everpro

Description of Goods Adalah: Definisi, Fungsinya dalam Pengiriman

Description of goods adalah informasi yang terdapat dalam dokumen pengiriman. Maka dari itu, pengirim perlu menyediakan informasi ini dengan jelas.

Dalam proses pengiriman, deskripsi barang merupakan salah satu hal penting untuk memastikan barang kiriman sesuai dengan pesanan.

Selain itu, informasi ini juga berguna agar kondisi barang terjaga dengan baik selama proses pengiriman.

Lantas bagaimana cara membuat description of goods?

Mari simak ulasan ini hingga selesai untuk mengetahui caranya.

Definisi Description of Goods Adalah?

description of goods adalah
Sumber: pexels.com

Menurut hasil terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, arti description of goods adalah deskripsi barang yang menjelaskan secara rinci barang kiriman.

Lebih jelasnya, melansir dari situs FedEx berikut adalah maksud dari deskripsi barang:

Description of goods adalah perincian barang kiriman yang menjelaskan secara detail mencakup informasi jenis barang, terbuat dari apa, dan kegunaan barang tersebut.”

Umumnya, deskripsi barang ini terdapat dalam Packing List dan Bill of Lading. Informasi deskripsi barang dalam kedua dokumen tersebut meliputi jenis barang dan jumlah barang kiriman.

Namun, terdapat sedikit perbedaan penulisan data deskripsi barang pada Packing List dan Bill of Lading. Dalam Packing List terinci jumlah setiap jenis barang yang dikirim, sedangkan dalam Bill of Lading hanya mencantumkan total semua barang kiriman saja.

Sebagai contoh, deskripsi barang dalam Packing List tertulis 3 drum minyak tanah, 5 jerigen bensin, dan 10 kaleng oli.

Sementara pada Bill of Lading cukup menulis 18 total kemasan berisi minyak tanah, bensin, dan oli.

Adapun pihak yang bertanggung jawab untuk menyediakan description of goods adalah pengirim, misalnya vendor atau supplier kepada pelanggannya. 

Baca juga: Pahami! Warning Artinya: Definisi, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya

Fungsi Description of Goods dalam Pengiriman Barang

description of goods
Sumber: pexels.com

Deskripsi barang bermanfaat sebagai acuan oleh pihak penerima barang untuk memastikan keakuratan serta keamanan kondisi barang yang diterima. 

Penulisan deskripsi yang jelas dan akurat menjadi hal yang penting dalam pengiriman barang. Berikut adalah fungsi description of goods:

  • Memastikan Kesesuaian Barang dengan Pesanan

Dengan memberikan keterangan deskripsi barang yang lengkap dan jelas, pihak pengirim dapat memastikan bahwa barang kiriman telah sesuai dengan pesanan dari pihak penerima.

Hal tersebut dapat mencegah terjadinya kesalahan pengiriman serta mempercepat proses pengiriman barang.

  • Memudahkan Proses Pemeriksaan Barang Kiriman

Seperti yang telah disebutkan, bahwa deskripsi barang berguna sebagai acuan pihak penerima untuk memastikan kesesuaian barang pesanan.

Dengan adanya deskripsi barang juga dapat memudahkan pihak penerima dalam melakukan pemeriksaan barang kiriman tersebut.

Pihak penerima juga dapat membandingkan keterangan dalam deskripsi barang dengan barang yang diterima, sehingga dapat memastikannya secara akurat.

  • Mencegah Kerusakan atau Kehilangan Barang Pesanan

Deskripsi barang juga dapat membantu pihak pengirim memastikan bahawa barang kiriman dapat terjaga dengan baik selama proses pengiriman.

Pihak pengiriman dapat lebih berhati-hati untuk jenis barang yang rawan pecah atau rusak, sehingga mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan barang dalam proses pengiriman.

Contoh Description of Goods

contoh deskripsi barang
Sumber: google.com

Gambar tersebut merupakan contoh dari deskripsi barang yang terdapat dalam dokumen pengiriman. Dalam keterangan tersebut tercantum jenis barang serta bahannya.

Kemudian terdapat juga informasi mengenai jumlah barang kiriman, kode referensi, harga, berat barang, hingga total harga barang pesanan.

Cara Membuat Description of Goods yang Jelas

description of goods
Sumber: pexels.com

Melansir dari FedEx berikut adalah 3 (tiga) pertanyaan yang harus terjawab dalam deskripsi barang:

  • Apa saja barang tersebut?
  • Terbuat dari apa barang tersebut?
  • Apa kegunaan barang tersebut?

Lebih lanjut, berikut adalah cara untuk membuat description of goods dalam pengiriman:

  • Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami dan Jelas

Cara pertama dalam membuat deskripsi barang yang baik adalah dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah untuk pihak pengirim maupun penerima barang pahami.

Hindari menggunakan istilah yang teknis dan sulit dipahami oleh umum.

  • Jelaskan Rincian Karakteristik Barang

Selanjutnya deskripsi barang perlu menjelaskan karakteristik dan spesifik barang secara rinci, mencakup ukuran, warna, jumlah, dan sebagainya.

Hal ini dapat membantu pihak penerima untuk mengetahui dengan mudah isi barang kiriman saat menerimanya. Selain itu juga memudahkan penerima dalam proses pemeriksaan barang kiriman.

  • Cantumkan Nomor Referensi atau Nomor Pesanan

Pengirim juga perlu mencantumkan nomor referensi atau nomor pesanan dalam deskripsi barang. 

Dengan begitu, dapat memudahkan penerima untuk membandingkan informasi dalam deskripsi dengan barang kiriman yang diterima.

  • Gunakan Label Barang

Cara lainnya dalam membuat description of goods adalah dengan menggunakan label atau tanda pengenal barang secara jelas pada barang kiriman.

Dengan demikian, penerima dapat mengidentifikasi barang pesanan dengan lebih mudah.

Baca juga: Weight Artinya? Ini Definisi dan Penjelasannya!

Itulah penjelasan mengenai description of goods yang terdapat dalam dokumen pengiriman barang seperti packing list dan bill of lading.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan menarik lainnya hanya di Everpro!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman