everpro

Cari Tahu Yuk! Weight Artinya? Ini Definisi dan Penjelasan Lengkapnya

Sering mendengar kata weight tapi belum tahu apa artinya? Simak penjelasan weight artinya dalam berbagai konteks berikut ini.

Penggunaan kata dalam bahasa asing seringkali terdapat dalam berbagai situasi. Mulai dari percakapan, keterangan, maupun informasi secara tertulis.

Banyak contoh keterangan seperti dalam formulir yang menggunakan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.

Sebagai contoh adalah kata Weight yang menjadi syarat untuk mengetahui ongkir. Lantas apa artinya?

Baca ulasan ini hingga selesai untuk mengetahui artinya serta perbedaannya dari kata Mass.

Weight Artinya?

weight artinya
Sumber: pexels.com

Melansir dari Cambridge Dictionary, pengertian weight adalah: the amount that something or someone weighs.

Dalam Bahasa Indonesia maka artinya adalah jumlah berat dari sesuatu atau seseorang.

Kata ini merupakan kata benda, dengan menerjemahkannya dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, weight artinya berat.

Adapun arti berat menurut KBBI adalah besar ukurannya (di antara jenis atau benda-benda serupa), besar tekanannya (timbangan).

Maka, arti weight adalah bobot atau berat dari suatu benda maupun objek dalam satuan tertentu, misalnya kilogram, pound, atau ons.

Dalam konteks tertentu, arti kata ini dapat merujuk pada bobot kepentingan atau signifikansi hal maupun keputusan.

Dengan memperhatikan konteks penggunaan kata ini dalam kalimat, maka akan lebih mudah memahami maksudnya, apakah itu berat maupun indikasi suatu kepentingan.

Baca juga: Ketahui! Up to Date Artinya, Penjelasan, dan Contohnya

Arti Weight dalam Berbagai Konteks 

weight artinya
Sumber: pexels.com

Agar lebih memahami arti kata ini, perhatikan juga artinya dalam berbagai konteks. Dengan begitu saat kata ini muncul dalam suatu kalimat dapat mengerti maksudnya.

Berikut adalah weight artinya dalam berbagai konteks:

  1. Fisika: kata ini merujuk pada gaya yang timbul oleh gravitasi suatu benda atau massa. Ukurannya adalah dalam satuan Newton atau Pound.
  2. Kebugaran: kata ini mengacu pada berat badan seseorang atau berat dari alat untuk latihan angkat beban, yang umumnya menggunakan satuan kilogram atau pound.
  3. Bisnis: dalam bisnis, kata ini dapat merujuk pada ukuran kepentingan atau signifikansi dari faktor tertentu dalam pengambilan keputusan.
  4. Matematika: merujuk pada koefisien yang menunjukkan pentingnya suatu variabel dalam persamaan atau model tertentu.
  5. Teknologi Informasi: dapat mengacu pada nilai suatu item dalam sebuah algoritma, misalnya rekomendasi produk atau urutan hasil pencarian.
  6. Pengiriman barang: mengacu pada ukuran atau bobot paket atau barang kiriman.

Adapun contoh penggunaan kata ini dalam kalimat untuk dapat membedakan kapan artinya berat atau kepentingan adalah sebagai berikut:

  • What is the weight of that package? (berapa berat paket tersebut?)
  • The customer’s satisfaction carries a lot of weight in our decision-making process. (kepuasan pelanggan membawa banyak bobot dalam proses pengambilan keputusan)

Perbedaannya dengan Mass

perbedaan dengan mass
Sumber: pexels.com

Terdapat kata lain yang mengacu pada suatu ukuran atau berat, yaitu mass. Namun kata ini memiliki arti dan penggunaan yang berbeda.

Mass adalah massa, yaitu suatu ukuran dari jumlah materi yang terdapat dalam suatu objek, yang memiliki ukuran tetap dimanapun objek berada. Pengukuran massa menggunakan satuan kilogram.

Sedangkan berat adalah ukuran dari gaya tarik gravitasi terhadap suatu objek. Perbedaannya dengan massa adalah berat dapat berubah tergantung gravitasi di suatu tempat.

Menurut rumus fisika, cara menentukan berat (N) adalah dengan mengalikan massa (m) dengan gravitasi (g).

Apa itu Weight dalam Pengiriman Barang?

weight artinya
Sumber: google.com

Kata ini erat kaitannya dengan kegiatan pengiriman barang. Dalam pengiriman barang, weight artinya berat dari suatu barang atau paket. 

Berat ini merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan tarif pengiriman, selain jenis layanan dan jarak tempuh tujuan pengiriman. 

Ukuran berat dalam pengiriman barang biasanya menggunakan satuan kilogram atau pound. Dengan mengetahui berat barang, selanjutnya bisa menentukan tarif pengiriman bersamaan dengan faktor lainnya yaitu jarak tempuh dan jenis layanan.

Dalam beberapa kasus, tak hanya menggunakan berat untuk menentukan biaya pengiriman, tetapi juga dimensi, seperti pada pengiriman barang internasional.

Baca juga: Pahami! Warning Artinya: Definisi, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya

Weight Loss Artinya?

weigh loss
Sumber: pexels.com

Weight loss artinya kehilangan berat badan, istilah ini merujuk pada jumlah berat badan yang hilang akibat suatu aktivitas atau situasi tertentu pada seseorang.

Seringkali istilah ini menjadi suatu ukuran acuan dari upaya menurunkan jumlah kalori pada konsumsi melalui diet, atau meningkatkan kalori sebagai bahan bakar untuk melakukan aktivitas fisik.

Biasanya, jumlah hilangnya berat badan menjadi tujuan dari yang ingin menurunkan berat badan, baik itu untuk kesehatan seperti obesitas maupun tujuan lainnya.

Namun, tentu hal ini juga memiliki dampak yang tidak baik pada kesehatan, jika seseorang memaksakan untuk kehilangan berat badan dengan cara yang tidak baik. 

Jadi itulah penjelasan mengenai weight artinya dalam berbagai konteks. Pada intinya, kata ini memiliki arti berat atau bobot, baik itu secara harfiah maupun lainnya seperti kepentingan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya