everpro

Ketahui! Up to Date Artinya, Penjelasan, dan Contohnya

Sering mendengar kata “up to date” tapi belum tahu artinya? Simak up to date artinya dalam ulasan berikut ini.

Akhir-akhir ini banyak penggunaan kata atau istilah baru dalam percakapan ataupun keterangan tertentu yang sebelumnya tidak ada.

Istilah atau kata-kata tersebut seringnya merupakan bahasa asing, sehingga terkadang membuat sebagian orang bingung maksud dari istilah tersebut.

Penggunaan istilah atau kata-kata tersebut terdapat di berbagai kondisi dan aktivitas baik di dunia nyata maupun dunia maya melalui platform media sosial, aplikasi chat, dan sebagainya.

Salah satu yang sering muncul adalah istilah up to date. Sudahkah mengetahui artinya?

Jika belum, simak penjelasan istilah tersebut dan contoh kalimatnya berikut ini.

Baca juga: Tentative Artinya Adalah: Pengertian dalam Berbagai Konteks

Up to Date Artinya

up to date
Sumber: ilustrasi

Melansir dari Cambridge Dictionary, kata ini artinya adalah:

modern, recent, or containing the latest informationDalam Bahasa Indonesia artinya adalah mutakhir, terkini, atau memiliki informasi terbaru.

Dalam terjemahan kamus Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, up to date artinya terkini. Menurut KBBI, terkini atau kini memiliki arti baru, aktual, anyar, dan mutakhir. 

Lebih lanjut, kata ini sering terdapat dalam istilah gaul, up to date artinya tidak ketinggalan zaman. 

Jadi, kata ini bermakna mengikuti perkembangan terbaru apapun konteksnya. Mulai dari informasi, teknologi, serta hal lainnya yang dapat berubah dan berkembang seiring waktu.

Kata ini mengacu pada sesuatu yang memenuhi standar atau kriteria terkini serta tidak ketinggalan informasi atau perkembangan.

Contoh Penggunaan Kata Up-to-Date

Agar lebih memahami arti dari kata ini, perhatikan juga berbagai contohnya:

  1. “Kami dapat memastikan bahwa aplikasi ini selalu up-to-date dengan menawarkan fitur bermanfaat untuk para penggunanya.”
  2. It is advancing so rapidly that it’s even difficult for medical professionals to supply the most up-to-date informations for their patients.

Apa Perbedaannya dengan Update?

up to date
Sumber: pexels.com

Kata ini memiliki perbedaan dengan kata update meski dapat menggunakannya dalam konteks yang sama.

Perbedaan update dan up to date adalah arti dan jenis kata. Update merupakan kata kerja yang memiliki arti memperbarui. Sedangkan, up-to-date merupakan kata sifat yang berarti terkini atau tidak ketinggalan zaman.

Lebih lanjut, update artinya membuat sesuatu menjadi versi terbaru atau memperbarui informasi sesuai perkembangan terkini. Misalnya, apabila hendak update perangkat lunak, artinya anda akan memasang versi terbaru dari perangkat lunak tersebut.

Sementara itu, up-to-date bermakna sesuatu telah mengikuti perkembangan terbaru atau memenuhi kriteria terkini. Misalnya, ketika seseorang mengatakan bahwa informasi mereka up-to-date, artinya mereka telah memiliki informasi terkini sesuai dengan perkembangan yang ada.

Up to Date Artinya dalam Pengiriman Barang

up to date artinya
Sumber: pexels.com

Kata ‘terkini’ juga sering terdapat dalam istilah pengiriman barang. Dalam konteks pengiriman up-to-date memiliki makna bahwa pengiriman telah dilakukan sesuai jadwal terbaru dan informasi yang paling akurat.

Sebagai contoh, ketika jasa pengiriman mengatakan bahwa hasil pelacakan no resi di situs mereka terkini, maka artinya mereka telah memberikan informasi proses dan kondisi pengiriman yang terbaru atau sesuai dengan apa yang sedang berlangsung.

Sinonim dan Antonim Up-to-date

up-to-date
Sumber: pexels.com

Agar lebih memahami arti kata ini ketahui juga apa saja kata yang menjadi sinonim atau persamaan, serta antonim atau lawan katanya.

Melansir dari berbagai sumber dan kamus, berikut adalah sinonim dan antonim dari kata terkini:

Sinonim

  • Saat ini
  • Terbaru
  • Modis
  • Modern
  • Mutakhir
  • Stylish 

Antonim

  • Kuno
  • Ketinggalan zaman
  • Usang 
  • Basi 
  • Tua

Baca juga: Arti Transit dalam Pengiriman Barang, Ini Penjelasannya!

Demikian adalah penjelasan dari kata up to date yang artinya terkini atau terbaru. Kata ini sering terdapat dalam berbagai konteks.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti