20 Contoh Landing Page Gacor untuk Berbagai Bisnis

Salah satu cara yang berguna sebagai jalur menarik pelanggan bagi suatu bisnis adalah penggunaan landing page. Apa yang dimaksud landing page serta tujuannya bagi bisnis? bagaimana cara membuat landing page dan seperti apa contoh landing page yang baik?

Landing page merupakan halaman yang mempunyai fungsi khusus dalam website. Halaman ini biasanya bertujuan untuk mendorong pengguna untuk melakukan berbagai aksi seperti pembelian, pendaftaran dan lain sebagainya.

Landing page memiliki tujuan sangat penting bagi suatu bisnis, tujuannya antara lain adalah mendorong penjualan, mengumpulkan data kontak serta menaikan brand awareness.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas 20+ contoh landing page yang berpotensi menghasilkan yang bisa dicoba untuk bisnis Anda. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri Contoh Landing Page yang Efektif

contoh landing page
Sumber: pexels

Bagaimana ciri landing page yang efektif dan berpotensi menghasilkan? Ada beberapa ciri yang bisa Anda lihat untuk mengetahui apakah suatu landing page efektif dan berpotensi menghasilkan.

Berikut beberapa ciri-ciri landing page yang efektif:

1. Tujuan Jelas: Landing page harus bisa mendeskripsikan secara langsung manfaat dan solusi yang ditawarkan kepada pengunjung.
2. Visual Menarik: Pastikan landing page memiliki desain yang bersih, gambar yang tajam, dan tata letak yang baik agar pengunjung lebih tertarik.
3. Copywriting: Memiliki copywriting yang menarik dan mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan.
4. Headline Jelas: Memiliki headline yang jelas, mudah dipahami, padat dan bermanfaat.
5. Call to Action (CTA): Landing page yang efektif biasanya menyisipkan CTA yang sesuai dengan tujuan. Misalnya seperti “Daftar Sekarang!”
6. Testimoni: Jika ada, pastikan untuk menyisipkan testimoni dari pelanggan agar pengunjung lebih percaya.
7. Konten Terfokus: Pastikan landing page bisnis memiliki konten yang fokus dan navigasi pengguna yang jelas.
8. Judul yang Singkat dan Jelas: Pastikan memilih judul landing page yang singkat namun memiliki tujuan dan pesan yang jelas.
9. Bebas Gangguan: Landing page harus bebas dari berbagai gangguan seperti iklan atau link yang terlalu banyak.
10. Loading Cepat: Pastikan juga loading ketika memuat isi konten landing page tidak lambat.
11. Mobile Friendly: Landing page juga harus bisa digunakan oleh perangkat mobile dan harus responsif.

20 Contoh Landing Page yang Efektif

Berikut beberapa contoh landing page yang efektif untuk referensi Anda dalam membuat landing page untuk bisnis:

1. Medium – Platform blogging yang sederhana dan bersih

contoh landing page - medium
Sumber: medium

Contoh landing page pertama yaitu dari Medium. Platform blogging yang memiliki landing page yang bersih. Selain itu, pada landing pagenya, Medium melampirkan button dan copywriting yang kuat dan menarik pengunjung.

2. Udemy – Kursus online dengan navigasi mudah

contoh landing page - udemy
Sumber: udemy

Contoh kedua ada dari Udemy, salah satu platform digital untuk kursus dan juga upgrade skill. Pada landing page yang Udemy buat dapat dilihat jika mereka memiliki navigasi yang mudah serta copywriting dan desain yang menarik.

3. LinkedIn – Jaringan profesional dengan antarmuka intuitif

contoh landing page - linkedin
Sumber: linkedin

LinkedIn adalah jejaring sosial bagi para profesional yang berkaitan dengan karir. Landing page yang ada pada LinkedIn memiliki desain yang bagus serta CTA untuk mendaftar dan bergabung yang menjadi tujuan yang jelas dari landing page ini.

4. Salesforce – CRM dengan pengalaman pengguna yang baik

contoh landing page - salesforce
Sumber: salesforce

Selanjutnya ada platform CRM yang memiliki desain landing page yang menarik. Pada landing page ini pengunjung diberikan sebuah promo free trial yang cukup menarik agar pengunjung mencoba layanannya. Trik yang cukup efektif.

5. Squarespace – Pembuat situs web yang elegan dan mudah dipahami

contoh landing page - squarespace
Sumber: squarespace

Berikut ada contoh dari landing page Squarespace. Platform pembuat situs web yang elegan dan mudah dipahami. Landing page memiliki desain yang unik serta menampilkan copywriting dan CTA yang kuat untuk mengajak bergabung.

6. Notion – Alat produktivitas yang sangat fleksibel

contoh landing page - notion
Sumber: notion

Notion adalah platform fleksibel yang digunakan untuk produktivitas. Notion menampilkan landing page yang cukup unik dengan desain, copywriting dan button yang memiliki tujuan untuk menarik pengunjung untuk mencoba.

7. Figma – Desain kolaboratif dengan antarmuka yang jelas

contoh landing page - figma
Sumber: figma

Hampir sama dengan contoh landing page sebelumnya, Figma juga menggunakan copywriting dan button untuk menarik pengunjung mencoba platformnya.

8. Loom – Perekaman layar yang mudah digunakan

contoh landing page - loom
Sumber: loom

Loom memberikan landing page yang cukup polos namun memiliki tujuan yang jelas. Mereka memanfaatkan copywriting dan button yang besar.

9. Calendly – Penjadwalan yang efisien

contoh landing page - calendly
Sumber: calendly

Calendly memberikan contoh platformnya serta memberikan pilihan untuk login. Tidak hanya itu mereka juga menyertakan copywriting yang kuat untuk menarik pengunjung.

10. Adobe Spark – Desain grafis dan video yang sederhana

adobe spark
Sumber: adobe spark

Landing page dari Adobe Spark ini memiliki desain yang menarik. Karena mereka juga menyisipkan manfaat dan keunggulan dari platformnya. Sehingga pengunjung dapat mengetahui apa yang mereka dapatkan.

11. Hootsuite – Manajemen media sosial dengan tampilan yang ramah

hootsuite
Sumber: hootsuite

Hootsuite memberikan penawaran untuk free trial dan demo bagi para pengunjung sehingga mereka bisa mencoba terlebih dahulu. Ini strategi yang cukup efektif untuk bisnis agar dapat menarik pembeli.

12. Yelp – Ulasan bisnis dengan navigasi yang mudah

yelp
Sumber: yelp

Yelp memiliki landing page yang tergolong simple. Namun, meskipun simple landingnya memiliki tujuan yang kuat untuk menarik pelanggan. Ini terlihat dari copywriting yang simple namun related dengan kebanyakan orang.

13. Grammarly – Alat pengecekan tata bahasa yang intuitif

grammarly
Sumber: grammarly

Grammarly memiliki landing page yang hampir sama dengan kebanyakan contoh yang kami berikan. Mereka menyertakan button dan copywriting yang menarik bagi pengunjung.

14. Coursera – Pembelajaran online yang terstruktur dengan baik

coursera
Sumber: coursera

Coursera juga hampir sama dengan contoh landing page yang masuk daftar yang kami berikan. Mereka memberikan copywriting yang menarik serta penawaran yang efektif mendorong pengunjung melakukan tindakan.

15. Weebly – Pembuat situs web yang mudah digunakan

weebly
Sumber: weebly

Weebly adalah salah satu platform untuk membuat situs web yang mudah digunakan. Mereka memiliki landing page desain yang menarik serta copywriting dan button bagi pengunjung untuk mencoba layanannya.

16. GitHub – Platform pengembangan perangkat lunak yang sederhana

github
Sumber: github

Pada landing page yang Github buat, mereka menampilkan contoh platformnya serta copywriting dan desain yang cenderung polos. Meskipun simple landing page ini bisa menjadi sangat efektif bagi sebagian orang.

17. SurveyMonkey – Pembuat survei yang langsung

surveymonkey
Sumber: surveymonkey

Landing page yang menarik biasanya memiliki button untuk mendaftar dan contoh yang kami berikan selanjutnya ini juga menggunakan strategi itu. Landing seperti dari SurveyMonkey bisa menjadi acuan untuk membuat LP.

18. Airtable – Database yang mudah dikelola

airtable
Sumber: airtable

Airtable membuat landing page dengan menampilkan contoh aplikasinya serta kombinasi button dan copywriting yang menarik. Kombinasi yang satu ini memang tidak pernah salah untuk menarik pengunjung.

19. Pinterest – Platform penemuan visual yang ramah pengguna

pinterest
Sumber: pinterest

Cukup berbeda dengan mayoritas contoh yang kami berikan, Pinterest memiliki landing page yang cukup panjang yang bisa discroll. Landing page seperti ini bisa menarik rasa penasaran dari pengunjung.

20. Trello – Manajemen proyek yang sederhana dan efektif

trello
Sumber: trello

Simple adalah kata yang tepat untuk menggambarkan landing page dari Trello ini. Mereka membuat desain yang minimalis tapi memiliki tujuan yang jelas. Melampirkan button serta kolom untuk email bagi pengunjung.

Itulah beberapa contoh landing page yang efektif dari beberapa website yang terkenal di dunia. Anda bisa mengambil referensi dan inspirasi dari contoh yang kami berikan di atas.

Membuat landing page yang efektif merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi bisnis. Oleh sebab itu, pastikan jika landing yang dibuat sudah meliputi beberapa ciri landing page efektif.

Dengan contoh 20 landing page terbaik ini Anda bisa mendapatkan acuan untuk meningkatkan performa bisnis Anda.

Jika ingin memperluas jaringan bisnis Anda tapi masih bingung bagaimana cara membuat landing page dan optimasinya yang baik bagi bisnis, Everpro punya solusinya bernama Funnel.

Layanan Funnel dari Everpro ini bisa membuat landing page yang memiliki performa baik untuk menarik pelanggan bisnis secara efektif. Ini sangat cocok bagi bisnis yang ingin menarik pembeli yang lebih banyak lagi.

Everpro Funnel punya beberapa fitur unggulan seperti landing page builder, WA rotator, LPWA real tracking chat, custom keyboard.

Ayo daftar Everpro Funnel sekarang dan buat landing page terbaik yang efektif menarik pelanggan pada bisnis yang Anda punya!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Jenis Iklan Shopee dan Contohnya

Selain memahami cara menjalankan iklan Shopee, mengetahui jenis iklan Shopee juga merupakan hal yang sangat penting bagi para pebisnis sekaligus pengiklan. Pasalnya, setiap jenis iklan

10 Jasa Pengiriman Hewan dan Syaratnya

Ketika kamu berencana untuk mengirim hewan peliharaan maupun ternak ke lokasi yang cukup jauh, memilih jasa pengiriman hewan yang terpercaya tentu sangat dipertimbangkan. Mulai dari