga: 5 Contoh Template Greeting Message WhatsApp Business

Demikian pembahasan mengenai WhatsApp sebagai media promosi, namun kamu perlu ingat bahwa untuk tidak mengirimkan pesan berlebihan yang bisa membuat pelanggan merasa terganggu privasinya.

Semoga kamu yang ingin memaksimalkan WhatsApp sebagai media promosi terbaik untuk bisnis yang sedang dikembangkan dapat memperoleh manfaat dari informasi ini.

Jangan lupa untuk share ke media sosialmu dan nantikan artikel berikutnya untuk bisnis kamu menjadi lebih baik hanya di Everpro, ya!

Artikel terkait

Simak! 15+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Simak! 15+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi Simak! 15+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi Kamu pengguna WhatsApp? Sudahkah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan WhatsApp sebagai media promosi? Simak penjelasan di artikel Everpro di bawah ini! Register Meskipun kita semua akrab dengan WhatsApp, sebuah aplikasi pesan instan

Baca Selengkapnya
Masih ragu sama fiturnya?
Daftar dan cobain dulu deh, GRATIS!
Menu
© 2024 Everpro by Evermos.