everpro

7 Contoh Internet Marketing yang Sukses, Bisa Jadi Referensi!

Sedang mencari referensi bisnis dari berbagai jenis internet marketing? Simak 7 contoh internet marketing yang sukses untuk bisnis.

Dalam menjalankan bisnis, marketing atau pemasaran merupakan elemen yang sangat penting.

Pasalnya dengan menjalankan pemasaran, bisnis dan produk atau layanannya dapat diketahui secara luas.

Kini, terdapat berbagai cara dalam menjalankan pemasaran, baik itu secara langsung maupun online dengan internet marketing.

Internet marketing sendiri menjadi strategi pemasaran yang ampuh karena dapat menjangkau target konsumen lebih mudah. 

Namun, perlu mempelajari berbagai contoh sukses agar dapat menjalankan pemasaran internet marketing dengan optimal.

Oleh karena itu, simak artikel contoh internet marketing ini hingga selesai ya.

Jenis-Jenis Internet Marketing

jenis-jenis pemasaran online
Sumber: pexels.com

Internet marketing atau pemasaran online adalah suatu strategi pemasaran yang memanfaatkan internet sebagai media utama untuk mempromosikan produk dan/atau  jasa.

Di era digital seperti sekarang, internet marketing menjadi cara yang sangat efektif untuk mencapai target yang luas dengan biaya relatif lebih murah.

Untuk menjalankan pemasaran melalui saluran internet, tentu perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Melansir dari situs OBERLO, setidaknya ada 7 (tujuh) jenis internet marketing, antara lain:

  1. Search Engine Optimization (SEO): proses optimasi konten situs web agar mendapat peringkat teratas pada hasil mesin pencari, seperti Google.
  2. Search Engine Marketing (SEM): penggunaan iklan berbayar agar konten situs web mendapat peringkat lebih baik di hasil mesin pencari dan meraih pengunjung lebih banyak pengunjung.
  3. Social Media Marketing: memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa.
  4. Content Marketing: berfokus pada produksi konten berkualitas tinggi dan relevan dengan target pasar untuk memberi nilai tambah bagi pengguna dan membangun hubungan jangka panjang dengan target konsumen.
  5. Email Marketing: pemanfaatan Email untuk berkomunikasi dengan konsumen atau target konsumen.
  6. Influencer Marketing: pemasaran melalui influencer atau selebriti di media sosial untuk mempromosikan produk maupun jasa bisnis. 
  7. Affiliate Marketing: bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mempromosikan produk atau jasa melalui link atau referral code yang mereka bagikan.

Masing-masing dari ketujuh jenis internet marketing ini memiliki berbagai strategi dan taktik yang berbeda. Terlebih, jenis-jenis internet marketing ini saling melengkapi dan dapat menggunakannya secara bersamaan.

Baca juga: 8+ Pelatihan Internet Marketing Terbaik 2023, Bisa Online!

Contoh Internet Marketing

contoh internet marketing
Sumber: pexels.com

Terdapat banyak jenis internet marketing yang bisa bisnis dimanfaatkan, dengan menggunakan ketujuh jenis tersebut bisnis bisa lebih mudah untuk mencapai target.

Agar lebih memahami cara penggunaannya, perhatikan beberapa contoh internet marketing berikut ini:

Contoh Internet Marketing – SEO

contoh internet marketing
Sumber: everpro.id

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk mengoptimalkan website agar muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin telusur, seperti Google. 

Berikut ini adalah beberapa contoh dalam penerapan SEO:

  1. Penentuan kata kunci yang tepat, berdasarkan apa yang sering pengguna cari di mesin telusur.
  2. Judul halaman (title tag) dan deskripsi (meta description) yang menarik dan informatif.
  3. Isi konten yang berkualitas dan relevan dengan judulnya.
  4. Penggunaan tag heading yang optimal (H1, H2, H3, dan seterusnya) agar mesin pencari mudah memahami struktur konten.
  5. Menggunakan tautan internal dan eksternal.
  6. Penggunaan gambar yang optimal (kompres ukuran gambar dan beri nama file yang deskriptif), agar membantu situs memuat konten lebih cepat.
  7. Responsif terhadap perangkat seluler.

Contoh Internet Marketing – SEM

contoh internet marketing
Sumber: everpro.id

Search Engine Marketing (SEM) adalah contoh internet marketing yang melibatkan penggunaan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas ke situs web.

Adapun contoh internet marketing dalam SEM adalah Google Ads, Facebook Ads, dan BingAds. Gambar diatas adalah contoh Google Ads sebagai penerapan internet marketing.

Contoh Internet Marketing di Social Media 

contoh internet marketing
Sumber: everpro.id

Contoh internet marketing dalam Social Media adalah dengan memanfaatkan media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya untuk mempromosikan produk atau jasa.

Internet marketing melalui media sosial dapat membangun brand awareness, meningkatkan engagement, serta mengarahkan pengguna untuk mengunjungi website hingga mendorong terjadinya transaksi.

Pada gambar di atas Kopi Kenangan menjalankan strategi Social Media Marketing melalui Instagram untuk menawarkan promo terbarunya.

Content Marketing

pemasaran konten
Sumber: traveloka.com

Content marketing adalah strategi internet marketing yang memfokuskan pada konten yang berkualitas tinggi dan relevan dengan target pasar. 

Adapun contoh dari content marketing adalah melalui blog, artikel, video, podcast, atau jenis konten lainnya untuk memberi nilai tambah bagi pengguna, serta membangun hubungan jangka panjang dengan target konsumen.

Gambar di atas adalah contoh content marketing yang Traveloka lakukan dengan membuat Content Marketing berupa artikel di situs webnya. Tak sebatas melalui situs web, konten juga bisa terdapat di media sosial maupun platform lain.

Email Marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau target pasar. 

Dalam contoh internet Marketing melalui Email ini bisnis dapat mengirimkan newsletter, promo, atau informasi terkait produk atau jasa. 

Adapun tujuan Email marketing ini, yakni untuk membangun brand awareness, memperluas jangkauan, dan meningkatkan konversi.

Berikut adalah contoh email marketing dari Duolingo:

newsletter pemasaran email
Sumber: google.com

Influencer Marketing

contoh internet marketing
Sumber: everpro.id

Contoh internet marketing selanjutnya adalah melalui influencer atau selebriti yang mempromosikan produk atau jasa bisnis melalui channel mereka. 

Dalam strategi ini, bisnis bekerja sama dengan influencer yang memiliki audiens tinggi dan relevan dengan target konsumen bisnis, sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan konversi.

Contoh pada gambar adalah bentuk influencer marketing dari Grab bersama Atta Halilintar yang merupakan selebriti sekaligus influencer kenamaan di Indonesia.

Affiliate Marketing

Strategi internet marketing lainnya adalah melalui kerja sama dengan pihak ketiga untuk mempromosikan jasa atau produk melalui link atau referral code yang mereka bagikan di platformnya sendiri.

Dalam contoh internet marketing ini, perusahaan akan memberi komisi dari setiap penjualan melalui link atau kode referal yang mereka bagikan. Adapun contoh perusahaan yang menjalankan strategi ini adalah Shopify.

Shopify Affiliate Program: program afiliasi dari sebuah e-commerce terkemuka, yang menawarkan komisi kepada para afiliasinya mencapai 200% dari biaya bulanan Shopify yang pengguna pilih.

Demikian berbagai contoh internet marketing yang bisa menjadi referensi untuk bisnis anda.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan menarik lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya