everpro

Yuk, Cari Tahu! 6 Contoh Company Profile Perusahaan yang Baik dan Benar

Masih bingung dengan company profile yang benar? Simak artikel ini untuk mengetahui contoh company profile yang bisa kamu jadikan referensi agar branding perusahaan kamu makin menarik!

Perusahaan yang memiliki branding yang baik biasanya memiliki company profile yang menginformasikan perusahaan itu secara lebih detail.

Tapi masih banyak kita temukan perusahaan yang company profilenya kurang menarik yang berdampak kepada branding dari perusahaan itu sendiri.

Bagaimana sih cara membuat company profile yang baik agar branding perusahaan dapat terlihat bagus dan menarik? Nah, pada artikel ini kami akan coba mengupas tuntas cara pembuatan company profile spesial untuk kamu.

Eitss tapi tidak hanya itu kami juga akan memberikan contohnya agar kamu bisa menjadikannya referensi. Sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya?

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Company Profile

contoh company profile perusahaan
Sumber: pexels.com

Sebelum kami membahas cara membuatnya, mari kita bahas sedikit penjelasan dari company profile. Company profile merupakan sebuah dokumen tertulis yang memuat gambaran umum sebuah perusahaan.

Informasi yang ada di dalamnya meliputi produk yang dibuat, alamat, dan visi misi dari perusahaan. Umumnya berisi seputar gambaran umum terkait perusahaan.

Dengan beberapa informasi yang ada didalamnya tersebut company profile berguna untuk salah satu alat branding agar klien atau calon mitra bisnis tertarik dengan sebuah perusahaan.

Company profile dapat ditemukan dalam beberapa format mulai dari buku, situs internet, brosur, bahkan aplikasi aplikasi pada smartphone. Karyawan pada bidang marketing biasanya orang yang bertanggung jawab dalam membuat company profile.

Hal yang Harus Diperhatikan 

Ada beberapa unsur yang harus kamu perhatikan dalam membuat company profile. Unsur ini harus kamu perhatikan dengan baik agar company profile yang kamu buat dapat menarik dan sesuai dengan tujuannya yakni branding perusahaan.

Berikut adalah beberapa unsur yang harus kamu perhatikan dalam membuat company profile yang baik:

  • Desain yang Unik dan Menarik
  • Pemilihan warna sesuai dengan identitas perusahaan
  • Struktur dokumen rapi
  • Mudah dimengerti, dibaca dan tidak terlalu panjang
  • Memiliki resolusi tinggi (jika berbentuk hard copy)
  • Menyisipkan gambar atau ilustrasi yang menarik

Struktur pada Company Profile

Struktur pada company profile sebenarnya berbeda-beda tergantung dengan tujuan, media, dan target audiens dari perusahaan itu sendiri. Namun, secara garis besar ada beberapa elemen yang sering ditemukan dalam company profile, yaitu:

  • Cover

Elemen pertama yang ada pada company profile adalah cover. Halaman ini memuat beberapa unsur seperti nama perusahaan, logo, dan slogan perusahaan.

Cover merupakan salah elemen yang penting dalam company profile sehingga harus dibuat dengan menarik dan mencerminkan identitas dari perusahaan.

  • Profil Perusahaan

Elemen selanjutnya setelah cover adalah profil perusahaan. Pada halaman ini ada beberapa bagian yang ada di dalamnya. Mulai dari latar belakang, asal mula, dan perkembangan perusahaan dari awal berdiri sampai saat ini.

Bagian ini dapat berisi informasi tentang pendiri perusahaan, tanggal berdiri, lokasi perusahaan, milestone, pretasi dan lain-lain yang berkaitan dengan perusahaan.

  • Visi dan Misi Perusahaan

Pada bagian ini berisi tujuan dan nilai-nilai yang perusahaan anut. Visi merupakan gambaran tentang apa yang ingin perusahaan capai di masa depan. Sedangkan misi adalah cara atau strategi yang perusahaan lakukan guna mencapai visinya.

  • Tim atau Jajaran Perusahaan

Selanjutnya adalah elemen yang beirisi tim atau jajaran dari perusahaan. Bagian ini berguna untuk memperkenalkan orang-orang penting yang terlibat dalam manajemen dan operasional perusahaan.

Bagian ini dapat berisi struktur jajaran mulai dari nama, jabatan, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan foto tim atau jajaran perusahaan.

  • Relasi Perusahaan

Pada bagian selanjutnya ini menunjukkan hubungan dan kerjasama perusahaan dengan pihak-pihak lain, seperti mitra bisnis, vendor, supplier, investor, media, komunitas, pemerintah dan lain-lain.

Bagian ini dapat berisi testimoni, sertifikat, penghargaan, portofolio klien, dan lain sebagainya.

  • Penutup

Terakhir yaitu halaman penutup, halaman yang beirsi informasi seperti kontak dan alamat perusahaan. Bagian ini juga dapat berisi pesan atau ajakan kepada pembaca untuk menghubungi atau berkunjung langsung ke perusahaan.

Baca juga: 15+ Strategi Promosi Paling Efektif yang Dapat Membantu Bisnis Mencapai Tujuan

10 Contoh Company Profile Menarik 

Berikut ada beberapa company profile menarik dari beberapa format dan jenis perusahaan yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat company profile:

1. Format Buku

Format buku merupakan format yang tak jarang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam membuat company profile. Dengan format buku dapat mencakup banyak informasi yang membuat branding lebih dapat tersampaikan dengan baik.

Berikut contoh company profile dengan format buku:

company profile format buku
Sumber: google.com

2. Format Brosur

Format brosur bisa kamu gunakan untuk membuat company profile yang lebih ringkas dan padat. Cocok sekali untuk informasi yang to the point tanpa bertele-tele.

Berikut contoh dalam format brosur:

company profile format brosur
Sumber: google.com

3. Format Power Point atau Presentasi

Company profile juga bisa kamu buat dalam format power point atau slide presentasi. Berguna untuk mempresentasikannya kepada klien atau perusahaan lain.

Berikut contohnya:

company profile format presentasi
Sumber: google.com

Jika kamu tertarik dengan contoh slide presentasi di atas kamu bisa download templatenya dengan mengklik tombol di bawah ini!

DOWNLOAD TEMPLATE

4. Format Website

Selajutnya yaitu format website yang bisa kamu buat dan tulis di website resmi perusahaan. Sehingga klien dapat melihat langsung di website resmi perusahaan.

Contoh format website:

company profile format website
Sumber: google.com

5. Format Video

Kamu juga bisa membuat company profile dalam format video yang menarik. Hal ini berguna untuk memberikan kesan berbeda dengan tulisan dan format lainnya. Kamu bisa menyesuaikan video company profile yang kamu buat dengan identitas perusahaan.

Contoh company profile format video:

company profile format video
Sumber: google.com

LINK VIDEO

6. Format Aplikasi Smarthphone

Terakhir, kamu juga bisa membuat company profile pada aplikasi milik perusahaan kamu. Company profile pada aplikasi biasanya terletak pada halaman About Us.

Contoh format pada aplikasi:

company profile format aplikasi
Sumber: google.com

Demikianlah beberapa contoh company profile yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat company profile yang baik dan menarik untuk branding perusahaan.

Kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu dan baca artikel bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya