everpro

Ini Contoh Perilaku Konsumen & Faktor yang Mempengaruhinya, Catat!

Apa saja sih contoh perilaku konsumen dalam dunia bisnis? Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja contoh perilaku konsumen dalam dunia bisnis selengkapnya di sini!

Perilaku konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dalam dunia bisnis. Dengan mengetahui perilaku konsumen, suatu bisnis dapat mengembangkan produk dan bisnisnya dengan lebih baik.

Perilaku konsumen sendiri merupakan sebuah studi untuk mengetahui bagaimana individu/kelompok dalam memilih, hingga menggunakan barang/jasa.

Dengan memahami perilaku konsumen, menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis untuk strategi pemasaran yang lebih efektif.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas secara mendalam seputar perilaku konsumen lengkap dengan contoh perilaku dalam dunia bisnis.

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Masih bingung bedain customer dan consumer pada dunia bisnis? Simak artikel berikut ini “Harus Tahu! Ini Pengertian & Perbedaan Customer dan Consumer

Apa itu Perilaku Konsumen

contoh perilaku konsumen
Sumber: unsplash.com

Melansir pendapat dari Schiffman dan Kanuk, perilaku konsumen adalah tindakan yang konsumen tunjukkan, dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, sampai menghabiskan nilai guna barang/jasa.

Perilaku konsumen ini dapat menentukan proses pengambilan keputusan pembelian. Oleh karena itu, pebisnis harus memahami macam-macam perilaku dari konsumen mereka.

Dengan begitu, pebisnis dapat menyesuaikan produk atau bisnisnya dengan perilaku konsumen tersebut. Sehingga produk atau bisnisnya pada akhirnya dibeli oleh konsumen.

Contoh Perilaku Konsumen

Merangkum dari buku berjudul Ajar Perilaku Konsumen karya Friska Artaria Sitanggan dan Prayetno Augstinus Sitanggang dan e-journal.uajy.ac.id yang AL Koba unggah, berikut adalah 10 contoh perilaku konsumen:

1. Melakukan pengenalan masalah untuk mengetahui adanya keinginan atau kebutuhan, yang belum terpenuhi maupun belum terpuaskan.

2. Mencari informasi produk/layanan secara langsung pada penjual/dealer/produsen/toko terdekat.

3. Mencari informasi terkait produk melalui media massa. Misalnya, dari sosial media, iklan majalah, website dan lain-lain.

4. Mencari informasi produk melalui orang terdekat. Contohnya seperti bertanya kepada orang yang sudah pernah memiliki pengalaman membeli atau menggunakan barang/jasa sejenisnya.

5. Menilai mengadakan seleksi terhadap alternatif pembelian berdasarkan tujuan pembeliannya. Hal ini untuk mengetahui apakah barang yang dikonsumsi bisa memberikan kegunaan optimal bagi konsumen atau tidak.

6. Membuat perbandingan harga serta kualitas produk. Dengan begitu dapat mengetahui apakah harga produk tersebut sesuai dengan target konsumen.

7. Melakukan pembelian nyata, setelah melalui proses keputusan pembelian.

8. Memakai fasilitas pembayaran produk. Misalnya, dengan menggunakan kartu kredit atau debit.

9. Membuat evaluasi atau produk/layanan yang telah dibeli.

10. Melakukan pembelian ulang, jika konsumen merasa cocok dan puas atas produk/layanan tersebut.

Biar konsumen dapat berubah pikiran dan tertarik dengan produk/jasa yang Anda tawarkan, coba ikuti cara dan tips menawarkan produk seperti di artikel berikut InilahCaraMenawarkanProduk ke Konsumen dengan Efektif!

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Perilaku dari konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu faktor psikologis, lingkungan, faktor pribadi, keluarga, budaya dan lain-lain. Berikut berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen:

1. Faktor Psikologis

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor psikologis. Kemudian, faktor psikologi yaitu kemampuan seseorang dalam memahami informasi, persepsi kebutuhan serta pola pikir mempengaruhi perilaku konsumen.

Sejatinya faktor psikologis memang sulit untuk diukur namun, faktor psikologi merupakan faktor yang cukup kuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Beberapa faktor psikologis yaitu sebagai berikut:

  • Motivasi
  • Persepsi
  • Pengetahuan
  • Keyakinan

2. Faktor Pribadi 

Selanjutnya, ada faktor pribadi yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen. Faktor ini merupakan salah satu faktor yang sifatnya pribadi, oleh sebab itu sifatnya bervariasi.

Sehingga, memunculkan persepsi dan perilaku konsumen yang berbeda-beda pada setiap orangnya. Berikut adalah hal yang termasuk faktor pribadi seperti:

  • Umur
  • Pekerjaan
  • Penghasilan
  • Gaya Hidup
  • Kondisi Ekonomi
  • Kepribadian (konsep diri)

3. Faktor Sosial

Nah, untuk faktor yang selanjutnya ini merupakan faktor yang berdasarkna dari masyarakat atau orang-orang sekitar yang berpengaruh pada perilaku pembelian mereka. Beberapa faktor sosial adalah sebagai berikut:

  • Keluarga
  • Peran dan status sosial
  • Kelompok acuan
  • Lingkungan tempat tinggal

4. Faktor Kebudayaan

Kemudian, faktor yang juga bisa mempengaruhi perilaku konsumen yaitu faktor kebudayaan. Faktor ini terdiri dari budaya, sub budaya, dan kelas sosial.

5. Faktor Upaya Pemasar

Faktor terakhir yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen yaitu adalah faktor pemasaran dan promosi. Kemudian, faktor ini merupakan faktor eksternal yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen seperti harga, produk, promosi dan lain-lain.

Berikut faktor upaya pemasar secara lengkap:

  • Harga
  • Produk
  • Saluran Distribusi
  • Promosi
  • Orang
  • Bukti Fisik
  • Proses Pembelian

Itulah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen dalam konteks bisnis. Mengetahui perilaku konsumen sangat bermanfaat bagi pihak pebisnis.

Hal ini karena pebisnis bisa lebih memahami bagaimana konsumen bereaksi dan bagaimana konsumen sangat terpengaruh oleh strategi pemasaran yang dilakukan.

Demikianlah artikel terkait contoh perilaku konsumen pada dunia bisnis/usaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami perilaku konsumen dari bisnis/usaha Anda.

Share artikel ini bila bermanfaat bagi Anda dan nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Ingin usaha yang tapi masih bingung mau jualan produk apa? atau Masih bingung usaha yang bisa meraup banyak keuntungan?

Yuk, coba usaha produk di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya