everpro

Inilah 4+ Contoh Label Makanan yang Menarik Perhatian dan Menjual Produk

Kamu sedang mencari inspirasi label makanan? Yuk, simak artikel contoh label makanan dan temukan contoh yang dapat menarik perhatian dan menjual!

Serba digital dan visual membuat label makanan tidak bisa lagi berfungsi untuk memberikan informasi saja, namun dapat menarik perhatian dan menjual produk.

Label yang dibuat dengan menarik akan menggoda pembeli untuk menarik perhatian mereka membeli yang bisa membuat mereka jatuh cinta dengan produk kamu.

Everpro akan membahas contoh label makanan beserta tips membuatnya menjadi menarik, sehingga kamu menonjol dari para pesaing. Yuk, simak sampai habis!

Baca Juga: Makin Laris! 10+ Cara Edit Foto Makanan untuk Jualan Online yang Wajib Diketahui Pemula

Pengertian Label Makanan

Label makanan ialah keterang suatu produk berupa gambar, tulisan, atau kombinasi dari kedua hal tersebut yang menjadi sumber informasi di dalam suatu kemasan.

Letak label makanan biasanya terletak di bagian depan maupun belakang kemasan. Diyakini sebagai alat pemasaran yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dari calon pembeli.

Dari situlah penjualan produk kamu bisa meningkat karena informasi yang lengkap dan juga desain yang menarik.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kamu perhatikan isi dalam label makanan dan juga desain untuk menarik perhatian dan juga memberikan informasi yang valid terkait produk yang ditawarkan.

Jenis Label Produk

Berdasarkan fungsi dan klasifikasi ada beberapa jenis label produk yang bisa kamu gunakan sesuai dengan industri produk kamu. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis label produk yang perlu kamu pahami dan pelajari.

  • Label Merek (Brand Label)

Sebuah merek atau logo yang ada di dalam kemasan produk adalah label merek atau brand label. 

Letak label ini bisa dimana saja dan bertujuan untuk menjelaskan pembuat dari produk tersebut dan membuat ciri khas suatu perusahaan terlihat jelas.

  • Label Deskriptif (Descriptive Label)

Fungsi label ini adalah untuk menjelaskan suatu produk, misalnya dengan penggunaan kata “100% bebas pengawet” “Dibuat dari 100% dari bahan organik”.

Produk yang menggunakan label ini wajib untuk menyertai keterangan di label kemasan karena memiliki makna yang luas bisa cara pemakaian atau ciri-ciri produk.

Format label ini biasanya kebanyakan digunakan untuk produk makanan kaleng, tepung bumbu, dan lain-lain.

  • Label Produk (Product Label)

Jenis label satu ini sering sekali digunakan oleh banyak pelaku bisnis. 

Informasi didalam label produk adalah bahan tambahan, komposisi, isi produk, tanggal kadaluarsa, bahan dasar, informasi gizi, kandungan, legalitas.

Semua itu harus ada termasuk sertifikasi halal dari MUI. Poin tersebut wajib dicantumkan karena memanfaatkan ruang kemasan produk, sehingga kamu perlu mengaturnya saat membuat desain label produk makanan.

  • Label Tingkat (Grade Level)

Jenis berikutnya berfungsi untuk memberi tahu mutu atau tingkat tingkat suatu produk misalnya menambahkan kode tertentu seperti ukuran baju S, M, L, XL.

Banyak digunakan di industri wearable karena membuat calon pembeli dengan mudah saat ingin membeli suatu barang.

Baca Juga: 150+ Contoh Slogan Makanan Yang Menarik dan Kreatif

Manfaat Label Makanan

Dengan adanya label makanan, produk dari perusahaan kamu akan dinilai lebih kredibel atau dipercaya. Bisa menjadi pengaruh berhasil atau gagalnya suatu produk dalam persaingan bisnis.

Berikut adalah beberapa pemaparan manfaat label makanan yang perlu kamu simak.

