everpro

8+ Pelatihan Internet Marketing Terbaik 2024, Bisa Online!

Sedang mencari referensi tempat belajar internet marketing terbaik? Simak rekomendasi pelatihan internet marketing online & offline berikut.

Di era digital yang semakin berkembang pesat ini, internet marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk dikuasai. 

Hal ini karena dengan internet marketing, bisnis atau produk bisnis dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. 

Namun, untuk menguasai internet marketing, perlu memiliki keterampilan yang memadai. Cara untuk mengasah kemampuan tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan.

Bagi anda yang masih mencari sarana atau tempat untuk memperdalam ilmu internet marketing, baca ulasan tentang pelatihan internet marketing ini sampai selesai ya!

Pentingnya Belajar Internet Marketing

pelatihan internet marketing
Sumber: pexels.com

Internet marketing merupakan bagian dari pemasaran digital atau digital marketing. Melansir dari situs Search Engine Journal pengertian dari internet marketing adalah:

“Internet marketing adalah suatu bentuk promosi perusahaan dan produk atau layanannya melalui alat online yang menghasilkan leads, mengarahkan traffic, dan meningkatkan penjualan.”

Berdasarkan pengertiannya sendiri, maka penggunaan internet marketing sebagai salah satu cara promosi sangatlah penting. Namun, untuk bisa menguasai bidang ini membutuhkan pelatihan khusus.

Adapun alasan lain untuk mengikuti pelatihan internet marketing adalah berikut ini:

  • Mengoptimalkan Online Presence

Pemanfaatan channel internet marketing seperti media sosial, SEO, dan konten pemasaran, bisnis dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas di internet. 

Semakin besarnya online presence, maka akan semakin mudah juga bagi konsumen untuk menemukan bisnis dan membeli produk atau jasa yang bisnis tawarkan. 

  • Dapat Meningkatkan Target Pasar

Salah satu keuntungan dari internet marketing yaitu kemampuan untuk bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dan spesifik. 

Dalam hal ini, belajar internet marketing akan membantu bisnis untuk memahami target audiens dan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target tersebut. 

  • Meningkatkan Penjualan

Belajar internet marketing dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa. Dengan penggunaan strategi pemasaran yang tepat, bisnis dapat membangun citra merek yang kuat dan memperluas pasar yang dapat meningkatkan peluang penjualan.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran

Dengan menjalankan internet marketing, bisnis dapat mengurangi biaya pemasaran. Hal ini karena cara memasarkan yang melalui media online seperti media sosial, email marketing, serta SEO tidak membutuhkan biaya besar, bahkan bisa tanpa biaya.

  • Menyediakan Analisis Data

Dengan melakukan pemasaran melalui internet seperti media sosial serta email marketing, bisnis bisa memiliki database target konsumen. 

Kemudian bisa melakukan analisis data untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Rekomendasi Tempat Pelatihan Internet Marketing Offline

pelatihan internet marketing
Sumber: pexels.com

Setelah mengerti pentingnya internet marketing bagi bisnis, maka perlu mengetahui tempat pelatihan internet marketing.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tempat pelatihan internet marketing offline yang bisa menjadi referensi:

  • Pelatihan Internet Marketing di Digimart Academy

Rekomendasi pelatihan internet marketing yang pertama adalah Digimart Academy, yang berbasis di Jakarta.

Lembaga ini menyediakan berbagai jenis materi internet marketing seperti Google AdWords, Facebook Ads, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, dan Content Marketing.

Digimart Academy juga memiliki program pelatihan yang fleksibel, dengan jadwal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta.

  • Skill Academy

Terdapat juga rekomendasi lainnya, yaitu Skill Academy yang merupakan lembaga pelatihan internet marketing di Bandung. 

Lembaga ini menyediakan berbagai materi pembelajaran internet marketing seperti Google AdWords, Facebook Ads, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, dan Affiliate Marketing. 

Selain itu, Skill Academy terdapat juga pelatihan untuk teknologi terkini seperti Blockchain, Artificial Intelligence, dan Internet of Things (IoT).

  • Niagahoster Academy

Niagahoster Academy merupakan lembaga pelatihan yang berada di Yogyakarta. 

Tersedia berbagai jenis pelatihan internet marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, Email Marketing, dan Content Marketing. 

Niagahoster Academy juga memiliki program pelatihan secara online, sehingga memudahkan peserta untuk mengikuti pelatihan dari mana saja.

  • Sisfo Kampus

Rekomendasi lainnya adalah Sisfo Kampus yang berbasis di Surabaya. Lembaga ini menyediakan pelatihan internet marketing seperti Google AdWords, Facebook Ads, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, dan Content Marketing.

Sisfo Kampus juga menyediakan program pelatihan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta, seperti pelatihan untuk pemula atau pelatihan untuk bisnis skala besar.

  • DigitalMarketer.id

Rekomendasi tempat untuk belajar internet marketing di Jakarta lainnya adalah DigitalMarketer.id.

Tersedia berbagai materi internet marketing seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google AdWords, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, dan Content Marketing.

DigitalMarketer.id juga memiliki program pelatihan yang dapat peserta ikuti secara online atau offline, sehingga memudahkan peserta untuk memilih jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Yuk, Simak! Pengenalan Internet Marketing Bagi Pebisnis Pemula

Pelatihan Internet Marketing Online

pelatihan internet marketing
Sumber: pexels.com

Tak hanya secara online, terdapat juga berbagai lembaga belajar internet marketing secara online. Pelatihan secara online bisa menjadi alternatif bagi  yang sibuk dan sulit untuk mengikuti pelatihan secara langsung. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tempat pelatihan internet marketing secara online:

  • Udemy

Rekomendasi pelatihan internet marketing secara online yang pertama adalah Udemy, platform belajar online yang menyediakan ribuan kursus dari berbagai bidang, termasuk internet marketing.

Terdapat berbagai jenis kursus marketing seperti Digital Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain sebagainya. 

Anda dapat mengikuti pelatihan di Udemy dengan harga yang terjangkau dan sering terdapat diskon yang cukup menarik.

  • Pelatihan Internet Marketing – Coursera

Coursera merupakan platform online yang menyediakan kursus dari berbagai universitas di seluruh dunia. 

Terdapat berbagai jenis kursus marketing seperti Digital Marketing, Branding, Marketing Analytics, dan lain-lain. 

Kursus internet marketing di Coursera dapat diakses secara gratis atau berbayar tergantung dari kebijakan penyedia kursus. 

Setelah menyelesaikan kursus, peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti keahlian.

  • Skillshare

Pelatihan online lainnya yang bisa anda ikuti adalah melalui Skillshare yang menyediakan ribuan kursus dari berbagai bidang, termasuk internet marketing. 

Terdapat berbagai jenis kursus marketing seperti Digital Marketing, Branding, Social Media Marketing, dan lain-lain. 

Skillshare menawarkan pelatihan dengan harga terjangkau dan terkadang terdapat juga diskon menarik.

  • LinkedIn Learning

Platform belajar internet marketing secara online juga bisa melalui LinkedIn Learning yang terintegrasi dengan jejaring sosial LinkedIn. 

Terdapat berbagai jenis kursus marketing seperti Digital Marketing, Social Media Marketing, Branding, dan lain-lain. 

Peserta bisa mengikuti pelatihan di LinkedIn Learning dengan harga yang terjangkau, bahkan gratis. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan sertifikat yang dapat dijadikan sebagai bukti keahlian.

  • Google Digital Garage

Google Digital Garage merupakan platform belajar online yang resmi dari Google. Terdapat berbagai jenis kursus marketing seperti Digital Marketing, Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, dan lainnya. 

Pelatihan internet marketing di Google Digital Garage dapat peserta akses secara gratis dan akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti keahlian.

Itulah berbagai rekomendasi pelatihan internet marketing secara offline maupun online yang bisa menjadi referensi.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya