Delivery order adalah dokumen penting dalam pengiriman. Apa maksud dan fungsinya? Ketahui lebih lanjut tentang delivery order berikut ini.
Untuk mempermudah transaksi jual beli tentunya akan menggunakan jasa ekspedisi sebagai sarana pendistribusian.
Seringkali untuk mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi memerlukan dokumen khusus sebagai surat pengantar atau perintah untuk kirim barang.
Adapun salah satu dokumen tersebut adalah delivery order atau DO. Namun, banyak yang masih menganggap bahwa DO dan surat jalan adalah sama.
Padahal terdapat perbedaan antara keduanya. Lantas apa definisi sebenarnya dari DO dan perbedaannya dari surat jalan?
Simak lebih lanjut dengan membaca ulasan ini hingga selesai.
Daftar Isi:
ToggleApa Itu Delivery Order?
Menurut Uniform Commercial Code (UCC), pengertian dari DO adalah:
“Delivery order merujuk pada suatu perintah dari pemilik barang kepada pengangkut atau pihak pengiriman untuk mengirimkan barang kepada penerima yang tertera dalam dokumen.”
Jadi, delivery order adalah suatu dokumen dari pengirim atau penjual yang ditujukan kepada pihak jasa ekspedisi untuk memberi instruksi pengiriman pesanan kepada penerima atau pembeli.
Dalam dokumen tersebut terdapat informasi terkait barang kiriman, pengirim, serta penerima. DO merupakan bukti pengiriman barang serta panduan dalam proses pengiriman.
Baca juga: Mother Vessel Adalah? Yuk, Kenali Arti dan Perannya di Industri Logistik!
Fungsi Delivery Order Adalah?
Fungsi utama dari delivery order adalah sebagai bukti pengiriman serta acuan pihak jasa ekspedisi dalam mengirimkan barang ke penerima sesuai informasi yang terdapat dalam dokumen tersebut.
Lebih lanjut, berikut adalah beberapa manfaat penting dari delivery order:
-
Sebagai Bukti Pengiriman
Di dalam DO terdapat informasi mengenai barang pesanan, termasuk jenis, jumlah, kondisi, dan sebagainya.
Dokumen ini dapat menjadi informasi bahwa barang tersebut telah dikirim dan menjadi bukti penting jika terjadi masalah atau perselisihan di kemudian hari.
-
Memudahkan Pengiriman Barang
Fungsi lain dari delivery order adalah sebagai acuan bagi pihak ekspedisi untuk memastikan bahwa barang kiriman adalah benar dan dalam kondisi yang baik.
Hal tersebut akan memudahkan dalam proses pengiriman sehingga berjalan lancar dan tanpa masalah.
-
Proses Pengiriman Lebih Efektif dan Efisien
Dengan adanya dokumen ini, maka proses pengiriman menjadi lebih efisien dan efektif. Karena semua pihak terlibat memiliki informasi yang sama terkait barang kiriman serta tujuan pengiriman.
Komponen Delivery Order
Dokumen DO terdiri dari beberapa informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Secara keseluruhan, berikut adalah komponen yang termasuk di dalamnya:
- Kop surat atau informasi pengirim
- Tujuan pengiriman
- Jenis barang dan jumlahnya
- Deskripsi barang
- Tanda tangan penerima atau pembeli
- Tanda tangan admin gudang
Sebagai tambahan, dokumen DO terdiri dari tiga salinan. Salinan pertama harus kembali pada pengirim, yang kemudian berguna untuk menjadi lampiran penagihan,
Kemudian salinan kedua untuk penerima yang harus disimpan sebagai bukti bahwa menerima barang dalam kondisi baik. Salinan ketiga berfungsi sebagai laporan transaksi yang akan perusahaan arsip.
Perbedaannya dengan Surat Jalan
Pada dasarnya, surat jalan merupakan dokumen yang berbeda dengan DO. surat jalan adalah surat resmi berisi informasi terkait pengiriman barang.
Lebih lanjut berikut adalah perbedaan antara delivery order dan surat jalan:
- Dokumen DO merupakan instruksi kepada pihak ekspedisi untuk mengirimkan barang ke penerima yang menempel pada barang kiriman. Sedangkan surat jalan adalah dokumen wajib yang harus kurir tunjukkan ke petugas di jalan saat ada pemeriksaan.
- Bentuk DO dari setiap perusahaan dapat berbeda, sedangkan bentuk surat jalan hampir sama.
- Surat jalan menjadi bukti resmi dari pengiriman barang, sedangkan DO adalah acuan untuk membuat surat jalan.
Baca juga: Description of Goods Adalah: Definisi, Fungsinya dalam Pengiriman
Demikian penjelasan mengenai delivery order yang merupakan dokumen penting sebagai acuan untuk pihak jasa ekspedisi dalam proses pengiriman ke penerima.
Sudahkah anda menyiapkan dokumen DO? Agar proses pengiriman menjadi lebih mudah dan terintegrasi anda bisa menggunakan layanan Shipping Everpro.
Layanan ini menjadi solusi pengiriman yang tepat karena anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan sebagai berikut:
- Kirim Paket Murah dengan Cashback hingga 30%
- Gratis biaya retur paket
- Tersedia 15+ pilihan ekspedisi terbaik ke seluruh Indonesia dan anda yang tentukan
- Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
- Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
- Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
- Mendapat laporan aktivitas penjualan
Mau pengiriman cepat tanpa hambat? Gunakan layanan pengiriman Everpro sekarang juga!
Pelajari informasi layanan Shipping Everpro disini!