  • Alat Pemasaran

Packaging suatu produk adalah alat pemasaran yang paling bisa menjangkau atau dekat dengan calon pembeli karena berpotensi mereka menyimpan packaging dalam jangka waktu lama.

Dengan begitu bisa sebagai promosi dan juga packaging pastinya memiliki label produk dan merek tertera disitu.

Baca Juga: 100+ Contoh Kalimat Promosi Kreatif, Dijamin Ampuh untuk Pikat Pelanggan!

  • Pertimbangan Pembeli

Ketika kita diposisikan sebagai calon pembeli pastinya sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk kita akan melihat label yang tertera di packaging produk terlebih dahulu.

Informasi juga memiliki peranan penting dalam menarik calon pembeli untuk meyakinkan calon pembeli membeli suatu produk.

  • Menguatkan Merek

Merek yang tertera di tiap kemasan produk bisa menjadi ciri khas suatu perusahaan sekaligus menjadi pembeda dari kompetitor yang bergerak di satu bidang yang sama.

Kamu bisa mengenalkan perusahaan atau produk melalui label sebagai alat yang mudah untuk diraih calon pembeli.

  • Penilaian Konsumen

Terlihat jelas gambaran produkmu dengan label ketika dibeli oleh pembeli. Berisi keterangan lengkap, sehingga berpotensi pembeli akan melakukan pembelian kembali.

Perkembangan produk sangat dipengaruhi dari respon positif yang diberikan oleh calon pembeli dan bisa memberikan pengaruh baik.

Contoh Label Makanan yang Menarik Perhatian dan Menjual Produk

Ada beberapa contoh label makanan yang bisa kamu jadikan contoh atau inspirasi untuk bisnis makanan kamu supaya laris manis. Berikut contoh yang bisa kamu lihat.

  • Label Merek (Brand Label)

contoh label makanan

  • Label Deskriptif (Descriptive Label)

contoh label makanan

  • Label Produk (Product Label)

contoh label makanan

  • Label Tingkat (Grade Label)

contoh label makanan

Tips Membuat Label Makanan yang Menarik

Ada beberapa hal yang kamu perlu kamu perhatikan untuk membuat label makanan dilihat menarik di mata calon pembeli. Berikut ini adalah beberapa tips membuat label makanan yang menarik untukmu.

  • Isi Label yang Spesifik

Memiliki desain yang sederhana dan informasi yang spesifik sesuai dengan jenis produk sangatlah penting dalam membuat label makanan.

Hal ini bertujuan agar calon pembeli dengan mudah membaca dan memahami manfaat yang diberikan oleh produk kamu.

Untuk dibaca dengan jelas kamu perlu membuat contoh deskripsi produk tersebut singkat, padat, dan jelas.

  • Perhatikan Peraturan Pemerintah

Agar produk kamu aman dalam segi penjualan, maka peraturan pemerintah wajib untuk kamu ikuti di dalam label makanan.

Akan menjadi sia-sia jika kamu sudah membuat desain dengan menarik, namun tidak diizinkan untuk dijual belikan.

  • Bisa Menarik Perhatian Calon Pembeli

Kamu perlu memikirkan untuk membuat desain yang berpotensi untuk membuat calon pembeli berhenti dan fokus pada produkmu.

Desain yang bosan akan tidak menarik dan dilewati oleh calon pembeli, sehingga produk kamu tidak akan dilakukan pembelian olehnya.

  • Buat Label Makanan yang Eye Catchy

Penggabungan warna dan memainkan tema dari produk makananmu bisa membuat label makanan semakin eye catchy di mata calon pembeli.

Pastikan pemilihan warna sesuai dengan produk kamu dan desain dari produk agar menciptakan kombinasi yang selaras yang menarik dan keren untuk dilihat.

Selesai sudah pembahasan mengenai contoh label makanan yang bisa kamu pelajari. Semoga dengan adanya informasi artikel ini membuat kamu mendapatkan inspirasi yang cemerlang.

Intinya adalah kamu perlu tahu bagaimana produk makanan yang dimiliki dan menyesuaikannya ketika membuat label agar menarik untuk dilihat.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan