everpro

Customer Retention Adalah: Pengertian, Cara Meningkatkan, Tips, Alat Bantu

Customer Retention adalah? Yuk, simak artikel berikut ini sampai habis dan temukan informasi lengkap mengenai customer retention disini!

Mempertahankan pelanggan setia jauh lebih sulit daripada mendapatkan pelanggan baru di dalam persaingan bisnis era digital.

Akan jauh lebih hemat secara biaya dan efektif apabila kita menjaga pelanggan yang sudah setia dengan produk atau brand kita tentunya.

Dengan adanya strategi customer retention inilah perusahaan bisa mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan yang sudah ada.

Namun, sudahkah kamu tahu informasi mengenai customer retention ini? Maka dari itu, Everpro akan membahasnya untuk kamu yang sedang mencari tahu hal tersebut.

Pengertian Customer Retention

customer retention adalah
Sumber: Freepik

Customer Retention adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan untuk membeli produknya atau menggunakan layanannya kembali tanpa perlu beralih kepada kompetitor dari perusahaan tersebut.

Tujuan dari customer retention adalah menjaga atau membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, sehingga mereka akan terus menerus melakukan pembelian.

Salah satu keuntungan dari strategi customer retention adalah kamu dapat menghemat biaya yang kamu keluarkan karena kamu tidak perlu lagi untuk mengedukasi dan menarik perhatian pelanggan.

Jadi, awali interaksi pertama kali dengan customer dengan memberikan kesan untuk mereka dan dilanjutkan dengan menggunakan strategi customer retention.

Cara Meningkatkan Customer Retention

customer retention adalah
Sumber: Freepik

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Zendesk bahwa 77 persen pelanggan akan lebih setia dengan perusahaan yang memberikan pengalaman pelanggan yang baik ketika masalah muncul.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara meningkatkan customer retention yang bisa kamu pelajari dan praktekkan ke dalam bisnismu.

  • Tawarkan Omnichannel untuk Menjangkau Pelanggan

Banyak perusahaan yang sudah menerapkan omnichannel untuk customer retention

Dengan adanya omnichannel, pelanggan merasa seperti mengobrol dengan seseorang di platform yang mereka pilih dan mendapatkan solusi dengan cepat.

  • Tanggapi Pertanyaan Pelanggan dengan Cepat

Membalas pesan dari pelanggan dengan cepat dapat membantu kamu dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.

Kamu bisa membalas cepat dengan berupa pesan singkat atau lebih bagus lagi ketika kamu menjelaskan estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Dengan begitu, customer akan merasa dihargai karena kamu sudah memberikan tanda bahwa aware dengan permasalahan atau kendala yang sedang mereka alami.

Baca Juga: 12+ Template Pesan Customer Service yang Bantu Tingkatkan Pelayanan

  • Interaksi Personalisasi

Ketika pelanggan mengalami kendala atau kesulitan pastinya merasa frustasi dan cenderung tidak ada waktu untuk menjelaskan kembali.

Pendekatan interaksi secara personalisasi dapat memudahkan kamu dalam memberikan pelayanan seperti melihat history chat atau menyederhanakan cerita yang mereka bagikan lalu kamu berikan solusi dengan cepat dan tepat.

  • Berikan Loyalitas

Memberikan program loyalitas bisa meningkatkan customer retention karena pelanggan akan sangat dihargai effortnya denganmu.

Kamu bisa memberikan program loyalitas seperti reward, diskon, voucher, penawaran khusus, dan lain-lain.

Dengan begitu, kamu dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan yang sudah setia denganmu.

  • Program Referral

Cara meningkatkan retensi pelanggan selanjutnya kamu bisa membuat program referral sebagai strategi word of mouth untuk mendapatkan calon pelanggan baru.

Pelanggan yang sudah setia dengan kamu juga akan mendapatkan keuntungan seperti poin yang dikumpulkan untuk ditukarkan uang cash atau merchandise gratis karena sudah merekomendasikan bisnis kamu. 

  • Ciptakan Pengalaman Positif

Tentunya kamu perlu menciptakan pengalaman positif untuk pelanggan, namun sebelum itu dilakukan ada baiknya menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Hal ini bertujuan untuk karyawan tersebut tetap bersama kita dan bertahan lama, sehingga semakin lama mereka akan semakin banyak memiliki pengetahuan dan dapat memberikan solusi kepada pelanggan lebih baik lagi.

  • Mengumpulkan Feedback dari Pelanggan

Jika kamu ingin tahu apakah pelayanan yang kamu berikan berhasil atau tidak adalah dari feedback yang mereka berikan, sehingga ini sangat penting dalam meningkatkan customer retention.

Pemberian survei bisa kamu lakukan dengan sederhana seperti suka atau tidak suka, akan tetapi survei yang spesifik akan jauh lebih baik karena kamu juga bisa sembari evaluasi dari performa pelayanan yang diberikan.

  • Membangun Komunitas yang Kuat

Komunitas yang dimana berisikan pelanggan yang sudah setia dengan kamu dapat meningkatkan retensi pelanggan.

Mereka dapat berinteraksi satu sama lain dan juga menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk atau layananmu. Cara ini dapat mempertahankan customer retention dalam jangka waktu yang panjang.

Tips Meningkatkan Customer Retention untuk Bisnis Kecil

Agar cara meningkatkan customer retention berjalan dengan lancar kamu perlu tahu beberapa tips berikut ini, maka dari itu simak penjelasan di bawah ini.

  • Fokus Pada Kebutuhan Pengguna

Berbelanja juga berkaitan dengan emosional, sehingga pelayanan yang diberikan dengan baik akan membuat mereka merasa dihargai. 

Pelanggan bisa mengeluarkan effort berupa uang apabila bisnis kamu menghargai kebutuhan dan keinginan mereka.

  • Meminta Feedback

Feedback akan membuka pikiran kamu terhadap apa yang diinginkan serta diharapkan pelanggan terhadap bisnis kamu.

Namun, banyak bisnis kecil yang tidak berani untuk melakukan hal ini karena tidak ingin melihat komentar negatif.

Feedback jujur seperti ini dapat menguntungkan kamu dengan catatan kamu dapat mengambil langkah yang tepat dalam memperbaiki masalah yang ada.

  • Manfaatkan Diskon dan Promosi

Strategi ini selain mempertahankan pelanggan setia juga mengundang pengguna baru untuk berpotensi akan setia denganmu.

Hal ini akan berhasil apabila dikirimkan ke saluran komunikasi yang banyak digunakan oleh pelanggan misalnya email.

  • Luncurkan Program Loyalitas

Bisa dengan memberikan reward kepada pelanggan yang sudah bertahan dengan bisnismu. 

Memberikan poin untuk mereka apabila membeli sesuatu atau produk baru yang nantinya poin tersebut bisa digunakan di pembelian berikutnya.

  • Mendorong Pemasaran dengan Word of Mouth

Terbukti ampuh dalam menarik perhatian calon pelanggan dalam melakukan tindakan pembelian, sehingga banyak sekali bisnis kecil yang menggunakan strategi ini.

Strategi ini diyakini ampuh karena rekomendasi tersebut berasal dari mereka pelanggan setiamu yang membuat terkesan ulasan tersebut jujur.

  • Banyak Metode Pembayaran

Pastinya dari banyaknya pelanggan setia memiliki metode pembayaran yang berbeda-beda, sehingga kamu perlu terima banyak jenis pembayaran.

Sebab, mereka akan dengan cepat melakukan pembayaran karena ketika kamu tidak menyediakan pembayaran yang mereka gunakan akan berpotensi transaksi gagal yang membuat kamu tidak mendapatkan pemasukan.

Alat Bantu untuk Meningkatkan Customer Retention

customer retention adalah
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah tools yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan customer retention.

  • Customer Relationship Management (CRM)

CRM Marketing bisa membantu kamu dalam meningkatkan retensi pelanggan, namun perlu juga menggunakan layanan terpercaya CRM yang perlu kamu pilih.

Salah satu rekomendasi layanan CRM terpercaya adalah Everpro CRM yang bisa membantu kamu dalam menyimpan informasi customer, mengelola campaign, melacak penjualan, dan juga mengawasi interaksi pelanggan.

  • Email dan SMS Marketing

Platform yang penting untuk komunikasi pelanggan yang efektif, sehingga dapat membuat serta melacak seluruh pesan.

  • Software Program Loyalitas

Tidak perlu mengurus program loyalitas dengan sendiri. Sekarang kamu bisa menggunakan software untuk membantu kamu dalam mengintegrasikan pesan tersebut.

  • Alat Layanan Pelanggan

Pilihlah tools yang bisa memberikan respons dengan cepat yaitu komunikasi 24/7 dan juga data analitik untuk mengevaluasi performa dari pelayanan yang diberikan.

Demikian informasi lengkap mengenai customer retention yang bisa kamu pelajari dan semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk bisnis yang sedang kamu jalani.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis lainnya yang informatif dan menarik hanya di Everpro!

Layanan yang terpercaya dan bisa menjadi solusi kamu dalam menjaga keberlangsungan bisnis adalah Everpro CRM. 

Everpro CRM bisa membantu kamu dalam menyimpan informasi customer, mengelola campaign, melacak penjualan, dan juga mengawasi interaksi pelanggan.

Dengan begitu, Everpro memungkinkan bisnis untuk memaksimalkan keberlangsungan bisnis dengan pelanggan mereka.

Rasanya tepat untuk kamu memilih Everpro CRM sebagai layanan terbaik yang membantu meningkatkan pengalaman pelayanan pelangganmu!

Benefit Everpro CRM

  • Kumpulan fitur dalam satu platform yang mempermudah keseluruhan proses bisnis onlinemu.
  • Promo: Buy 1 Month (179ribu) Get 3 Months
  • Fitur mudah digunakan, ramah pemula
  • Memberi kemudahan untuk tim CS dalam memonitor order pengiriman dan memberi rasa aman ke pelanggan
  • Memastikan tiap paket sukses sampai di alamat, tanpa retur
  • Workflow template yang sudah di-provide sesuai dengan use-case sehingga user tidak perlu buat sendiri logic dan workflownya
  • Customer insights berdasar data order dari multiple platforms (e-commerce, shipping platform, manual via excel).

Jadi, tunggu apalagi? Daftar sekarang dan jaga keberlangsungan bisnis kamu dengan pelanggan bersama Everpro CRM!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan