everpro

Kenapa Shopee Tidak Bisa COD Ini Alasan dan Solusinya!

kenapa shopee tidak bisa cod

Sedang belanja online di Shopee tapi tidak bisa pilih metode pembayaran COD? Berikut alasan kenapa Shopee tidak bisa COD dan solusinya.

Kegiatan belanja online sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Pasalnya, pengguna mendapatkan pengalaman belanja yang lebih mudah dan menguntungkan.

Mulai dari banyaknya promo, pilihan produk dengan kualitas dan harga kompetitif, serta pilihan metode pembayaran. Setiap marketplace memberikan berbagai pilihan metode pembayaran, termasuk Shopee.

Salah satunya adalah metode cash on delivery atau COD. Melansir survey BPS di Databoks, COD merupakan metode pembayaran yang sering digunakan dengan persentase sebesar 83,11%.

Maka tak heran, jika banyak yang ingin menyelesaikan pembayaran di Shopee dengan COD. Namun, beberapa pengguna mengeluhkan ketidaktersediaannya metode ini dalam beberapa transaksi.

Lantas, kenapa Shopee tidak bisa COD? Simak alasan dan solusi berikut ini.

Baca juga: Cara Jadi Seller Shopee Terbaru, Mudah dan Cepat!

Tentang Shopee COD

tentang pembayaran di tempat shopee
Sumber: google.com

Mengutip dari laman Pusat Edukasi Penjual Shopee, COD adalah suatu metode pembayaran yang dapat pembeli lakukan secara langsung di tempat, setelah menerima pesanan atau paket dari kurir.

Metode pembayaran di tempat atau COD berlaku tanpa adanya minimal pembelian. Namun, terdapat maksimal pembelian yaitu sebesar Rp 5 juta per pesanan.

Everpro

Penjual juga tidak terkena biaya penanganan. Adapun ketentuan biaya penanganan yang berlaku untuk seluruh pengguna adalah sebagai berikut:

  • Pesanan COD pertama hingga ke-3 kali tidak ada biaya penangan atau 0%.
  • Untuk pesanan ke-4 dan seterusnya terkena biaya penanganan sebesar 4%.
  • Pengguna yang teridentifikasi sebagai Dropshipper, serta pernah melakukan transaksi COD ke lebih dari 3 alamat berbeda, dikenakan biaya penanganan 10%.
  • Penjual yang memiliki pesanan dropship akan terkena biaya penanganan 10% dari keseluruhan pesanan.
  • Pengguna yang teridentifikasi melakukan checkout melalui browser komputer maupun handphone terkena biaya penanganan sebesar 10%.

Cara Kerja Shopee COD

Pada dasarnya, cara kerja cash on delivery adalah sama. Mengutip dari laman resmi Shopee, berikut adalah cara kerja Shopee COD bagi pembeli:

  1. Menerima pesanan dari kurir.
  2. Langsung membayar pesanan tersebut secara tunai kepada kurir, sebelum membuka paketnya.
  3. Jika pesanan tidak sesuai atau rusak, pembeli tidak melakukan komplain atau ganti rugi kepada kurir. Melainkan dapat mengajukan pengembalian dana atau barang tersebut melalui aplikasi Shopee.

Alasan Kenapa Shopee Tidak Bisa COD

kenapa shopee tidak bisa cod
Sumber: google.com

Berdasarkan hasil survey BPS, metode pembayaran COD merupakan yang paling banyak dipilih. Namun, beberapa transaksi tidak terdapat pilihan COD. 

Melansir dari Pusat Bantuan Shopee, berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, kenapa Shopee tidak bisa COD:

  • Penolakan Pesanan COD

Alasan pertama kenapa Shopee tidak bisa COD adalah karena pembeli pernah membatalkan pesanan dengan sistem COD sebanyak 2 kali atau lebih dalam 60 hari terakhir.

Pembeli bisa kembali menggunakan metode COD secara otomatis setelah 60 hari kalender dari tanggal COD dinonaktifkan.

Solusi: Gunakan metode pembayaran lain sembari menunggu pilihan COD aktif kembali. Selanjutnya pembeli harus lebih memperhatikan pesanan sebelum checkout.

  • Nilai Pesanan Melebihi Batas Maksimal

Kemungkinan kedua kenapa Shopee tidak bisa COD adalah karena nilai pesanan melebihi batas maksimal pembelian. Seperti pada ketentuan COD, batas maksimal untuk metode pembayaran ini adalah RP 5 juta.

Solusi: Menggunakan metode pembayaran lain. Bisa juga dengan membagi pesanan dalam beberapa transaksi agar bisa menggunakan metode COD.

  • Alamat Pengiriman Tidak Berada dalam Area Jangkauan

Kemungkinan lain yang bisa menjadi alasan tidak tersedianya pilihan COD adalah alamat pengirim tidak termasuk ke dalam area jangkauan dari jasa kirim yang mendukung metode pembayaran bayar di tempat.

Sistem COD pada marketplace ini hanya memiliki jangkauan di wilayah tertentu saja, biasanya hanya berlaku di kota-kota besar.

Solusi: Shopee memiliki ketentuan sendiri terkait area jangkauan yang mendukung sistem COD. Maka opsi yang paling tepat adalah dengan menggunakan metode pembayaran lainnya.

  • Melebihi Batas Maksimal Pesanan Mingguan

Kemungkinan lainnya adalah pembeli telah mencapai batas maksimum mingguan untuk memesan barang menggunakan metode pembayaran COD.

Solusi: Pembeli dapat melakukan pesanan di minggu selanjutnya atau mengubah metode pembayaran.

  • Penjual Tidak Mengaktifkan Fitur Shopee COD

Alasan lain kenapa Shopee tidak bisa COD yaitu karena penjual memang tidak mengaktifkan fitur COD. Karena, penjual memiliki hak penuh dalam menentukan metode pembayaran yang tersedia.

Solusi: Pembeli bisa membeli produk sejenis dari toko lain yang menyediakan fitur COD. Cara mengetahui toko yang telah mengangtifkan layanan bayar di tempat adalah dengan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu ketik kata kunci barang yang anda cari
  2. Setelah hasil pencarian keluar, klik Filter pada pojok kanan atas
  3. Kemudian pada menu Metode Pembayaran, pilih COD (Bayar di Tempat)
  4. Selanjutnya, tekan opsi Pakai
  5. Setelah itu Shopee akan menampilkan hasil pencarian produk dari toko yang mengaktifkan fitur COD
  6. Lanjutkan dengan memilih produk dan selesaikan pesanan di bagian checkout dengan memilih COD sebagai metode pembayaran

Cara Mengaktifkan Fitur Shopee COD

kenapa shopee tidak bisa cod
Sumber: google.com

Sebagai penjual memiliki kendali penuh untuk menentukan metode pembayaran apa saja yang tersedia. Jika memperhatikan hasil survey, masih banyak pengguna yang memilih cara bayar di tempat.

Oleh karena itu, sebaiknya aktifkan fitur COD di toko anda agar menarik minat calon pembeli untuk membeli di toko anda. Melansir dari laman Pusat Edukasi Penjual Shopee, berikut cara mengaktifkan fitur COD:

Aktifkan Fitur COD Melalui Aplikasi Shopee

  1. Masuk ke aplikasi Shopee, kemudian masuk ke akun Toko Shopee anda
  2. Lalu buka fitur Toko Saya pada pojok kiri atas
  3. Kemudian masuk ke pengaturan jasa pengiriman toko
  4. Selanjutnya aktifkan jasa kirim yang mendukung fitur COD
  5. Maka secara otomatis, pembeli bisa menggunakan metode pembayaran COD saat membeli di toko anda

Melalui Seller Center

  1. Masuk ke akun Seller Center Shopee anda
  2. Kemudian klik menu Pengaturan Pengiriman
  3. Pilih jasa pengiriman yang mendukung sistem pembayaran COD
  4. Lalu aktifkan COD untuk tipe pengiriman reguler maupun hemat
  5. Selesai

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee Des 2022, Mudah!

Demikian penjelasan beberapa kemungkinan kenapa Shopee tidak bisa COD serta solusi penanggulangannya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait